+10 Bahaya Kurang Minum Air Putih

Bahaya Kurang Minum Air Putih
Dampak buruk lupa minum air putih akan mulai menjadi nyata ketika terjadi berhari-hari. Sebab dalam beberapa hari, keadaan ini bisa ditanggulangi tubuh dengan melakukan adaptasi ekstra yang bisa jadi menimbulkan salah satu dari gejala di atas. Keadaan akan semakin berbahaya jika orang tersebut tidak beroleh pertolongan yang tepat dari orang-orang terdekat atau mereka yang ahli di bidangnya. Akan tetapi, keadaan anda bisa mulai membaik jika sudah terbiasa memuji-memuliakan nama Tuhan di dalam hati, rajin berdoa dan mendengarkan firman-Nya. Sebab Tuhan adalah konektor yang membuat hubungan kita dengan sesama tetap langgeng sehingga selalu ada yang menolong di saat-saat genting. Dan Dia juga secara tidak langsung memberikan inspirasi kepada kita seputar masalah kesehatan yang sedang menghimpit badan.

Manusia tidak bisa lepas dari kebutuhan hidupnya. Tanpa memenuhi kebutuhan, memang akan terlihat mulus selama beberapa waktu. Akan tetapi, lama-kelamaan hal-hal aneh mulai terjadi karena hilangnya fungsi psikis dan fisik dari dalam dirinya. Keadaan akan terus memburuk ketika faktor-faktor pendukung yang ada di luar dirinya, malah tidak memberi dukungan yang semakin melemahkan kehidupan. Sekalipun demikian, beruntunglah kita setiap manusia yang hidup di zaman damai seperti sekarang ini. Sebab biar bagaimana pun, kita telah mencicipi nikmat-indahnya kehidupan karena semua kebutuhan kita telah dipenuhi oleh sistem. Bagi yang masih anak-anak pun bisa turut bersukaria karena hal-hal tersebut, yang mana masih ada orang tua yang bertanggung-jawab atas kebutuhan mereka.

Masalah beberapa manusia zaman sekarang bukanlah soal kebutuhan yang tidak tercukupi. Sebab apa yang dimiliki sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tetapi masalahnya adalah kelupaan terhadap hal-hal yang penting dan sangat bermanfaat kadang-kala meradang dalam pikiran yang bisa membuat hati berduka, Tenang saja, ini hanyalah kisah-kisah sedih di masa lalu saat kita tidak memiliki pikiran yang kuat karena terus-menerus mengalami kekosongan. Saat anda sudah mulai mengenal dan mempraktekkan aktivitas fokus kepada Tuhan lewat nyanyian, doa dan firman: perlahan kelupaan itu tiada lagi. Sebab bila sedang bernyanyi dalam hati memuliakan Tuhan, kita bisa membawakannya bersama beberapa poin penting kehidupan yang perlu diingat-ingatkan.

Kurang minum air memang lazim dialami oleh orang yang masih belia dan belum banyak pengetahuan maupun pengalamannya. Hanya ada dua cara agar seseorang sadar dengan kebiasaan buruk tersebut, yaitu dengan memberi pengajaran akan pentingnya aktivitas minum atau dengan adanya efek samping dari kurangnya aktivitas minum. Kami secara pribadi disadarkan dari kebiasaan minum yang terlalu sedikit lewat sakit-penyakit yang diderita. Kala itu, di tengah pilunya hati karena masalah yang terjadi, beruntunglah masih ada Tuhan yang memberi penghiburan sekaligus inspirasi tentang aktivitas minum yang baik. Dalam hal ini, masalah terbukti membantu kami untuk menemukan pencerahan hidup kepada aktivitas yang lebih menyehatkan jiwa dan raga.

Dampak buruk kurang minum air putih

Minum itu seperti bernafas dan makan: hanya orang-orang yang sudah tiada yang tidak membutuhkannya. Ingatan kita bisa semakin baik seputar kebutuhan badan akan cairan tubuh ketika kita sering menyanyikan manfaat air bersamaan dengan puji-pujian kepada Tuhan. Kalau anda adalah orang yang kreatif, anda bisa menciptakan sebaris syair yang menghubungkan antara air dan kepercayaan kita kepada Allah. Di samping itu, ada sederetan penuh dampak negatif bila kebiasaan minum yang baik menjadi kurang diperhatikan. Kami akan menampilkan beberapa di antaranya dalam tulisan ini. Sekalipun demikian, kami tidak menjamin bahwa efek yang anda alami selalu sama dengan yang kami tuliskan. Sebab yang namanya gejala penyakit, bisa disebabkan oleh berbagai faktor  dimana mungkin di antaranya ada dari yang kami tuliskan berikut ini.

  1. Mulut terasa kering.

    Namanya juga kekurangan cairan, sudah pasti akan terasa kering ini mulut bila kita tidak memenuhi kebutuhan terhadap hal tersebut. Sebab dalam keadaan normal, rogga pencernaan atas selalu dibasahi oleh air liur agar tetap lembab. Bila produksi air liur mulai menurun, mungkin keadaan ini dapat dicerna oleh otak sebagai rasa kering yang agak mengganggu kenyamanan badan.

  2. Bau mulut.

    Pernahkah anda ke pinggir laut saat air pasang sedang surut? Bisakah anda melihat terumbu karang yang muncul akibat turunnya air laut? Fenomena ini biasa saja bila kejadian pasang surut tersebut berlangsung di pagi hari. Akan tetapi, ada keanehan yang khas ketika matahari siang yang terik mulai memanaskan segala sesuatu. Yakni munculnya semacam bau amis yang cukup menyengat saat dibaui.

    Tahukah anda bahwa keadaan ini tidak disebabkan oleh bakteri dan virus hoax yang digembar-gemborkan saat kita duduk di bangku sekolah. Melainkan keadaan ini disebabkan oleh sel-sel makhluk hidup yang ada di terumbu karang tersebut mulai mengering dan mati oleh karena teriknya matahari. Demikian juga ikan akan berbau amis bila sudah mulai membusuk. Sama halnya dengan sel-sel rongga mulut yang kering dan mulai mengalami auto lisis (kematian) akibat kekurangan air.

  3. Mulut terasa panas.

    Saat anda minum air panas dan makan cabai, pasti mulut juga terasa panas. Artinya, ada banyak faktor yang menyebabkan kelainan semacam ini dimana salah satunya ditimbulkan oleh karena badan mengalami kekurangan cairan. Segera minum adalah pilihan terbaik untuk mengurangi dampaknya walau tidak serta merta hilang dalam sekejap.

  4. Bibir pecah-pecah.

    Saat bibir mulai pecah melepuh ringan: ini adalah tanda kurang minum air. Segeralah minum dua tiga teguk air namun lakukan sesering mungkin. Tetapi perasaan yang terlalu khawatir sehingga anda tampak melakukannya secara berlebihan. Selalu periksa muk atau gelas anda: sekali terisi penuh, kira-kira sampai berapa mililiter. Kemudian kurangkan/ bagikan dengan batas atas volume air yang dianjurkan. Sehingga di dapat hasilnya sampai berapa gelas/ muk anda perlu minum air untuk memenuhi kebutuhan badan.

  5. Air seni keruh.

    Ada banyak faktor yang membuat air seni keruh bahkan kadang-kala juga berbau kurang sedap, salah satunya disebabkan karena tubuh sedang kekurangan cairan. Bila anda adalah orang dengan kerentanan hidup yang masih di bawah asuhan orang tua, tidak perlu terlalu cemas soal bau kencing sendiri. Sebab kadang-kadang ujian kalium menggelegar tanpa anda sadari. Mau minum lebih dari dua liter sekali pun, bau air seni tersebut tetap berasa aneh, terlihat keruh (kadang agak kemerah-merahan) dan agak menyengat.

  6. Sakit gigi (luka pada gusi).

    Hal yang paling lazim kita rasakan di dalam gigi saat dehidrasi adalah ngilu yang cukup mengganggu baik secara fisik maupun mental. Di satu sisi kita inginnya mengonsumsi yang enak-enak tetapi di sisi lain makanan atau minuman apa pun malah menyakiti tombak-tombak tumpul yang mengolah panganan yang dikonsumsi. Luka mikro yang terjadi di sekitar gusi yang mengelilingi gigi terasa pedih saat bersentuhan dengan tekstur panganan yang mencolok (panas, dingin, keras dan lainnya). Anda perlu mengendapkan air pada mulut selama beberapa waktu untuk mengurangi sakit gigi yang terasa ngilu.

  7. Berasa haus.

    Haus adalah fenomena paling umum terjadi saat kita sedang kekurangan cairan. Anda perlu segera menindaklanjuti keadaan ini dengan minum air putih dua tiga teguk namun lebih sering dilakukan. Sediakan muk, teko atau botol minuman anda dekat dengan meja kerja sehingga tidak mudah terlupakan di sela-sela sibuknya berkarya menurut bidang masing-masing.

  8. Ludah mengental.

    Pada kondisi dehidrasi yang tinggi, air liur bisa menjadi kental dan mungkin kita akan merasa sedikit sulit untuk meludah karena produksinya sedang terbatas. Kita perlu menyetok sumber air liur di dalam badan agar tetap ada setiap saat untuk melembabkan rongga mulut yang lembut dan tentu saja ada kerasnya juga.

  9. Liur memahit.

    Biasanya, ketika tubuh mulai kekurangan cairan, suasana di dalam lambung dan sistem pencernaan bagian tengah akan mengalami peningkatan pH menjadi lebih asam. Ketika cairan lambung ini tiba-tiba naik ke tenggorokan karena dorongan aktivitas yang kita lakukan, maka akan muncul rasa pahit di lidah karena suasana lambung yang mulai kurang sehat. Pada kondisi ini, anda perlu lebih banyak minum air untuk menetralkan keasaman pada organ pencernaan tengah sehingga rasa pahit itu pun berlalu.

    Di sisi lain, orang dengan kerentanan hidup di bawah asuhan orang tua, bisa saja terdampak merasakan efek dari toksin kalium malaria yang membuat ludah kurang enak atau sangat pahit ketika di telan. Jenis keracunan ini tidak akan sembuh sekalipun anda minum air yang banyak sekali. Melainkan tunggulah sampai besok pagi atau beberapa hari berselang sampai toksin tersebut menjauh dari kehidupan anda.

  10. Cegukan terus-menerus.

    Mengalami cegukan bisa menjadi pertanda khusus kehilangan cairan yang banyak. Perlu segera mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cepat saat beraktivitas di luar rumah, termasuk saat sedang berolahraga. Orang awam biasa meredakannya dengan meneguk air putih empat sampai delapan kali teguk sehingga hilang terbawa masa lalu.

  11. Mata merah (bagian putih pada mata memerah).

    Ada banyak faktor yang membuat mata tiba-tiba agak kemerah-merahan, misalnya setelah berenang dan karena kemasukan debu atau serpihan kecil lainnya. Di balik semuanya itu, kadang juga keadaan ini disebabkan oleh karena kebiasaan buruk lupa meminum air putih sebagai akibat dari kecanduan game/ hobi lainnya. Pastikan anda sebagai orang dewasa, minum sudah banyak sampai dua liter dan sekalipun lebih tidak masalah.

  12. Rambut menjadi rontok.

    Jelasnya akar rambut membutuhkan air untuk mempertahankan hubungan antara rambut dan kulit kepala. Pernahkah anda mencabut rumput di tanah yang tandus dan gersang? Pasti bisa tercabut dengan mudahnya. Tetapi tidak demikian di tanah yang lembab dan subur: memang tercabut juga asalkan anda melakukannya dengan sekuat tenaga. Kerontokan rambut juga didukung oleh faktor lainnya, seperti racun ringan dalam keluarga dan kurang menggoyangkan kepala.

  13. Kantong mata (mata panda).

    Mata panda adalah hal yang lazim dialami oleh mereka yang kurang tidur dan kurang cairan tubuh. Hanya saja keadaan ini bisa juga dibawa sandiwara dengan memasang celak di bagian bawah kelopak mata. Sekarang anda hanya perlu memeriksa diri sendiri karena orang lain mungkin menggunakan trend tersebut sekedar untuk gaya-gayaan.

  14. Jantung berdenyut (berdebar).

    Sakit jantung adalah fenomena yang bisa terjadi ketika tidak ada keseimbangan antara aktivitas makan dan minum. Biasanya terjadi bila kita hanya banyak makan saja tetapi minum air sangat sedikit. Oleh karena itu, pastikanlah bahwa anda minum air dua tiga gelas selama masa-masa mengkonsumsi makanan. Kecuali jika sedang diet dimana asupan makanan sangat sedikit, ditemani minuman segelas saja pun sudah cukup.

  15. Glukosa darah meningkat tajam.

    Gula darah meningkat merupakan pertanda dari aktivitas kurang minum yang telah terjadi selama berminggu-minggu. Biasanya orang medis mendefenisikan penyebabnya dalam dua keadaan, yaitu karena jumlah intake makanan kaya karbohidrat yang melebihi batas atau karena jumlah enzim yang dihasilkan tubuh untuk mencerna glukosa terlalu sedikit. Tetapi kami mengatakan bahwa semua keadaan ini bermula dari kurangnya aktivitas minum.

  16. Kolesterol darah meningkat drastis.

    Kolesterol adalah indikator kesehatan yang berbicara seputar lemak tubuh. Tetapi tidak hanya orang yang gemuk menderita kolesterol tinggi, ada juga orang yang postur tubuhnya biasa saja namun koleterol tinggi. Bagaimana kalau keadaan ini sebenarnya disebabkan oleh karena tingkat asam tubuh yang tinggi? Sebab semua orang yang mengalami penyakit metabolis biasanya punya kadar keasaman tubuh yang tinggi. Keadaan ini tidak lain disebabkan oleh karena kebiasaan buruk kurang minum air.

  17. Asam urat melunjak.

    Asam urat termasuk teori kesehatan dengan indikator khusus tetapi pada dasarnya antara glukosa, kolesterol dan asam urat sama saja. Mengapa kami mengatakan demikian? Sebab alat untuk memeriksa ketiganya pun sama-sama berupa strip tes yang bahan dasarnya adalah kertas lakmus untuk memeriksa kadar pH larutan. Artinya, ketiga masalah kesehatan ini sesungguhnya disebabkan oleh kebiasaan buruk kurang minum air putih yang meningkatkan keasaman cairan tubuh dan membuat badan menjadi sakit-sakitan secara perlahan-lahan.

  18. Obesitas (berat badan berlebihan).

    Kegemukan bisa berlebihan jika kita menjadikan makanan sebagai satu-satunya kesenangan dan penghiburan saat stres. Meminum air putih bisa bermanfaat untuk memperlancar pembuangan bahan-bahan yang dikonsumsi berlebihan tersebut. Di sisi lain, minum air juga bisa diutamakan untuk mengganjal nafsu yang sedang ingin makan. Banyak dan sering-seringlah minum maka anda akan merasa kenyang dan dengan sendirinya nafsu lapar berlalu. Terlebih lagi ketika punya kesibukan positif yang dilakukan sehari-hari, seperti fokus kepada Tuhan, bekerja, belajar, berbuat baik, menekuni hobi dan lain-lain. Niscaya tidak ada lagi ngiler pada semua makanan yang memanjakan organ penciuman dan penglihatan.

  19. Kerongkongan terbakar.

    Lambung yang mengalami minus air akan merasakan ketimpangan asam yang mencolok. Keadaan yang bisa saja menjadi lebih parah ketika kita pun mengonsumsi makanan yang agak pedas dan berminyak. Siapa yang dapat menolak pedas-gurihnya lauk pauk yang memikat lidah? Akan tetapi, kebiasaan kurang minum saat makan membuat nikmat itu dirasakan hanya sesaat saja. Begitu isi lambung yang asam dan pedas terguncang karena aktivitas atau batuk, niscaya rasa terbakar dikerongkongan mulai menjalar merusak kenyamanan. Rajin-rajinlah minum air saat mengonsumsi makanan, bila perlu selalu sediakan muk disamping piring. Terlebih ketika konsumsi cemilan yang pedas-pedas juga adalah kegemaran anda. “Semakin banyak anda memakan sesuatu, semakin banyak pula air putih yang perlu anda minum.”

  20. Maag dan asam lambung tak terkendali.

    Efek samping lainnya dari kebiasaan buruk kurang minum air putih pada lambung adalah sakit maag. Keadaan ini akan sangat mengganggu anda karena seolah-olah saat terlambat makan belasan menit saja, sudah kambuh lagi penyakitnya. Tidak bisa menyesuaikan diri dengan fluktuasi waktu makan yang kadang kala tidak pasti, memang agak merepotkan. Akan tetapi jangan khawatir, sebab dengan mengonsumsi air putih secara intens pada jam-jam makan secara terus-menerus, alhasil asam lambung mereda dan penyakit maag pun menjauh.

  21. Lemah syahwat.

    Ada banyak faktor yang menyebabkan keadaan ini. Dimana salah satunya adalah melambat dan/ atau tersumbatnya aliran darah di dalam pembuluh. Ketidaklancaran ini mungkin disebabkan oleh karena kebiasaan buruk lupa minum air minimal dua liter per hari khusus orang dewasa. Agar kekentalan darah menjadi normal dan kecepatan alirannya ke seluruh tubuh, termasuk ke organ vital menjadi maksimal, sehingga ujung-ujungnya lebih tahan lama.

  22. Kepala pusing

    Sakit kepala, kepala pusing atau sakit kepala sebelah merupakan gejala penyakit yang sama karena dehidrasi yang tinggi. Kepala sebagai organ yang letaknya paling tinggi di antara semua organ lain akan merasakan dampak nyata dari kurangnya cairan tubuh. Banyaknya buangan metabolisme di area kepala yang tersendat pengirimannya akibaat kurang minum air, bisa menyebabkan rasa sakit yang mendalam. Minumlah air lebih sering atau tidurlah sesaat, baringkan diri di tempat yang datar untuk mempercepat pengiriman sisa hasil metabolisme sel-sel otak yang pembuangannya terlambat.

  23. Bermimpi saat sedang tidur.

    Keadaan ini dipicu oleh karena kebiasaan kurang minum air putih di malam hari. Sebaiknya, minum airlah beberapa teguk sebelum tidur atau minum airlah dua tiga teguk saat bangun di tengah malam. Kebiasaan baik ini dapat menjauhkan anda dari mimpi-mimpi tidak jelas yang kadang memburuk.

  24. Berhalusinasi saat sedang sadar.

    Anda melihat sesuatu tetapi orang di sekitar tidak melihatnya, itulah halusinasi. Orang-orang yang mengalami hal ini di padang gurun, mengenalnya dengan sebutan fatamorgana. Keadaan ini adalah pertanda kuat dari keadaan tubuh yang menandakan dehidrasi yang cukup parah. Perlu minum lebih sering agar tidak berhalusinasi di siang bolong. Siapkan botol minuman jika hendak berpergian jauh atau saat berkunjung ke tempat yang panas dan tandus seperti padang gurun.

  25. Kematian perlahan.

    Biasanya ini adalah fenomena yang sangat langka sebab gejala penyakit sebelumnya sudah cukup untuk mengingatkan seseorang agar lebih rajin minum. Akan tetapi, katakanlah ini terjadi di dunia sandiwara dalam bayang-bayang kelam. Ketika seseorang tidak beroleh pencerahan apa-apa dalam banyaknya sakit-penyakit yang dialaminya. Dehidrasi pada dasarnya membuat aliran daran melambat dan penyumbatan bisa terjadi karena faktor makanan tertentu. Akibatnya, penumpukan sisa hasil metabolisme sel-sel otot menyebabkan rasa sakit yang sangat parah di kepala. Keadaan ini bisa membuat seseorang tak sadarkan diri dan lama kelamaan menemui ajalnya bila tidak segera ditangani.

  26. Dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Tahukah anda bahwa beberapa obat farmasi atau racun ringan dalam keluarga dapat menyebabkan gejala penyakit di atas! Artinya, sekalipun kebiasaan minum anda bagus, penyakit di atas masih saja anda alami. Oleh karena itu, jangan terlalu khawatir lalu meminum air sebanyak-banyaknya saat hal-hal tersebut anda alami. Melainkan tetap tenang dan penuhi kebutuhan minum kira-kira dua liter per hari (minum perlu lebih sering, dua-tiga teguk saja). Pasti berangsur-angsur (tidak secepat kilat) penyakit tersebut pun reda dan menghilang begitu saja.

Dampak buruk lupa minum air putih akan mulai menjadi nyata ketika terjadi berhari-hari. Sebab dalam beberapa hari, keadaan ini bisa ditanggulangi tubuh dengan melakukan adaptasi ekstra yang bisa jadi menimbulkan salah satu dari gejala di atas. Keadaan akan semakin berbahaya jika orang tersebut tidak beroleh pertolongan yang tepat dari orang-orang terdekat atau mereka yang ahli di bidangnya. Akan tetapi, keadaan anda bisa mulai membaik jika sudah terbiasa memuji-memuliakan nama Tuhan di dalam hati, rajin berdoa dan mendengarkan firman-Nya. Sebab Tuhan adalah konektor yang membuat hubungan kita dengan sesama tetap langgeng sehingga selalu ada yang menolong di saat-saat genting. Dan Dia juga secara tidak langsung memberikan inspirasi kepada kita seputar masalah kesehatan yang sedang menghimpit badan.

Salam, Cairan terasa sepele,
tetapi akibat kekurangannya
setelah berbulan-bulan bahkan
bertahun-tahun kemudian
bisa mengganggu kesehatan
bahkan merusak organ-organ
dan merenggut hidup seseorang
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.