Saat Menemukan Yang Kurang Baik, Jangan Fokus Terhadapnya: Itulah Berpikir Positif

Jelas bahwa di dalam dunia ini ada bagian yang kurang baik tetapi bukan dalam arti hal tersebut buruk/ jahat sama sekali. Sekalipun demikian, hindari membahas-bahas dalam hati bagian yang kurang baik tersebut, melainkan fokuslah kepada apa yang baik, benar, adil dan kepada puji-pujian akan nama Tuhan. Kesemuanya itulah yang disebut dengan berpikir positif.

Anda akan menemukan yang kurang baik tetapi berusahalah untuk tidak fokus terhadapnya. Contoh-contoh yang kurang baik itu misalnya kekhilafan orang lain dan berbagai peristiwa yang bertujuan mencobai kehidupan kita. Selama pikiran dapat kita jaga di area positif maka selama itulah kita beroleh ketenangan dan hidup berbahagia di dunia terbatas yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita masing-masing.

Tidak perlu cemas dengan orang lain sebab manusia perlahan-lahan tapi pasti akan berubah menurut pembaharuan budinya seiring berjalannya waktu. Sebab pada dasarnya tidak ada hati yang bisa damai bila terus menerus melakukan kesalahan. Sedang cobaan yang yang merayu-rayu dan mengguncang indera juga lama-lama akan berakhir dengan sendirinya. Dan sudah pasti akan ada lagi yang lain pada waktu yang berbeda. Di atas semuanya itu, hindari membahas-bahas dalam hati pikiran negatif semacam ini karena hanya akan membuat emosi meningkat, rasa cemas melebar dan dan kekuatiran yang menggetarkan jiwa.

Lantas bagaimana dengan kekhilafan yang dilakukan oleh diri sendiri? Selama kekhilafan itu bukan kejahatan (berkata kotor, menipu, mencuri dan lainnya): Anda tidak perlu terbebani. Sebab kekhilafan yang bukan dosa masih wajar sebagai makhluk yang tidak sempurna seperti kita. Kalau Anda mau segala sesuatu bisa disempurnakan: tunggu kita jadi malaikat dulu di akhir zaman. Makanya rajinlah melakukan kebajikan!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.