10 Cara Menyembuhkan Ngilu Gigi – Tips Sederhana Mengatasi Kengiluan Yang Meradang

Cara Menyembuhkan Ngilu Gigi – Tips Sederhana Mengatasi Kengiluan Yang Meradang

Ada keunikan yang khas ketika kita berbicara tentang gigi. Suatu tantangan dengan tekstur keras yang berada di antara jaringan dengan struktur yang lebih lembut. Tantangan yang suka menjawab penantang yang sengaja dibawa masuk oleh dua, tiga atau lima jemari bertekstur lentur. Sang penantang tidak selalu kuat, kadang-kadang tekturnya lembut, setengah padat, agak keras dan benar-benar keras. Walau demikian, ada juga panganan penantang yang hampir tidak memiliki tekstur karena mampu fleksibel mengikuti segala bentuk yang tersedia. Suatu senyawa yang tingkat kelembutannya “nomor satu,” yang ketika menyentuh rongga mulut dan kerongkongan menjadi sejuk serta memicu rasa lega yang dalam.

Orang-orang zaman sekarang dan zaman dulu selalu menyalahkan gigi saat mereka merasakan giginya sakit, dimana salah satunya adalah rasa ngilu yang dalam menggetarkan. Apakah mereka tahu, bahwa mutiara ini tidak punya rasa alias tidak ada syaraf yang tumbuh di antara tulang? Hanya jaringan berupa daging dan sel-sel hidup lainnya yang permukaannya memiliki sel-sel syaraf. Sedangkan jaringan lain yang lebih keras seperti, kuku, rambut dan gigi tidak memiliki sel-sel syaraf dipermukaannya. Buktinya adalah saat anda memotong kuku atau rambut, tidak pernah ada rasa sakit yang timbul. Terkecuali anda dengan sengaja menarik rambut atau menarik kuku sendiri maka sakitlah karena akar jaringan tersebut menempel dengan jaringan lain yang lebih lembut dan memiliki sel syaraf.

Defenisi – Penyakit ngilu pada gigi adalah rasa sakit yang timbul tiba-tiba saat mengonsumsi panganan dengan tekstur mencolok (panas, dingin, keras) bersentuhan dengan gigi akibat luka mikro yang terjadi pada gusi.

Cara mengobati ngilu gigi yang mungkin akan dan sedang anda alami

Pada dasarnya, dalam setiap keadaan saat mutiara pagar putih tersakiti, bukan giginya yang sakit melainkan yang benar-benar sakit adalah gusinya. Pernahkah anda menyaksikan tanah yang awalnya basah tiba-tiba mengalami panasnya kemarau panjang? Atau pernahkah anda menyaksikan ketika lem kertas kertas yang dimiliki kering karena lupa ditutup? Yang jelas terlihat pada saat seperti ini adalah keretakan yang terjadi disepanjang zona yang mengalami kekeringan. Demikian jugalah dengan bagian-bagian tubuh kita yang akan melekang, meregang bahkan tercerai-berai (terurai menjadi molekul yang lebih kecil) saat tubuh kehilangan kapasitas air normal. Berikut ini akan kami jelaskan seadanya tentang cara menghilangkan ngilu pada mutiara berbaris putih anda.

  1. Hindari mencandui kesibukan anda.

    Bukan hanya anda, tetapi semua orang juga sibuk melakukan apa yang menjadi hobi dan kewajibannya. Akan tetapi, kesibukan yang dicandui beresiko merusak mental dan fisik manusia itu sendiri. Beberapa tanda bahwa anda ketergantungan dengan sesuatu: membanggakannya, menggilainya, mudah marah, sedih ketika tidak ada dan sering lupa waktu berhenti saat sudah melakukannya. Di tengah kesibukan bekerja dan belajar: jangan lupa untuk memuliakan Tuhan sambil mengingat-ingatkan diri sendiri tentang hal-hal penting dalam hidup. Misalnya tentang kebahagiaan, pengembangan kepribadian, menjaga kesehatan dan lain-lain.

  2. Lebih sering mengonsumsi air.

    Gigi dan gusi merupakan jaringan yang berbeda sehingga keduanya tidak mengalami penyatuan pada tingkat sel. Gusi adalah jaringan yang sekedar melekat dan memadat di sekitarnya. Seseorang yang kekurangan air akan mengalami keretakan struktur jaringan yang sesungguhnya memicu luka mikro. Biasanya proses ini terjadi tanpa disadari oleh pribadi/ orang yang bersangkutan.

    Bila anda lebih sering mengonsumsi air, maka jaringan yang aktif akan tetap disuplai (nutrisi dan oksigennya) oleh aliran darah dalam jumlah yang memadai. Cairan yang dibawa roler coster merah itu pun berada dalam taraf yang mencukupi sehingga organ atas tetap berada dalam keadaan fit. Tidak ada lagi keretakan pada jaringan selama anda memenuhi kebutuhan air yang jumlahnya sama dengan dua liter atau lebih setiap harinya. Lebih sering minum tetapi konsumsinya dua-tiga teguk saja sekali minum. Aktif dan tekun mengganti cairan tubuh yang hilang merupakan solusi ajaib untuk sembuh dari banyak penyakit.

  3. Aktif menggoyang-anggukkan kepala.

    Khusus bagi yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer/ laptop/ smartphone yang dimiliki, sebaiknya seringlah mengangguk-goyangkan kepala sendiri. Sebab aktivitas di depan LCD selama berjam-jam dapat membekukan gerakan anda. Oleh karena itu, perlu mengambil beberapa langkah untuk menggoyang-anggukkan kepala dengan santai seperti orang yang sedang mendengar musik. Atau anda juga bisa melakukan aktivitas tersebut sambil berolahraga seperti biasa (misalnya sambil berlari, sambil senam, sambil bermain). Semua latihan ini bermanfaat untuk memastikan bahwa nutrisi, cairan dan oksigen yang ditransport ke daerah kepala berada dalam taraf yang mencukupi.

  4. Mengendapkan air dalam mulut.

    Ada satu saat dimana rasa ngilu di gigi cukup parah: jangankan air panas atau dingin, air tawar suhu biasa saja pun, sudah bisa membuat sakitnya menusuk sampai ke ubun-ubun. Seolah air biasa pun tak bisa tersentuh gusi anda karena ngilunya hampir tak tertahankan. Pada situasi semacam ini, lebih baik endapkan air selama dua-tiga menit di dalam mulut agar luka mikro yang terjadi melunak yang membuat rasa sakitnya reda sambil menunggu tahap penyembuhan alami yang dilakukan oleh tubuh sendiri. Anda perlu mengulang-ulang mengendapkan seteguk air di dalam rongga mulut agar proses penyembuhan rasa sakit itu segera terjadi.

  5. Bedakan dengan sakit gigi anti air.

    Ada satu kondisi dimana sakit gigi yang anda alami disebabkan oleh racun ringan yang tidak suka dengan air. Luka yang ditimbulkan toksin ringan tersebut tidak bisa reda sekalipun anda lebih sering mengonsumsi air putih atau mengendapkan air putih di dalam mulut. Justru semakin anda meminum air, rasanya tetap sakit tak putus-putusnya. Pada kondisi ini, anda perlu puasa minum sampai luka yang terjadi pada gusi tidak terasa sakit lagi. Selama sakitnya terasa menusuk-nusuk, hindari minum apa pun. Sampai tidak lama kemudian setelah sakitnya mereda, anda bisa kembali memulihkan kebiasaan baik meminum air putih lebih sering dua-tiga teguk.

  6. Hindari panganan mencolok dalam musim rasa sakit.

    Saat ngilu sedang meradang, jangan memaksakan diri untuk mengonsumsi panganan yang panas, dingin dan keras. Berpuasalah sejenak saat penyakit itu merajalela, sebab biasanya waktu yang dibutuhkan agar sakitnya mereda tidak sampai berhari-hari. Kisaran waktu yang anda butuhkan untuk menyembuhkan ngilu dengan cara lebih sering minum atau mengendapkan air putih adalah maksimal setengah hari. Selama proses penyembuhan tersebut hindari mengonsumsi santapan yang lezat dengan suhu tinggi (misal mie instan) atau terlalu dingin (es krim) atau yang ada keras-kerasnya (misal keripik). Setelah sakitnya mereda atau sehari setelah kengiluan gigi hilang, anda sudah boleh mengonsumsi makanan dengan tekstur mencolok.

  7. Beristirahatlah selama beberapa waktu.

    Rasa sakit biasanya menguras banyak energi dan emosi dalam diri ini. Tidak jarang ada orang yang merasa cepat lelah, tidak bisa fokus dan agak emosian saat fisiknya sedang kesakitan. Oleh sebab itu saran kami sebaiknya selesaikan pekerjaan yang penting-penting saja, selebihnya minta pada rekan anda untuk membantu menyelesaikan sisanya. Anda perlu istirahat alias tidur sejenak sampai rasa sakit tersebut reda. Dan semoga saja ketika bangun tidur, semua ngilu yang tadinya meradang sudah tidak ada lagi.

  8. Hati-hati saat menggosok gigi.

    Sikat gigi memang lembut tetapi menggunakannya saat suasana hati sedang kacau bisa berubah menjadi sikat kawat. Sebab emosi yang tidak stabil mungkin membuat kita melakukan tekanan yang terlalu keras dan lama saat membersihkannya. Ingatlah bahwa luka kecil saja pada gusi sudah cukup untuk membuat rasa sakit dan ngilu bercampur jadi satu. Santai saja menyikatnya sambil bergembira menyanyi dalam hati agar anda tidak terbawa emosi negatif.

  9. Menggunakan pasta gigi sensitif.

    Jika kengiluan pada mutiara berjejer anda sering terjadi, pertimbangkan untuk membeli pasta gigi sensitif. Sekiranya uang cukup, tidak ada salahnya untuk memiliki bahan penyembuh yang satu ini. Sebab odol jenis ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka mikro yang dialami oleh gusi di sekitar mutiara pagar putih. Sekalipun tidak permanen tetapi cukup untuk meredakan rasa sakitnya tatkala hal tersebut muncul lagi dan lagi.

  10. Berkunjunglah ke pusat kesehatan terdekat.

    Jika anda sudah mencoba semua cara, termasuk cara yang kami ajukan. Tetapi ngilu yang anda rasakan belum menemui titik terang pemulihan. Anda perlu meluangkan waktu untuk berkunjung ke pusat kesehatan daerah yang terdapat di kota anda. Semua usaha yang anda lakukan sudah bagus tetapi anda perlu lebih dalam lagi memahami tentang penyakit ini sehingga mengatasinya juga dengan berkonsultasi dengan seorang ahli kesehatan yang lebih profesional.

  11. Silahkan cari sendiri, menurut pengalaman masing-masing.

Kesimpulan

Tidak ada yang bisa mengatasi ngilu yang anda alami selain diri anda sendiri. Selama anda paham penyebabnya maka anda pun akan dibuat paham dengan cara menyembuhkannya. Hanya saja, persoalannya sekarang adalah apakah daya ingat seseorang masih bekerja dengan baik setelah penyembuhan pertama terjadi? Semakin bagus daya ingat anda, semakin banyak waktu yang dilalui tanpa rasa sakit. Akan tetapi, bila hidup terus terpaku kepada pekerjaan, pelajaran dan permainan yang digemari sampai lupa waktu makan, mandi, minum dan tidur. Maka banyak penyakit yang menunggu dirasakan pahitnya begitu anda bangun dari tidur yang panjang ataupun pendek. Termasuk dalam hal ini adalah kengiluan pada mutiara berpagar putih yang keindahannya tak lagi terpancar saat anda tersenyum manis.

Salam, Mutiara anda
rawan rasa ngilu
saat gusi mulai retak-retak
bukan karena pecah
dan bukan pula
karena dibanting2.
Sebab gigi sedari awal
sudah anti pecah
melainkan karena
lupa akan kepentingan-
kepentingan utama
dalam menjaga kesehatan
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.