Garam Menurut Alkitab – Mineral Ajaib Untuk Kesehatan Mental dan Fisik Panjang Umur

Kristen Sejati – Garam adalah mineral yang terdiri dari ion sodium dan ion klorida. Terdapat 29 kata garam, 6 kata asin dan 3 kata hambar dalam 31 ayat Alkitab. Ini menunjukkan betapa pentingnya mineral ini dalam kehidupan manusia. Bahkan dalam persembahan korban yang kudus di hadapan Tuhan Allah Semesta Langit harus ditaburi garam (imamat 2 : 13). Jika Tuhan saja menginginkan persembahan dari garam berarti mineral ajaib ini memiliki peran yang sangat penting bagi manusia.

Apa kata Alkitab tentang garam?

Berikut ini beberapa ayat yang menampilkan tentang natrium klorida.

  • Perannya yang penting. Termasuk sebagai salah satu kebutuhan yang sangat penting kegunaannya bagi kehidupan manusia. Bahkan ia disetarakan dengan cahaya yang selalu menyinari kehidupan manusia. Tanpa terang mana mungkin ada kehidupan. Sehingga dapat dikatakan bahwa tanpa garam mustahil manusia bisa hidup normal (Markus 9:50).
  • Beberapa ayat menunjukkan betapa luasnya manfaat sodium klorida dalam kehidupan sehari-hari. Dimanfaatkan orang untuk :
    1. Menambah sedapnya makanan (Ayub 6:6). Ibu biasa menggunakannya untuk menambah kelezatan makanan. Belakangan ini juga sudah diketahui dengan pasti bahwa sodium adalah bahan pengganti gula bagi penderita diabetes.
    2. Penambah sedapnya makanan persembahan. Tidak ada persembahan yang disajikan dihadapan Tuhan Allah tanpa ditaburi dengan garam terlebih dahulu. (Imamat 2:13; Yehemia 43:24)
    3. Menetapkan perjanjian. Perjanjian garam adalah perjanjian yang kekal dan berlaku sampai selamanya. Segala korban sajian dihadapan Allah harus ditaburi garam selalu untuk selamanya. Persembahan khusus yang diberikan oleh orang Israel kepada Tuhan adalah hak para imam dan kaum keluarganya juga dinyatakan bahwa keturunan daud akan berkuasa selamanya atas kerajaan Israel (Imamat 2:13; Bilangan 18:19; 2Tawarikh 13:5).
    4. Menguatkan bayi yang baru dilahirkan (Yehezkiel 16:4). Pemberian larutan garam pada bayi sepertinya untuk membuatnya dibebaskan dari mikroorganisme penyebab penyakit. Terutama mencegah infeksi dibagian pusar/ ari-ari yang baru dipotong.
    5. Menghilangkan racun dari perairan ketika nabi Elisa menawarkan racun dari mata air. Jadi, yang pertama sekali mengetahui bahwa sodium klorida dapat melakukan detekosifikasi terhadap toksin bukan anda dan bukan juga kami melainkan nabi elisa dibawah tuntunan Roh Kudus. Selengkapnya, Cara menetralkan racun dalam tubuh
    6. Sebagai pupuk diladang (Lukas 14:34-35). Dalam ayat ini memang perannya tidak disebutkan secara langsung melainkan secara tidak langsung. Selanjutnya, Pupuk alami terbaik
  • Mineral ajaib ini akan menjadi tawar apabila kena udara (Matius 5:13; Markus 9:50). Afinitas natrium klorida terhadap air memang sangat kuat. Bahkan ia mampu mengikat molekul-molekul air yang bebas dari udara.
  • Isteri Lot berubah menjadi tiang garam (Kejadian 19:26).
  • Elisa menawarkan air dengan – .(2Raja-Raja 2:21)
  • Tempat yang ditaburi dengan – menandakan kebinasaan yang kekal (Hakim-Hakim 9:45)
  • Diberikan dengan limpah kepada orang Yahudi setelah pembuangan (Ezra 6:9 dan 7:22)

Kehadiran garam dalam kehidupan manusia melambangkan Tuhan sendiri

a.) Dimurnikan oleh persoalan

Di garami dengan api (Markus 9:49) persiapan orang percaya untuk dikuduskan. Ini adalah proses pertama dan senantiasa ada dalam kehidupan orang percaya. Kita dimurnikan oleh situasi. Ujian kehidupan selalu menanti setiap jalan yang dilalui. Ini tidak bertujuan untuk menghancurkan anda melainkan untuk membentuk mental yang tahan uji, tidak cengeng, kuat dan tetap konsisten melakukan kasih. Hanya  orang  yang  pernah melewati  “digarami  dengan api” yang hatinya  akan berubah dimana tidak  ada lagi rasa sombong dan angkuh. Setiap orang Kristen sebenarnya dituntut untuk me-representasi-kan kehadiran Tuhan di dunia ini. Jika kita saling mengasihi,  maka dunia tahu bahwa murid-murid Yesus ada disini.

Sikap  hati  menentukan seberapa  kedewasaan kita  di  depan Tuhan,  dan itu menentukan seberapa besar kepercayaan Tuhan kepada kita. Apapun yang kita korbankan: pikiran, tenaga, uang, talenta, semua itu harus digarami dengan ketulusan tanpa pamrih. Setiap kita harus digarami dan jadi garam bagi dunia yang sebenarnya. Harus mampu mendidik sikap hati sendiri dengan menjaganya saat  melewati api pemurnian (ujian kehidupan). Jika respon anda benar, maka Tuhan akan menganugerahkan kemurahan hati-Nya. Beberapa sikap hati yang salah itu seperti :

  • Setiap kali anda berdosa lalu bertobat, maka Tuhan tetap mengampuni. Tetapi saat ada seseorang berdosa sekali pada anda, responnya menghakimi dengan luar biasa!”.
  • Pernyataan: “semua sudah saya lakukan”  artinya orang tersebut  benar  dan Tuhan yang salah. Sebenarnya perkataan itu artinya anda berjalan dengan angkuh bersama dengan Hukum Taurat dan adat istiadat/ aturan gerejawi.
  • Hobi lain yang Tuhan tidak suka: Menyimpan kesalahan orang lain.
  • Tuhan tidak akan membawa anak-anakNya yang punya sifat-sifat buruk: iri, marah, kekerasan. Orang percaya tidak  pernah  dipanggil  untuk  bertikai  dengan  siapapun  dalam gereja-Nya.
  • Tidak perlu menanggapi kritikan secara berlebihan atau menanggapi dengan serius gosip dari orang lain.
  • Saat mendapatkan apapun yang tidak baik: respon kita seharusnya berterima-kasih.
  • Respon yang Roh Kudus kehendaki saat menghadapi masalah adalah (a) fokus kepada Tuhan dalam diam, (b) ampuni, (c) terima apa adanya, (d) bertobat, (e) akui, (f) merendahkan diri, istilah kerennya adalah memiliki cool spirit.

b.) Garam perjanjian dalam imamat 2:13.

Tidak seperti dulu, harus ada Imam yang membawa persembahan dan doa kepada Tuhan. Setelah Yesus Kristus lahir ke dunia ini maka semua orang yang percaya kepada-Nya dapat berhubungan langsung dalam doa-doa yang penuh kerendahan hati kepada Yang Maha Kuasa dengan mengatas namakan Yesus Kristus. Persekutuan kita di dalam gereja dengan Pastor/Pendeta adalah sebagai pemimpin rohani yang membantu mengarahkan hidup ini kepada kebenaran bukan mewakili anda dihadapan Allah.

c.) Tuhan adalah pembela sejati

Perjanjian garam memberi otoritas penuh pada Tuhan untuk menjadi pembela anda (2Tawarikh 13:1-20). Perjanjian ini memberi otoritas penuh kepada Tuhan untuk menjadi pembela sejati. Tuhan menganugerahkan orang percaya dengan perjanjian baru dan perjanjian garam.  Perjanjian ini tidak pernah dihapuskan Tuhan, perjanjian baru melengkapi semuanya. Saat anda berada dalam masalah, maka fokuslah kepada Tuhan, rendahkan hati, sadari kesalahanmu dan mintalah pertolongannya. Maka Tuhan akan berdiri dan jadi pembela sejati.

d.) Orang Kristen kiranya dapat membawa dampak positif

Orang-orang percaya (Matius 5:13). Dimanapun orang Kristen berada pasti dapat dikenali oleh orang lain (termasuk dengan orang yang tidak seiman). Ia tidak harus mengatakan “saya orang Kristen lho…” melainkan dengan tulus memberi manfaat kepada orang lain niscaya kekristenannya akan bersinar seperti terang dengan sendirinya.

Saat  orang percaya tidak melakukan apapun bagi Tuhan,  kerajaanNya,  dan dilingkungan sekitarnya. Maka ia seperti garam yang kehilangan kekuatan dan kualitasnya. Banyak orang tersinggung dan merasa harga dirinya diinjak-injak saat menghadapi masalah artinya orang itu garam yang kehilangan/ tidak muncul kekuatan (kesabaran) dan tidak teruji kualitasnya. Semua yang berfungsi membuat Tuhan bahagia. Jika kita hanya diam saja dan sekedar menyerap dan menerima maka kita belum berfungsi apa-apa. Manfaat yang kami maksudkan disinu bukanlah sesuatu yang tidak bisa dilakukan/ diluar kemampuan. Melainkan mulailah bermanfaat bagi keluarga anda terlebih dahulu. Anda juga dapat memberi arti buat orang-orang disekitar lewat sikap yang ramah (senyum, sapa dan salam).

e.) Kasih yang berkorban

Kasih karunia di dalam hati (Markus 9:50). Tanpa kasih yang penuh pengorbanan, bagaimana anda dapat melakukan kebaikan kepada orang lain. Tidak ada kebaikan yang terlalu murah untuk diberikan teman. Semuanya itu butuh keikhlasan, “Saat tangan kanan memberi maka tangan kiri tidak melihatnya”.

f.) Perkataan yang tulus

Hikmat di dalam percakapan (Kolose 4:6). Kata-kata yang penuh kasih dan tidak hambar menggambarkan perkataan yang tulus dari dalam hati. Jangan sampai lain dibibir, lain dihati. Tanpa ketulusan kasih yang anda lakukan hanya panas diawal saja alias tidak tahan lama.

g.) Jauhi kemunafikan

Menggambarkan orang munafik yang tidak memiliki kasih karunia (Menjadi tawar) dalam hatinya (Matius 5:13; Markus 9:50; Lukas 14:34). Kasih dan pengorbanan adalah apa yang dianggap kebaikan oleh dunia ini. Saat orang lain menjadi jahat, bagaimana sikap anda? Apakah memaafkannya lalu tetap konsisten berbuat baik atau malah mengatakan “Cukup sampai disitu, saya tidak mau dipermainkan!”.

g.) Menjauhi kebusukan

Manfaatnya sebagai pengawet berhubungan dengan mencegah perilaku korupsi atau kebusukan, khususnya dalam arti moral, etis atau rohani – misalnya pengaruh orang Kristen bagi perilaku suatu masyarakat. Perjanjian garam berarti perjanjian abadi. Kel 30:35; Im 2:13; Bil 18:19; 2 Raj 2:20, 21; Yeh 16:4; 43:24; Mat 5:13; Mrk 9:50; Luk 14:34.

Refleksi dibalik manfaat garam yang luar biasa

1. Memberi rasa asin pada makanan

Apakah kita selalu memberi rasa pada sekeliling kita,mereka merasa kehilangan kalau kita tidak ada, ataukah sebaliknya orang-orang di sekeliling kita tidak pernah menyukai kehadiran kita??

2. Mengurangi asin dari makanan yang terlalu asin dengan cara mencucinya dengan air garam (contohnya ikan asin)

Terkadang ada orang-orang yang terlalu munafik dengan hidupnya, semua terlihat baik hanya di luarnya saja, tetapi mereka hatinya jahat, contohnya orang Farisi yang sering ditegur oleh Yesus.  Apakah kehadiran kita di dekat mereka bisa menolong mereka untuk hidup dengan tulus, tidak munafik lagi…? Apakah justru kita ikut-ikutan munafik?

3. Menghilangkan rasa pahit (contoh mencuci sayur pahit dengan garam)

Ada orang-orang yang hidupnya pahit hati, tidak mau mengampuni, apakah kehadiran kita dapat menolong mereka untuk tidak pahit lagi, melainkan mau mengampuni orang lain? Atau justru kita menebarkan kepahitan hati dengan cara gosip dll?

4. Melunakkan sayuran yang kasar dengan meremasnya menggunakan garam

Ada orang-orang yang hidupnya kasar, mudah marah, mudah tersinggung, karakternya tidak baik, apakah dengan bergaul dengan kita mereka dapat berubah menjadi orang yang lemah lembut, sabar, dll ? Atau apakah kita yang justru ikut-ikutan mudah marah, mudah tersinggung, dll?

5, Memudahkan menghaluskan bumbu, misalnya menghaluskan merica lebih mudah jika dibubuhkan garam, atau menghaluskan cabai

Materi yang kasar, sulit dihancurkan, akan tetapi jika ada garam maka akan lebih mudah dihancurkan, saat seseorang dalam proses penghancuran/proses pemangkasan / proses pembentukan untuk ke arah yang lebih baik, terkadang berontak dan meronta, tidak mau masuk dalam proses, akapah kehadiran kita di tengah mereka dapat mendorong mereka untuk tetap bertahan? Ataukah justru kita mengajak mereka untuk menyerah?

6. Mengawetkan makanan agar tidak mudah basi

Terkadang jika ada orang yang lebih hebat, orang yang lebih luar biasa, akan disingkirkan oleh orang orang di sekitarnya karena rasa iri, contohnya Saul selalu berusaha menyingkirkan Daud, dengan berbagai cara, kalau perlu dengan membunuhnya,

Tetapi orang yang bisa jadi garam, dia akan mengawetkan orang lain, artinya dia akan dukung orang lain untuk tetap exis, dukung orang lain untuk lebih berhasil lagi, promosikan orang lain, memuji, memberi bantuan, memberi dukungan, dan  menyemangati orang itu untuk terus maju, memberi kesempatan, memberi peluang, dll

7. Air garam dipakai untuk mencuci sayuran tertentu yang dikawatirkan ada ulat tersembunyi, misalnya sayuran brokoli

Jika kita bisa jadi garam dunia, kita akan menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi, kita akan membukakan hal hal disembunyikan, ataukah justru kita ini malah menyembunyikan rahasia-rahasia ?

8. Air garam dipakai untuk mencuci NENAS yang mata-mata nya mengandung racun

Apakah kehadiran kita selama ini dapat meredakan racun..? Dapat menggagalkan niat jahat, pembalasan dendam, tindak kejahatan, penghianatan,  dll  Atau justru kitalah yang selalu jadi racunnya?

9. Dalam pembuatan kue/adonan,  garam berfungsi sebagai:

  • Membantu menghindari pertumbuhan bakteri jahat
  • Menambah kelihatan gluten
  • Mengatur warna kulit pada roti, donat.
  • Membangkitkan rasa bau yang lain
  • Memantapkan rasa

Warna, rasa dan aroma pada kue ternyata dihasilkan dari adanya natrium klorida dalam adonan, bagaimana dengan hidup kita, apakah kita sudah memberi rasa enak pada sekitar kita, memberi aroma lezat pada sekitar kita dan apakah kita dapat memberi warna yang indah. Kalau di mana pun kita bersikap sopan, manis, menyenangkan, mudah memaafkan, mudah beradaptasi dengan lingkungan kita, tidak selalu menuntut orang di sekitar kita, melainkan sebaliknya MEMBERI pada sekeliling kita, memberi senyuman, perhatian, dukungan, pujian, dll, maka kita sebenarnya sudah berfungsi sebagai garam yang baik, yang asin, yang enak ‘dimakan’ seperti kue…

Di Dunia kecantikan

10. Karena mengandung exfoliant alami, garam dapat menghaluskan kulit, jadi bisa dipakai untuk scrub pada kulit kering.

Sehabis mandi dan pada saat kulit masih dalam keadaan basah, ambil segenggam garam dan gosokkan secara lembut dan perlahan pada seluruh kulit tubuh. Manfaatnya akan meluruhkan sel kulit mati dan membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

11. Menyeimbangkan kadar minyak, sehingga dapat dipakai sebagai masker pada kulit wajah berminyak atau berjerawat, mempercepat penyembuhan kulit dari jerawat,

Bermanfaat untuk mengurangi minyak pada wajah. Caranya, Isilah botol spray kecil dengan air hangat dan tambahkan 1 sendok teh garam. Kemudian, semprotkanlah pada wajah, keringkanlah dengan cara menepuk-nepuk dengan handuk.

12. Garam dapat membunuh bakteri penyebab bau, oleh karena itu sangat berguna jika dibuat deodoran

13. Garam berfungsi sebagai pembersih untuk mengangkat make up dan kotoran tebal pada wajah. Setelah itu cucilah wajah dengan sabun cuci muka, dan bilas hingga bersih.

Ternyata garam juga memberikan kecantikan ! Apakah kehadiran kita di sekitar kita sudah memberikan kecantikan dalam artian 5 R? Ringkas, rapi, resik, rawat, rajin, ataukah sebaliknya kita sering ceroboh, membuang sampah sembarangan, tidak bersihan, dll?

Di dunia kesehatan

14. Sistem Imun

Manfaat dari Garam laut secara alami bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, menjadikan tubuh mampu melawan berbagai virus yang menyerang tubuh seperti, flu, demam, alergi serta penyakit autoimun lainnya.

15. Menyembuhkan luka

Sifat antimikroba dalam garam menjadikannya sebagai salah satu pengobatan yang efektif untuk luka kulit. Apabila luka Anda mengalami pendarahan, tunggu hingga darah tidak keluar sama sekali. Setelah itu, gosokkan garam ke luka. Ini dapat membersihkan luka dari kuman bakteri dan mempercepat proses penyembuhan.

16. Mengurangi peradangan/pembengkakan dalam tubuh (oleh karena itu baik jika berendam di air garam)

Meminimalisir rasa pegal pada otot dan sendi (oleh karena itu baik jika berendam di larutan garam)

  1. Mencegah nyeri otot, kejang dan kram

    Kalium adalah salah satu kandungan yang terdapat dalam garam laut. Kandungan kalium ini berguna untuk membantu otot supaya berfungsi dengan baik. Selain itu, senyawa ini juga bisa menjadikan tubuh menyerap lebih banyak nutrisi dalam makanan. Jadi, NaCl adalah obat sangat efektif untuk mencegah nyeri otot, kejang dan kram.

  2. Mencegah pengeroposan tulang

    Yang dapat memicu osteoporosis adalah Saat tubuh kekurangan garam dan gula, tubuh ‘menarik’ sodium ke tulang dan hal itu bisa memicu terjadinya Osteoporosis. Oleh karena itu mengkonsumsinya bersama air secara rutin setiap hari dalam jumlah yang tepat bisa bantu mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

  3. Menjaga kadar gula yang tepat pada tubuh

    Manfaat lain dari Garam laut adalah bisa bantu mengurangi kebutuhan insulin dengan menjaga kadar gula yang tepat dalam tubuh. Jadi, sebagai satu bagian penting dalam diet bagi penderita diabetes atau orang yang berisisko terkenan penyakit tersebut.

  4. Mencegah serangan jantung dan strooke

    Ketika garam menyatu dengan air, dapat memberikan fungsi menurunkan kadar kolesterol tinggi, tekanan darah inggi, serta dapat membantu mengatur detak ketika jantung berdetak tidak teratur. Dengan demikian, dapat mencegah serangan aterosklerosis pada jantung dan serangan stroke.

  5. Menyembuhkan asma tanpa efek samping

    Bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada sistem pernapasan dan mengurangi produksi dahak pada tubuh, sehingga Anda bisa bernapas dengan lebih lega. Garam laut ini tidak menimbulkan efek samping selama penggunaannya sesuai kebutuhan.

  6. Dipakai untuk pasta gigi, karena mempunyai sifat antibakteri

  7. Dijadikan obat kumur saat sakit tenggorokan

  8. Dipakai untuk membersihakan hidung untuk meningkatkan pernapasan dan mengurangi resiko alergi atau infesi sinus

  9. Pencuci mata saat Lelah.

    Jika suatu saat mata anda terasa lelah, tidak salahnya mencoba tips ini. Caranya larutkan 1/4 sdt garam dengan 1/2 liter air hangat, dan basuhkan larutan ini pada mata yang lelah. Jika ingin menghilangakn gembung pada mata, larutkan 1 sdt garam dengan 1 liter air hangat, dan celupkan kapas pada mata sahabat sambil berbaring dengan rileks.

Apakah kehadiran kita selama ini bisa jadi obat bagi sekeliling kita? Dengan keceriaan kita, dengan hati yang gembira, dengan kata-kata yang positif, dengan semangat kita, dengan kata-kata dorongan dan pujian kita, dengan ucapan syukur kita, dengan kesabaran kita, dengan penghiburan kita…atau sebaliknya, justu orang-orang yang mengenal kita makin sakitnya makin parah saat bergaul dengan kita, karena kita sering mengeluh, menggerutu, mengomel, sedih yang berkepanjangan, marah, dll?

Kesehatan jiwa

 Depresi

Terbukti bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis depresi. Garam laut juga dapat membantu mempertahankan dua hormon penting dalam tubuh, yaitu serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut bisa membuat Anda menjadi relaks dan tidur lelap di malam hari.

Apakah kita sering menghadirkan kerelaksan pada orang-orang sekitar, ketenangan, membawa damai, keceriaan, atau sebaliknya kepanikan, kecemasan, emosi negatif, kekawatiran, kecurigaan, dll?

Di alam terbuka

Melindungi tenda dari serangga, semacam, cacing, kecowa,siput, lintah,semut  dll, taburkan garam sekeliling tenda.

Mencegah semut masuk ke area yang sudah diberi batas  lingkaran berupa air garam

Apakah kehadiran kita selama ini bisa menjadi pelindung, bagi sekitar kita, pelindung dari bahaya, pendoa syafaat bagi yang memerlukan doa kita, apakah selama ini kita sudah berdoa untuk keselamatan kota kita, masuk dalam peperangan rohani untuk merebut kota dari jajahan musuh di udara? Ataukah sebaliknya kita tidak perduli akan sekitar kita, cuek, dan tidak waspada akan adanya serangan musuh, malas berpuasa, malas berdoa?

Garam dan minyak dapat menawarkan racun serangga, contohnya racun yang disebabkan oleh tomcat.

Apakah kehadiran kita selama ini dapat meredakan racun..? Dapat menggagalkan niat jahat, pembalasan dendam, tindak kejahatan, penghianatan,  dll  Atau justru kitalah yang selalu jadi racunnya?

Memadamkan api arang yang sudah tidak terpakai lagi pada api unggun, atau api arang.

Apakah selama ini kita sudah menjadi orang –orang yang meredamkan perbantahan, meredamkan pertikaian, menjadi juru damai, meminta maaf duluan walaupun kita merasa benar, ataukah justru memanas-manasi orang yang sedang bertikai biar semakin seru?

Untuk alat kebersihan:

  1. Cerobong

    Cerobong asap dapur paling banyak terkena minyak, lembab karena uap. Bersihkan dengan garam, cuka atau baking soda.

  2. Karpet

    Karpet bisa kotor karena lumpur, tumpahan makanan atau noda anggur. Cukup taburi sodium klorida, gosok dengan spons yang basah dengan air.

  3. Menghilangkan baru dari peralatan

    Bau bawang putih, telur, daging, bawang merah dan minyak dapat mematikan. Jadi bersihkan peralatan baja, perak, atau tanah liat dengan garam dan air jeruk nipis.

  4. Peralatan perak

    Satu set peralatan perak dan barang-barang perak lainnya dapat dibersihkan dengan garam. Anda dapat menyimpan perak agar tetap mengkilap dengan NaCl.

  5. Pembersih setrika

    Berkali-kali, setrika besi mengangkat sedikit demi sedikit kotoran yang mengakibatkan mereka menempel ketika Anda menggosok pakaian Anda. Untuk mengatasi semua kotoran yang menempel pada setrika Caranya sangat mudah, taburkan garam ke atas selembar kertas lalu disetrika di atasnya. Gunakan sedikit uap panas untuk membersihkan pancaran air, lalu bersihkan alas setrika dengan kain lembab jika setrika sudah tidak panas.

  6. Membersihkan jeans

    Jika jeans Anda benar-benar kotor dan ingin membersihkannya, gunakan garam. Senyawa ini tidak hanya membersihkan jeans tapi juga mempertahankan stretchbility dan warna denim. Hanya dengan menambahkan 1 sendok teh NaCl dalam setengah ember berisi air. Rendam jeans selamam 10-15 menit. lalu bersihkan dengan deterjen.

  7. Tembaga atau kuningan

    Anda dapat mengangkat kotoran atau karat yang melekat pada hiasan tembaga dan kuningan di rumah Anda. Tambahkan beberapa cuka garam kemudian bersihkan kuningan atau tembaga milik Anda.

  8. Pakaian

    Untuk menghilangan bau dari pakaian yang dicuci, cukup rendam dalam larutan NaCl selama 5-10 menit. hal ini juga mencegah warna pakaian pudar.

  9. Peralatan masak dari besi

    Untuk menghilangkan noda minyak dari peralatan masak besi Anda, cukup gosok dengan air panas dan sodium klorida.

  10. Stoples kaca

    Kaca stoples mudah menjadi kuning. Bersihkan dengan cuka dan garam scrub untuk tetap bersih dan bebas dari bakteri.

  11. Bersihkan kulkas

    Hanya dengan sepotong kain dalam larutan garam atau cuka, Anda dapat menghilangkan noda dalam kulkas. Selain bersih, kulkas Anda juga terhindar dari bau

Dosa sering digambarkan sebagai sesuatu yang kotor, apakah kehadiran kita selama ini sudah memberi teladan yang baik pada orang fasik, sehingga mereka bertobat? Ataukah sebaliknya justru hidup yang tidak kuasa melawan arus dosa, hidup yang ikut-ikutan orang berdosa, duduk dalam kumpulan pencemooh?

Garam adalah mineral yang sudah ada sejak zaman purbakala. Tidak ada penemunya dan tidak ada ilmuan yang menciptakan senyawa ini melainkan sudah ada secara default di bumi ini sejak dari awal penciptaan. Karena itu, tidak ada satupun orang yang berhak mengatakan bahwa dialah penemu mineral ini sebab Tuhan sendirilah yang telah mempersiapkannya untuk kita. Hanya saja, ia merahasiakan manfaatnya luar biasa dahsyat. Mengapa? Karena Tuhan mempunyai rencana yang indah dibalik semua ciptaan-Nya. Darisinilah juga kita belajar bahwa Sang Pencipta itu ada dan bumi ini telah dipersiapkannya untuk menopang kehidupan umat manusia dalam sistem yang berputar sempurna. Oleh karena itu MULIAKANLAH DIA KARENA INDAH DAN AGUNG RENCANANYA!

Demikian saja beberapa keterangan yang kami peroleh dari Otak Google (Sabda.org & JeniusCaraAlkitab.com) ditambah hasil berpikir sendiri!

Salam Kristen yang memberi rasa!

Iklan

3 comments

  1. […] Kami menyarankan bunda untuk memperhatikan asupan garam harian. Sebab senyawa elektrolit ini sangat penting untuk menjaga dan mempertahankan daya tahan tubuh anda. Tahukah anda bahwa air ketuban itu mengandung garam isotonik? NaCl juga dapat menyehatkan kulit ibu dan bayinya juga. Simak juga, Garam mineral panjang umur […]

    Suka

  2. […] Tidak hanya sampai disitu saja. Manfaat garam yang sangat luas mampu memperpanjang umur anda. Sebab ia mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur dan virus. Bahkan menetralisir racun, bisa binatang buas juga menjauhkan tubuh anda dari tumor dan kanker yang ganas. Selain itu, senyawa ionik ini juga diperlukan untuk mempercepat pembusukan makanan didalam sistem pencernaan anda. Berikut selengkapnya, Garam adalah mineral ajaib yang sangatt penting […]

    Suka

  3. […] Selalu konsumsi larutan garam dalam kadar yang isotonik dimana rasanya agak sedikit manis. Minuman yang ada manis-manisnya inilah yang disebut dengan minuman isotonik yang kadar mineralnya berkisar lebih kurang berjumlah 1% dari total keseluruhan. Kadar semacam ini isotonis dengan kadar mineral dalam tubuh (0,9%) sehingga ketika dikonsumsi akan menyatu dan tidak mempengaruhi keasaman cairan tubuh (pH). Simak juga, Mineral ajaib untuk panjang umur […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s