10 Cara Mengatasi dan Mengimbangi Tekanan Penderitaan dalam Pahitnya Hidup dari mana Penghiburan Kita?

Tips & Trik Mengatasi dan Mengimbangi Tekanan Penderitaan dalam Pahitnya Hidup dari mana Penghiburan Kita

Tekanan Penderitaan – Semua udah tahulah bahwa hidup ini penuh dengan kepahitan. Sepahitnya kopi masih lebih pahit lagi hidup ini. Ketika diluar sana kita tertekan. Orang disekitar kita juga turut menyikuk. Sahabat terbaik susah ditemukan. Lingkungan dan alam ini rasanya menghimpit kuat. Kita butuh pelipur lara kawan.

Tekanan dalam perjalanan hidup tidak dapat dihindari, beberapa ada yang dapat akan tetapi kebanyakan tidak dapat dihindari. Ada tekanan langsung (tekanan fisik), adapula tekanan semu (fitnah) dan yang terakhir adalah tekan tidak langsung (ejekan – sindiran). Kesemuanya ini menimpa kita silih berganti. Tidak bisa pilih-pilih karena semuanya berlangsung dalam kehendakNYA.

Kita terus dilatih dalam tekanan. Lolos tekanan yang satu maka tekanan yang lainpun bersiap menanduk. Suatu saat tekanan datang bertubi-tubi semuanya untuk menempa dan membangun hidup yang lebih bijak. Kadang tersandung bahkan jatuh tapi jangan lupa untuk bangun lagi. Tidak ada gunanya menyesal apalagi berbalik dan kembali kebelakang, mustahil. Kejadian demi kejadian terus menambah pengalaman dan wawasan kearah yang kita bina. Tekanan yang datang dan datang lagi seperti dirus hujan pada musimnya semakin lama semakin kuat menghadapkan kita ke dua sisi kehidupan : terus melangkah maju dan menanggung semua derita ini atau berhenti dan menyerah lalu menyalahkan orang lain atas apa yang kita alami. Pilihan ditangan anda teman!

Untuk diketahui bersama bahwa penghiburan tidak sama dengan menikmati hidup. Ada waktu dimana kita memberi kesempatan kepada diri sendiri untuk menikmati hidup dalam artian menggunakan materi yang sudah dimiliki. Mulai dari refresing, shoping, liburan, makan diluar, jalan-jalan dan masih banyak lagi cara yang layak untuk menggunakan uang. Akan tetapi kiranya saat melakukan ini bukan sebagai pelarian dari semua masalah yang dihadapi. Jika hal ini terjadi niscaya pergumulan hidup tidak pernah selesai sedangkan uang habis terus (boros/ mubazir). Oleh karena itu, tentukan moment yang tepat untuk menggunakan uang (bukan karena sikap pengecut) dan alangkah baiknya jika itu dinikmati bersama keluarga dan handaitolan terdekat.

Cara mengatasi dan mengimbangi tekanan stress

Banyak hal yang dapat membuat diri ini menderita. Mulai dari kelemahan sendiri hingga karean perbuatan orang-orang disekitar kita. Persiapkan diri untuk segala kemungkinan karena dunia ini tidak bisa ditebak. Bagaimana sikap kita menghadapi tekanan penderitaan.

  1. Terima semuanya itu apa adanya, katakan pada dirimu, “Saya pantas menerimanya, kuatkan hatiku Tuhan!“.
  2. Jika kita tertekan janganlah lari ketakutan karena tekanan itu akan menunggu didepanmu.
  3. Jangan lindungi dirimu (dengan harta, jabatan, pengaruh, relasi yang dimiliki) dan jangan juga jauhi pergaulan (karena rasa malu itu). Biarkan orang-orang merendahkan dan menghina. Itu pantas kamu dapatkan dan nikmatilah kesakitan itu sambil belajar untuk lebih kuat.
  4. Hadapi dengan lapang dada, tetap tenang, penuh pengertian dan kedepankah kesabaran.
  5. Dalam semua kepahitan itu jangan menunjuk-nunjuk orang lain atau menuduh siini atau siitu penyebabnya. Tapi fokuslah terhadap diri sendiri – salahkan diri sendiri sebab sebesar-besarnya kesalahan orang lain pastilah diri ini juga bersalah saat itu. Ingat teman “Dedaunan tidak bergerak sendiri melainkan karena sepoi-sepoi berhembus disekitar”.
  6. Tidak usah berlelah mencari siapa penyebabnya (tokoh intelektual)? Tidak ada gunanya menghabiskan waktu untuk ini, ikhlaslah dan anggap saja ujian ini untuk menaikkan level kecerdasanmu.
  7. Kepahitan adalah kesempatan untuk mencari tahu kekurangan selama ini. Lihatlah diri sendiri sebagai satu-satunya subjek (aktor utama) lalu bercerminlah! Dalam setiap tekanan yang menghampirimu jadikan itu sebagai koreksi, “apa yang salah dengan diri ini”?
  8. Perubahan itu mutlak! Berubahlah untuk maju teman.
  9. Ditengah semua ketidaknyamanan ini perolehlah penghiburan (baca sub bab berikutnya). Ada pula, Cara menghilangkan stres
  10. Jadilah orang yang berguna. Ini berhubungan erat dengan aktivitas anda sehari-hari. Saat hidup kita bisa bermanfaat lewat apa yang dikerjakan niscaya hidup lebih terisi dan ada kepuasan tersendiri setelah membuat orang lain berbahagia.

Saat menderita dari mana kita memperoleh penghiburan?

Penghiburan ditengah penderitaan yang kita peroleh erat kaitannya dengan lubang dihati ini. Darimana penghiburan untuk mengimbangi tekanan dalam keseharian kita? Berikut kemungkinan-kemungkinan berasal dari: Menarik, Tips & trik mengisi kekosongan di hati

       1. Materi

Banyak dari orang yang memiliki materi memanfaatkan materi yang ia miliki untuk mengatasi tekanan dan memperoleh penghiburan dalam hidupnya. Contoh sederhananya saja adalah lewat rokok dan makanan.

Saat seseorang sedang stres, ia menghabiskan waktu dengan merokok sistem sambung menyambung. Tidak sadarkah orang ini bahwa bahaya rokok untuk kesehatan sangat besar?

Makanan juga demikian. Terlalu banyak makan justru menyebabkan obesitas dan sangat beresiko mengidap penyakit metabolis.

Demikian juga dengan belanja. Beli ini itu biar beban tekanan dapat segera berlalu padahal tidak sama sekali. Kesenangannya sampai disitu saja dan apa yang dibeli secara emosional pasti banyak sebenarnya yang akhirnya tidak dibutuhkan dan tidak terpakai.

Adalagi dengan minuman keras dan mabuk-mabukan sampai pagi. Apakah masalahya selesai? Yang ada justru jadwal tidur anda kebablasan, rumah jadi berantakan, banyak urusan/ pekerjaan yang terbengkalai. Kenyataan pahit berikutnya adalah masalah yang kemarin hanya sebentar saja berlalu dimana muncullah masalah baru lainnya. Belum lagi gangguan kesehatan fisik karena kebiasaan buruk ini.

       2. Pekerjaan

Bekerja adalah salah satu penghiburan saat kita sedang dalam penderitaan. Menikmati apa yang kita kerjakan dan memberi manfaat disana membuat hidup ini terasa lebih berarti dan beban seolah lebih ringan jadinya. Aktivitas rutin ini kerap kali membuat kita melupakan banyak penderitaan hebat yang sedang dialami.

Masalahnya adalah tidak selamanya kita bekerja. Ada waktunya untuk kembali kerumah dan menemui kembali semua masalah yang kita tinggalkan tadi pagi disana.

       3. Kekasih hati

Pacar (not recomended) – Saya masih tidak jelas soal hubungan yang satu ini karena tidak ada suatu dasar yang kuat untuk mengikat hubungan ini. Hanya sebuah fatamorgana cinta yang terpancar namun kadang hilang. Awalnya punya pacar itu menyenangkan, ada teman bicara dan kemana-mana ada yang nemani akan tetapi ketika yang satu melihat kekurangan yang lain, saat itulah semuanya menjadi tidak enakan. Saat yang satu mengikat keliaran yang lain, saat itulah hati menjadi tidak nyaman lagi.

Masalahnya adalah hubungan yang satu ini gantung diawang-awang yang selalu dekat tapi tidak boleh menyatu, mau pergi – tapi tidak boleh menjauh. Bisa saja yang satu meninggalkan yang lain dan semua yang telah dikatakan dan dilakukan berakhir karena tidak ada yang mengikat. Dituntut pertanggungjawaban secara hukum juga bagaimana bisa? Ujung-ujungnya pihak yang paling lemah akan dikorbankan (terutama perempuan). Selengkapnya, Kerugian berpacaran di masa muda

Oleh karena itu jangan pernah menjalin hubungan kekasih tanpa tujuan untuk segera menikah. Penghiburan yang kita peroleh juga disini terbatas oleh ruang dan waktu belum lagi menghadapi sidia yang juga punya keinginan sendiri.

Pasangan hidup – Dengan pasangan hidup, kita bisa berkolaborasi. Komunikasi adalah kuncinya. Sharing ke dia dan biarkan dia memberi tanggapannya.

Lakukan hal yang menyenangkan dengan pasangan. Salah satu yang paling ampuh adalah seks. Percaya atau tidak, berhubungan intim dapat membuat perasaan anda lebih lega.

Masalahnya adalah tidak semua pasangan mengerti dirimu secara detail. Kemudian ia juga terbatas dalam hal waktu dan kesempatan dimana tidak selalu dia disisimu. Pasti punya kesibukan sendiri.

       4. Sahabat

Sahabat adalah salah satu orang terbaik dalam hidup kita, saat kita senang mereka ada, saat susah mereka juga ada bahkan saat kita tidak bisa memberikan apa-apa sahabat selalu ada didekat kita. Tidak mudah menemukan seorang sahabat yang penuh pengertian. Butuh waktu dan proses panjang yang melalui berbagai macam rintangan dan ujian kehidupan barulah kita mengecap seseorang itu sebagai “the real best friend”.

Tapi tetap saja, sahabat punya keterbatasan ruang dan waktu karena mereka juga punya kehidupan dan pekerjaan masing-masing.

       5. Keluarga

keluarga adalah lembaga pertama yang dekat dalam kehidupan kita. Oleh karena itu komunikasi dalam keluarga harus selalu dibina dengan baik. Kedekatan akan terjalin dengan sendirinya lewat komunikasi yang saling menghargai dan mengerti kebutuhan masihng-masing.

Namanya juga keluarga sudah pasti keburukan kadang terlampiaskan tanpa sengaja. Hal-hal seperti ini harus dimengerti dan diredam tanpa meninggalkan dendam. Karena kalau dendam sudah menguasai masing-masing yang terlibat akan tertutup dan jaga jarak. Inilah yang beresiko meregangkan kedekatan yang telah dibina bertahun-tahun.

Oleh karena itu hendaknya masing-masing pihak saling mengerti dan mulai membuka diri lewat komunikasi ringan yang ramah dan santun.

Kendala berikutnya adalah keterbatasan dalam ruang dan waktu dimana masing-masing pribadi dalam keluarga punya kesibukan sendiri-sendiri.

       6. Tuhan

Penghiburan dari Tuhan tidak dapat dideskripsikan dengan kata-kata karena setiap orang merasakan hal yang berbeda ketika berbicara masalah ke-Tuhanan. Semuanya itu tergantung dari kedekatan dengan Sang Khalik dan pengalaman pribadi bersama-Nya.

Apabila percaya kepada Tuhan itu artinya diri ini juga percaya kepada kebenaran yang difirmankan-Nya. Sebab sia-sialah iman kita saat tidak bertekun dalam kebenaran itu. Saat kita melakukan hal-hal yang benar hari lepas hari niscaya hidup kita menjadi semakin dekat disisi-Nya. Oleh karena itu jangan pernah mengabaikan firman karena penghiburan dan kekuatan kita berasal dari sana. Penting, Kebenaran adalah kekuatan dan penghiburan kita

Mencari penghiburan sama Yang Di atas dilakukan dengan cara menyendiri. Asingkan dirimu dari kesibukan dan hiruk pikuk dunia ini lalu bercakap-cakaplah dengan-NYA dalam doa-doa yang terbuka. Mengakulah (kesalahan) dihapannya akan semua yang telah terjadi lalu mohonkan penghiburan dan pertolongan.

Satu kata yang umum didalam berkeyakinan adalah “bersyukur” dengan bersyukur, kita menerima segala sesuatu yang TELAH terjadi sebagai kehendak Sang Pencipta. Dalam rasa syukur kita diberi kelegaan karena semua adalah yang terbaik menurut Tuhan.

Saat menyendiri juga alangkah baiknya jika kita bercermin dan mulai memperbaiki hal-hal yang kurang tepat dalam diri ini. Mulai dari pikiran, tutur kata dan sikap. Sambil berkomeitmen untuk meninggalkan semua yang tidak baik itu dan melakukan yang terbaik kedepannya.

Terima semua rasa sakit, resapi kepahitan dalam hidup ini lalu bertahanlah dan berubahlah untuk maju, mohonkan pertolongan Tuhan atas semuanya itu!

Tetap semangat!

Iklan

5 comments

  1. […] Sudah pasti semua yang tertulis di halaman ini akan membuat anak anda kecewa banget…. Oleh karena itu sayangilah dia, berikan perhatian, ajak jalan dan berekreasi, berikan surprise/ kejutan. Sekecewa apapun dia sudah pasti akan terobati dengan semua rasa cinta yang di ekspresikan oleh orang tuanya. Simak juga, Cara mengimbangi tekanan penderitaan. […]

    Suka

  2. […] Saat rasa sakit yang kita alami ditimpa dan ditekan oleh cinta kepada Tuhan alhasil pahitnya tidak akan berlama-lama. Cinta adalah kebutuhan emosional yang berhubungan dengan lubang di hati. Cinta kepada Yang Maha Kuasa adalah yang paling pas mengisi lubang itu. Sebab mencintai-Nya sam artinya dengan melakukan segala perintah dan larangan-Nya. Membuat gerakan dan kebiasaan yang seiringan/ seirama dengan-Nya (walau tidak sama persis mungkin hampir mendekati karena kesempurnaan-Nya tidak tertandingi) adalah tujuan hidup ini. Firmannya adalah surat-surat cinta yang menghiburkan dan menguatkan hati. Kesempurnaan cinta hanya kita peroleh dari Allah saja. Cinta sejati yang tak pernah berlalu dan tak pernah berakhir. Selengkapnya, Penghiburan di tengah penderitaan […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s