17 Cara Mengatasi Kekurangan – Memiliki Kelemahan harus banyak berbuat baik, Itulah Kekuatan Kita

Cara mengadapi kelemahan sendiri

Siapakah yang tidak punya kelemahan? Saya sendiripun teman kelemahannya ada banyak. Sepertinya setiap orang sudah dijatahin sama Yang Diatas untuk memiliki kekurangan walau dalam bentuk yang berbeda-beda. Oleh karena itu janganlah bekecil hati teman. Tetap tampil percaya diri dan kuatkan hatimu untuk menghadapi semua resiko akibat kelemahan itu.

Benarlah kata pepatah yang mengatakan “no body is perfect”. Masing-masing orang yang kami kenal dalam  hidup ini pasti memiliki sisi-sisi kelemahannya sendiri yang khas dan berbeda dari yang lain. Saat anda mengerti tentang hal tersebut lalu memberikan toleransi untuk memakluminya maka saat itu jugalah sisi emosional anda dibentuk untuk menjadi lebih manusiawi.

Kunci mengatasi kekurangan diri terletak pada pikiran

Perhatikan sepatah frase berikut ini.

Jangan biarkan kata-kata kotor/ negatif merasuki otakmu

Lihatlah perahu kecil itu di lautan. Betapa luasnya samudra tidak dapat menenggelamkan perahu itu. Mengapa ? Karena ia tidak membiarkan air laut masuk kedalamnya. 

Demikian jugalah dengan pikiran kita. Seburuk apapun kita dimata orang lain dan se-negatif apapun kata-kata mereka mengejek, mem-bully, menghina, merendahkan anda, semuanya itu tidak akan mampu menenggelamkanmu dalam kesedihan apabila TIDAK MEMASUKKANNYA DAN MENYIMPANNYA DALAM HATI. Abaikan setiap perkataan negatif yang tidak mendukungmu dan cari tahu makna dibalik semua kata-kata itu “mengapa mereka melakukannya?“. Terserah mereka benar atau tidak, ubahlah dirimu menjadi lebih baik hari lepas hari. Jangan ikuti kata mereka namun jadilah diri sendiri. Menjadi lebih baik yang saya maksudkan adalah dari segi (1) attitude/ sikap (perkataan dan perilaku), (2) pengetahuan, (3) wawasan, (4) kreatifitas dan (5) relasi.

Gunakan pikiran sebaik-baiknya teman sebab dari sanalah berasal sumber kekuatan dan semangatmu. Kelola pikiranmu, ambil dan simpan pelajaran apa yang baik dari dunia ini lalu buang segala sampah yang tidak pantas untuk disimpan. Jadilah pribadi yang kritis dan selektif.

Kuatkan hati menerima kekurangan diri sendiri

Dahulu, saya berpikir bahwa kuatkan hati sama dengan sombong. Belakangan saya baru memahami bahwa kuatkan hatimu lebih dari sekedar motivasi biasa yang membuat kita siap menanggung setiap kesakitan dan penghinaan yang akan diterima. Dimana kekuatan hati ini diekspresikan dengan bersikap cuek dengan semua sindiran negatif. Disinilah saya berpikir bahwa sikap ini sama dengan kesombongan padahal sama-sekali tidak sama teman. Baca juga, Sisi buruk sifat sombong

Setelah saya analisis baik-baik terbukti sudah bahwa ketika kita menyombongkan diri dalam kelemahan maka saat itulah kita berusaha menyembunyikan kekurangan yang sesungguhnya. Ini jelas salah teman. Jangan pernah menyembunyikan kelemahanmu. Jujur pada diri sendiri dan berusaha jugalah untuk jujur pada orang lain sehingga lebih melegakan.

Kenyataan yang tidak menyenangkan saya temukan ketika melihat seorang sahabat melampiaskan amarahnya (karena dia lemah) dan berusaha menjatuhkan orang lain agar sama-sama lemah seperti dirinya. Ini adalah pelampiasan yang sangat tidak cerdas dan cenderung merusak. Beberapa orang lagi menindas orang lain untuk menutupi kelemahannya dan memuaskan hati dengan semua kejahatan itu. Hal-hal ini jelas tidak mendatangkan kebaikan teman karena anda berada dijalur yang salah. Selengkapnya, Kuatkan hati menjalani persoalan hidup

Menyadari adanya kelemahan, harusnya ada juga kelebihan dibaliknya

Ketika kita menyadari bahwa ada banyak kelemahan dalam diri ini. Saat itulah kita berusaha mencari tahu “Saya bisanya apa?”. Bila sudah mengetahui apa kelebihan diri ini. Saat itu juga harus berkomitmen untuk melakukan kebaikan kepada banyak orang dengan memanfaatkan kelebihan yang kita miliki.

Sadar atau tidak, cepat atau lambat, menabur kebaikan sama dengan mempersiapkan lumbung-lumbung berkat untuk masa depan. Jika anda melakukan yang baik niscaya doa-doa positif yang anda terima dari orang lain suatu saat akan mengubahkan dan menghebatkan kehidupan anda, cepat atau lambat.

Bersabarlah dalam segala kekurangan kita. Jangan sepanjang galah saja sudah menyerah, jangan diejek saja sudah lemah, jangan direndahkan oleh orang lain kita sudah putus asa dan ingin mengakhiri hidup. Saya berkata sekali lagi teman Kuatkanlah Hatimu!

Cara mengatasi kelemahan dalam diri sendiri

Anda harus menyadari bahwa anda Memiliki kelemahan dengan demikian anda dapat mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang akan terjadi. Berikut ini panduan lengkap untuk menghidupi kelemahan kita sehari-hari. Cara praktis dan efektif ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dalam mengatasi kekurangan yang sudah ada diawal masa muda ini.

  1. Pembaharuan mindset – miliki persepsi positif.

    Bagaimana cara pandang anda terhadap diri sendiri dan terhadap dunia ini? Milikilah sudut pandang yang bagus saat memahami segala sesuatu yang terjadi. Pemahaman alias opini yang bagus ini tidak otomatis kita miliki melainkan harus belajar dengan membaca Kitab Suci yang diyakini. Bacalah baik-baik dan berulang-ulang setiap bagian-bagiannya hingga anda mampu mengambil opini positif (kata-kata hikmat) yang terkandung didalamnya. Mendekatkan diri kepada Tuhan adalah salah satu cara untuk memiliki pandangan hidup yang baik tentang dunia ini.

    Sadarilah kawan bahwa kelemahan itu bukan kutukan dan bukan juga bencana melainkan cara Yang Maha Kuasa untuk membuatmu menjadi seorang yang tangguh dan sabar dalam menghadapi naik-turunnya (gejolak) kehidupan.

    Pahamilah bahwa kehidupan kita berada dalam garis rel rencana Tuhan. Selama anda mengendalkan-Nya maka selama itu pula dibimbing kepada kehendak-Nya. Ingatlah bahwa Tuhan tidak menginginkan agar anak kesayangan-Nya jatuh-celaka dan tak berarti. Melainkan Ia mengehendaki hal-hal yang baik bagi kita.

    Ujian kehidupan merupakan bagian dari rencana Tuhan. Ini adalah cara-Nya untuk membentuk manusia agar hanya berharap kepada-Nya saja sekaligus meningkatkan kecerdasan hingga membuat anda bijak dalam menjalani hidup. Cobaan hidup adalah bagian dari peningkatan level kehidupan (mental & kepribadian)  manusia itu sendiri.

    Berusahalah dalam segala situasi untuk membersihkan hatimu dari hal-hal yang jahat (pikiran kotor/ pikiran negatif) dengan selalu memusatkan pikiran kepada Tuhan dalam doa, puji-pujian dan Firman. Simak juga, Cara mengisi lubang dihati.

  2. Terima dirimu apa adanya teman.

    Lalu hargai dirimu sepantasnya bahwa setiap orang berharga dimata Tuhan.

    Hindari sikap yang bersungut-sungut terhadap situasi atau terhadap orang lain melainkan berusahalah untuk tetap menjadi pribadi yang positif dalam segala keadaan dengan tetap menyukuri semuanya itu sebagai bagian dari rencana Tuhan.

    Daripada bersungut-sungut maka lebih baik anda untuk memikirkan, mengatakan dan melakukan hal-hal (sikap) yang baik dan benar sesuai dengan bidang masing-masing.

  3. Kenali kelemahanmu.

    Anda harus menyelidiki secara pribadi apa-apa saja kelemahan diri yang dimiliki. Terus ketahui juga apa saja yang tidak bisa dilakukan karena kekurangan tersebut.

    Dibalik semuanya itu hindari fokus kepada kekurangan itu melainkan usahakanlah untuk memfokuskan pikiranmu kepada hal-hal yang lebih positif.

  4. Sabar disegala waktu dan selalu sanggup menerima kenyataan.

    Kesabaran adalah atmosfir kehidupan manusia. Kita butuh sifat ini dimanapun, kapanpun dan apapun yang dilakukan hari lepas hari. Sewaktu berada dalam proses menunggu, berusahalah untuk sabar menantikan kesempatanmu tiba. Saat kita lemah di fisik maka kuatkanlah hati menerima kenyataan itu. Ketika menghadapi masalah maka tabahkanlah hati menghadapinya. Sewaktu kesialan menghampiri anda maka bersabarlah melewati semuanya itu.

    Sikap yang menerima kenyataan apa adanya adalah suatu landasan yang menyatakan bahwa kita selalu mensyukuri segala sesuatu yang tengah terjadi dalam kehidupan ini. Prinsip inilah yang membuat kita tetap tegar walaupun ditengah badai kehidupan. Katakan kepada dirimu, “saya pantas mendapatkannya, ini sudah seharusnya terjadi, terimakasih ya Tuhan dan mohon kuatkanlah hatiku menghadapinya.”

  5. Jaga perilaku dan perkataan dalam bersikap.

    Miliki attitude yang terpuji (sopan, santun dan berkesan) dalam semua lini kehidupanmu. Ini adalah kualitas yang harus kita bangun terus dan pertahankan meliputi sikap dan tutur kata yang penuh pengertian.

    HINDARI MENUNTUT ORANG LAIN UNTUK SOPAN DAN MENGHARGAI DIRI INI. Sadarilah bahwa dalam hidup ini, satu-satunya hal yang dapat kita kendalikan adalah sikap sendiri. Adalah mustahil bagi kita untuk mengendalikan sikap orang lain.

    Ingatlah bahwa saat kita tidak mampu memberikan apa-apa kepada sesama (berbagi kasih/ bermanfaat bagi orang lain) karena tidak ada materi untuk dibagikan bukan berarti hidup ini mentok dan kita tidak mampu melakukan apa-apa. Tidak semuanya pemberian adalah uang tetapi dengan menunjukkan sikap yang baik kepada sesama maka itu juga adalah pemberian kita. Misalnya dengan bersikap ramah, jujur, peduli, setia, konsisten, berbagi ide, berbagi informasi dan lain sebagainya.

  6. Hindari menyembunyikan kelemahan – PD-in aja lagi.

    Transparan dengan orang lain terhadap semua kelemahanmu, beritahu dengan jujur apa adanya jika mereka menanyakannya. Percayalah bahwa kejujuran membuat hidup kita lebih luwes dan apa adanya, seperti tidak ada beban.

    Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa kekurangan itu sangat manusiawi. Itulah yang melatih dirimu untuk lebih tabah mental menjalani hidup yang tidak mudah.

  7. Jauhkan diri dari sikap manipulatif

    Hindari memanipulasi kekurangan anda sebab sikap ini cenderung akan membuatmu terus kekanak-kanakan dan tidak maju-maju. Akui dengan jelas, jujur dan tegas apapun yang terjadi dalam hidupmu. Sikap manipulatif adalah tindakan yang selalu mengkambing hitamkan orang lain/ mencari-cari alibi untuk melarikan diri dari masalah. Baca pula, Ciri-ciri kepribadian manipulatif

  8. Hati-hati dengan imajinasimu – hadapi kenyataan senyatanya.

    Berhenti menenangkan diri dengan berkhayal dan memikirkan hal yang indah-indah untuk sesaat melupakan penderitaanmu. Cobalah untuk lebih realistis dalam menjalani hidup dan jadilah pribadi yang tangguh.

    Satu-satunya imajinasi yang bermanfaat adalah yang dapat diilustrasikan dalam bentuk-bentuk karya seni. Mampu menceritakan kembali hasil imajinasi dalam bentuk-bentuk lain adalah hebat. Misalnya menjadi puisi, musik, lagu, cerpen, novel, gambar, komik, seni rupa, seni ukir dan lain sebagainya.

  9. Nikmati hidup dan semua rasa yang ada didalamnya.

    Nikmati kelemahanmu, nikmati hidupmu dan nikmati juga rasa sakitnya lalu bersyukurlah Tuhan masih menitipkan nafas-NYA sampai sekarang. Saat menikmati hidup selalu tekuni apa adanya. Tidak baik menikmati sesuatu secara berlebihan. Ada baiknya jikalau andapun menikmatinya bersama keluarga, sanak-saudara, sahabat, rekan belajar, rekan kerja dan orang-orang lainnya.

    Jangan pikir mahal-mahal untuk menikmati hidup, duduk santai di teras rumah sambil meminum teh/ susu juga termasuk menikmati hidup lho…. Buatlah hidup ini sederhana dengan meminimalisir dan menekan hawa nafsu di dalam hati.

  10. Tanggapi bully dengan santai.

    Jadilah orang yang sabar dan tetap tegar ketika dihina dan direndahkan oleh orang lain. Jangan biarkan kata-kata dan perilaku kotor mereka “ngetam” merasuk terlalu lama dari pikiran anda. Sebaiknya abaikan lalu pikirkanlah hal-hal yang positif.

    Orang-orang yang cerdas secara emosional adalah mereka yang dapat mengendalikan emosinya ditengah rumitnya situasi bahkan mampu tetap tersenyum kepada sesama. Puncak kecerdasan emosional seseorang adalah saat ia mampu mengasihi musuh-musuhnya.

    Tidak perlu menolak setiap buly dan ejekan yang mereka lemparkan kepada anda, melainkan setujui alias iakan saja sambil tersenyum manis kepada mereka (hindari melawannya sekalipun di dalam hati sebab kebiasaan ini mengawali kebencian, dendam dan amarah). Sadarilah bahwa beberapa orang suka menghina orang lain karena mereka senang melihatnya tersakiti, tetapi saat orang tersebut tidak menunjukkan rasa sakitnya pastilah kedepannya para pembully ini akan kapok dan tidak melakukannya lagi.

  11. Temukan bakatmu dan berkaryalah disama.

    Tekuni hobi atau kegemaranmu lalu bertekunlah disana. Ini penting teman agar tidak ada waktu luangmu yang terbuang sia-sia. Bakat yang kita miliki merupakan salah satu cara untuk membuat hidup ini bermanfaat bagi sesama. Lewat kemampuan kita berbagi kasih kepada orang lain seperti yang kami lakukan di blog ini. Atau setidak-tidaknya bermanfaat bagi keluarga dan orang-orang didekat anda.

  12. Ubah fokusmu teman.

    Jika dalam pikiranmu terus ada pertanyaan yang mengganggumu, seperti “mengapa saya mengalami semuanya ini?”, “mengapa orang lain tidak?”, “mengapa harus saya yang menderita semuanya ini?”. Jangan fokus pada kelemahanmu teman.

    Ubahlah fokus anda pada kelebihanmu. Gali potensimu dan kembangkan itu hingga menjadi bermanfaat bagi orang lain.

    Andapun bisa memusatkan pikiran kepada Tuhan di dalam segala sesuatu dalam firman dan puji-pujian kepada-Nya. Kebiasaan ini akan membersihkan hatimu dari segala hawa nafsu dan kejahatan.

    Pastikan anda selalu memusatkan pikiran pada hal-hal yang positif sesuai dengan bidang masing-masing. Jauhi fokus pikiran dari kelemahan dan masalah-masalah kecil yang kerap kali terjadi.

  13. Selalu bercermin dan rajin mengoreksi diri.

    Berusahalah untuk meminimalisir/ mengurangi terjadinya kesalahan/ kekhilafan dalam hidupmu. Jikapun itu terjadi, segera perbaiki agar tidak banyak orang yang tersakiti/ dirugikan.

  14. Jangan cepat terlena dengan perkataan orang – menjadi rendah hati.

    Apapun kata orang lain tentang dirimu, jangan mudah tersanjung atau kecewa. Pahamilah baik-baik arti ucapannya itu . Mungkin ada yang salah dari dirimu yang harus diperbaiki.

    Jangan biarkan hatimu meninggi saat ada kata-kata indah yang ditujukan kepadamu. Berusahalah untuk tetap rendah hati dalam segala sesuatu agar diri ini tetap tabah menghadapi ujian kehidupan.

    Hindari sikap yang berlebihan. Biasanya apa yang berlebihan terkesan over acting dan merupakan bagian dari pemborosan (mubazir). Pastikanlah bahwa rasa yang anda ekspresikan tidak lebay sebab hal-hal semacam ini hanya ada di film, sinetron, puisi, carpen, novel, roman, pantun dan lain sebagainya. Semata-mata manfaatnya hanya untuk memberi pelajaran bagi manusia lewat ilustrasi (perumpamaan – karya seni) tertentu.

  15. Lakukanlah kebaikan dan jadilah bermanfaat bagi sesama.

    Manfaatkan kelebihan yang anda miliki untuk berbuat baik kepada semua orang. Pakailah bakatmu agar dapat mendatangkan/ membuat hidup orang lain menjadi lebih baik. Bisa bermanfaat bagi sesama adalah salah satu hal yang mendatangkan kebahagiaan dalam hati. Tidak perlu berbicara besar untuk berbuat baik melainkan awalilah dari hal-hal yang kecil, misalnya dengan beramah tamah (senyum, sapa, sentuh, tolong, terimakasih, maaf dan menjadi pendengar yang baik), juga dengan menunjukkan sifat yang baik saat bersama orang lain (setia, jujur, peduli, berbagi info, berbagi ide, berbagi kelucuan, berbagi cerita dan lain-lain)

  16. Jalin hubungan baik kepada lebih banyak orang.

    Buka pertemanan dan relasi kepada siapapun (kecuali dengan orang-orang yang selalu menyimpang). Suatu saat anda akan memerlukan mereka. Kebaikan kita adalah pengantar untuk membuka hubungan yang baik dan dekat dengan sesama manusia.

  17. Menjadi bahagia.

    Bahagiakah anda dengan hidupmu saat ini? Seharusnya ya. Sebab nafas kita berasal dari Tuhan yang adalah kebenaran itu sendiri. Itulah mengapa kita selalu dituntut oleh diri sendiri untuk melakukan hal yang benar. Sedangkan kebenaran itu sendiri adalah (1) saat seluruh kehidupan ini tertuju kepada Tuhan dan (2) dan ketika kita mampu berbagi kasih (bermanfaat) kepada sesama. Bila anda telah melakukan kedua hal ini maka seharusnya hati penuh dengan kebahagiaan.

    Satu hal saja yang membuat kita tidak bahagia adalah saat terlalu gemar membanding-bandingkan kehidupan pribadi dengan kehidupan orang lain. Oleh karena itu, jauhkan kebiasaan membanding-bandingkan (menilai/ menghakimi) orang lain. Cintai diri sendiri, puaslah dengan dirimu dan nikmati hidup apa adanya.

    Cintai hidupmu, cintai Tuhanmu, cintai keluargamu dan nikmati pekerjaanmu teman. Jadilah orang yang berguna bagi kemuliaan nama Tuhan dan lakukan kebaikan kepada mereka (orang terdekat dan sesama manusia lainnya). Itulah yang membuat hari-hari kita lebih indah dan bermakna.

    Berbahagialah dengan apa yang anda lakukan dan lakukanlah apa yang membuatmu bahagia. Lalu katakanlah di dalam hati sambil menutup mata dan menghela nafas, “Berbahagialah hai jiwaku, tersenyumlah kepada dunia sebab hari ini luar biasa. Terimakasih Tuhan!

Demikian saja teman. Semoga saja di negeri ini akan lahir kawula muda yang sekalipun memiliki kelemahan namun tetap memiliki intelektual, kreatif dan inovatif yang akan mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Salam dahsyat!

Iklan

5 comments

  1. […] Setiap orang memiliki kelemahan. Apabila itu masih disembunyikan rapat-rapat dari orang lain (padahal mereka telah mengetahuinya). Itu artinya masih belum menerima diri apa adanya hingga membuat hidup anda menjadi sangat kaku (tidak luwes), minder dan mudah terbawa emosi. Selengkapnya, Cara mengatasi kelemahan diri […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s