10 Cara Tidak Mengantuk Saat Beribadah Di Gereja – Menghilangkan Kantuk Saat Mengikuti Acara Penting

Cara Tidak Mengantuk Saat Beribadah Di Gereja - Menghilangkan Kantuk Saat Mengikuti Acara Penting

Kristen sejati – Nggak nyaman rasanya kalau kita menyadari telah mengantuk di gereja. Kami sendiri pernah merasakan hal tersebut dan pas bangunnya langsung menyesal lalu minta maaf kepada Tuhan. Kebiasaan kantuk yang tiba-tiba datang disaat yang kurang tepat menandakan rendahnya manajemen waktu yang dilakukan selama ini. Masuk gereja hanya sekali seminggu, sayang kalau pas khotbah, pesan pembicara jadi ninabobo pengantar tidur kita. Oleh sebab itu, belajarlah untuk mengatur kehidupan ini sedemikian rupa agar tidak ada hal-hal penting yang terlewatkan karena tertidur.

Bisa dipastikan bahwa seseorang yang suka mengantuk saat ibadah sedang berlangsung akan mengalami hal yang sama pada forum-forum yang berbeda lainnya. Bahkan bisa jadi, saat sedang di sekolah/ di kampus/ di kantor sekalipun kebiasaan tersebut selalu muncul. Inilah yang dimaksud dengan “kebiasaan buruk selalu terbawa-bawa.” Ada baiknya, hal jelek seperti ini tidak dibiasakan melainkan mulai carilah cara untuk menyelesaikan (menemukan solusi) dari masalah tersebut.

Kebiasaan buruk semacam ini bisa saja muncul dalam kehidupan seseorang ketika ia ditawan oleh kemalasan, kejengkelan, pertentangan dan persaingan dengan oknum tertentu di dalam gereja. Bila hal-hal negatif semacam ini menawan hati seseorang maka iblis bisa mengikat kehidupannya dengan mudah lalu iapun akan digiring dalam berbagai pengaruh negatif dimana salah satunya adalah “mengantuk.” Oleh karena itu, masuklah ke gereja dengan hati yang suci, ikhlaskan segala yang telah terjadi dan mampu menerima kenyataan apa adanya.

Alasan mengapa mengantuk saat di gereja/ persekutuan kristen lainnya

Tidak ada yang bisa mengusir rasa ngantuk itu selain bukan diri sendiri. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang masalah ini, ada baiknya jikalau kita cari tahu terlebih dahulu apa penyebab dari keadaan yang kurang menyenangkan tersebut.

  1. Kesadaran/ kecerdasan yang kurang.
  2. Gagal fokus pada tata cara ibadah yang sedang berlangsung.
  3. Di malam hari sebelum kebaiktian justru begadang (tidur larut malam).
  4. Aktivitas di dalam gereja kurang.
  5. Banyak masalah yang sedang dihadapi dan terbawa-bawa.

Sebaiknya anda belajar untuk tidak membawa-bawa masalah yang terjadi di rumah dan lingkungan anda ke dalam gereja. Melainkan datanglah kesana dengan hati yang baru dan siap untuk memuliakan Allah sekaligus menerima berkat. Hati yang baru bisa anda peroleh ketika mampu melupakan masa lalu, memaafkan masa lalu dan berdamai dengan masa lalu sehingga begitu sampai di halaman rumah Tuhan, senyum di bibir terpancar dan rasa ramah tamah nyata kepada semua orang yang ditemui.

Cara agar tidak sampai mengantuk di gereja

Sebenarnya cara yang akan kami sampaikan di bawah ini cukup simple dan tidak menggunakan biaya yang mahal. Ini hanya masalah manajemen waktu, pengaturan konsentrasi dan manajemen gerakan yang dilakukan saat mengikuti acara-acara penting. Berikut beberapa yang kami yakini dapat menjauhkan anda dari kebiasaan buruk “mengantuk di gereja.”

  1. Selalu fokus kepada Tuhan di segala waktu.

    Ini adalah kebiasaan baik untuk meningkatkan kecerdasan anda sekaligus meningkatkan kesadaran. Beberapa orang suka mengantuk di gereja karena memang aktivitas otaknya yang sangat rendah. Oleh karena itu, bernyanyi-nyanyilah dalam hati sambil mengerjakan sesuatu. Bahkan saat sedang makan sekalipun lakukanlah sambil fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian.

  2. Tidak begadang saat malam minggu tiba.

    Teori duniawi menegaskan kepada kita bahwa “malam minggu malam yang panjang.” Jika anda orang yang takut akan Tuhan dan setia maka teori-teroi yang menyesatkan seperti ini tidak akan anda biarkan masuk & melekat di dalam hati. Sebaiknya jauhi kebiasaan ini sebab tidur lebih larut (lewat tengah malam) akan mempengaruhi aktivitas anda di pagi harinya, tepatnya di hari minggu besoknya.

  3. Konsentrasi dan fokus pada setiap tata ibadah yang sedang berlangsung.

    Pastikan setiap kata-kata yang terdengar dari depan langsung mengena dan di ikuti oleh kata hati anda. Fokuskan pikiran dengan senantiasa mengucapkan di dalam hati apa yang telah anda dengar dari depan.

    Kemampuan berkonsentrasi juga sangat bermanfaat untuk menjauhkan anda dari pribadi pengganggu yang mungkin saja muncul tanpa sebuah unsur kesengajaan.

  4. Jauhkan pikiran negatif.

    Pikiran negatif adalah pemicu utama yang membuat anda malas untuk mengikuti kebaktian lalu mengantuklah sikawan. Ini seperti kebiasaan membanding-bandingkan, meledek kekhilafan orang lain & bersungut-sungut.

  5. Nikmati setiap tata ibadah yang diikuti.

    Menikmati dalam hal ini bisa saja berarti sebagai meresponi setiap kata-kata yang terdengar dari depan, jika tidak dikatakan lewat mulut maka katakanlah di dalam hati Halleluya…. Amin…..

  6. Jangan bersandar di kursi.

    Salah satu hal yang membuat anda tertidur di gereja adalah saat posisi badan terlalu santai. Kami sendiri jarang sekali bersandar pada sandaran kursi dan lebih memilih untuk duduk dengan tegak sambil meluruskan tulang punggung. Posisi siap dan tegak semacam ini dapat mengusir kantuk dan membuat anda tetap sadar sampai kebaktian selesai.

  7. Gerakkan tangan/ jemari.

    Gerakan yang lembut tetapi terus-menerus pada bagian tangan atau jemari anda bisa membantumu tetap sadar hingga kebaktian selesai. Aktivitas semacam ini bisa turut meningkatkan kesadaran anda sewaktu kebaktian sedang berlangsung.

  8. Gerakkan kaki.

    Saat kaki anda digerakkan naik-turun secara halus dapat membantu meningkatkan kesadaran sehingga kantukpun pergi. Gunakanlah tempo yang konsisten dan bisa juga disesuaikan dengan lagu yang sedang dinyanyikan.

  9. Gerakkan badan.

    Saat lagu mulai dinyanyikan dan pemusik memainkan peralatannya, upayakan untuk mengikuti alunan nada-nada yang terdengar. Lakukan gerakan halus baik ke kiri ke kanan maupun ke depan dan belakang. Silahkan pilih yang paling cocok.

  10. Anggukkan kepala.

    Ini adalah favorit kami, sadar atau tidak gerakan bagian-bagian tubuh yang dilakukan seirama akan membantu membuat kita tetap sadar. Mengangguk seperti gerakan mengiyakan setiap kata-kata yang terdengar dari depan altar. Jika anda sedang menyaksikan kami tidak mengangguk selama mengikuti kebaktian berarti saat itu sedang tertidur pulas.

Rumah Tuhan bukan tempat tidur tetapi iblis yang ada di dalam hati telah mengikat masa lalu anda. Oleh karena itu, lupakan masa lalu saat memasuki halaman-Nya dan datanglah dengan hati yang baru yang penuh sukacita sembari membawa kesaksian dan persembahan anda ke hadapannya.

Pada dasarnya, saat anda menikmati proses ibadah yang sedang berlangsung maka saat itu juga kantukpun pergi. Tetapi ketika pikiran melayang-layang, berimajinasi yang lain dan berbagai-bagai sungut-sungut muncul di dalam hati niscaya kecenderungan untuk mengalami kantuk mendadak semakin tinggi. Oleh karena itu, tingkatkan aktivitas anda di dalam gereja, bukan dalam arti harus lari-lari untuk membuat mata tetap melek melainkan lakukanlah gerakan-gerakan yang halus tetapi kontinu (dari awal sampai akhir kebaktian) untuk membuat anda tetap sadar 100% mata melek!

Salam damai!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s