+100 Contoh Teka Teki Kehidupan, Permainan Tebak-Tebakan Hiburan Untuk Keluarga Kita

Contoh Teka Teki Kehidupan, Permainan Tebak-Tebakan Hiburan Untuk Keluarga Anda

Hidup harus senantiasa aktif

Otak kita harus selalu aktif agar bisa berbahagia dari waktu ke waktu. Memang saat mengosongkan aktivitas pikiran, ada juga kelapangan tetapi hal tersebut hanya akan berlangsung sebentar saja sampai semuanya pecah karena hati dipenuhi oleh perbuatan daging. Perbuatan buruk tersebut merupakan suatu keadaan yang awalnya baik-baik saja tetapi menimbulkan rasa bersalah yang besar lama setelahnya. Rasa bersalah inilah yang kemudian akan menenggelamkan semua kebahagiaan dan mengacaukan ketenteraman hati ini. Oleh karena itu, buat pikiran tetap sibuk pada hal-hal yang positif untuk menjauhi perilaku yang jahat. Salah satu yang terpenting dengan selalu fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian. Serta berupayalah untuk berbagi kasih kepada sesama dalam setiap pekerjaan dan pelajaran yang ditekuni.

Membuat kuis berdasarkan pengalaman pribadi

Misal-misalnya saja ya, kita sudah selesai bekerja, belajar dan selalu fokus kepada Tuhan. Tetapi pada satu titik ada niat hati yang berupaya untuk mencari hal-hal baru lainnya dalam hidup agar dijadikan sebagai suatu aktivitas. Ada seberkas cahaya semangat yang bercampur rasa jenuh untuk membaca alam semesta lalu menghubung-hubungkannya pada hal-hal lainnya yang sepadan. Kemudian kita menjadikan padanan ini sebagai sumber petunjuk untuk menghasilkan suatu teka-teki yang layak diperbincangkan di antara sesama. Hal ini cukup menarik dan seru untuk dibahas bersama terlebih ketika status kita dalam keadaan santai bersama dengan orang-orang yang kita cintai (kaum keluarga).

Manfaat luar biasa dari permainan ini

Tebak-tebakan sangat bermanfaat untuk menemani waktu santai bersama keluarga. Ini bisa merenyahkan suasana yang beku oleh karena habis kamus dan tidak ada lagi yang dibicarakan. Terkadang terdapat kesan lucu yang timbul sehingga gelak tawa memecahkan seluruh ruang tamu/ ruang makan di dalam rumah. Khasiat utama dari permainan ini adalah kemampuannya untuk meningkatkan/ mengasah kecerdasan setiap orang. Terlebih saat ibu telah memasak sesuatu yang nilainya sederhana tetapi kesannya lebih nikmat karena dihidangkan dan disantap bersama seluruh anggota keluarga. Tetapi jangan memanjakan siapapun dengan memberitahukan kepadanya jawaban dari teka-teki yang diajukan. Melainkan tuntun dia/ mereka untuk menemukan jawabannya dengan menambahkan lebih banyak kata kunci (hal-hal yang berhubungan dengan jawaban yang dimaksud).

Pengertian

Sastra tebakan merupakan sasta yang mempelajari teka-teki dalam bahasa Indonesia. Suatu pertanyaan yang berisi tentang petunjuk yang menggambarkan sesuatu dimana kita harus berupaya untuk mencari  persamaannya yang berafiliasi pada berbagai hal. Kita seharusnya menemukan berbagai persamaan kalimat yang berhubungan dengan pertanyaan tersebut, asalkan kita dapat mencocokkannya dengan ciri-ciri suatu makhkluk hidup, benda, proses atau hal-hal lainnya. Saat suatu hal bisa kita hubung-hubungkan dengan hal lainnya dalam satu entitas, kemungkinan besar kita telah mendapatkan jawaban dari tebak-tebakan yang dibuat tersebut. Anda pun bisa menyudahi permainannya dengan memberikan jawaban yang tepat lalu memulainya dengan teka-teki yang lain.

Bermacam-macam contoh tebak-tebakan versi kami sendiri, silahkan buat yang baru berdasarkan pengalaman anda.

Tahukah anda bahwa sebagian besar kuis yang kami miliki pada bagian ini dipetik dari pengalaman pribadi yang langsung dari alam sekitar? Sadarilah bahwa hasil pengamatan kita terhadap alam bisa memperkaya penilaian yang kemudian dihubung-hubungkan dan disilangkan dengan fakta lainnya. Hasil penyilangan inilah yang membuat kita mampu menghasilkan teka-teki yang tidak hanya menarik tetapi sangat menggoda setiap indra yang menyaksikan dan mengimajinasikannya. Kemampuan kita mengimajinasikan sesuatu kemudian menghubung-hubungkannya dengan kejadian lainnya yang mirip-mirip akan membuat permainan ini semakin panas dan seru untuk merekatkan serta membangun kebersamaan di dalam keluarga.

Berikut akan kami berikan beberapa contoh teka teki rohani baru kemudian setelah itu akan menampilkan beberapa kuis yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Kuis rohani seru buat keluarga.

  1. Daku suka main kecapi tetapi tuanku tidak suka melihat ku, siapakah aku?

  2. Aku suka bermimpi tetapi orang-orang suka membakar, menggoreng dan membuangku, siapakah aku?

  3. Daku seorang perempuan asing yang suka mengikuti ibu yang miskin tetapi menjadi istri orang kaya, siapakah aku?

  4. Diri ku adalah penipu yang ditipu berkali-kali, orang yang seharusnya kalah tetapi dianggap menang, siapakah aku?

  5. Akulah pemimpi yang terbuang, ada yang memberiku dada dan paha untuk dimakan tetapi itu milik orang lain, siapakah aku?

  6. Daku anak yang dibuang dan diselamatkan putri raja. Yakub pernah menolak aku tetapi akulah yang kelak menggembalakan mereka, siapakah aku?

  7. Diriku suka menjalin hubungan baik dengan kerajaan lain, aku mengambil istri dari antara bangsa asing. Sayang aku serakah terhadap perempuan dan perempuan itulah yang menjauhkan hatiku dari Allah, siapakah aku?

  8. Diriku tidak mungkin terbelah tetapi terbelah, aku menelan raja yang keras hati dan keretanya, siapakah aku?

  9. Aku suka berkorban tetapi dia dengki kepada persembahanku, siapakah aku?

  10. Dakulah pengembala muda yang elok, pemerintahan ku kekal untuk selamanya, siapakah aku?

  11. Aku adalah anak perempuan sundal tetapi dipakai Tuhan untuk menyelamatkan Yesiurun, siapakah aku?

  12. Daku seorang kristen yang fanatik, tetapi tiga kali tidak jujur mengakui mesias di awal pagi, siapakah aku?

  13. Diriku adalah seorang tentara, yang meyakini bahwa iblis & penyakit adalah bawahan Yesus Kristus, siapakah aku?

  14. Aku adalah orang asing tetapi merasa berhak mendapat mukzizat, karena aku adalah anjing-Nya Tuhan, siapakah aku?

  15. Parasku indah tapi hidup di negeri asing, aku membantu paman untuk membebaskan Ariel dari konspirasi musuh, siapakah aku?

  16. Aku dirasuki banyak iblis, tinggal di sekitar danau yang banyak babinya, siapakah aku?

  17. Dakulah musuh yang menjadi sahabat yang suka menginjil kepada bangsa asing, siapakah aku?

  18. Akulah yang berjalan mendahului Tuhan tetapi kurang percaya kepada Mesias, siapakah aku?

  19. Aku suka mengorbankan nyawa Ku tetapi Aku memperolehnya lagi, siapakah Aku?

  20. Kami adalah hamba yang merencanakan pembunuhan Anak Tuannya agar bisa menggagahi kerajaan Allah, siapakah kami?

  21. Dan lain sebagainya, silahkan pelajari Kitab Suci anda lalu buatlah teka-teki seru dan mencerdaskan dari semuanya itu

    Kuis kehidupan lainnya yang tidak kalah serunya untuk mendandan rasa kebersamaan di dalam keluarga.

  22. Jilatanku amat menggoda, bisa membuat anda memuai bahkan menggelegak dalam panasnya asmara cinta, siapakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  23. Jatuh tidak putus-putusnya. ≡ ALAM

  24. Melawan tapi tidak pernah kalah dan tidak pernah menang. ≡ ALAM

  25. Manusia, babi dan ayam kalau buang ciri, kotorannya ke bawah tetapi aku kalau buang kotoran ke atas. Apakah aku? ≡ HEWAN

  26. Pergi 10 orang tetapi kembali 9 orang, apakah aku? ≡ SOSIAL

  27. Aku habis tetapi tidak mengisi apa-apa, aku kosong tetapi tidak memenuhkan siapa-siapa, aku suka mengaktifkan, siapakah aku? ≡ CANGGIH

  28. Benang kering yang suka basah, dipakai setelah mencuci, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  29. Pergi 10 orang tetapi kembali 11 orang, apakah aku? ≡ SOSIAL

  30. Aku memiliki tiga kaki, lidahku akan memuaskanmu sampai malam, siapakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  31. Bergerak tetapi tak digerakkan, aku invisible, apakah aku? ≡ ALAM

  32. Menyahut tetapi tak dipanggil, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  33. Bergerak tetapi tak digerakkan, aku selalu lebih tinggi darimu, siapakah aku? ≡ ALAM

  34. Suka melambai tapi tidak ada yang datang atau pergi, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  35. Bergerak tetapi tak digerakkan, aku selalu berada di bawahmu kecuali kalau kamu mengetuk masuk, apakah aku? ≡ ALAM

  36. Diriku berbelang tetapi bukan makhluk hidup, saat atasanku mukanya memerah, semua orang menginjak ku, apakah aku? ≡ TRANSPORTASI

  37. Aku bergerak saat orang diam, tetapi aku diam saat orang bergerak, apakah aku? ≡ ALAM

  38. Diriku tidak memuaskan seorang pun tetapi diisi untuk memuaskan penghubung yang memuaskan daging yang mengatup-ngatup, siapakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  39. Aku suka membuka dan memanjangkan tangan-tanganku tetapi bukan untuk menolong siapa-siapa, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  40. Daku melangkah menggunakan tangan, siapakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  41. Aku suka turun tetapi harus di dorong kalau naik, apakah aku? ≡ ALAM

  42. Kami 3 in 1 yang selalu ada di persilangan azmat, apakah aku? ≡ TRANSPORTASI

  43. Aku masuk diam-diam tetapi saat keluar dipaksa dan ditendang, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  44. Aku butir kecil yang suka lengket juga terbang serta kawin, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  45. Kami keras saat di dalam tetapi alir saat di luar, apakah kami? ≡ ALAM CS CANGGIH

  46. Aku suka turun ke bawah tetapi aku berubah saat aku naik, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  47. Kami lengket saat di dalam tetapi lembut saat di luar, apakah kami? ≡ RUMAH TANGGA

  48. Ibu dan Ayahku mirip sekali sedang kami anak-anaknya ada banyak dan semuanya sama, keluarga apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA – PROPERTI

  49. Aku tidak pernah berhenti naik tetapi tidak ada yang melihatnya, apakah aku? ≡ ALAM

  50. Bentukku berubah-ubah tetapi tidak ada yang mengubah, warnaku bermacam-macam tetapi tidak ada yang mewarnai, apakah aku? ≡ ALAM

  51. Aku terlalu tinggi lalu aku mati tetapi tidak ada yang membunuh, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  52. Sewaktu di dalam aku biasa saja tetapi sejak dikeluarkan aromaku tidak sedap, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  53. Aku ada tetapi tidak pernah ada, aku dirasakan tetapi tidak pernah dilihat, apakah aku? ≡ ALAM

  54. Sejak di dalam aku biasa saja tetapi sejak dikeluarkan aromaku sedap, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  55. Aku melebar kalau ada yang datang dan menyempit kalau semuanya diam, apakah aku? ≡ KEHIDUPAN

  56. Rumahku besar, tiangnya ada dua dan pondasinya delapan, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  57. Lidahku selalu dibutuhkan orang untuk sesuatu yang penting bagi mereka, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  58. Rumahku berbulu, di dalamnya ada dua ting dan delapan pondasi, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  59. Aku bergerak tetapi tidak punya ujung dan pangkal, apakah aku? ≡ CANGGIH

  60. Aku kuat tetapi tidak pernah dihargai, aku bertahan tetapi tidak pernah dipuji, aku menopang tetapi tidak pernah diucapkan terimakasih, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  61. Saat aku ditekan tidak pernah menyerah untuk kembali, waktu dihimpit pasti akan kembali semangat, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA – AKSESORIS

  62. Aku ditekan tetapi tidak pernah menangis, aku dilukai tetapi tidak pernah merintih, aku ditusuk tetapi tidak pernah berdarah, apakah aku? ≡ ALAM

  63. Rambutku selalu basah, dipakai untuk menyerap lendir dan air, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  64. Aku ditekan tetapi tidak pernah tertekan, aku dilukai tetapi tidak pernah terluka, aku ditusuk tetapi tidak pernah tertusuk, apakah aku? ≡ ALAM

  65. Kami adalah tali tetapi bukan untuk mengikat, kami disambungkan untuk memberi kehidupan, apakah aku? ≡ CANGGIH

  66. Aku dilempar dan selalu melempari, aku dipukul dan selalu memukuli, aku diusir tetapi selalu kembali, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA – HOBI

  67. Diriku suka sekali dengan tali tetapi bukan untuk bermain, memakainya untuk memancing tetapi bukan di air, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  68. Aku menjulur ke sana dan ke mari, aku suka dibuat bersilangan, orang-orang mengencangkan aku, mereka menjepit kulitnya di atas ku, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  69. Daku bergerak saat dia menempati tetapi diam saat dia meninggalkan aku, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA – PROPERTI

  70. Aku mulai berbeda dari teman-teman dan saat bentukku bertambah buruk, aku diusir, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  71. Saat aku bergerak, meninggalkan jejak sesuai perintah orang yang merangkul ku, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA – PENDIDIKAN

  72. Aku memang harus ke bawah tetapi saat aku diberi kesempatan untuk kembali ke atas, aku sudah banyak berubah, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  73. Diri ini suka cuap-cuap tetapi mereka selalu menyiksa ku di tempat yang sempit, apakah aku? ≡ CANGGIH

  74. Aku naik dan turun dengan sukarela, apakah aku? ≡ ALAM

  75. Daku buaya yang ada dimana saja bahkan merangkak di setiap rumah, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  76. Aku berbahan sama dengan sekitarku tetapi aku lebih ringan dan padat, apakah aku? ≡ ALAM

  77. Saat datang, aku tidak terlihat tetapi saat diusir aku sangat jelas terlihat, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  78. Sewaktu masuk, ada sukacita tetapi saat keluar semua pada mual, apakah aku? ≡ KEHIDUPAN

  79. Orang senang saat aku bergerak melebar tetapi mereka cemberut saat aku tidak bergerak, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  80. Ketika aku berjalan naik tidak ada yang melihat tetapi saat turun dilihat oleh banyak orang, apakah aku? ≡ ALAM

  81. Buah jatuh diambil orang tetapi saat aku jatuh malah dibuang orang, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA – KEHIDUPAN

  82. Aku tidak punya pisau dan tidak punya pahat tetapi mampu membuat bunker di dalam tiang, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  83. Daku mulai berubah dari orang-orang di sekitarku, saat aku sangat berbeda dari mereka, mereka akan mengusirku, siapakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  84. Orang-orang mulai memakan ku tetapi tidak pernah termakan, mereka mengunyah ku tetapi tidak pernah hancur, mereka menelan ku tetapi tidak pernah habis, apakah aku? ≡ PENDIDIKAN

  85. Daku cincin yang mengurung orang bersalah agar tidak berkeliaran, apakah aku? ≡ PEMERINTAHAN

  86. Ketika aku keluar, semuanya enggan untuk mengakuisisi tetapi semua orang menyadari keberadaan ku, apakah aku? ≡ KEHIDUPAN

  87. Daku memiliki tangan namun bukan untuk menggenggam, Aku menyentuh sesuatu berulang-ulang walau tidak ada apa-apa di sana tetapi aku terus bergerak, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  88. Rambutku banyak, bukan sebagai hiasan tetapi untuk diinjak-injak, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  89. Aku kemilau yang bersinar saat dipasang tetapi saat dilepaskan, aku coklat sampai kelam, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA – PROPERTI

  90. Saat masuk, aku bersih sekali tetapi saat keluar aku kotor sekali, apakah aku? ≡ KEHIDUPAN

  91. Mulutku terbuka saat orang liburan, tertutup saat mereka bekerja, biasanya mereka datang dengan necis, apakah aku? ≡ ROHANI

  92. Daku dasi para preman, Aku dirontokkan saat mereka tidak bersalah, apakah aku? ≡ PEMERINTAHAN

  93. Aku dicumbu-cumbu tetapi setelah itu mereka membenci ku, terkadang di gosok basah-basah setelah itu dikeringkan sebelum dicumbu lagi, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  94. Diriku bersisik tetapi tinggal di daratan, aku berbulu tetapi akan dirontokkan, isi perutku manis tetapi agak sepet, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  95. Daku bubur tipis saat masuk tetapi saat keluar montok tebal, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  96. Diri ku memiliki bulu lembut tetapi bukan untuk membersihkan, digerakkan kesana-kemari sekedar membuat becek, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA – PROPERTI

  97. Aku berduri tapi tidak menusuk, perutku berisi salju dan kerikil hitam, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  98. Diri ku adalah kulit yang mereka kembangkan saat tenang tetapi dikerutkan saat mereka beraktivitas, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  99. Daku suka dipegang tetapi bukan untuk diremas, aku suka dicium tetapi bukan untuk dicumbu, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  100. Waktu ditekan aku tidak merasa sakit, sewaktu disentuh aku mengeluarkan untaian rantai yang berarti, apakah aku? ≡ CANGGIH

  101. Aku ditinggikan saat kosong dan direndahkan saat berisi terpakai, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  102. Sewaktu diam, aku tidak terlihat tetapi sewaktu bergerak, aku jelas teramati, apakah aku? ≡ ALAM

  103. Daku adalah arena walau bukan untuk bertanding, aku adalah gelanggang namun bukan untuk berlomba, aku adalah panggung yang disoraki mesin tetapi tidak pernah dihargai, apakah aku? ≡ TRANSPORTASI

  104. Aku kemilau yang padam bukan atas dasar keinginan siapapun, apakah aku? ≡ ALAM

  105. Saat dibuka aku tidak ingin makan, aku melapisi tetapi bukan untuk melindungi, aku dijinjing kemana-mana tapi bukan tas, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  106. Daku tali yang diletakkan dipangkal tapi bukan untuk mengikat, aku direkatkan tetapi bukan untuk menyatukan, aku dijepit tetapi bukan pita, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA – AKSESORIS

  107. Daku memiliki banyak jari-jari halus untuk memindahkan banyak bulir-bulir halus, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  108. Diriku di buka bukan untuk ditempati orang, daun ku digerakkan bukan untuk dilewati manusia tetapi demi keamanan para pahlawan, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  109. Aku punya dua kaki tetapi bukan untuk melangkah, jejak ku tidak putus-putus tetapi selalu memiliki ujung dan pangkal, apakah aku? ≡ CANGGIH

  110. Ada ular yang sangat disukai, tempat ku bukan di atas tanah tetapi di atas porselin, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  111. Aku hitam legam tetapi isi perutku seputih salju, apakah aku? ≡ MAKHLUK HIDUP

  112. Daku di buka tetapi bukan untuk dilewati melainkan untuk menerangi dan menyejukkan, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA

  113. Diriku berputar tetapi bukan untuk berjalan, melainkan aku masuk untuk menyatukan, apakah aku? ≡ RUMAH TANGGA – PROPERTI

  114. Daku adalah rambut lansia yang terurai indah, aku ada di tempat-tempat tertentu, apakah aku? ≡ ALAM

  115. Dan lain sebagainya silahkan cari dan karang sendiri berdasarkan pengalaman masing-masing.

Biasanya, semakin tinggi pengalaman seseorang, makin banyak hal unik yang ditemukannya serta kian menumpuknya teka-teki yang bisa dibicarakannya dalam hidup ini. Pada contoh yang kami berikan di atas, ada beberapa kuis yang jawabannya sama, jadi jangan heran ketika menemukan hal tersebut. Kami hanya mencoba memperkaya wawasan dan padanan kata yang anda miliki sehingga satu fakta sekalipun tetap bisa disajikan dalam beberapa soal tebakan. Lebih dari itu, saat orang lain tidak mengetahui jawaban dari kuis yang anda ajukan, silahkan memberikan/ mengajukan lebih banyak petunjuk. Hindari memberi tahukan jawabannya secara langsung tetapi bantu orang-orang yang penasaran tersebut untuk menemukannya sendiri. Sebab menemukannya sendiri bisa membantu mereka menggali diri dan wawasannya untuk diarahkan kepada hal-hal yang positif.

Salam, Kehidupan ini bisa menghasilkan banyak kuis,
yang perlu kita lakukan adalah mengamati,
menghubung-hubungkan dan menyilangkannya,
sehingga dihasilkanlah teka-teki yang epik
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.