ANTARA MARAH DAN SABAR, Alasan, Dampak Negatif Amarah Dalam Kehidupan

 

Marah2

Hidup ini butuh proses. Seorang teman pernah berkata: “Belajarlah dari kesabaran pohon“, yang tumbuhnya bertahun-tahun bahkan puluhan tahun hingga saatnya tiba, dia menghasilkan buah pada musimnya dan tidak putus-putus berbuah  dari tahun ke tahun. Bahkan burung-burung diudara berlindung dan membuat sarangnya disana. Tapi, cobalah lihat bagaimana kesabaran tauge yang dapat dipanen setelah 5 – 6 hari, manfaatnyapun terbatas sekali pakai saja.

Sabar itu indah. Ini adalah komponen penting dalam menjalani hari demi hari yang tidak bisa ditebak. Kita tidak sendiri di dunia ini, melainkan ada banyak orang diluar sana yang mempunyai kepentingan yang sama maupun yang berbeda dengan diri ini. Oleh karena itu, kita harus sabar sampai kepentingan kita diperhatikan dan keadaan kita dibaikkan.

Alasan dari setiap kemarahan manusia

Mengapa manusia bisa marah? Setiap dari kita pasti sudah pernah marah karena amarah adalah pembawaan setiap manusia sejak dari dalam kandungan. Berikut beberapa alasan mengapa kita bisa marah:

  1. Yang terjadi tidak sesuai dengan keinganan/ harapan
    Manusia yang punya sejuta keinginan berpotensi marah sejuta kali. Misalnya, ingin dihormati tapi malah dapat penghinaan ; ingin kaya tapi malah merasa kekurangan terus ; dan lain-lain. Oleh karena itu, hiduplah seperti air yang mengalir dan mengikuti arus tanpa kehilangan jati dirinya.
  2. Yang terjadi tidak sesuai dengan kebutuhan.
    Semakin tinggi derajat/ status sosial seseorang semakin tinggi pula kebutuhannya. Jika kebutuhan belum terpenuhi, kepala pusing mudah emosional. Oleh karena itu kebutuhan kita sesuaikan dengan kemampuan kita (finansial). Terbiasa hidup minimalis lebih meringankan beban hidup dalam menghadapi zaman yang penuh dengan ketidak pastian.
  3. Yang terjadi tidak sesuai dengan peraturan.
    Inilah yang sering terjadi dalam masyarakat, tidak perlu mengotori tangan dan mulut untuk memarahi mereka, serahkan saja kepada pihak yang berwajib. Sebagai warga negara yang baik “urusan” kita dalam situasi ini terbatas.
  4. Kepentingan yang berbeda saling bertemu dan terjadi ketidak cocokan.
    Sebagai manusia sosial sudah seharusnya kita menyadari bahwa setiap orang punya kepentingan yang berbeda-beda. Ketika kita dipertemukan dalam situasi dan kondisi yang sama, pergesekan kepentingan tidak dapat dihindarkan lagi. Misalnya saja saat kita lagi sibuk-sibuknya belajar sedang tetangga sebelah lagi reparasi rumah – otomatis kita terganggu dengan kebisingan mereka. Oleh karena itu setiap dari kita harus saling mengerti satu-sama lain agar tidak terjadi situasi yang rumit dan emosional.

Pilih Marah Atau Sabar ?

Hidup ini penuh dengan pilihan teman. Antara satu keadaan kepada keadaan lain tentu berbeda-beda. Kita diperkenalkan dengan banyak rasa dan sensasi dalam keseharian ini. Setiap gejolak yang datang menimbulkan ekspresi yang berbeda-beda keluar dari dalam diri ini.

  • Kita tentu pernah mengekspresikan kemarahan ! Apa yang kita alami setelah itu ? dan bagaimana tanggapan orang lain tentang diri ini ?
  • Kita juga pernah mengekspresikan kesabaran ! Aya yang kita alami setelah itu ? dan bagaimana tanggapan orang lain tentang diri ini ?

Dari semua ekspresi yang kita ungkapkan, baiklah kita menimbang-nimbang mana yang memberikan dampak baik bagi diri ini dan mana juga yang memberikan dampak buruk bagi diri sendiri. Setelah itu kita jangan egois, berpikir juga apakah sikap ini membawa kebaikan bagi orang lain atau malah keburukan bagi mereka. Setelah kita menimbang-nimbang dalam hati alangkah baiknya jika kita mengambil sikap untuk memilih yang terbaik.

Hidup ini adalah kesempatan dan pilihan teman. Manfaatkan kesempatan sebaik mungkin dan berikan pilihan terbaik dalam setiap situasi yang anda alami.


Selanjutnya :


 

Iklan

17 comments

  1. […] Apabila mereka terus menerus tidak mendengar, tidak perlu berteriak melainkan cobalah untuk mendekatinya lalu berada tepat disampingnya sambil menegur dengan suara pelan namun tatapan tegas kearahnya sambil menunjukkan raut muka yang tidak senang. Pasti dia lebih mendengarkannya dan berhenti berbuat kesalahan. Silahkan dalami, Akibat dari setiap kemarahan kita […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s