Kuatkan hati menjalani tekanan kehidupan – 8 Manfaat menguatkan hati

 

Kuatkan hati menjalani hidup

Kuatkan hati kawan sebab kita hidup di dunia yang berubah-ubah. Hari ini berbeda, esok lain pula, lusa entah apa yang terjadi lagi. Kita seolah perahu yang berada di tengah lautan yang diombang-ambingkan oleh angin dan gelombang. Bila kita tidak bisa mengendalikan diri maka hidup akan terus tergoncang dan digiring oleh arus ketidakpastian. Kembali tidak dapat, terus maju hilang arah, hidup penuh dengan kesia-siaan belaka.

Jalan hidup kita memang tersembunyi. Sekalipun demikian tetapkan tujuan kawan agar hidup lebih terarah. Maju terus, jangan melihat kebelakang sepab masa depan lebih baik. Kuatkan hati, tidak ada tempat yang lebih baik untuk orang-orang yang lemah hatinya. Sabarlah dalam segala sesuatu tapi jangan tenang-tenang saja sebab apa yang dikerjakan hari ini menentukan kesuksesanmu dimasa depan. Oleh karena itu dalam setiap kesempatan lakukanlah yang terbaik teman.

Tantangan itu biasa. Penghalang ditembus. Hambatan diterjang. Tanpa ada yang harus disakiti. Apabila luka dihati tersayat-sayat, terimalah apa adanya dengan lapang dada lalu kembali kepada Sang Pencipta agar Ia bisa menata ulang/ mengatur ulang/ mereset kehidupanmu. Tetaplah tersenyum sebab seburuk-buruknya dirimu Tuhan punya rencana yang indah untukmu dimasa yang akan datang. Berharaplah kepada-NYA saja maka ia akan menghiburmu ditengah duka-dukamu.

Pengertian kekuatan hati

Kuatkan hati adalah wujud dari pengendalian diri yang penuh dimana seseorang berpegang, bersandar dan pasrah kepada Pencipta-Nya. Ini adalah prinsip dimana tidak ada yang mengandalkan kemampuan pribadi dan kelompok melainkan hanya mengandalkan Tuhan saja. Kekuatan hati memampukan anda untuk menerima rasa sakit seburuk apapun itu tanpa harus melakukan aksi balasan (balas dendam).

Kuatkan hati sama artinya dengan tegar mengadapi cobaan hidup. Sebab hidup ini penuh dengan ujian. Jika anda tidak kuat niscaya akan tertekan hingga akhirnya terpuruk karena tidak berdaya. Masalah yang datang disambut dengan tabah hati agar keadaan tersebut jangan sampai meluapkan amarah yang menyakiti orang lain.

Pada dasarnya rasa sakit baik bagi kesehatan mental anda. Pertama-tama memang itu sangat tidak menyenangkan. Akan tetapi setelah terbiasa anda akan menemukan kenikmatan dibalik rasa sakit itu. Apabila anda dapat berpikir positif maka rasa sakit akan membuat anda lebih bijak dalam menjalani hidup.

Keadaan yang membutuhkan kekuatan hati

Prinsip kuatkan hati sangat efektif digunakan dalam berbagai situasi sulit. Berikut ini beberapa keadaan yang harus dihadapi dengan menguatkan hati sendiri.

  1. Saat menghadapi pribadi pengganggu. Disekitar kita ada banyak orang yang suka usil dan jahil. Mungkin mereka menganggap itu sebagai sebuah permainan atau mungkin juga sebaliknya yaitu sengaja melakukannya untuk membuat hati ini sakit.
  2. Saat di fitnah orang. Harus kuat menghadapi pemfitnah sebab jika anda lemah lawan semakin merajalela untuk melontarkan tuduhan yang tidak jelas itu.
  3. Saat di hina dan direndahkan oran lain. Ini adalah salah satu tekanan sosial yang beresiko membuat anda goyah lalu jatuh dalam jurang kesedihan atau bisa juga meledak dalam amarah yang memakan korban.
  4. Saat kenyataan tidak sesuai dengan harapan (kecewa). Dalam kekecewaan, emosional pecah dan hidup menjadi tidak terkendali lagi, entah itu menjadi buruk (galau, sedih, hati hancur, bersusah hati dan lain-lain) atau malah menjadi sangat agresif (marah-marah tidak jelas).
  5. Saat mengalami masalah dan gejolak sosial lainnya. Sikap sabar sangat diperlukan dalam segala sikon (situasi & kondisi). Bahkan saat berkomunikasi untuk menjadi pendengar yang baik saja dibutuhkan kesabaran.

Fakta-kehidupan

Tempuhlah jalan yang sempit dan sesak itu. Berjalanlah dalam penderitaan. Berjuanglah dalam tekanan. Sebab semuanya ini akan membentukmu menjadi lebih kuat. Itu bukan kekuatan yang terlihat melainkan kuatkan hatimu. Tidak perlu menunjukkan kekuatan itu dan tidak usah memaksa orang lain untuk mengakuinya sebab Tuhanlah yang membelamu. Ia akan membebaskanmu dari segala kecurangan. Sia-sialah penghargaan dari dunia ini sebab Tuhanlah yang akan menghargaimu dan mengkobarkan api semangat dalam jiwamu.

Sebab tidak untuk selamanya Ia yang limpah kasih karunia itu berdiam diri. Nantikanlah perbuatan-NYA, kejarlah keselamatanmu, damaikanlah hatimu, maafkanlah semuanya dan tetaplah berbuat baik sebab tidak lama lagi ia akan mencurahkan kasih karunia-NYA.

Wujud/ manfaat dari kekuatan hati

Bersihkanlah hati maka hidupmu akan dicerahkan dan pelita iman akan menuntun langkah kaki, menuntunmu dalam pembaharuan akhlak, melewati masa demi masa dalam hidupmu. Dalam perjuangan temukanlah passionmu. Manfaatkanlah itu sebaik-baiknya dirimu untuk membahagiakan mereka yang kamu cintai, mereka yang ada di sekitarmu, mereka yang kau jumpai dalam jalan-jalan hidupmu. Sebab kasih karunia Tuhan akan melipat gandakan upahmu hingga kamu menjadi orang yang lebih baik dan lebih mulia.

Berikut beberapa manfaat dari sikap menguatkan hati.

  1. Lebih dekat dengan Allah. Ini adalah prinsip yang mengajak anda untuk bertumpu hanya kepada Allah saja.
  2. Sabar dan berlapang dada dalam segala sesuatu. Amarahpun menghilang seiring waktu berlalu. Ketika melakukan sesuatu dengan perlahan terdapat banyak waktu untuk berpikir dan mempertimbangkan yang terbaik yang harus dilakukan.
  3. Tahan banting – tegar – tabah. Sikap yang sabar membuat anda menjadi lebih terbuka menerima semuanya apa adanya dan menikmati rasa sakit itu sehingga terbiasa.
  4. Menjadi seseorang yang pengertian. Kemampun untuk bersabar membuat anda sempat untuk memikirkan segala sesuatu sebelum mengambil sebuah keputusan yang menguntungkan semua orang.
  5. Menikmati segala situasi yang dihadapi, mampu berbaur dan menyatu dengan lingkungan. Mereka mampu menyatu dan tidak terlihat dalam situasi genting.
  6. Hubungan dengan sesama menjadi harmonis. Dalam pergaulan sehari-hari, ada banyak kekhilafan/ kesalahan kecil yang terjadi. Situasi ini harus dihadapi dengan penuh kesabaran dan pengertian.
  7. Layak diberi kepercayaan. Orang yang kuat disenangi oleh orang lain sehingga atasan lebih senang menggunakan mereka sebagai orang kepercayaan.
  8. Lebih bijak bahkan dewasa. Jika hati kuat saat menghadapi berbagai rasa sakit yang datang niscaya anda dapat menarik makna kehidupan (pelajaran hidup) dari semua persoalan yang datang.

Hidup terus diubahkan dan dibaharui oleh situasi dan orang lain - Berubahlah untuk maju

Sekali lagi, tidak ada masa depan tanpa perjuangan, kuatkan hati, tetap semangat melewati hari, berubahlah oleh pembaharuan budimu. Terus berkarya dan berbuat baik dalam setiap kesempatan yang datang.

Salam kekuatan hati.

Iklan

4 comments

  1. […] Kenyataan yang tidak menyenangkan saya temukan ketika melihat seorang sahabat melampiaskan amarahnya (karena dia lemah) dan berusaha menjatuhkan orang lain agar sama-sama lemah seperti dirinya. Ini adalah pelampiasan yang sangat tidak cerdas dan cenderung merusak. Beberapa orang lagi menindas orang lain untuk menutupi kelemahannya dan memuaskan hati dengan semua kejahatan itu. Hal-hal ini jelas tidak mendatangkan kebaikan teman karena anda berada dijalur yang salah. Selengkapnya, Kuatkan hati menjalani persoalan hidup […]

    Suka

  2. […] Kepercayaan anda jangan lemah oleh karena situasi yang jelek. Bersabarlah menghadapi situasi yang tidak sesuai dengan harapan dan terimalah semuanya itu apa adanya sebagai sebuah pelajaran hidup yang layak dijadikan guru kehidupan. Katakan “Saya pantas menerimanya, kuatkan hatiku ya Tuhan”. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s