10 Wirausaha Untuk Kaum Milenial

Wirausaha Untuk Kaum Milenial

Manusia tidak bisa dilepaskan dari pekerjaannya. Ini bukan hanya tentang pekerjaan dengan sistem kerja kompleks dengan penggajian yang memadai. Melainkan ini lebih luas selayaknya aktivitas sehari-hari. Mengapa sesuatu disebut pekerjaan? Karena ada aktivitas yang nyatanya melelahkan jika itu terus-menerus dilakukan. Dua atau tiga aktivitas yang tidak melelahkan adalah seperti saat kita sedang bersantai, beristirahat dan terlelap tidur. Jadi, sesungguhnya tidak ada satupun manusia yang tidak pernah atau tidak bisa bekerja. Mungkin yang kebanyakan terjadi dalam masyarakat yang sedang berkembang adalah: adanya pekerjaan yang dihargai dengan sejumlah uang dan ada pula yang dilakukan dengan sukarela (tanpa dibayar).

Ketika baru lulus dari bangku perkuliahan, setiap anak muda diperhadapkan dengan pencarian lahan pekerjaan yang sedapat-dapatnya sesuai dengan bakat dan jurusan yang diambil saat studi. Sekalipun demikian, jalan menuju berkah tersebut tidaklah mudah. Bahkan bisa kami katakan bahwa tidak jarang ada orang yang terpaksa bekerja pada posisi yang notabene bukan jurusannya. Tetapi, jangan khawatir sebab mencari kerja itu, susahnya di awal-awal saja. Begitu anda sudah menemukan dan memahami budaya kerjanya maka semua bisa lancar seperti rekan kerja lainnya. Sebab biar bagaimana pun, zaman sekarang kebanyakan pekerjaan berputar-putar pada pola tertentu. Lebih mudah memahami dan menyesuaikan diri dengan budaya kerja ketimbang menghafal kata kunci atau mempraktekkan mata kuliah di kampus.

Ada dua destinasi pekerjaan yang menjadi pilihan bagi muda-mudi beken. Biasanya yang pertama adalah melamar kerja di kantor pemerintah atau perusahaan swasta yang sudah lebih dulu berkembang mengambil peran positif di dalam masyarakat. Tetapi, ada banyak sekali pelamar yang kurang beruntung sehingga tidak diterima oleh korporasi besar yang sudah ada, termasuk kami sendiri. Bila hanya menargetkan lahan kerja di wilayah yang sudah duluan populer maka orang-orang bisa terlantar menjadi pengangguran selama berbulan-bulan bahkan dalam hitungan tahun. Oleh karena itu, daripada nasib terkatung-katung hanya karena menunggu panggilan kerja yang tak pasti. Lebih baik membuat usaha sendiri berdasarkan bakat yang dimiliki masing-masing orang.

Bila berbicara tentang “membuka usaha sendiri” tentu saja kita tidak memikirkan tentang usaha yang membutuhkan modal puluhan atau ratusan juta rupiah. Melainkan yang ada dibenak kita adalah usaha kecil dan menengah (UKM) dengan modal cukup di kantong saja. Padahal dengan modal segitu, hanya bisa buka kedai kecil atau kedai dengan gerobak kecil untuk dibawa berdagang keliling. Lagipula saat melihat di sekitar kita, sudah cukup banyak orang-orang yang berdagang keliling menjajakan aneka jejualan dengan citarasa tinggi dan harga yang cukup murah pula. Tidak mungkin masuk dengan bersaing ketat menjual produk yang sama, bisa-bisa stres dan bersitegang dengan sesama pedagang. Tetapi beruntunglah kita sudah memiliki dunia lain yang bisa jadi lahan ekonomi laris manis, yaitu dunia maya.

Macam-macam UKM untuk kaum milenial

Para pengusaha muda milenial menghadapi tantangan besar dalam dunia kerja. Sebab sebelum mereka ada, lahan pekerjaan telah di dominasi oleh kaum tua dari generasi sebelumnya. Padahal, mereka generasi tua juga memiliki anak-anak yang siap menggantikan posisinya di perkantoran pemerintah maupun swasta. Akibatnya, lahan kerja di dunia nyata sungguh penuh sesak dan hampir tak mampu lagi menampung lebih banyak pekerja baru. Namun betapa beruntungnya kehidupan kita karena Tuhan telah menganugerahkan internet yang sangat besar dan luas untuk dijadikan lahan usaha. Bagi anda pengusaha muda yang tertarik untuk mencoba tantangan membuka usaha di dunia maya, mungkin bisa melirik beberapa ide wirausaha berikut ini.

  1. Toko online.

    Namanya juga buka usaha baru, segala sesuatu dimulai dari nol. Anda tidak bisa meliris usaha hari ini dan langsung laris manis hari itu juga. Niat untuk membuka toko online sendiri butuh ketekunan karena berjuang dari ketiadaan. Hanya orang yang tabah, punya komitmen dan penuh semangat yang bisa jadi pengusaha sukses kelak suatu hari nanti. Anda bisa memilih untuk bekerja sama dengan beberapa partner agar bisa memajukan perusahaan ini.

  2. Bisnis reseller.

    Bisnis yang satu ini tidak butuh rekan kerja, sebab anda bisa menghendel semua sendiri. Lagi pula sudah ada sistem otomatis yang bisa menghitung berapa-berapa saja barang perusahaan yang sudah dibeli oleh pelanggan anda. Lebih banyak bermain di media sosial memperbesar kemungkinan penjualan. Melakukan teknik copy writing yang bisa menggugah selera dan menerobos logika pelanggan dapat menambah daya tarik terhadap jejualan anda. Tetapi tentu saja butuh kesabaran yang besar saat anda menghadapi hari-hari dalam ketiadaan pembeli.

  3. Menulis berbagai hal.

    Jangan salah kaprah, menulis juga merupakan wirausaha yang membutuhkan modal. Sama seperti jenis UKM online lainnya, wiraswasta yang satu ini juga butuh modal yang cukup sekantong. Anda butuh biaya hosting dan pembelian domain untuk mematenkan tulisan. Siapkan dana tersebut untuk dua atau tiga tahun ke depan. Tentu saja yang tidak kalah pentingnya adalah tetaplah menulis, apa saja yang ada dalam benakmu. Namun bila yang di dalam benakmu hal-hal negatif berupayalah sekreatif mungkin untuk mengarahkannya kepada yang positif.

    Penulis tidak mau tahu seberapa populer tulisannya, sebab hal tersebut tidaklah penting. Yang terpenting sebagai wirausahawan adalah tetep menulis sesuai jadwal yang telah ditetapkan sendiri. Bahkan anda bisa menerbitkan diari tentang aktivitas yang dilakukan sehari-hari asal persepsi yang digunakan positif. Ini adalah perusahaan yang harus anda bangun terlebih dahulu dengan menerbitkan lebih banyak tulisan. Tetapi pelan-pelan saja, sajikan sesuatu sesuai dengan kemampuan anda. Mungkin setelah beberapa tahun pihak pengiklan dapat menerima blog anda sehingga bisa hidup mandiri sudah bisa lepas dari tanggung jawab orang tua.

  4. Youtuber – penyanyi/ pemain drama (film pendek)/ membagikan tips dan trik.

    Bagi anda yang hobinya suka di depan kamera, mungkin menjadi Youtuber menjadi pilihan yang antik. Anda bisa berkreasi membagikan berbagai nyanyian yang seperti dinyanyikan oleh penciptanya. Atau mungkin anda tertarik melakukan beberapa adaptasi dan improvisasi untuk menambah kesan menawan. Pada suatu anda boleh melakukan perpaduan dari beberapa nyanyian dalam sekali menyanyi. Bisa juga dengan membuat cerita video pendek sendiri yang pemerannya diri sendiri dengan beberapa rekan. Atau membuat beberapa video tutorial untuk membantu pemirsa menyelesaikan masalahnya. Pastinya untuk menjadi seorang Vloger butuh rekan: jika hanya anda yang berada di dalam kamera, lantas siapa yang memegang kameranya?

    Zaman sekarang tidak ada yang namanya plagiat asal anda tidak mengkopi-pastekan sesuatu secara total. Sekalipun anda melakukan copy-writing dari situs ternama, cobalah untuk membuat bahasa sendiri. Vloger dan Blogger jelas tidak butuh populis jika yang anda kejar adalah “pekerjaan yang mengharapkan imbalan tetap tiap-tiap bulannya.” Yang terpenting adalah update secara teratur, tunjukkan bahwa anda atau tim anda bekerja keras maka pihak pengembang periklanan pasti menyetujui permohonan anda, entah karya anda terkenal atau tidak. Para pembuat konten terus berusaha bukan mengejar popularitas melainkan memanfaatkan bakat yang dimiliki untuk mendapatkan penghasilan pasti yang disebut gaji.

  5. Fotografer berbagai sudut pandang.

    Hanya dengan bermodalkan kamera biasa, siapa saja bisa menerbitkan kontennya di internet. Tentu saja, rasa optimis anda akan bertambah untuk menekuni bidang tersebut bila memang memiliki potensi alami seputar itu. Ada semangat yang terus membara untuk memperbaharui status sekali pun tidak dapat apa-apa selama beberapa waktu. Bisa memilih untuk membuka situs sendiri atau bergabung dengan situs media sosial yang ditujukan khusus untuk publikasi karya-karya dimaksud. Tentu segala sesuatu yang dimulai dari nol tidak langsung membuahkan hasil melainkan butuh waktu dan proses yang panjang agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Perlu sabar, ikhlas dan rendah hati menghadapi komentar sinis beberapa pihak tentang status pekerjaan yang belum menghasilkan apa-apa selama beberapa waktu. Namun mereka yang memang memiliki passion pada bidang yang digeluti tetap aktif berusaha sampai sukses itu diraih pula.

  6. Desain grafis.

    Pekerja desain grafis dapat membuat gambar sekalipun tanpa kamera. Mereka seperti pelukis, hanya saja canvasnya adalah bidang digital dalam berbagai format. Biasanya ada aplikasi tertentu yang digunakan untuk melukis secara digital seperti paint, corel, canva dan lain sebagainya. Anda bisa memilih untuk membuka lahan usaha sendiri, membeli hosting dan domain sendiri. Atau anda dapat bergabung dengan situs-situs desain ternama yang siap menampung karya-karya yang dihasilkan. Setiap pekerjaan yang dilakukan berdasarkan bakat adalah upaya bersenang-senang yang suatu saat nanti bisa membuahkan hasil.

  7. Game online.

    Lantas bagaimana dengan orang yang tidak punya bakat? Mereka yang notabene mendapati dirinya tidak memiliki passion di bidang apapun. Apakah orang-orang ini akan menganggur tanpa melakukan apa-apa? Tentu saja tidak, tanpa bakat kreatif sekali pun, siapa saja dapat menjadi wirausahawan online dengan memainkan game. Tekun dan fokuslah memainkan game tertentu maka anda dapat memperoleh sesuatu dari sana. Seperti yang sudah-sudah, selalu butuh waktu agar permainan tersebut berkembang dan dapat digunakan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Ada banyak jenis permainan online yang dapat menghasilkan uang, mulai dari MMORPG, arkrade, puzzle, main kartu dan lain sebagainya.

  8. Pembaca berita.

    Situs berita ternama siap membayar anda bila melakukan aktivitas lewat aplikasi yang mereka keluarkan. Penuhi tugas-tugas yang mereka berikan maka anda akan mendapatkan poin. Tentu saja, tidak bisa langsung dicairkan karena jumlahnya belum apa-apa sekali pun telah membaca ribuan berita selama berminggu-minggu. Anda perlu membuktikan bahwa anda adalah pembaca maniak yang antusias sekalipun belum dapat bayaran yang pasti selama beberapa bulan. Tapi tenang saja, seiring berjalannya waktu, pohon uang anda akan berkembang sehingga menghasilkan pemasukan yang memadai tiap-tiap bulannya.

  9. Menonton video tertentu.

    Hanya menjadi penonton saja, sudah bagian dari berwiraswasta. Memang anda tidak memiliki situs dan nama merek sesuai identitas pribadi namun meminjam kapasitas dari aplikasi yang tersedia secara online. Ini seperti menabung kb data demi kb data pada aplikasi tersebut. Dimana suatu saat jumlah data yang ditabung sangat besar dan dapat diuangkan. Dan tentu saja bila anda adalah penonton setia dengan tingkat antusiasme tinggi, usaha tersebut akan berkembang. Anda tidak hanya mendapatkan tabungan tok melainkan sekalian dengan bunganya. Jumlahnya bisa membuat anda dapat hidup sejahtera selama satu bulan penuh. Hanya saja saat pertama bekerja, sama sekali tidak ada untungnya, hanya kb data andalah yang tersedot sangat cepat oleh mesin smarphone sendiri.

  10. Bisnis trading (pialang saham).

    Khusus bagian ini adalah wirausaha bagi yang sudah punya pekerjaan tetap. Sebab bisnis trading membutuhkan uang yang selalu mengalir dari waktu ke waktu. Ini adalah wiraswasta yang mengandalkan tabungan yang dikumpulkan selama bertahun-tahun. Anda perlu terus mengisinya dan mengisinya tetapi hindari sikap yang telalu terburu-buru menebak pergerakan saham. Hati-hati, anda bisa kehilangan uang bila bertaruh dengan kemungkinan menang pada angka 60%-70%. Butuh waktu menunggu yang lama sampai indikator saham (trader) menunjukkan angka 100% pada aplikasi tersebut. Dan saat itulah waktu yang tepat bagi anda untuk memasang taruhan 1%-10% dari tabungan yang dimiliki. Atau silahkan ikuti petunjuk dan training/ pelatihan yang dilakukan kepada pelanggan dari tiap-tiap aplikasi yang digunakan. Bila beruntung, anda akan menang tetapi tidak dengan cepat melainkan setelah timbunan dari sebagian gaji anda sudah disimpan selama bertahun-tahun.

  11. Dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri. Bukankan semua bentuk kewirausahaan personal tersebut dapat anda temukan di Google Play atau lewat berbagai iklan yang ditampilkan melalui gadget anda?

Kesimpulan

Bagi anda yang memiliki passion pada bidang tertentu, silahkan geluti hobi kreatif untuk menghasilkan sesuatu yang bisa diposting di media sosial. Akan tetapi, bagi anda yang merasa tidak memiliki bakat pada bidang di atas, tidak perlu galau sebab dengan memainkan game, membaca berita dan menonton video sudah dapat rezeki online. Sebab aplikasi smart semacam itu merupakan lahan usaha umum (siapa saja bisa memilikinya) di dunia maya. Bagi yang kreatif tidak perlu cemburu dengan keadilan ini, sebab biar bagaimana pun tidak selamanya seorang kreator menghasilkan sesuatu. Kelak ada saatnya dimana seorang kreator menyadari bahwa sesungguhnya karya-karya yang dihasilkannya berputar-putar di sekitar situ saja. Sekali pun ada perbedaan antara karya yang satu dengan yang lain, tidak banyak. Biasanya, keunggulan orang yang kreatif adalah mampu bekerja cepat dan efisien sehingga banyak waktu luang untuk digunakan melakukan hal positif lainnya.

Zaman sekarang, pokoknya anda menunjukkan tanda-tanda bahwa anda terpantau sedang bekerja lewat teknologi online. Apa pun yang dilakukan terserah menurut kemampuan masing-masing asal dilakukan untuk tujuan positif. UMKM tidak langsung sukses. Memang di awal-awal butuh biaya yang agak besar namun cukup sekantong. Itu tidak berarti bahwa anda langsung sukses dengan memanen banyak hasil. Melainkan setiap wirausahawan perlu bertahan dari ketiadaan hasil. Yang terpenting adalah bekerja, tunjukkan aktivitas yang terarah dan selesaikan tugas-tugas dengan tekun. Hadapi rintangan yang menghalangi pekerjaan tanpa kehilangan sifat-sifat positif yang selalu baik dan tetap ramah sekalipun banyak pihak yang tidak ramah kepada anda. Miliki pengharapan yang jauh ke depan bahwa kesuksesan itu pasti asalkan anda menyelesaikan tanggung jawab dan optimis menjalani hari.

Pada dasarnya, bila anda memiliki pasion dalam bisnis online maka ada gairah untuk menjalaninya sekalipun dari nol. Memulai dari nol memang tidak semudah mengatakannya. Ada proses yang memakan waktu bertahun-tahun dimana mungkin saja tidak ada apa-apa yang diperoleh. Anda seperti seorang pekerja tanpa digaji, terkatung-katung dan hanya bisa berharap pertolongan dari keluarga sendiri. Tetaplah baik aka ramah dengan orang tua dan kerabat anda, sekalipun mereka kadang tidak percaya dengan pekerjaan yang anda geluti. Bila berusaha dengan tekun pada bidang yang menjadi minat anda, bisa mengasah keahlian dan menjaga semangat positif untuk tetap berkarya. Karena itulah panggilan jiwa (passion) yang membuat anda sanggup menghadapi berbagai rintangan dengan ikhlas, sabar dan rendah hati. Sampai suatu hari nanti lahan usaha tersebut bisa menghasilkan sesuatu yang dapat memandirikan kehidupan.

Salam, Wiraswasta mengandalkan
talentanya sebagai modal utama.
Tantangan yang datang
tidak menggoyahkan hatinya
dan tidak mengurangi
semangatnya untuk
tetap tekun bekerja
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.