Pergumulan Yang Kita Alami Bukan Melawan Banyak Orang Tetapi Belajar Beradaptasi

Pergumulan yang kita alami bukanlah peperangan melawan banyak orang tetapi pergumulan yang kita alami adalah pelajaran untuk menyesuaikan diri di tengah beragam situasi.

Cobaan yang kita alami bisa saja melibatkan banyak orang dan banyak pihak tetapi bukan berarti kita harus melawan mereka dan bukan pula berarti bahwa mereka membenci kita. Melainkan hal-hal yang kita alami sudah semestinya karena begitulah peraturannya atau hal-hal tersebut hanya suatu kebetulan yang tak terelakkan. Jadi berpikir positif dan berbuat baiklah terhadap apapun yang mendatangi kehidupan Anda.

Game menarik emosi kita dalam aroma peperangan yang sangat kental. Mengarahkan kita untuk membangun benteng, mendirikan pagar terkokoh, membangun bunker terkuat, membeli senjata paling mutakhir, memakai armor pelindung, memiliki banyak pengawal (bodyguard) dan lain sebagainya. Semuanya itu ujung-ujungnya mengarahkan kita untuk mencari uang sebanyak-banyaknya (seolah menjadi kaya raya adalah tujuan utama Anda) hanya demi musuh fantasi yang sesungguhnya merupakan kesimpulan persepsi yang sangat dangkal tentang kehidupan. Sadarilah bahwa hidup sederhana lebih menenteramkan hati.

Sekali lagi, hindari menyamakan dunia nyata dengan dunia game: karena memang keduanya tidak berhubungan. Melainkan hiduplah berdamai dengan orang lain lewat sikap hati yang mendoakan kebaikan sesama. Saat menemukan kesempatan & momen yang tepat, ramahlah kepada siapa saja. Bila Anda bisa membantu lebih dan situasi juga kondisi memungkinkan hal tersebut: lakukanlah tindakan nyata untuk membantu orang lain.

Jika di dunia game, yang membuat hati senang adalah berperang mengalahkan pihak lain. Namun di dunia nyata, yang membuat hati berbahagia adalah saat kita mendapat kesempatan untuk berkorban dengan berbuat baik kepada sesama. Niscaya, pergumulan yang kita alami dapat dipelajari dengan sabar sampai mental kita tetap kuat, tidak menghubung-hubungkan sesuatu secara ekstrim/ lebay dan pikiran hati tetap positif di tengah gonjang-ganjing beragam situasi yang masih terkendali.

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.