8 Cara Memasak Nasi Agar Lebih Harum, Lembut, Enak dan Nikmat Sekalipun dari Beras Sembako Kualitas Rendah & Murah – Memasak nasi jenis apapun menjadi lebih nikmat

Cara Memasak Nasi Agar Lebih Harum, Lembut, Enak dan Nikmat Sekalipun dari Beras Sembako Kualitas Rendah & Murah - Memasak nasi jenis apapun menjadi lebih nikmat

Beras adalah makanan pokok orang Indonesia. Kata kebanyakan orang yang kami temui, “kalau nggak makan nasi belum kenyang rasanya”. Mungkin karena sudah terbiasa sehingga kehadirannya sangat kentara di dalam perut. Atau bisa juga karena komoditas jenis ini termasuk makanan yang mengandung serat pangan sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Ini jugalah yang membuat bahan pangan serelia ini hampir sama rasanya seperti umbi-umbian yang tawar di mulut.

Beras adalah bagian dari bulir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Sekam (Jawa merang) secara anatomi disebut ‘palea’ (bagian yang ditutupi) dan ‘lemma’ (bagian yang menutupi). Pada umumnya tumbuh sebagai tanaman tahunan. Tanaman padi dapat tumbuh hingga setinggi 1 – 1,8 m. Daunnya panjang dan ramping dengan panjang 50 – 100 cm dan lebar 2 – 2,5 cm. Beras yang dapat dimakan berukuran panjang 5 – 12 mm dan tebal 2 – 3 mm.

Sebagaimana bulir serealia lain, bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral, dan air. Kebanyakan digunakan sebagai bahan pembuat berbagai macam penganan dan kue-kue, utamanya dari ketan, termasuk pula untuk dijadikan tapai. Minuman yang populer dari olahan beras adalah arak dan air tajin.

Dalam bidang industri pangan, diolah menjadi tepung beras. Ada juga yang namanya sosohan beras (lapisan aleuron), yang memiliki kandungan gizi tinggi sehingga diolah menjadi tepung bekatul (rice bran). Bagian embrio pada komoditi ini diolah menjadi suplemen makanan dengan sebutan tepung mata beras. Untuk kepentingan diet, sebagai salah satu sumber pangan bebas gluten dalam bentuk berondong (wikipedia.org).

Sadar atau tidak, biar bagaimanapun manusia tidak dapat memungkiri nikmatnya lidah harus bisa dinikmati oleh setiap orang. Indra pengecap memiliki peran yang penting dalam mencitrakan rasa makanan. Kebanyakan yang kita ketahui selama ini sebagai pemberi rasa nikmat dan manis adalah gula. Padahal penambahan produk turunan sukrosa ini harus lebih banyak barulah dapat memberi rasa di lidah. Setidaknya 2 – 3 sendok hingga membuat makanan terasa lebih nikmat dan manis di mulut.

Jika jumlah sebanyak ini (2 – 3 sendok) diberikan dalam setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi (dengan estimasi 3 – 5 kali sehari) niscaya akan menimbulkan peningkatan gula darah. Lama kelamaan keadaan konsumsi gula berlebih akan menimbulkan penyakit diabetes. Penyakit gula selalu didahului oleh kebiasaan banyak makan, banyak minum, sering berkemih, gigi sakit, mata kabur, daya tahan tubuh rendah, mempercepat penuaan dini dan lain sebagainya.

Oleh karena tingginya resiko yang ditimbulkannya maka kami berpikir untuk mencari bahan pengganti gula yang sehat, alami, murah dan mudah didapatkan. Sebuah bahan yang dapat memberikan rasa nikmat di lidah meskipun digunakan dalam jumlah sedikit. Yang turut menyehatkan pencernaan manusia, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu meremajakan kulit.

Garam penikmat terbaik ganti gula

Garam adalah pengganti gula terbaik yang dapat memberikan “rasa nikmat yang khas dan ada manis-manisnya”. Tidak hanya berperan untuk menyehatkan pencernaan, mempercepat penyembuhan luka baik dalam maupun luka luar, menjaga tubuh agar tidak mudah lelah dan berkeringat, mengatasi keram otot, bahkan menyokong darah untuk tetap menjadi larutan buffer yang sangat stabil dari perubahan pH. Artinya tingkat keasaman darah tidak mudah berubah oleh pengaruh makanan & minuman maupun oleh pengaruh aktivitas sehari-hari.

Sodium klorida yang terbuat dari garam laut sangat penting perannya untuk menambahkan rasa dalam makanan & minuman. Misalnya dalam air putih, ubi, kopi, susu, teh, sagu, tahu, tempe, ikan, daging dan segala jenis makanan termasuk nasi. Perannya dalam membuat segala sesuatu yang tawar menjadi lebih terasa nikmat dengan sensasi manis yang waw.

Garam pemberi rasa lembut, enak dan nikmat yang ada sensasi manis-manisnya

Jangankan beras sembako bahkan beras berkualitas lebih rendahpun yang dijual murah di pasaran menjadi lebih enak di mulut. Setiap orang tidak lagi harus memiliki uang banyak baru dapat menikmati nasi pulen yang nikmat. Tetapi siapapun orangnya, semurah apapun nasinya akan tetap memberikan citarasa yang memukau dan menggoda selera setiap orang yang memakannya. Tidak cukup sampai disitu saja, seluruh anggota keluargapun menjadi lebih doyan makan, terutama anak di rumah yang biasanya lebih menyukai yang manis-manis. Alhasil, setiap kali ada anggota keluarga yang makan, tidak ada lagi yang tersisa di atas meja, semuanya dilahap sampai habis. Bundapun jadi senang melihatnya.

Cara menambahkan garam pada nasi agar nyata sensasi nikmatnya yaitu pada saat proses memasak. Tambahkan diujung sendok teh/ ½ sendok teh/ satu sendok teh saja sesuai dengan jumlah beras yang dimasak. Artinya semakin banyak beras yang dimasak maka jumlah garamnya juga ditambahkan. Kukus/ dandang bersama di atas kompor (minyak ataupun gas) atau dalam penanak nasi elektrik yang dicolokkan ke listrik. Tunggu sampai matang maka nikmatilah hasilnya yang luar biasa.

Manfaat garam saat menanak nasi untuk membuatnya lebih pulen dengan tekstur yang lembut di mulut dengan sensasi rasa manis nikmat yang khas

Pada dasarnya konsentrasi yang tepat agar penambahan NaCl memberikan sensasi rasa nikmat manis yang pas adalah berada pada kadar 10% yaitu 9-10 gram per satu liter air (kira-kira satu setengah sendok teh). Silahkan di coba-coba sendiri teman sebab pengalaman yang ditemukan sendiri lebih indah untuk dilakukan.

Bahan-bahan yang membuat nasi lebih wangi dan nikmat

Anda juga dapat membuat sebuah variasi yang lain dengan cara menambahkan dedaunan alami yang harum dan wangi saat proses memasak nasi. Diantaranya adalah :

  1. Daun pandan. Ini salah satu pilihan terbaik yang membuat nasi harum.
  2. Daun kunyit. Merupakan dedaunan yang ditambahkan pada saat menggulai daging dan dapat juga mempengaruhi wangi beras yang anda kukus.
  3. Daun soup. Ini sering ditambahkan setiap kali memasak daging.
  4. Daun jahe. Merupakan pilihan yang tidak buruk untuk menambah wangi makanan.
  5. Daun bawang. Terdapat dua jenis bawang, ada bawang putih dan bawang merah maka silahkan coba dimana yang terbaik.
  6. Daun cengkeh. Mendapatkan wangi mint yang segar.
  7. Daun pala. Menciptakan bau khas yang memukau.
  8. Dedaunan lainnya yang wangi disekitar anda. Jika anda masuk ke dalam hutan, petik dan cium dedaunan unik yang anda temukan. Jika aromanya harum maka coba berikan pada ayam di rumah >> terus pada kucing atau anjing. Jika hewan-hewan saja tidak teler maka manusia juga tidak. Silahkan coba sendiri secara perlahan-lahan untuk mengetahui efek sampingnya ada atau tidak.

Intinya adalah selama anda memiliki garam dan tanah untuk ditanami niscaya semua hasilnya akan dapat dicicipi dengan nikmat. Jangan menyangka bahwa hanya orang berada, punya banyak uang dan kaya yang dapat menikmati hidup. Sebab sekaya-kayanya orang, toh pasti kembali juga untuk memanfaatkan dan mengolah tanaman sebagai hasil bumi pertiwi.

Sedikit tentang cara menanak nasi

Di panci

  1. Cuci beras dengan cara merendamnya pada air kemudian anda aduk-aduk dengan tangan hingga keruh dan bewarna putih (air tajin). Lakukan hingga 3-4 kali lalu buang airnya, ingat jangan terlalu bersih agar nutrisi nasi yang di hasilkan tidak hilang sama sekali..
  2. Siapkan panci yang telah dibersihkan sebelumnya, kemudian masukkan hasil cucian kedalamnya. Isi dengan air hingga melebihi 1 – 1 ½ ruas jari telunjuk dari permukaan beras.
  3. Tambahkan garam ½ atau 1 sendok teh dan dedaunan wangi untuk menambah kenikmatannya.
  4. Masak di atas kompor dengan api sedang dan tutup hingga mendidih (kurang lebih 20 menit ini tergantung banyaknya nasi dan panas api) setelah mendidih jika nasi mulai mengembang maka aduk-aduklah hingga permukaan bawah untuk mencegah kegosongan dan timbulnya kerak. Tambahkan air jika sudah setengah matang apabila dirasa perlu untuk membuatnya lebih pulen.
  5. Lakukan cara di atas hingga nasi terasa sudah benar-benar matang, lembut dan enak.

    Memasak di kukusan

  6. Cuci beras dengan cara merendamnya pada air kemudian anda aduk-aduk dengan tangan hingga keruh dan bewarna putih (air tajin). Lakukan hingga 3-4 kali lalu buang airnya, ingat jangan terlalu bersih agar nutrisi nasi yang di hasilkan tidak hilang sama sekali..
  7. Selanjutnya siapkan panci kukus dan isi air hingga hampir mendekati pembatas saringan kukus
  8. Tuangkan beras di atas saringan perlahan-lahan jangan sampai pembatasnya anjlok dan jatuh ke bawah.
  9. Tambahkan garam ½ atau 1 sendok teh dan dedaunan wangi untuk menambah kenikmatannya.
  10. Letakkan di atas kompor minyak ataupun gas.
  11. Di sini Anda tidak perlu capek-capek mengaduk dan mengontrol beras tetapi tinggal anda perhatikan saja setelah 20-30 menit apakah nasi sudah mulai matang atau belum.
  12. Perlu di perhatikan jangan sampai ait terlalu sedikit karena dapat menghasilkan nasi yang keras dan bila terlalu banyak air beras bisa menjadi bubur.

    memasak di rice coocker

  13. Cuci beras dengan cara merendamnya pada air kemudian anda aduk-aduk dengan tangan hingga keruh dan bewarna putih (air tajin). Lakukan hingga 3-4 kali lalu buang airnya, ingat jangan terlalu bersih agar nutrisi nasi yang di hasilkan tidak hilang sama sekali..
  14. Siapkan wadah steinles bawaan rice cooker anda dalam keadaan bersih dan kering. Jangan memasukkan wadah yang basah sebab dapat membuat rice cooker anda lebih cepat menua dan berkarat.
  15. Tuangkan beras yang telah di cuci
  16. Tambahkan dengan air 1 – 1 ½ ruas jari telunjuk diatasnya.
  17. Tidak lupa untuk menambahkan garam ½ atau 1 sendok teh dan dedaunan wangi untuk menambah kenikmatannya.
  18. Tutuplah dan tekan kebawah tumbolnya pada mode “cook”.
  19. Tunggu sampai matang.
  20. Jika ingin hasil yang lebih pulen dan lembut berikan air sedikit lebih banyak

Cara memasak nasi agar lebih enak dan pulen

Betapa indahnya dunia yang telah dianugrahkan Tuhan kepada kita. Asalkan tahu bagaimana cara yang tepat guna untuk mengelola semuanya maka kenikmatan itu bukanlah milik kalangan tertentu saja. Dahsyatnya manfaat garam dapat mengubah hari-hari anda menjadi lebih berasa pas di lidah dan juga pas di hati. Jangan lupa untuk bersyukur kepada Tuhan atas semua kenikmatan yang telah dititipkannya kepada umat manusia.

Salam cerdas kawan!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s