+10 Manfaat Air Untuk Kehidupan Dan Kesehatan Manusia

Manfaat Air Untuk Kehidupan Dan Kesehatan Manusia

Air adalah komponen lembut kedua yang kita butuhkan setelah udara. Sepertinya semakin lembut dan semakin tak berwujud sesuatu, semakin banyak pula kita membutuhkannya. Layaknya Tuhan yang tidak pernah kita lihat secara langsung namun selalu kita butuhkan melebihi apapun yang ada di dunia ini. Kita bisa berhenti makan dan membatasinya sampai dua bahkan sekali sehari tetapi kita tidak bisa hanya berdoa kepada-Nya dua-tiga kali sehari saja. Kita bisa membatasi minum air putih dengan mengonsumsi air garam manis, tetapi kita tidak bisa menggantikan nikmatnya puji-pujian kepada-Nya dengan memuji diri sendiri. Kita bisa menahan napas selama beberapa saat saja tetapi kita tidak bisa menahan hati yang terus bernyanyi memuliakan-Nya sambil beraktivitas multitasking melakukan hal-hal positif hari demi hari.

Air tidaklah begitu penting bagi kami dahulu, sebab kami merasa bahwa yang lebih penting adalah garam. Namun lama-kelamaan kami memahami kebermanfaatannya lewat proses yang agak menyakitkan. Menyadari sesuatu yang sebelumnya tersembunyi adalah suatu anugerah yang tak ternilai. Sebab untuk banyak masalah kesehatan yang kita alami selama hidup, dapat disembuhkan oleh rutinitas minum yang mencukupi. Walau dalam banyak kesempatan kesembuhan tersebut tidak instan, melainkan butuh waktu sampai efek penyembuh tersebut menjadi nyata. Keberadaannya adalah penyeimbang bagi aktivitas makan yang sangat digemari oleh hampir semua manusia. Jika anda hanya suka makan saja untuk menikmati hidup, maka penyakit segala macam sudah menanti di hari esok. Hanya dengan rutin meminum air dalam jumlah yang memadailah, pencernaan dan metabolisme makanan diperlancar.

Kegunan air dalam kehidupan manusia.

Manusia tidak bisa dilepaskan dari kebutuhannya akan materi. Sekalipun, isi hati setiap orang yang mengenal Tuhan adalah sorga tetapi selama menjalani hidup di dunia kita tetap masih membutuhkan materi. Dari sekian banyak materi yang kita butuhkan, salah satu di antaranya adalah air. Sayangnya, peran yang besar dibandinkan cita rasa yang tawar membuat beberapa orang sedikit melupakannya. Ini mungkin terjadi karena mereka belum tahu khasiat ekstra dari cairan bening ini. Bagi orang yang sudah paham betapa besarnya manfaat meminum air jatah sehari suntuk, akan lebih mudah dan lebih semangat lagi untuk dilakukan. Itulah salah satu tujuan kami dalam tulisan ini, agar setiap pembaca tidak lupa lagi terhadap poin-poin pentingnya sampai sukses mengantarnya kembali kepada sorga.

  1. Menyejukkan cuaca.

    Tahukah anda bahwa luar angkasa di luar jangkauan bumi sangat panas? Akan tetapi, banyaknya kandungan air dipermukaan merupakan faktor yang menyokong kehidupan. Sebab saat cairan kontak dengan cahaya, otomatis terjadi penguapan. Keadaan ini membuat uap air mengisi udara sekaligus melindungi makhluk yang bermukim di dalam suatu planet. Semakin tinggi suhu udara di suatu wilayah, semakin tinggi pula kelembaban di wilayah tersebut. Bila suatu daerah semakin dingin, maka semakin rendah kelembabannya. Atau bisa dikatakan semakin panas cuacanya, semakin banyak uap air yang tersuspensi dalam udara. Saat udara di lingkungan kita sedang panas-panasnya, uap air rame-rame berupaya menyejukkannya sehingga suhu setempat tidak sampai menyakiti/ membunuh makhluk hidup di dalamnya

  2. Membersihkan lingkungan dari polutan.

    Ada banyak polutan yang berterbangan di sekitar kita, jangan khawatir berlebihan sampai amit-amit dengan keadaan tersebut. Sebab saat hujan turun, hampir semua polutan yang berterbangan ditendang rintik hujan ke permukaan tanah sampai hanyut ke muara. Demikian juga saat lingkungan sekitar kita kotor karena aktivitas manusia yang sedang senang-senangnya/ pesta/ acara tertentu. Begitu hujan turun, hampir semua kekotoran yang larut dengan air dibawa pergi seiring derasnya hujan.

  3. Membersihkan rumah dari yang kotor-kotor.

    Tidak bisa dipungkiri bahwa di dalam rumah pun ada-ada saja yang kotor dan perlu dibersihkan dengan air yang mengalir. Beberapa yang kotor itu juga biasanya dibersihkan dengan kain atau alat khusus yang menggunakan air sebagai pelarutnya. Untuk kotoran tingkat rendah mungkin masih bisa menggunakan cairan bening tawar ini. Akan tetapi, kotoran tingkat tinggi pasti butuh pelarut yang lebih baik seperti sabun, bahan semi alkohol, bahan hidrokarbon dan lain sebagainya.

    Sekalipun demikian, alangkah lebih baik jika air yang menggenang tidak berlama-lama tinggal di area tertentu dalam rumah, baik di dalam maupun di luar. Misalnya pada halaman dan lantai, lebih bagus bila tetap kering kecuali di musim hujan karena situasi yang memang kurang mendukung.

  4. Membersihkan diri dari kekotoran.

    Badan manusia tidak anti air: kontak dengan hal-hal tertentu sedikit saja bisa dikatakan sebagai kondisi yang “sudah kotor.” Menggunakan air saja sudah bisa membersihkan badan dari debu dan bau alami yang lengket. Tetapi kebanyakan dari kita kurang puas jika hanya disiram saja, maunya juga ada ekstra tambahannya yang tidak kalah menawan: baik dari segi kebersihan dan aroma yang ditimbulkannya (sabun komersial).

  5. Membersihkan pakaian.

    Air membantu membersihkan pakaian. Terutama beberapa pakaian yang tingkat nodanya rendah. Tetapi untuk pakaian dengan tingkat noda yang lebih rumit, dibutuhkan pelarut kuat seperti sabun dan bahan-bahan pencuci lainnya (sejenis hidrokarbon).

  6. Membersihkan perabotan.

    Perabotan dan aksesoris yang kita miliki tidak luput dari yang kotor. Kita bisa mencucinya dengan air mengalir, kain lap, kapas atau dengan bahan khusus. Tergantung terbuat darimana perabotan tersebut. Alat-alat rumah tangga seperti piring lebih baik dicuci langsung di bawah air keran yang mengalir. Biasanya semakin mahal perabotan penunjang hidup, semakin sensitif terhadap lembutnya kristal tawar ini sehingga pembersihannya cukup dilap dengan pelarut berbahan tertentu.

  7. Bagian penting dari aktivitas menikmati hidup.

    Khasiat lain yang tidak kalah pentingnya dari manfaat cairan adalah bagian dari aktivitas menikmati hidup. Sebab sebagian besar bahan-bahan makanan yang kita konsumsi menggunakan cairan saat pembuatannya. Sekalipun jadinya agak kering (seperti kue kering dan kerupuk) namun pengolahan dalam tahap sebelumnya pasti memakai cairan bening tawar ini.

  8. Menjaga manusia hidup berumur panjang (dimungkinkan).

    Jika anda adalah orang yang mau betah berlama-lama di bumi ini untuk lebih lagi meluaskan perbuatan baik, benar dan adil yang dimiliki. Maka anda tidak hanya butuh makan yang cukup untuk menunjang aktivitas. Melainkan diperlukan juga cairan untuk melembutkan bahan-bahan yang bermanfaat tersebut agar ramah terhadap sel-sel otot dan tulang sendiri.

  9. Digunakan dalam berbagai industri.

    Dalam bidang industri, keberadaan air sangatlah penting sebagai salah satu sumber daya yang mempengaruhi proses produksi. Mulai dari industri kecil, menengah hingga besar, memerlukannya: semakin besar suatu industri, semakin besar pula kebutuhannya terhadap air.

  10. Dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri.

Khasiat meminum air putih dalam bidang kesehatan.

Betapa banyaknya manfaat air dalam kehidupan manusia, tapi yang kami sayangkan adalah kebiasaan meracuni anak oleh orang tua. Ini berhubungan dengan toksin ortu yang diletakkan dalam minuman yang dikonsumsi. Bila anak yang menerimanya menyadari sedikit keanehan dari aktivitas minum air, maka bisa jadi anak tersebut justru tidak suka lagi atau lebih parahnya “malas meminum air.” Terutama jika yang dimunumnya sangat jelas berasa pahit dan aneh di lidah. Bila kebiasaan buruknya yang timbul pasca meminum toksin ringan pada air terus berlanjut. Bisa dipastikan bahwa di masa depan dirinya akan menjadi orang yang rentan terkena berbagai penyakit. Sebab ada banyak sekali khasiat rutin, rajin, sering minum; bahkan manfaat tersebut jauh lebih banyak dari apa yang sudah kami tuliskan dalam poin-poin berikut ini.

  1. Menjaga konsentrasi pikiran.

    Kita perlu fokus saat hendak memikirkan sesuatu. Cairan membantu aliran makanan dan udara untuk mencapai otak. Sebab sumber-sumber pencaplokan makanan (usus halus) dan udara (paru-paru) berada jauh dari kepala. Jangan cemas, sekalipun jauh-jauhan begitu, nanti jantung juga akan membantu memompakannya agar tersalurkan sampai kepada sel-sel di dalam otak. Andapun akhirnya bisa berpikir jernih terlebih jika menggunakan standar-standar tertentu untuk menjamin jawaban/ kesimpulan yang diperoleh.

  2. Mengimbangi memperlancar aktivitas makan.

    Rupa-rupa rasa, bentuk dan warna makanan memang sangat mempengaruhi minat manusia untuk menikmati hidup. Akan tetapi, semuanya itu tidak berarti jika anda tidak rajin meminum air. Semakin sering mengonsumsi kuliner, semakin banyak pula air yang harus diminum. Makan tanpa minum justru beresiko membuat kita tersendak, batuk-batuk hingga penyakitan.

  3. Mendukung proses metabolisme tubuh.

    Tubuh manusia terus aktif dari hari ke hari. Dibutuhkan energi yang memadai untuk mensuplai semua aktivitas yang kita lakukan. Sari-sari makanan akan direaksikan dengan udara bersih oleh setiap sel. Jika prosesnya lancar maka akan ada cukup banyak energi untuk kita gunakan dalam waktu sehari. Akan tetapi, dibutuhkan peran larutan lembut kristal tawar ini untuik melengkapi proses-proses tersebut.

  4. Menjaga keseimbangan asam basa.

    Ada komponen tubuh yang jika diaktifkan menghasilkan sisa-sisa metabolik yang penumpukannya bisa mengawali suatu penyakit. Sisa-sisa metabolik bisa mempengaruhi tingkat keasaman tubuh yang beresiko mengganggu fungsi sel, jaringan dan organ tertentu. Dengan rutin mengonsumsi kristal lembut tawar, tingkat keasaman di berbagai saluran pembulur darah akan berupaya dinetralkan sehingga tidak mengganggu aktivitas sel, jaringan dan organ di sekitarnya.

  5. Memperlancar proses penyebaran berbagai zat dalam tubuh.

    Sari-sari makanan, minuman dan udara tersambung dalam rangkaian aliran darah yang berupaya disebarkan secara merata ke berbagai jaringan dan organ. Tanpa rutinitas rajin mengonsumsi air putih, proses ini akan mengalami kemacetan sehingga organ atau jaringan tertentu mengalami penurunan bahkan kelainan fungsi yang bisa berakibat pada gangguan kesehatan yang serius.

  6. Memperlancar proses pencernaan makanan.

    Proses pencernaan makan tidak akan terjadi tanpa air. Sebab zat-zat gizi yang terkandung dalam makanan tidak akan bisa diekstraksi oleh tanpa diluruhkan dulu oleh larutan tertentu yang dihasilkan dinding organ cerna. Biasanya larutan pencerna tersebut dikenal sebagai enzim yang membantu mempercepat proses metabolis tubuh. Tanpa larutan tidak ada proses pencernaan yang bisa mengekstrak bahan-bahan kering.

  7. Mendorong keluar bahan-bahan kotor dan toksin dari dalam tubuh.

    Proses yang terjadi dalam tubuh kita adalah siklus yang berputar-putar yang melibatkan larutan kaya air dalam berbagai bentuk sebagai media utama. Setiap proses metabolisme pasti menghasilkan zat sisa yang akan di dorong ke luar tubuh, baik melalui permukaan kulit, maupun lewat saluran kemih. Demikian juga dengan proses pencernaan yang menghasilkan ampas kotor dan dengan bantuan cairan dapat dikeluarkan di pagi hari.

  8. Mencegah sariawan.

    Tanah yang kering dapat mengalami retak-retak pada musim kemarau. Demikian juga dengan rongga mulut yang kekurangan air dapat mengalami keretakan pada bagian tertentu seperti pada bibir. Anda perlu mengonsumsi air lebih sering agar kemarau yang mengeringkan tanah tidak turut pula mengeringkan permukaan kulit anda.

  9. Mencegah sakit gigi.

    Tidak ada yang dapat menahan sakit yang rasanya bisa menusuk sampai ke kepala. Denyutan sakit gigi yang sampai ke otak menandakan bahwa gusi sedang dalam masalah. Perlekatan gigi dan gusi mengalami pelekangan karena kebiasaan buruk kurang meminum air putih. Bila keadaan ini terus terjadi maka gigi busuk dan patah akan terjadi tanpa anda sadari kapan waktunya tiba. Mengonsumsi air lebih sering adalah pilihan utama untuk menjadi sembuh dari derita tersebut.

  10. Mencegah batuk dan flu.

    Penyakit flu dan batuk yang dialami lebih dari dua minggu adalah pertanda dari keberadaan tubuh yang sangat rentan dengan perubahan cuaca. Keadaan ini didorong oleh kebiasaan manusia itu sendiri yang mulai kurang minum air putih. Cairan membantu tubuh untuk melakukan siklus yang berputar sehingga tidak timbul efek samping yang berarti seperti rembesan lendir yang membuat seseorang mengalami batuk-batuk dan flu.

  11. Mencegah diabetes.

    Hidup ini memang enak tetapi tubuh yang keenakan akibat penumpukan glukosa darah dapat memicu penyakit diabetes yang memaksa anda berpuasa ekstra ketat. Orang-orang tentu tidak bisa lagi menikmati hidup sedemikian rupa karena darahnya masih dipenuhi oleh molekul glukosa yang merapat. Akan tetapi, tidak ada kekuatiran terhadap hal ini jika anda rutin dan rajin meminum cairan. Semakin sering diminum, semakin sering pula pembersihan jaringan terhada glukosa dilakukan tubuh untuk menghindari penumpukan.

  12. Mencegah kolesterol tinggi.

    Kolesterol adalah suatu indikator kesehatan yang mampu diukur keberadaannya lewat reagen dan reaksi tertentu. Orang awam mengidentikkan kolesterol ini dengan lemak namun kenyataannya tidak semua orang yang tinggi kolesterolnya berbadan gemuk. Ini berhubungan erat dengan aktivitas menikmati hidup dengan memanfaatkan daging olahan berlemak dan lezat. Beruntunglah orang jika mampu mengimbangi daging yang dikonsumsi dengan meminum air lebih sering. Sebab cairan ini adalah magnet bagi kolesterol yang dapat membantu mendorong kandungannya yang berlebihan untuk dinetralkan di hati sebelum dibuang lewat urin maupun feses.

  13. Mencegah asam urat.

    Asam urat adalah indikator lain dalam tubuh yang dapat dinilai dengan teknik, reagensia dan tahapan tertentu. Biasanya kadar tinggi di atas normal lebih banyak dialami oleh orang dewasa dan lanjut usia. Namun mereka yang rajin meminum air putih dapat meningkatkan siklus tubuhnya sehingga membuang bagian yang tidak diperlukan (seperti asam urat berlebih dan menjaga stok yang memadai tetap dalam siklus).

  14. Mencegah darah tinggi (hipertensi).

    Kurang minum air bisa menjadi momok berbahaya yang menandakan dehidrasi laten. Pada satu titik, kurang minum menjadi kekuatan yang justru melemahkan aliran darah. Sebab tingginya visikositas darah membuat berat kerja jantung untuk mentransport semua yang dibutuhhkan sel. Bila keadaan ini terus berlanjut maka tekanan ke dinding pembuluh menjadi sangat tinggi sampai menyebabkan pecah, seperti yang sering terjadi pada pembuluh darah dipermukaan otak. Keadaan ini tidak akan anda alami jika rutin meminum air sehingga visikositas darah menjadi normal dan tekanan yang dipelopori jantung kembali seperti sedia kala.

  15. Mencegah penyakit jantung.

    Ada banyak jenis penyakit jantung: ada nyeri jantung yang terjadi secara tiba-tiba lalu hilang begitu saja, ada juga yang sakit hatinya berlangsung selama beberapa menit. Pada dasarnya yang menyebabkan rasa sakit tersebut, kekentalan darah yang membuat katup jantung terbuka lebih lebar saat di pompa ke seluruh tubuh/ paru-paru. Keadaan ini akan tiada bila orang tersebut tidak lupa meminum air sehingga tekanan di dalam jantung kembali normal dan tidak ada gerakan yang dipaksakan karena cairan membantu meregangkan suasana.

  16. Menjauhkan anda dari kantuk yang tiba-tiba.

    Mengantuk bisa disebabkan karena penurunan metabolisme tubuh secara tiba-tiba. Keadaan ini bisa dipicu oleh lemahnya kecepatan aliran darah dari dan menuju ke otak. Mungkin keadaannya sesudah makan yang membuat penumpukan sari-sari makanan membuat darah menjadi agak padat (tinggi visikositasnya), memperlambat laju transportnya. Dengan meminum air secara rutin, suspensi darah akan kembali encer (visicositas normal) sehingga mempermudah pengiriman ke berbagai sel, jaringan dan organ termasuk di wilayah atas, seperti di area kepala dan otak.

  17. Mengendalikan penyakit hiperkalium darah.

    Orang dengan hiperkalium beresiko mengalami berbagai macam penyakit tatkala dirinya kurang minum air putih (sekalipun menjaga diri dari seafood). Racun ini tampak ramah saat tubuh sedang tidak mengonsumsi makanan dan minuman berkalium tinggi (terutama seafood). Sekalipun demikian, efek sampingnya masih tetap terasa (bersifat minim) karena pada dasarnya kalium darah berkaitan dengan melemahnya kekuatan kinerja jantung. Keadaan ini akan diikuti dengan tekanan darah pasien yang cukup rendah. Dengan membiasakan diri minum air putih lebih sering maka proses metabolisme tubuh menjadi lancar yang menunjukkan efek kalium yang terkendali. Selama pasien menjauhkan diri dari makanan yang mengandung K+ tinggi, maka selama itu tubuh akan terasa baik-baik saja.

  18. Dan masih banyak lagi, silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Meminum air putih tidak sama dengan meminum cairan tersuspensi dalam larutan (misalnya minuman soda, kopi, susu, minuman berenergi dan lain-lain) yang diperjualbelikan di berbagai toko pasar kota.  Dalam hal ini, cairan kristal lembut tersebut tersedia sebagaimana adanya, tanpa tambahan bahan tertentu yang dikonsumsi sebanyak dua liter atau lebih (8-10 gelas ke atas) untuk ukuran orang dewasa. Biasanya orang dengan hiper kalium membutuhkan lebih dari dua liter air per harinya, sedangkan orang normal dapat mengonsumsinya kurang dari jumlah standar yang ditentukan. Sebab fungsi utamanya adalah memperlancar siklus yang selalu terjadi di dalam tubuh tanpa meninggalkan zat-zat sisa di sel/ jaringan/ organ tertentu. Zat sisa yang tidak terbawa keluar inilah yang berpotensi untuk membuat manusia menderita berbagai-bagai penyakit. Dengan meminum air dua-tiga teguk tetapi lebih sering dilakukan, dapat membantu kelancaran proses metabolisme tubuh tanpa menyisakan rasa sakit yang berarti.

Salam, Aliri tubuhmu dengan
cairan yang memadai
baik dari segi jumlah
maupun dari segi kualitas.
Niscaya sehat itu
sudah di tangan
dan umur panjang
tidak akan lari
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.