7 Cara Aman Mengkonsumsi Garam Yang Diracun – Saran Penyajian Garam Ditengah Isu Tentang Garam Yang Beracun

mitos-yang-salah-tentang-garam-tidak-berbahaya

Garam adalah mineral murni yang dihasilkan oleh alam untuk memelihara kehidupan makhluk hidup di dalamnya. Tidak ada yang lebih penting selain bahan alamiah ini. Bahkan kami dapat mengatakan bahwa sodium klorida lebih penting daripada emas. Sebab emas hanya memberi kenikmatan pada mata dan telinga sedangkan NaCl dapat memelihara kehidupan sekaligus membuat anda dapat menikmati hidup tanpa harus kuatir pada paparan mikroorganisme dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Mineral ini telah dikenal dari zaman ke zaman bahkan pernah dijadikan sebagai alat tukar yang bernilai (uang). Hanya di Indonesia saja pengenalan akan kekuatan garam jarang dibicarakan oleh masyarakat. Keadaan ini justru akan membuat hidup manusia semakin sulit karena tidak dapat menikmati makanannya (kalau makan sakit, tidak makan sakit juga) dan ditambah lagi oleh kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat minimnya penggunaan NaCl dalam hidup sehari-hari. Kemampuan garam untuk membersihkan lingkungan yakni sebagai bio-aktivator alamiah.

Dalam hal manfaat lainnya, kemampuan garam isotonik sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari mendetoksifikasi racun dan bisa, membunuh bakteri, melisiskan jamur, mengeliminasi virus, menyembuhkan berbagai macam penyakit metabolis, melembutkan makanan, membuat makanan menjadi lebih gurih, menjaga keseimbangan asam-basa dalam tubuh, menghilangkan bau badan, mengatasi bau mulut, mencegah sakit kepala bahkan juga dapat membuat pikiran anda lebih cerdas.

Simak juga, Manfaat minuman isotonik

Hanya ada beberapa masalah dalam hal penggunaan mineral ajaib ini yakni akan adanya racun-racun yang sengaja dimasukkan untuk mengawetkannya. Misalnya saja dengan menggunakan bahan pengawet, pemutih, pewarna, perisa dan lain sebagainya untuk membuatnya lebih menarik lagi. Contoh kimia racunnya adalah boraks, formalin dan lain-lain. Keberadaan bahan kimia berbahaya seperti ini memang sulit untuk di deteksi oleh orang awam. Hanya mereka yang sudah terbiasa dan teliti yang dapat melakukannya.

Ciri khas garam dapur yang sudah diracun biasanya harganya sama dengan garam tradisional dan besutan pabrik. Apabila anda menemukan hal-hal seperti ini maka lakukanlah berbagai macam tindakan preventif agar jangan sampai toksin tersebut membuat anda jatuh sakit. Berikut ini beberapa cara yang kami anjurkan untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsinya sehingga efek sampingnya dapat diminimalisir.

  1. Sebisa mungkin gunakanlah garam meja tradisional yang dibuat oleh pengusaha lokal. Mengapa pengusaha lokal? Agar anda bisa menanyakannya langsung kepada wirausahawan tersebut apakah NaCl yang diproduksinya telah ditambahkan pengawet atau pemutih?
  2. Untuk pertama sekali, konsumsi air garam manis tersebut secara perlahan-lahan. Jangka waktunya adalah seteguk lalu tunggu 15 menit. Minumlah lagi seteguk lalu tunggu 15 menit kemudian minumlah seteguk lagi. Silahkan tunggu selama setengah jam lalu minumlah sampai setengah gelas. Jika terjadi keanehan pada badan anda, langsung hentikan konsumsi dan buang natrium tersebut.
  3. Ciri utama natrium yang diracun adalah membuat nyeri dada (jantung), kaki bengkak, ulu hati sakit (organ hati), tulang ekor bagian belakang nyeri (ginjal) dan lainnya, sesaat setelah dikonsumsi.
  4. Saat anda mengalami hal ini, segera minumlah air putih dua sampai tiga gelas. Jangan meminumnya sekaligus melainkan secara perlahan-lahan untuk membantu mengencerkan suspensi toksin tersebut sehingga tidak berbahaya bagi tubuh.
  5. Jika mineral ajaib yang dibungkus secara tradisional yang anda temukan menunjukkan tanda-tanda di atas: berhenti mengkonsumsinya. Janganlah membeli ke sana di lain waktu.
  6. Belilah sodium yang diproduksi oleh pabrik-pabrik besar dimana biasanya telah dikemas dengan rapi dengan harga yang lebih mahal. Biasanya dijual di berbagai supermarket atau toko kelontong besar.
  7. Saat membuat minuman isotonik untuk di bawa kemana-mana, pastikan anda melarutkannya (diseduh) terlebih dahulu dalam air panas yang sudah dimasak sebelumnya/ air termos/ air panas dari dispenser.
  8. [Bonus] Masak sampai mendidih mineral beracun tersebut dalam air selama 10-15 menit. Pastikan airnya cukup banyak agar tidak kering setelah dimasak lama.

Kami masih ingat dengan pelajaran SMA yang mengatakan bahwa suhu adalah salah satu katalisator yang mempercepat reaksi suatu zat. Dalam kasus ini, kita sengaja melarutkannya dengan air panas agar racun-racun yang ada menyatu dengan senyawa ionik NaCl sehingga terbentuklah ikatan aman yang tidak berbahaya. Lagipula suhu tinggi turut dimanfaatkan untuk membunuh kuman penyakit yang mungkin terkandung didalamnya.

Demikian saja teman, semoga anda sehat selalu dan bahagia selamanya!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.