+10 Bahaya Hawa Nafsu Berlebihan – Keinginan Yang Tidak Terkendali Melemahkan Kehidupan

 Bahaya Hawa Nafsu Berlebihan - Keinginan Yang Tidak Terkendali Melemahkan Kehidupan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia luar jaringan, hawa nafsu adalah desakan hati dan keinginan keras (untuk menurutkan hati, melepaskan marah, dan sebagainya). Merupakan keinginan hati (hasrat) manusia yang datangnya dari dalam. Setiap orang memilikinya, tanpa terkecuali bahkan hewan-hewanpun memilikinya. Hanya saja keinginan hewan terbatas pada makanan, minuman, tidur dan kawin (melanjutkan keturunan). Oleh karena manusia lebih cerdas dari semua binatang yang berkeriapan di luar sana maka keinginannya juga lebih tinggi (lebih banyak) dari makhluk hidup lainnya.

Antara kecerdasan dan hasrat batin

Sadarilah bahwa semakin cerdas seorang manusia maka semakin banyak hawa nafsunya. Jadi, bagi anda yang merasa diri lebih intelek dari manusia lainnya, harus betul-betul memahami kenyataan ini. Jika anda tidak mampu mengendalikan diri niscaya hal tersebut akan menelanmu hingga kepribadian yang dahulu baik, santun, ramah dan suka bergaul akan lenyap tak bersisa. Yesi…. Nafsu yang berlebihan jelas membuat anda semakin menyimpang, jahat bahkan tidak lagi manusiawi dalam memperlakukan sesama.

Hewan-hewan di padang termasuk makhluk hidup paling tenang dan damai hatinya sebab keinginannya hanya sebatas makan, minum, istrahat dan seks. Seandainya saja manusia memiliki nafsu yang hanya segitu niscaya bumi ini diam dalam damai tetapi resikonya adalah tidak ada kemajuan hidup bahkan perkembangan di berbagai-bagai linipun tidak terjadi. Jadi menjadi orang bodoh (seperti hewan), ada baiknya dan ada juga buruknya; menjadi orang yang pintar juga ada baik dan ada buruknya. Bukankah dunia ini penuh dualisme?

Kecerdasan yang anda miliki seperti pedang bermata dua, bisa membawa pada pembaharuan hidup menjadi lebih baik dan bisa juga menuntun anda dalam proses-proses destruksi kehidupan yang berakhir dengan tahanan sosial (di penjara), tahanan rumah sakit atau tahanan maut (kematian). Oleh karena itu, pandai-pandailah mempergunakan kemampuan otak anda agar manfaatnya bisa membaikkan kehidupan dan bukannya malah merugikan orang lain, diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Keinginan berhubungan dengan kekuasaan, uang, jabatan dan relasi

Pada dasarnya, semakin besar power seseorang maka semakin besar pula hawa nafsunya. Apa saja itu power? Ini terdiri dari kekuasaan, uang, relasi dan jabatan yang dimiliki. Selama hal-hal ini memiliki posisi yang lebih tinggi dari manusia lainnya (belum disetarakan) maka selama itu pula keinginan yang menyertainya banyak. Banyak pula peminatnya karena power big band akan menjadi bahan rebutan diantara manusia. Artinya, jangan bertanya-tanya mengapa nafsu kalangan atas lebih banyak dari apa yang masih bisa diinginkan oleh rakyat biasa (ekonomi menengah ke bawah).

Keinginan dan kenyamanan

Mereka yang memiliki nafsu yang besar biasanya akan mengharapkan sesuatu yang besar. Kenyamanan yang dikehendakipun akan semakin besar pula. Jadi, besar kecilnya hasrat tentang kenyamanan ditentukan oleh tinggi-rendahnya hawa nafsu. Artinya, seseorang yang mengehendaki kenyamanan yang besar bisa dikatakan bahwa hasratnya juga besar. Mereka yang nyaman oleh hal-hal yang sederhana berarti nafsunya juga sederhana.

Tetapi kenyataannya, mengapa lebih banyak orang-orang kecil yang terlibat kasus pelecehan seksual, pemerkosaan, pencurian dan lain sebagainya? Biasanya orang yang bernafsu besar, dompetnya tebal sehingga dosa yang dilakukannya di-acc-kan oleh negara di dalam cafe dan rumah singgah yang menawarkan prostitusi. Jadi, di negara ini hanya orang beruanglah yang kesesatannya dapat dilegalkan dalam rumah-rumah prostitusi sedangkan rakyat jelata yang dianggap melakukan pelecehan seksual, siap-siap dibui.

Hasrat hati dan kegelisahan

Sekalipun kemampuan anda untuk memenuhi hasrat dari dalam hati sangat mumpuni bahakan bisa dikatakan bahwa financial anda mampu memenuhi lebih dari apa yang sesungguhnya dibutuhkan sehari-hari. Tapi sayang, semakin anda mengikuti hawa nafsumu maka semakin jauh kedamaian dari dalam hati. Sekalipun orang lain salut dengan kemampuan finansial anda, bukan berarti lubang hampa di hatimu bisa dipenuhi oleh hal-hal yang sifatnya berupa materi. Sadarilah bahwa semakin tinggi hawa nafsu maka semakin banyak kegelisahan yang timbul dari dalam sana.

Kebahagiaan dan hawa nafsu

Anda berpikir bahwa hawa nafsu yang terpenuhi seluruhnya akan membuatmu bahagia. Sayang, hal itu hanya sesaat saja sebab yang namanya keinginan itu akan terus bermunculan tiap hari, tiap jam, tiap menit bahkan tiap detik. Mampukah anda memenuhi semuanya itu? Apa tubuhmu mampu menahan desakan materi yang terus menerus (misal makan terus-menerus)? Ingatlah bahwa kebahagiaan itu adalah kemampuan untuk memanajemen pola pikir agar tetap positif di segala waktu. Justru semakin banyak hawa nafsu maka semakin sulit untuk berbahagia.

Dampak negatif hawa nafsu yang membabi-buta

Kemampuan anda mengendalikan diri berhubungan erat dengan kamampuan untuk mengendalikan keinginan hati yang berkaitan langsung dengan manajemen mindset. Semakin bagus kemampuan untuk mengendalikan pikiran maka semakin baik pula kelihaian untuk mengendalikan segala hasrat yang keluar dari dalam diri ini. Berikut ini beberapa dampak buruknya dalam kehidupan anda.

  1. Memaksakan kehendak.

    Ciri khas utama dari tingginya hasrat seseorang adalah sifat yang cenderung memaksakan sesuatu kepada orang lain. Tidak menerima saran/ kritik/ sanggahan dari sesama. Mereka memaksa orang lain untuk menjadi seperti yang diinginkannya. Padahal, satu-satunya hal yang bisa memaksa di dunia ini adalah hukum dan undang-undang yang berlaku secara umum di masyarakat.

  2. Menjadi egois.

    Mereka yang mementingkan diri sendiri cenderung lebih suka nyaman secara sepihak. Hasratnya yang demikian membuatnya mencipakan kenyamanan sendiri tanpa mau peduli lagi dengan keberadaan orang lain. Keegoisan ini akan terus berlangsung selama orang tersebut memandang rendah kebutuhan orang lain diatas kebutuhannya sendiri.

  3. Kebaikan minus.

    Keegoisan menuntun orang untuk mementingkan dirinya sendiri sebagai pusat dari segala sesuatu. Tidak begitu peduli dengan keberadaan orang lain dan enggan untuk berbuat baik karena sibuk membuat dirinya sendiri nyaman. Sehari-harian ia hanya mengarahkan orang-orang untuk melayaninya dan dia sendiripun terus memenuhi keinginannya sehingga lupa untuk berbuat baik. Kebiasaan ini membuatnya menjadi orang pelit dan sulit sekali untuk membagikan sesuatu yang baik kepada sesama.

  4. Sikap individualisme yang kental.

    Lebih mementingkan diri sendiri dan hanya fokus untuk memenuhi apa yang diinginkannya membuat seseorang merasa tidak butuh lagi dengan orang lain. Terlebih ketika jumlah materi yang dimilikinya berlebih maka sikap ini akan semakin kentara karena yang menjadi teman dan sahabat sejatinya adalah uangnya sendiri.

  5. Benci kepada seseorang.

    Biasanya saat seseorang hanya fokus kepada keinginannya maka kebutuhan orang lain yang berbeda darinya akan diabaikan. Bahkan ketika hal tersebut saling bertemu dan bertentangan maka rasa kesal langsung memenuhi hatinya. Ia membenci orang lain hanya karena perbedaan yang sebenarnya biasa saja.

  6. Dendam yang tidak jelas.

    Nafsu yang tidak terkendali akan membuat seseorang menuntut secara berlebihan dengan berkata “mata ganti mata, gigi ganti gigi, pukulan ganti pukulan“. Hasratnya untuk menuntut balas adalah sesuatu yang tidak dapat ditolak padahal kejadian tersebut telah nama berlangsung.

  7. Iri hati – cemburu

    Hasrat yang terlalu besar terhadap sesuatu membuat orang lain mudah cemburu saat orang lain berusaha memiliki hal yang sama dengannya. Atau ketika ada seseorang yang lebih baik darinya maka rasa irinya membengkak lalu melambung memenuhi kepala bahkan mencapai ubun-ubun berubah menjadi kebencian dan bully (penghinaan).

  8. Perilaku menyimpang.

    Saat keinginan begitu menggebu-gebu sehingga mampu menenggelamkan kecerdasan anda (emosional, spiritual dan intelektual) maka hal-hal yang tidak halal dan ilegalpun akan dilakukan agar semuanya itu bisa terpenuhi. Demikianlah manusia yang hidup demi hawa nafsunya yang sepenuhnya dikendalikan oleh kesesatan berpikir sehingga tidak bisa lagi membedakan antara kebenaran dan kejahatan.

  9. Mengganggu hubungan dengan orang terdekat.

    Saat keinginan anda tidak lagi terkendali maka pelampiasan yang anda lakukan cenderung membabi-buta dan tidak bisa lagi membedakan mana kawan dan mana lawan. Keadaan ini mendorongg kehidupan anda kepada tahap pengabaian bahkan orang-orang terdekatpun tidak nyaman dengan sikapmu. Beberapa orang yang awalnya dekat dengan anda akan mulai menjaga jarah hingga menjauh sama sekali karena sikap yang keterlaluan.

  10. Merusak masa depan.

    Bila anda tidak mampu mengendalikan nafsu sepenuhnya maka cita-cita anda untuk masa depan yang lebih baik akan menuju ke arah kekelaman yang semakin meredup. Semakin bertambah usia sepertinya hidup tidak lagi berarti, semua yang terjadi hanya kekacauan dan kegelisahan hati. Saat seluruh kekuatan anda (fisik, materi, relasi) telah berlalu maka yang tertinggal hanyalah penyesalan sepanjang sisa hidupmu karena anda sadar bahwa semua sumber daya yang ada telah diarahkan kepada hal yang sia-sia.

  11. Merugikan orang lain.

    Hawa nafsu yang tinggi membuat seseorang tidak peduli lagi dengan keberadaan orang lain. Sekalipun tujuannya merugikan mereka tetap saja ia merasa lebih berhak karena memiliki pengaruh kekuasaan, uang dan relasi yang lebih mumpuni dari yang lainnya.

  12. Merugikan diri sendiri.

    Keinginan yang tidak bisa dikendalikan untuk mengkonsumsi sesuatu membuat seseorang tidak bisa lagi membatasi diri untuak mewujudkannya. Mereka melakukannya secara berlebihan sehingga membuat dirinya sendiri over dosis sampai menimbulkan penyakit (misalnya penyakit metabolisme: kolesterol, darah tinggi, obesitas, diabetes dan lain sebagainya).

  13. Merugikan lingkungan sekitar.

    Pembuangan sampah secara sembarangan merupakan salah satu dampak keinginan manusia terhadap lingkungan. Sebab setiap pemenuhan hawa nafsu pastilah menyisakan sampah. Bila penanganan limbah jenis ini tidak dilakukan dengan serius maka berpotensi untuk merusak lingkungan.

  14. Menghancurkan kehidupan lingkungan hayati yang alami.

    Hewan-hewan di padang akan dipunahkan dan tumbuhan hijau turut ditebang sampai habis untuk membangun perumahan mewah bin ajaib bagi para konglomerat. Makhluk lain akan terpinggirkan bahkan tidak lagi memiliki kesempatan hidup. Pada akhirnya semuanya ini mengganggu keseimbangan alam dan menyebabkan bencana alam bahkan kiamatpun akan mendatangi anda secara tiba-tiba.

  15. Tidak ada damai.

    Semakin anda berburu hawa nafsu maka semakin jauh diri ini dari kata damai. Sebab beberapa keinginan manusia yang berlebihan membutuhkan pengorbanan yang lebay untuk memilikinya. Rasa bersalah karena melakukan hal-hal yang menyimpang inilah yang membuat kedamaian pergi dari dalam hati.

  16. Jauh dari kehahagiaan.

    Semakin banyak keinginan di dalam hati anda maka semakin sulit untuk meraih kebahagiaan itu. Ini dikarenakan oleh hawa nafsu yang identik dengan perasaan kurang. Jadi semakin tinggi hasrat itu maka semakin kurang kebahagiaan di dalam hati.

Hawa nafsu itu selalu ada, jika anda bisa mengendalikannya lalu mengarahkannya pada hal-hal yang positif maka kehidupan ini lebih bergairah. Akan tetapi ketika hawa nafsu anda tidak terkendali dan terlalu dipakasakan niscaya akan menggiringmu untuk memasuki fase destruksi kehidupan. Semakin lebay keinginan itu maka semakin banyak pihak yang akan ditariknya ke dalam keterpurukan, mulai dari orang-orang terdekat, famili, sahabat, teman bahkan lingkungan sekitar juga. Simak, Cara mengendalikan keinginan

Keinginan itu selalu ada, arahkan pada kegiatan yang positif atau sibukkan pikiranmu untuk memuji-muji Tuhan di dalam hati agar hati tetap tenang di tengah dunia yang bergojolak.

Fokus Berpikir Manusia Agar Hidup Lebih Berkualitas

Salam pengendalian diri!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s