+10 Cara Main Game Kinerja Tinggi Tanpa Ngantuk

Cara Main Game Kinerja Tinggi Tanpa Ngantuk

Trend yang baik zaman sekarang adalah bekerja dari rumah. Sebuah keputusan yang sangat kami apresiasi kepada pemerintah karena menciptakan pemahaman semacam ini. Memang yang namanya bekerja kantoran tetap ada, namun hanya sebagian saja (koorporasi/ swasta). Sedang sebagian besar masyarakat lainnya dapat menjadikan rumah masing-masing sebagai kantor pribadi tempatnya bekerja. Sebagai suatu gaya hidup yang epik, mencari nafkah dari rumah memiliki banyak keuntungan, namun di sisi lain ada juga kerugian yang dirasakan. Di atas semuanya itu, gaya hidup baru semacam ini sangat membantu semua kalangan untuk mencapai kesejahteraan hidup yang setera dan tentunya ramah lingkungan.

Ada ragam yang menyenangkan dari aktivitas orang-orang yang berkantor di rumah masing-masing. Ceritanya, hubungan dengan sesama anggota keluarga menjadi lebih erat dan dekat karena tidak ada lagi pergi-pergi lebih dari satu jam. Lebih mengenal diri masing-masing karena lamanya waktu yang dihabiskan buat diri sendiri. Tidak ada lagi orang yang berkeliaran dan suka main-main ke luar karena rumah online penuh dengan pekerjaan. Akan tetapi, ada juga sisi sukarnya, seperti kurang bisa fokus bekerja karena gangguan yang intens dan meningkatnya angka ngantuk. Untuk masalah gangguan; tiap-tiap orang akan terkendala di awal-awal saja, namun setelah terbiasa menjadi tidak masalah (tidak lagi dipersoalkan). Lain halnya dengan masalah ketiduran di saat kerja: itulah yang akan coba kita selesaikan pada bagian selanjutnya.

Cara main game dengan kinerja sesuai dengan standar pemerintah

Sungguh karunia yang luar biasa jika pemerintah sudah mengizinkan masyarakat untuk membangun perusahaan masing-masing dalam berbagai ruang online yang tersedia. Salah satu anak perusahaan yang bisa anda bangun secara online adalah dengan memainkan game. Masih banyak bentuk kewirausahaan dunia maya yang bisa anda bangun namun pada bagian ini kita hanya membahas seputar permainan. Salah satu keuntungan menggunakan permainan online adalah jenjang karier yang jelas dan permainan itu sendiri berkembang dari yang awalnya kurang-kurang menjadi hampir sempurna. Dari yang awalnya hanya pemula, lama-lama menjadi profesional; dari yang awalnya tidak bisa apa-apa menjadi seorang ahli. Sayang sekali, kendala umum bekerja bermain game adalah kemunculan gejala ngantuk yang sangat sering terjadi. Anda bisa menanggulangi keadaan ini dengan beberapa cara, seperti yang kami anjurkan berikut ini.

  1. Fokus kepada Tuhan.

    Memang yang paling populer dan banyak dilakukan adalah bedah (bernyanyi dalam hati) memuliakan Allah. Akan tetapi, ada lagi bentuk fokus kepada Tuhan yaitu berdoa dan membaca-mempelajari firman. Ketiga aktivitas ini sebenarnya digunakan secara bersamaan tanpa batasan tertentu. Hati pun bisa senantiasa berdoa kepada Tuhan: peduli dengan keadaan sesama sekalipun kita tidak memiliki kesempatan untuk berbicara padanya. Namun tetap bisa berbuat baik kepadanya dengan mendoakan masalah yang dialaminya agar dilancarkan. Demikian saat membaca firman bisa dilakukan di waktu kapan saja, baik yang dilakukan secara langsung maupun dengan menyaksikannya melalui media (offline atau online).

    Khusus pada bagian ini, kita akan lebih sering menggunakan aktivitas fokus kepada Tuhan yang dikenal dengan “bedah.” Saat anda sedang main game, bernyanyi-nyanyilah dalam hati memuliakan Allah. Ini turut membantu anda untuk menjauhkan diri dari pengaruh buruk game seperti kekerasan, ketamakan, persaingan, pencurian, kemesuman, hawa nafsu liar, ketakutan dan lain-lain. Pada keadaan tertentu saat kita mencapat stage/ tahapan/ bagian yang berat, bisa saja bedah tertahan saking serunya. Akan tetapi, ketika kembali memainkan mode ringannya, kembalilah memuliakan Allah di dalam hati masing-masing.

  2. Paham standar kinerja pemerintah.

    Kalau anda adalah orang yang suka setara/ sama dengan pekerja lain, perlu paham dengan standar kinerja pemerintah. Mungkin saja standar ini banyak aturannya tetapi satu hal yang pasti adalah produktivitas yang baik dihasilkan dengan bekerja selama delapan jam per hari (mungkin saya salah, silahkan lihat aturannya). Mungkin anda menganggap bahwa bekerja delapan jam per hari adalah sesuatu yang mudah namun sesungguhnya kerumitannya banyak terutama bagi pekerja rumahan. Salah satu keluhan yang muncul dipermukaan dan sangat nyaring terdengar adalah mudahnya mengantuk saat seharian di rumah aja. Akibatnya, standar kinerja yang baik pun tidak tercapai dan seseorang dapat dikategorikan kurang minat (tidak semangat atau malas) bekerja karena hal tersebut.

  3. Menemukan game satu tangan.

    Harap diketahui bahwa tidak semua game smartphone bisa dipakai secara maraton. Permainan dua tangan yang menggunakan kontrol kompleks layaknya game konsole seperti play stasion membuat anda tidak bisa berlama-lama mengangkat smartphone. Karena dipaksa oleh kelelahan maka smartphone diletakkan di pangkuan atau di atas meja. Akibatnya punggung bungkuk dan kepala tunduk berlama-lama. Menekuk leher dalam waktu lama bisa membuat aliran darah dari dan menju ke otak terhambat. Suplai energi dan oksigen yang tertahan membuat kapasitas otak menurun. Keadaan ini membuat kesadaran otak kehilangan kendali dan otomatis beralih ke sistem alam bawah sadar. Hilangnya kesadaran membuat manusia mengantuk lalu tertidur pulas dimana pikiran dikuasai alam bawah sadar.

    Tidak sulit menemukan game satu tangan. Biasanya permainan ini berada dalam kelas acrade dan puzzle sederhana. Anda dapat menemukannya di Google Play atau biasanya diiklankan langsung di waktu antara saat memakai aplikasi smartphone. Biasanya hanya satu tangan yang digunakan untuk mengendalikan pion/ hero/ kapal/ pesawat/ kartu, sedang tangan yang satu dapat digunakan untuk mengangkat perangkat.

  4. Memangkas rambut bagi laki-laki.

    Rambut gondrong memang bisa dipakai untuk gaya-gayaan tetapi fungsi praktisnya akan menurun. Sebab perawatan rambut panjang membutuhkan waktu yang cukup lama. Ini akan menyita banyak waktu yang seharusnya difokuskan untuk bekerja. Jika seorang berambut panjang enggan melakukan perawatan maka besar resikonya kulit kepala menyimpan ketombe basah yang mendinginkan kepala sampai terkantuk-kantuk. Orang yang mengalami kerentanan hidup dengan tekanan darah rendah akan dinina-bobokan oleh ketombenya sehingga pencapaian gamenya terkesan sangat lambat.

  5. Tidak lupa meminum air putih.

    Jika anda berencana maraton bermain smartphone, satu hal yang mungkin terlupakan namun sangat penting untuk menunjang aktivitas ini adalah “minum air putih.” Manfaat lain sering minum air putih adalah mata tidak mudah sakit/ jenuh dan mencegah terbentuknya kantong mata/ mata panda. Kebutuhan air harian adalah dua liter atau lebih untuk orang dewasa. Letakkan gelas atau muk anda di samping meja agar lebih mudah dijangkau di sela-sela bermain.

  6. Makan secukupnya dan teratur.

    Perhatikan bahwa bekerja dari rumah tanpa keluar-keluar hampir tidak mengeluarkan keringat. Satu-satunya momen yang mungkin membuat keringatan adalah saat berolahraga atau senam kecil-kecilan. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan seadanya dan secukupnya saja sebab energi yang dikeluarkan pun tidaklah seberapa. Ini bisa menjadi sebuah tantangan bagi anda yang menambah keuntungan secara finansial karena dapat lebih hemat pengeluaran. Atau anda bisa memanfaatkan penghematan tersebut untuk membeli makanan yang lebih berkelas dengan ciri khas sedikit tapi delicius.

    Makan yang terlalu banyak membuat perut bekerja terus dan aktivitas transportasi sari-sari makanan sangat tinggi. Namun sel-sel tidak membutuhkan energi ekstra, akibatnya sari-sari makanan tersebut menumpuk di pembuluh darah dan menunggu antrian panjang untuk dijungkirbalikkan menjadi urine. Proses jungkirbalik ini memakan waktu yang agak lama sehingga antrian sari-sari makanan yang padat di sepanjang pembuluh darah menghambat kecepatannya. Maka suplai energi dan oksigen ke berbagai penjuru terlambat datang/ tidak sesuai jadwal/ molor, akibatnya otak serta badan kehabisan energi sampai mengantuk membuat smarphone terpeleset jatuh dari tangan berkali-kali.

    Anda boleh makan dua kali atau tiga kali sehari asalkan tepat pada waktunya. Jam-jam makan yang telah ditetapkan sendiri perlu dipatuhi agar kelonggaran yang terjadi tidak menyebabkan penyakit perut. Sakit maag adalah kondisi yang paling riskan dikarenakan salah satunya oleh kebiasaan buruk lupa waktu makan. Jika waktu makan sedikit telat, silahkan minum air mineral lebih sering dan menelan ludah sendiri untuk menghindari kerentanan terhadap lambung.

  7. Jangan hanya main game, gunakan pula aplikasi lain.

    Fokus memang baik tetapi hanya menggunakan aplikasi permainan seharian jelas tidak sehat. Fokus pada satu atau dua game saja tetapi gunakan juga aplikasi pendukung lain untuk mengisi hari-hari anda. Misalnya saja adalah aplikasi olahraga: anda tidak harus berolahraga di luar ruangan, sekedar lari-lari di tempat dalam ruangan juga bisa mengaktifkan aplikasi pedometer (penghitung langkah kaki).

    Ada aplikasi baca berita yang membuat wawasan anda lebih luas dan meningkatkan kewaspadaan selama menjalani hari. Anda bisa juga mengomentari berita tertentu dan belajar memahami berita hoax dari segi positifnya. Seolah kejadian tersebut telah terjadi namun lokasinya di tempat yang jauh di dalam piranti server komputer. Anda bisa melatih sudut pandang yang dimiliki agar perspektif semakin luas melihat dunia.

    Ada aplikasi menonton video sampai ketawa terbahak-bahak. Menyaksikan hal-hal yang serius terus-menerus memang kesannya kaku. Anda perlu sesekali dalam sehari menyelam ke dalam wilayah orang-orang yang memiliki gaya hidup humoris. Melihat kelucuan-kelucuan kecil dibalik kenyataan yang sesungguhnya kita alami sehari-hari.

    Dan masih banyak lagi aplikasi lain, ambil saja satu aplikasi untuk satu topik. Sekalipun anda adalah seorang gamers, bukan berarti kerjaannya ngegame terus, tetapi anda perlu juga melakukan hal-hal lainnya yang bermanfaat bagi diri sendiri. Semua variasi aktivitas ini membuat otak berkembang sehingga dimampukan untuk meraih kebahagiaan positif versi anda sendiri.

  8. Sejajarkan smartphone dengan mata/ kepala.

    Usaha terbaik untuk membuat kesadaran tidak digeser oleh alam bawah sadar adalah dengan membuat otak aktif. Dimana ada aktivitas, di situlah dibutuhkan energi yang memadai. Bila leher terus di tekuk ke bawah dalam waktu lama, aliran darah bisa terhambat yang membuat suplai energi ke otak tidak mencukupi. Ketidakcukupan energi inilah yang menggeser kesadaran sehingga otak dikuasai alam bawah sadar yang membuat manusia tertidur. Kadang kala kurangnya suplai energi dan oksigen ke otak menyebabkan seseorang terkantuk-kantuk, kadang tidur dan kadang terkejut. Keadaan ini bisa saja memancing peningkatan sisi emosional yang membuat seseorang mudah marah karena di tekan oleh hal-hal kecil.

    Bila anda bisa meluruskan leher agar sejajar dengan punggung maka kebiasaan ngantuk yang tidak terkendali saat main game bisa diatasi. Sebab pada posisi tersebut, aliran darah menjadi lancar dan suplai energi maupun oksigen ke otak sangat memadai. Makanan otak yang selalu tercukupi bisa menjauhkan anda dari rasa ngantuk yang bisa saja tiba-tiba muncul di saat yang tidak diinginkan.

    Jika anda mengangkat tangan sejajar kepala merasa capek, pindahkan kembali ke bawah dengan menekuk siku. Lakukan pergantian posisi tangan ini secara bergantian untuk mencegah agar tidak cepat lemas.

    Saat jongkok, anda bisa menyandarkan siku tangan di atas lutut sehingga smarphone diangkat lebih tinggi sejajar dengan mata.

    Cara lain untuk mencapai posisi ini adalah dengan membeli meja yang lebih tinggi dari ukuran meja pada umumnya agar posisi badan tegak dan smartphone agak sejajar dengan mata.

    Untuk membuat smartphone agak sejajar dengan kepala tanpa memiliki meja yang tinggi. Bisa dilakukan dengan anda duduk di lantai lalu menjadikan kursi sebagai meja portable sehingga dapat menempatkan tangan sedikit lebih tinggi atau agak sejajar dengan kepala. Posisi alternatif ini bisa membawa anda kepada ketahanan kerja bebas ngantuk yang lebih baik. Anda pun bisa menggungakan alas lembut di bawah tangan seperti bantal atau kain tebal agar tidak sakit karena beban yang terlalu lama.

  9. Menggoyangkan kepala.

    Aktivitas yang sangat bermanfaat ini bisa menjadi kekuatan yang membuat aliran darah dari dan menuju ke otak diperlancar. Ini semacam bantuan tambahan yang sangat dibutuhkan untuk para pekerja online agar tetap segar menyelesaikan tugas-tugas. Anda terbebas dari rasa kantuk dan semua misi yang dibebankan untuk satu hari dapat selesai. Bahkan dimungkinkan untuk memperoleh koin dan permata yang melebihi ekspektasi sebelumnya (terutama saat ada event tertentu).

    Di saat-saat tersulit, mungkin anda hanya bisa menggoyangkan kepala sambil terus bermain. Tetapi di saat menghadapi tantangan rutin, anda bisa menggoyangkan kepala sambi bernyanyi memuliakan Tuhan di dalam hati. Bedah membuat aktivitas bermain yang berputar disitu-situ saja tidak membosankan, dan justru dinikmati dengan penuh syukur.

  10. Menggerakkan kaki (telapak dan/ atau jemari kaki).

    Jika anda adalah orang dengan kerentanan yang mengalami hipotensi sehingga lebih cepat mengantuk saat beraktivitas. Anda bisa memadukan antara goyangan kepala dan goyangan jemari kaki untuk memacu kerja jantung tetap stabil. Menggerak-gerakkan jari kaki sambil bermain tidak terlalu sulit jika dilakukan saat duduk maupun terlentang. Menggerak-gerakkan telapak kaki sambil menggoyangkan kepala bisa membantu anda tetap melek menghadapi suasana yang menidurkan.

    Hanya saja, untuk mode permainan dengan konsentrasi tinggi, terkadang bisa lupa untuk menggerakkan jemari kaki maupun kepala sehingga kembali ngantuk. Akan tetapi, anda bisa mulai melatih gerakan kecil ini saat bermain pada mode permainan rutin yang tidak membutuhkan konsentrasi tinggi sehingga sebagian kapasitas otak dapat diarahkan bermultitasking. Semakin sering multitasking digeluti, tingkat kecerdasan pun semakin baik.

  11. Tidak lupa gonta-ganti posisi.

    Gonta-ganti posisi dibutuhkan untuk menciptakan variasi dalam bekerja. Kekakuan otot dan tulang membuat badan tidak nyaman saat beraktivitas. Terlalu banyak makan juga berkontribusi terhadap rasa sakit di beberapa area tubuh. Berganti posisi dari duduk di kursi/ lantai, berdiri dan jongkok membakar cukup energi sehingga anda tetap sadar bebas dari kantuk. Tiga posisi tersebut pun membantu anda menyeimbangkan gerakan tubuh sehingga pertumbuhan badan jauh dari kata abnormal.

    Selain mencegah ngantuk, ganti-ganti posisi juga membuat anda jauh dari rasa bosan pergerakan. Sedang otot dan tulang pun dibantu diperkuat oleh latihan rutin yang digeluti. Jadi ini adalah bentuk olahraga skala kecil yang membuat badan jauh dari kekakuan yang merepotkan. Saat mulai merasa otot remuk karena lelah, anda pun bisa memainkan game sambil telentang/ sambil tiduran.

  12. Bila ngantuk masih muncul: angkat lebih tinggi.

    Pernahkah anda ke bioskop? Jika pernah, pasti anda faham, bahwa layar bioskop selalu dibuat lebih tinggi dari kursi penonton. Kepala-leher yang agak menekuk ke atas menekan syaraf kesadaran sehingga setiap penonton dikondisikan bebas dari rasa mengantuk. Jadi, jika sewaktu-waktu anda merasa bahwa mata mulai mengantuk namun belum waktunya untuk istirahat: bisa mencoba teknik bioskop. Suatu teknik membantu anda untuk tetap sadar sampai menyelesaikan sederetan lawan untuk ditaklukan. Bila kantuk timbul, angkat layar smartphone lebih tinggi dari kepala, lagi dan lagi sampai rasa ngantuk itu benar-benar hilang.

    Pada kondisi tertentu, orang dengan kerentanan hidup justru membutuhkan posisi yang sebaliknya. Merasa bahwa mengangkat kepala lebih tinggi membuat ngantuk maka menekuknya ke bawah malah mata kembali melek. Silahkan coba-coba sendiri, apa yang membuat anda lebih sadar, mungkinkah itu dengan mengangkat smartphone lebih tinggi atau lebih rendah menekuk ke bawah.

  13. Buat badan tetap hangat.

    Keadaan ini sangat mempengeruhi orang dengan kerentanan hidup yang mengidap hipotensi. Hati-hati dengan udara dingin, gunakan jeket atau selimut saat sedang bermain. Terlebih ketika anda mulai merasa bahwa cuaca berubah dan suhu udara menjadi lebih dingin dari biasanya. Bila perlu tutup jendela dan pintu yang menjadi jalan masuk bagi angin sepoi dingin ke dalam ruangan anda. Udara dingin adalah salah satu penyebab terkuat dari tingginya angka kejadian ngantuk. Keadaan ini sangat mempengeruhi orang dengan kerentanan hidup yang mengidap hipotensi.

  14. Masih muncul juga? Tidurlah/ baringkan diri sejenak.

    Anda sudah berusaha untuk mengatasi rasa ingin tidur sesuai dengan yang kami sarankan. Melakukan bedah, menggoyangkan kepala, meletakkan smartphone sejajar kepala, ganti posisi bahkan sampai mengangkat smartpone sangat tinggi hampir tegak lurus dengan badan. Namun naasnya, semua usaha tersebut sia-sia. Jika sudah begini jadinya, ikhlaskan, bersabarlah dan hadapi dengan sikap yang rendah hati. Baringkan badan anda dan tidurlah untuk sejenak saja agar ngantuk tenggelam dimakan waktu sehingga saat bangun badan dan mata kembali segar.

    Jika masih seorang anak, anda adalah orang dengan kerentanan hidup; ekspektasi jangan terlalu tinggi terhadap kesadaran. Beberapa sabotase yang dilakukan ortu bisa menurunkan kesadaran sehingga mau tidak mau perlu segera tidur. Ikhlaskan saja dan hindari membenci karena target pencapaian tidak terwujud akibat kantuk tak berujung. Berusahalah tetap ramah dan selesaikan pekerjaan rumah yang anda terima agar hubungan dalam keluarga tetap harmonis.

  15. Dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Sekalipun anda seorang gamers, jangan lupa mengerjakan tugas-tugas di dunia nyata termasuk pekerjaan rumah dan tugas sekolah. Ingatlah bahwa gamers sejati lihai bermultitasking, tidak hanyut dalam pesona-kegagahan imajinasi dan tidak lupa dengan dirinya yang asli di dunia nyata.

Bekerja dengan bermain game memang sangat menarik. Banyak orang yang jatuh hati dengan pekerjaan ini karena digeluti oleh hampir semua orang. Akan tetapi, kerap kali asyiknya bermain dimakan oleh beratnya rasa kantuk yang mengamuk. Akibatnya, target yang telah ditetapkan hati tidak kunjung tercapai. Rasanya sulit sekali mencapai standar kinerja dari pemerintah selama delapan jam per hari. Oleh karena itu, jangan khawatir, silahkan coba beberapa tips yang kami berikan agar aktivitas anda tidak dihambat rasa ingin tidur yang tak terkendali. Mengangkat smarphone sejajar kepala menjauhkan aliran darah dari kerutan pembuluh yang menurunkan kecepatannya. Menggoyangkan kepala dengan santai membantu pikiran tetap sadar karena energi aktif terus dipompa ke atas. Mengangkat smartphone lebih tinggi dari kepala membantu menginjak gas kesadaran anda sehingga ngantuk yang tak jelas tak berbekas.

Salam, Main game adalah pekerjaan
yang sering membuat ngantuk
kinerja jadi buruk
karena lipatan pembuluh
menghambat energi dan oksigen.
Buat semuanya tegak lurus
bahkan lebih tinggi
niscaya ngantuk pergi
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.