Nasi Kecapi – Makanan Sederhana Yang Tidak Kalah Sedap

Nasi Kecapi – Makanan Sederhana Yang Tidak Kalah Sedap

Kesederhanaan adalah gaya hidup yang membumi. Sebab keberadaannya mengajarkan manusia untuk tidak sekedar menggunakan sesuatu tetapi turut pula memperhatikan keberlangsungan lingkungan dalam menanggung efek samping dari aktivitasnya. Inilah tindakan yang berusaha untuk menekan sisi arogansi manusia yang cenderung mampu menelan segala sesuatu (serakah). Akan tetapi, acap kali kesederhanaan ini diiringi dengan sesuatu yang kurang mengenakkan badan. Istilah kata orang awam adalah “terlalu sederhana, jadi tak berasa apa-apa.” Mereka berpikir bahwa kalau hidup terlalu sederhana, bagaimana kita bisa menikmati keindahannya? Mereka tidak menyadari bahwa sealaminya/ apa adanya dunia ini sudah indah pada awalnya namun manusia yang selalu menginginkan lebih tidak akan mengenali “indahnya dimana?”

Ekspektasi orang yang suka dengan kemewahan hidup terlalu tinggi. Masalah mereka adalah, mau menciptakan keindahan menurut apa yang mereka pahami atau menurut versi mereka sendiri. Sepertinya mereka tidak lagi memandang dunia ini sealaminya, yaitu apa adanya. Mereka kurang memahami bahwa sealaminya hidup kita sudah indah adanya. Anda tidak butuh beton pribadi yang menjulang sampai ke langit untuk menikmati indahnya pemandangan; tetapi jalan-jalanlah ke pendakian maka anda akan menemukan keindahan saat melihat ke bawah. Anda tidak perlu pesawat jet super mewah untuk pergi-pergi seratus meter; berjalan kakilah maka hangatnya matahari pagi menguapkan keringat yang menyegarkan badan setelah semalam-malaman beristirahat. Acapkali, hidup sederhana membuat kita mampu menikmati sesuatu yang tidak didapatkan dari penggunaan materi!

Ada satu kondisi yang membuat kita secara pribadi, mau tidak mau harus hidup lebih sederhana. Yakni ketika kalium tersembunyi sedang gencar-gencarnya merayapi hari-hari yang dijalani. Makanan dan minuman yang biasanya bernilai tinggi memberikan cita rasa yang meletup-letup di dalam lidah. Tidak bisa lagi dinikmati seperti di hari yang sudah-sudah. Tidak ada lagi varietas rasa yang tinggal pilih sebab apa yang dimasukkan dalam mulut beresiko menyebabkan bau badan, kemerahan, gatal-gatal, nyeri otot dan lain sebagainya (Simak juga Efek samping menderita hiperkalium). Derita kalium ketika sedang tinggi-tingginya: tidak bisa makan ikan, udang, kerang, tomat, kacang-kacangan, sagu, talas, kelapa, susu, kopi dan lain-lain (Saksikanlah, makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan kalium tinggi pada darahnya). Tidak ada orang yang mau menahan derita sepahit itu sehingga membatasi makanan dan minuman adalah pilihan terbaik.

Tidak ada yang bisa anda lakukan sebagai seorang anak untuk mencegah datangnya hari-hari tersebut. Lebih baik pasrah kepada Tuhan sambil mengikhlaskannya, bersabarlah menunggu semuanya berlalu dan hadapi dengan sikap yang rendah hati aktif berbuat baik semampunya kepada keluarga. Sebab biasanya di awal-awal pandemi, intensitas racun yang anda terima agak tinggi sehingga makan pun sangat terbatas. Nasi putih, roti, minyak, margarin, kecap, cabe, kuah dan beberapa makanan lainnya bisa dikonsumsi. Akan tetapi, jangan khawatir sebab lama kelamaan intensitas toksin kalium yang diberikan akan menurun. Sehingga anda pun bisa makan apa saja dimana yang tersisa hanyalah bau badan dan beberapa rasa kaku kecil pada bagian tubuh tertentu. Biasanya keracunan yang dialami fluktuatif dan dosisnya makin menurun seiring berjalannya waktu sehingga efek ke tubuh pun akan semakin berkurang.

Pemberian racun ini ada aturannya, ini bukan inisiatif pribadi orang tua anda melainkan dilakukan oleh semua orang tua terhadap anak-anaknya. Anda tidak perlu marah kepada Ayah dan Ibu sebab mereka hanya menjalankan rekomendasi dari sistem. Tetaplah bersikap baik kepada mereka dan apa lagi yang bisa anda berikan kepada mereka selain keramahan tutur kata? Tetap kerjakan tugas-tugas anda baik yang asalnya dari rumah maupun pekerjaan yang dipercayakan oleh ortu. Selain itu, dengarkanlah nasihat mereka: dengarkan saja dulu tidak perlu membantah tetapi jangan lakukan nasihatnya yang kurang tepat dan kurang masuk akal. Nasihat yang anda lakukan adalah nasehat yang benar dan masuk di akal. Hindari mendewakan orang tua dengan mengikuti semua yang mereka sampaikan sebab racun yang anda rasakan bukan ditujukan untuk itu. Melainkan tujuan mereka memberi nasehat berbeda (tidak sejalan) dengan peraturan tentang meracuni anak.

Nasi kecapi adalah salah satu makanan alternatif untuk dikonsumsi di saat toksin kalium yang mendera anda terasa sangat tinggi. Keadaan ini umumnya terjadi setelah mengonsumsi ikan dan telur sebagai makan utama keluarga yang diiringi dengan rasa sakit pada beberapa bagian tubuh. Jika sakit yang dirasakan agak meluas, hentikanlah konsumsi terhadap makanan dan minuman pantangan. Makanlah nasi dan kecap saja dulu, itu sudah lumayan lezat. Jangan sepele dengan rasa makanan dengan campuran sederhana ini sebab ada garam eksotis di dalamnya. Mengapa kami seperti melebih-lebihkan garam? Sebab garam adalah bumbu dapur yang selalu ditambahkan saat meracik dan mamasak makanan apapun. Dari bahan pangan yang paling mahal dan bergengsi sampai hidangan murahan yang dijual di kaki lima pasti menggunakan natrium.

Kesimpulan

Nasi goreng setengah matang yang sedap adalah perpaduan yang mantap antara nasi, kecap manis dan sedikit minyak (yang baru bukan jelantah yang bekas buat goreng ikan).

Bagi anak yang tidak tahu tentang racun kalium di dalam keluarga, mereka akan sakit-sakitan mengidap kelebihannya yang kadang meninggi. Akan tetapi anda adalah anak yang paling beruntung jika mengetahui fakta tersebut sehingga bisa meminimalkan efek toksin dengan menghindarinya sedini mungkin. Memang pertama-tama tidak tahu tetapi setelah dimakan pasti paham kalau sedang tinggi kadar toksinnya: “kok… rasanya seperti nyeri di badan menjalar kemana-mana.” Pada saat inilah makanan dan minuman tertentu perlu dibatas-batasi dimana salah satu alternatif sederhana yang cukup sedap adalah “nasi kecepi.” Ini bukan nasi yang dibubuhkan alat musik kecapi tetapi nasi yang penyajiannya dikecapin, ditambah sedikit minyak lalu dicampur rata sehingga rasanya tidak kalah lezat dengan makanan lain. Bahkan perpaduan yang tepat antara nasi, kecap manis dan sedikit minyak membuat makanan tersebut seperti “nasi goreng setengah matang” yang waktu pembuatannya sangat cepat di atas rata-rata pembuatan nasi goreng di restoran fastfood.

Salam, Nasi kosongnya dikecap
biar segera dapat disantap
yang rasanya sedap mantap
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.