Kesehatan · Mineral Ajaib

+17 Manfaat & Cara Membuat Minuman Isotonik Yang Ada Manis-Manisnya Tetapi Tanpa Gula

Manfaat dan Cara membuat minuman isotonik yang baik untuk kesehatan manusia

Cairan tubuh manusia selalu dalam kadar isotonik sehingga membuat berbagai-bagai sel, jaringan dan organ tetap berjalan/ berfungsi dengan baik. Peran larutan ini hampir sama dengan peran lautan bagi bumi kita. Sekalipun lautan dikirim berbagai-bagai sampah dari berbagai penjuru negeri namun tetap stabil. Fungsinya sebagai larutan baffer sangat jelas sehingga mampu menetralkan berbagai jenis pencemaran, sekalipun ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Air laut adalah pusat bahan mineral di bumi ini. Peran  utamanya adalah netralisasi terhadap berbagai-bagai bentuk pencemaran baik melalui perairan, sungai, udara dan daratan. Lautan ternyata bisa mengikat berbagai polutan di udara dalam gelombangnya yang kecil-besar, tinggi-rendah. Demikian halnya juga dengan tubuh manusia. Ada beraneka ragam mikroorganisme dan bahan kimia yang masuk ke dalamnya. Maka cairan tubuh, terutama darahlah yang berperan sebagai agent untuk menghambat, melisiskan dan membuang berbagai bahan berbahaya itu.

Cairan tubuh manusia juga harus tetap berada dalam kadar yang isotonik. Jika lautan mengandung 3,5% garam maka cairan tubuh hanya memiliki sejumlah 0.9%. Hampir dapat dipastikan bahwa kebermanfaatan minuman seperti ini sangat nyata bagi kehidupan manusia. Bahkan digadang-gadangkan sebagai salah satu faktor yang memperpanjang umur makhluk hidup di bumi ini.

Bagaimana dengan mitos yang mengumbar tentang bahaya garam bagi kesehatan manusia? Kami akui memang terdapat banyak sekali artikel yang menyatakan tentang efek samping penggunaan garam dalam kehidpan manusia. Dibalik semuanya itu, anda harus yakin bahwa NaCl murni sebagai bahan alami yang produksinya langsung dilakukan oleh alam. Bukan merupakan hasil rekayasa laboratorium kimia berteknologi tinggi. Dalam konsentrasi tinggi terdapat dilautan. Teorinya adalah setiap makhluk hidup di bumi ini disusun oleh senyawa kompleks yang membangun setiap sel dalam hidup semua organisme. Ketika organisme tersebut mati (meninggal) maka setiap organ, jaringan bahkan sel-selnyapun akan kembali di demineralisasi oleh mikroorganisme pembusuk. Hasil demineralisasi itulah yang terkandung dalam lautan dimana mayoritas terdiri dari garam.

Tidak perlu terlalu takut/ khawatir menggunakan sodium klorida dalam jangka panjang. Sebab ginjal adalah organ pembersih dalam tubuh manusia. Seperti ketika anda meminum vitamin C dosis tinggi (500 mg) maka ginjal akan mensekresinya ke luar sehingga anda sering buang air kecil. Demikian halnya juga saat anda kelebihan gula dalam makanan, pastilah akan timbul rasa ingin berkemih yang lebih banyak untuk menbuang kelebihan itu.  Bahkan didunia kedokteranpun garam digunakan dalam proses cuci darah (hemodialisa) untuk membersihkannya dari berbagai jenis racun metabolisme. Jadi, selama ginjal anda sehat maka selama itupula anda dapat mengkonsumsi minuman isotonik ini.

Simak juga, Jumlah konsumsi garam perhari

Lagipula mengapa anda mesti ketakutan mengkonsumsi garam padahal Tuhan Yesus sendiri telah menyarankan kepada kita untuk “menjadi garam dan terang dunia“. Jika Tuhan saja menyarankan kita untuk menjadi garam dan terang berarti kedua hal ini haruslah sangat dekat dalam kehidupan kita. Mustahil manusia dan seluruh makhluk hidup bisa bertahan tanpa cahaya matahari. Dengan demikian adalah mustahil juga bila seseorang dapat berumur panjang tanpa mengkonsumsi garam. Bila kita diberi umur panjang maka semakin besar pula kesempatan untuk dapat memberi manfaat kepada lebih banyak orang.

Manfaat minuman isotonik dari garam dapur

Berikut adalah beberapa manfaat dahsyat saat selalu memanfaatkan minuman isotonik dalam keseharian anda.

  1. Meningkatkan kecerdasan dan kemampuan untuk berkonsentrasi.
  2. Menjaga stabilitas cairan sehingga tubuh tidak mudah dehidrasi. Biar tubuh tidak mudah berkeringat dan menjaga stamina.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh. Menjauhkan anda dari virus, bakteri dan jamur yang patogen.
  4. Mencegah dan menyembuhkan tumor & kanker.
  5. Menetralkan berbagai jenis racun baik hasil metabolisme maupun dari luar tubuh.
  6. Membuang kolesterol yang jumlahnya berlebihan di dalam tubuh.
  7. Dapat menurunkan kadar gula darah yang berlebihan.
  8. Mampu mencuci darah dari kelebihan asam urat.
  9. Mempercepat penyembuhan luka dalam dan luka luar. Baik berupa lebam, sobekan dan luka bakar.
  10. Mencegah dan mengobati sakit gigi dan gusi berdarah.
  11. Menghilangkan bau mulut.
  12. Menyehatkan mata, bebas dari iritasi dan tetap cerah.
  13. Menyembuhkan dan mencegah bau badan.
  14. Mampu mengobati maag dan asam lambung.
  15. Dapat meredakan rasa panas seperti terbakar di tenggorakan (GERD).
  16. Menyembuhkan penyakit kulit, kudisan, jerawat, panu, kadas dan kutu air.
  17. Memulihkan kerontokan rambut. Rambut manusia memiliki masa pakai selalu rontok pada waktunya. Masalahnya adalah apakah kerontokan itu dapat tergantikan?
  18. Mengobati berbagai macam sakit kepala.
  19. Menyembuhkan penyakit jantung aritmia dimana irama jantung tidak stabil.
  20. Menyehatkan sistem pencernaan karena memelihara pertumbuhan flora normal yang berperan untuk membusukkan makanan.

    Seterusnya, Manfaat garam yang lengkap

Cara membuat/ meracik minuman isotonik tanpa gula, sederhana, murah, mudah dan alamiah

Minuman isotonik adalah larutan yang tekanan osmosisnya setara dengan tekanan osmosis dalam tubuh. Dalam praktek laboratorium larutan ini digunakan sebagai pembersih sel (mis. sel darah merah). Salinitasnya tidak merusak (melisiskan) sel melainkan membersihkannya dari bahan-bahan tertentu. Kadar yang fisiologis adalah 0,9% (artinya di dalam 1000 mL air terdapat 9 gram bahan ini) yang diyakini bahwa setara dengan kadar garam air mata. Berikut ini cara membuatnya secara umum (non analitik).

  1. Persiapkan garam dapur asli yang berasal dari laut murni dimana tidak berbentuk indah, tidak beraroma, tidak berwarna, tidak berpengawet, tidak berperisa dan tidak lembab.
  2. Masukkan 1/2 sendok teh bahan ini ke dalam cangkir (kira-kira 2,5 – 3 gram). Atau bisa juga takar sendiri sampai minuman tersebut terasa ada manis-manisnya.
  3. Tambahkan air panas yang telah dimasak sebelumnya sebanyak 200 mL.
  4. Aduk hingga sodium klorida larut dalam air atau biarkan selama beberapa menit sampai semuanya larut sendiri.
  5. Setelah menjadi hangat silahkan diminum.

Intinya dalam pembuatan ini, garam tidak perlu banyak dimasukkan. Jika terlalu banyak niscaya rasanya akan menjadi asin. Silahkan takar sendiri teman sampai rasanya manis nikmat. Demikian juga saat anda mengaplikasikannya dalam teko atau dalam botol minuman yang dibawa ke kantor atau yang dibawa anak ke sekolah. Tambahkan sedikit-demi sedikit lalu cobalah langsung rasanya sampai ada manis-manisnya.

Bahaya minuman isotonik yang ada manis-manisnya.

Apakah ada resiko bahaya/ efek samping dari minuman isotonik ini. Jawabannya adalah, selama anda mengkonsumsinya dalam kadar yang rendah (isotonik) maka selama itupula tubuh anda dapat menampung, menahan, menetralkan dan membuangnya lewat ginjal. Akan tetapi jika anda mengambil air laut, memasaknya lalu meminumnya secara langsung tanpa diencerkan niscaya anda akan mengalami gejala penyakit yang berat karena tekanan elektrolit.

Harap diketahui bahwa sekalipun minuman ini terasa manis namun sama sekali tidak mengandung gula tambahan di dalamnya. Oleh karena itu anda tidak perlu takut kelebihan berat badan sebab justru gula, kolesterol dan berbagai lemak jahat dalam tubuh akan dibersihkan olehnya. Keadaan ini seperti anda melakukan auto hemodialisa alami (membersihkan darah secara alami).

Baca juga, Bahan pengganti gula yang alami

Salam isotonik sehat selalu!

Iklan

2 tanggapan untuk “+17 Manfaat & Cara Membuat Minuman Isotonik Yang Ada Manis-Manisnya Tetapi Tanpa Gula

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s