Hawa Nafsu Beda Tipis Dengan Kecerdasan – Sibukkan Dirimu Dengan Aktivitas Positif

Hawa Nafsu Beda Tipis Dengan Kecerdasan - Sibukkan Dirimu Dengan Aktivitas Positif

Hewan di padang belantara tidak mengenal hawa nafsu berlebihan sebab otak mereka hanya menyangkut pada aktivitas makan, minum, tidur dan kawin (seks). Hidup mereka berputar-putas saja pada ke empat hal ini tetapi tidak pernah berucap jenuh dan jenuh. Apakah anda pernah menyaksikan mereka bosan hidup dan ingin mati alias bunuh diri seperti yang anda biasa saksikan di balik layar kaca tempo dulu? Seburuk-buruknya kehidupan binatang, tidak pernah ada niat untuk mengakhiri hidup.

Karena hewan tidak cerdas maka aktivitas mereka akan begitu-begitu saja. Jika anda melihat mereka aktif bergerak dan melakukan banyak hal maka ketahuilah bahwa hal itu berhubungan dengan tingkat kecerdasan mereka. Semakin banyak jenis dan macam aktivitas mereka maka semakin tinggi aktivitas otaknya. Jadi bisa dikatakan bahwa jumlah dan kepadatan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang sama dengan tingkat IQ  yang dimiliki. Oleh karena itu, jangan suka berdiam diri dalam waktu yang lama tetapi beraktivitaslah sepositif mungkin atau setidak-tidaknya fokuskan pikiran untuk senantiasa memuliakan Tuhan.

Jika saat ini anda termasuk orang yang tidak tenang, selalu beraktivitas dan menyibukkan diri dengan hal-hal yang baik, berarti anda termasuk orang yang cerdas. Beberapa orang yang kami kenal juga memiliki kebiasaan suka bercerita dengan orang lain, entah berapa ribu kosa kata yang terucap dari setiap kisah yang dituturkannya. Kita berharap semua itu mengarah kepada hal-hal yang positif. Dibalik semuanya itu, tahukah anda bahwa jumlah kata-kata yang terucap dari bibir setara dengan kecerdasan anda. Oleh karena itu, jika anda adalah orang yang suka bercerita dengan orang lain, jangan tinggalkan itu tetapi bungkuslah dalam bingkai yang positif dan bila perlu dokumentasikan, rekam, videokan, tulis ulang lalu buatlah sebuah kliping berupa hardcopy atau bisa juga dikirim secara online ke blog-blog gratis yang tersedia.

Apapun aktivitas yang anda lakukan ketahuilah bahwa semuanya itu adalah kekayaan intelektual pribadi. Tekunilah hal-hal yang baik lalu dokumentasikan semuanya itu. Anda bisa memuatnya dalam sebuah buku, diari, notebook, memory card, blogger, wordpress dan berbagai media lainnya. Ingat, kunci kebahagiaan adalah cintailah apa yang anda lakukan dan lakukan apa yang anda cintai. Salah satu cara anda untuk mencintai semuanya itu adalah dengan memasukkannya dalam koleksi pribadi. Ingatlah selalu bahwa apa yang anda lakukan adalah membuat sejarah kehidupan sendiri, bukan untuk dipuji atau meraih popularitas melainkan sebagai bukti bahwa anda mencintai kehidupan ini.

Aktivitas mendokumentasikan kehidupan semacam ini merupakan sebuah kegiatan positif yang dapat menahan hawa nafsu anda agar tidak mengarah kepada hal-hal yang sesat. Sebab kecerdasan identik dengan kesibukan dan kesibukan yang tidak diarahkan kepada hal-hal yang baik otomatis akan mengarah kepada hal-hal yang sesat dan buruk. Oleh karena itu, semakin cerdas dirimu maka semakin banyak hal-hal positif yang dilakukan, kalau tidak, berarti selama ini kecerdasanmu diarahkan pada jenis ketekunan yang salah. Anda harus mengubah haluan sobat!

Kecerdasanmu berimbas langsung pada apa yang dilakukan selama ini. Hal-hal yang buruk akan mengisi hari-harimu, bahkan berbagai-bagai pikiran kotor akan menghantuimu waktu demi waktu. Sikap curiga yang berlebihan sehingga membuat diri ini tidak percaya kepada orang-orang yang pantas menerimanya. Membuatmu terlalu sinis/ pesimis menatap masa depan sehingga kehilangan harapan dan semangat. Dendam dalam hati merusak rencana kehidupanmu sehingga sikap cenderung amburadur, tidak konsisten dan kurang peduli dengan sesama. Aktivitas negatif semacam ini akan mengisi kecerdasanmu jikalau tidak menyibukkan diri dengan berbagai-bagai hal yang positif. Simak juga, Bahaya kepintaran manusia

Kenali dirimu kawan? Jika anda orang yang kurang cerdas, bersyukurlah sebab manusia yang cerdas pikirannya penuh dengan lika-liku. Bila kemelut di dalam hati ini tidak dilampiaskan ke luar maka akan membuat hidup tidak tenang dan jauh dari kebahagiaan. Akan tetapi, jikalau anda benar-benar mendekatkan diri kepada Tuhan, memohonkan hikmat yang daripada-Nya, menggali bakat/ potensi yang dimiliki lalu peka dengan suara hati ini niscaya hal-hal baik akan di tunjukkan kepadamu. Akan tetapi bila kehidupan anda tidak memiliki standar sama sekali dan cenderung bertindak sesuka hati maka hanya tiga tempat untukmu, penjara, rumah sakit atau kematian.

Kemampuan anda mengarahkan kecerdasan yang dimiliki sangat menentukan masa depanmu. Jikalau anda mampu mengarahkannya pada potensi/ bakat yang membawa faedah bagi diri sendiri dan juga orang lain maka hidup ini akan menjadi berarti di mata Tuhan dan berarti di mata sesama (membawa manfaat bagi Tuhan dan sesama). Jangan terlalu senang menjadi orang cerdas sebab salah-salah mengarahkan hidup maka kita akan terjebak dalam hawa nafsu yang sesat. Misalnya seks bebas, pornografi, mencuri, cemburu, suudzon, sombong, jahat dan lain sebagainya. Simak juga, Tips mengendalikan hasrat yang sesat

Fokus Berpikir Manusia Agar Hidup Lebih Berkualitas

Jika memang tidak ada lagi hal yang mau dilakukan sebab semuanya sudah selesai (sudah beres). Maka taklukkan dan ikatlah kecerdasan itu agar tidak neko-neko (macam-macam) dengan senantiasa bernyanyi memuji-memuliakan nama Tuhan di segala waktu.

Salam pengendalian diri!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s