+10 Cara Alami Dan Praktis Menghilangkan Sakit Gigi

Cara Alami Dan Praktis Menghilangkan Sakit Gigi

Siapa pun orangnya pasti tidak mau sakit, apalagi kalau sampai sakit-sakitan. Memang kebanyakan orang bisa menerima dengan lapang dada ketika penyakit mulai menggerogoti badannya. Hanya beberapa jiwa sombong yang perfeksionis tidak bisa menerima keadaan tersebut. Akibatnya, benci, marah, dendam dan melakukan kekerasan kepada diri sendiri dan/ atau orang lain dan/ atau lingkungan sekitarnya. Sedang emosi negatif lainnya muncul berupa kecemasan yang diiringi dengan semakin intensnya konsumsi terhadap bahan penunjang kesehatan sekalipun diperoleh dengan harga yang sangat mahal. Tetapi, kami yakin bahwa orang-orang zaman sekarang santai saja menghadapi penyakitnya sebab memahami prinsip dasar yang membuat tubuh tetap sehat.

Bagi yang sudah dewasa, dalam artian sudah bisa hidup mandiri; untuk menjadi sehat, itu semudah membeli kebutuhan sehari-hari. Selama kebutuhan terpenuhi dan kesigapan pikiran akan hal-hal penting bagi tubuh selalu terjaga baik. Selama itu pula, orang dewasa mandiri dapat hidup sehat panjang umur sampai dirinya sendiri merasa bosan dengan kehidupannya. Akan tetapi, bagi “orang dengan kerentanan hidup” kemungkinan masih mengalami penyakit ringan sampai sedang karena perkara sederhana yang diujikan orang tuanya. Tidak ada anak yang bisa bebas dari penyakit karena tantangan semacam ini dialami oleh semua anak dimana pun berada. Sebab sebuah keyakinan klasik tertanam dalam hati keluarga: yakni bahwa “mereka yang pernah mengalami sakit lebih bijaksana menjalani hidup.”

Defenisi – Sakit gigi adalah luka mikro yang terjadi pada gusi yang bisa disertai dengan rusaknya mahkota atau bagian-bagian tertentu pada gigi tertentu.

Cara alami dan praktis mengobati gigi sakit

Sakit gigi itu biasa sebab tidak ada orang yang tidak pernah mengalaminya. Seperti keyakinan sebagian besar masyarakat yang menyebutkan bahwa gejala penyakit yang satu ini adalah yang terberat di antara semua penyakit. Adapun beberapa alasannya, mengapa orang menganggap penyaki ini sangat menyiksa kehidupan: (a) sebab sakitnya bisa menjalar ke mata bahkan sampai kepala pun ikut-ikutan nyeri. Alasan ke (2) karena tidak bisa makan atau menikmati hidangan meja yang maknyus. Yang ke (3) karena mengganggu konsentrasi kerja yang bisa berakibat pada ketidakmampuan untuk menyelesaikan tanggung jawab atau tenggat waktu penyelesaiannya kedodoran dari rencana awal. Berikut ini akan kami jelaskan dengan singkat tentang kiat-kiat praktis dan alami untuk menyembuhkan sakit gigi tanpa ribet.

  1. Lebih sering meminum air putih.

    Rasa ngilu pada gigi merupakan fenomena langka yang menjadi lumrah karena kebiasaan buruk lupa minum air putih. Sel-sel pada gusi tidak selentur kulit bagian luar tubuh. Dehidrasi dapat menyebabkan hubungan antar sel gusi terganggu dan lekang satu sama lain. Akibatnya terjadi distorsi informasi antar sel yang mengindikasikan rasa sakit saat mengonsumsi sesuatu. Biasanya makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat memicu distorsi informasi tersebut yang lebih dikenal sebagai ngilu. Keadaan ini tidak kunjung membaik sebelum anda mengoreksi kebiasaan buruk kurang minum air putih. Belajarlah untuk mengingat-ingatkan diri sendiri agar lebih sering minum air. Agar total air putih yang diminum per hari sama dengan atau lebih dari dua liter.

  2. Rajin mengonsumsi buah dan sayur.

    Tubuh tidak butuh banyak makan buah dan sayur sebab yang lebih dominan adalah makanan pokok. Namun pada keadaan ini, vitamin dan mineral membantu membuat batu karang jejer putih anda tetap sehat. Merangsang pembentukan sel-sel darah putih untuk menghambat pertumbuhan kuman saat organ sedang istirahat. Gusi yang tidak seperti kulit luar yang lentur, sangat sensitif dengan perubahan mendadak termasuk saat tubuh kekurangan asupan mineral yang mencukupi. Keberadaannya yang memadai juga turut mencegah gusi mengalami peradangan maupun pendarahan yang timbulnya bisa sangat menyakitkan.

  3. Menggoyangkan kepala secara rutin.

    Aktivitas ini sangat sederhana dan terkadang disepelekan orang namun manfaatnya sangatlah baik untuk menjaga kesehatan organ atas. Rongga mulut sebagai salah satu organ di atas leher bisa terganggu asupan cairan dan nutrisinya bila leher mengalami kekakuan yang serius. Terlebih lagi ketika pekerjaan kita terus menatap televisi/ monitor/ LCD secara maraton (di atas tiga jam). Kekakuan yang terjadi bisa mempengaruhi kapasitas cairan dan nutrisi yang dikirimkan melalui pipa nadi di sekitar area leher. Akan tetapi, saat anda rutin menggoyangkan kepala dengan santai layaknya seorang yang sedang menikmati musik. Aliran darah diperlancar dan nutrisi serta cairan yang dibutuhkan organ atas disuplai secara utuh dalam jumlah yang adekuat.

  4. Tidak kecanduan dengan aktivitas tertentu (bekerja, belajar dan main game).

    Mungkin di antara kita ada orang yang menggilai pekerjaan, membanggakan proses belajar dan kecanduan memainkan game. Aktivitas yang terkesan berlebihan semacam ini memiliki tanda-tanda (a) dilakukan tanpa batas, (b) disombongkan kepada orang lain dan (c) mudah kesal serta marah kalau diganggu-ganggu. Aktivitas semacam ini beresiko membuat seseorang melupakan banyak hal-hal penting dalam hidupnya. Akibatnya, tiba-tiba saja badan sakit dimana-mana (termasuk gigi) lalu buru-buru datang ke fasilitas kesehatan. Oleh karena itu, sebelum hal-hal yang merugikan anda terjadi, kendalikan aktivitas anda agar tidak sampai membuat lupa diri dan lupa hal-hal penting lainnya. Biasakanlah untuk fokus memuliakan Tuhan sambil beraktivitas dan mengingat-ingat kembali hal-hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

  5. Berkumur dengan air garam manis.

    Apa status anda? Apakah itu gigi berlubang, retak, patah, gusi berdarah dan yang lainnya? Rasa nyeri yang mendalam bisa timbul karena adanya luka mikro di daerah sekitar gusi. Air garam membantu jaringan kembali stabil dan menghentikan pendarahan sehingga sakitnya pun mereda. Tambahkan sedikit garam dengan air panas/ hangat lalu berkumurlah dengannya sebanyak dua-tiga kali sampai rasa nyeri tersebut benar-benar hilang. Akan tetapi, prosedur yang satu ini tidak kami anjurkan bagi anda yang sedang mengalami keadaan hiper kalium (jumlah K+ darah sedang berlebihan)

  6. Berkumur dengan air perasan jeruk nipis.

    Perasan jeruk nipis adalah kandungan kaya vitamin dan mineral yang dapat menghentikan pendarahan dengan segera. Baik gusi bagian luar atau bagian dalam sangat rentan dengan irisan mikro yang bisa disebabkan oleh bahan pangan yang dikonsumsi atau karena kerapuhan gusi itu sendiri. Kerapuhan pada jaringan ini dipicu oleh dehidrasi akut maupun kronis. Sedang perasan air jeruk dapat menghentikan pendarahan yang timbul dan berangsur-angsur memicu penyembuhan luka secara bertahap. Cuci, potong dan peraslah jeruk nipis lalu tambahkan sejumlah air ke dalam gelas. Berkumurlah dua-tiga kali atau lebih menggunakan larutan tersebut agar nyeri yang anda rasakan tidak menjalar ke mana-mana.

  7. Mengendapkan air dalam mulut.

    Ada satu saat dimana rasa ngilu di gigi cukup parah: jangankan air panas atau dingin, air tawar suhu biasa saja pun, sudah bisa membuat sakitnya menusuk sampai ke ubun-ubun. Seolah air biasa pun tak bisa tersentuh gusi anda karena ngilunya hampir tak tertahankan. Pada situasi semacam ini, lebih baik endapkan air selama dua-tiga menit di dalam mulut agar luka mikro yang terjadi melunak yang membuat rasa sakitnya reda sambil menunggu tahap penyembuhan alami yang dilakukan oleh tubuh sendiri. Anda perlu mengulang-ulang mengendapkan seteguk air di dalam rongga mulut agar proses penyembuhan rasa sakit itu segera terjadi.

  8. Menyikat gigi secara rutin.

    Untuk diperhatikan, bahwa menyikat gigi tidak menghilangkan rasa sakit! Anda lebih baik sering-sering minum air dan/ atau berkumur dengan air garam manis dan/ atau berkumur dengan air perasan jeruk nipis. Sikat gigi hanyalah upaya untuk membersihkan kotoran makro yang menempel agar tidak sampai difermentasi oleh bakteri sehingga mencegah terjadinya karang gigi. Lakukanlah dengan santai, tidak perlu menekan kuat-kuat dan hindari mengosoknya terlalu lama.

  9. KEADAAN KHUSUS: Hentikan aktivitas makan atau minum untuk sementara waktu.

    Ada suatu toksin yang jika terlanjur dikunyah dapat menyebabkan luka unik pada gusi. Luka tersebut bukannya mereda saat anda meminum air atau jenis cairan lainnya, tetapi rasanya semakin perih menembus mata hingga sampai ke ubun-ubun. Anda sudah mencoba meminum air lebih sering, berkumur dengan air garam dan perasan jeruk; namun sakitnya semakin menusuk mata dan tampaknya kepala sudah mau pecah. Pada keadaan ini, anda perlu menahan diri agar tidak mengonsumsi apa pun. Berpuasalah selama dua-tiga jam sambil istirahat, biarkan badan melakukan tahapan tersembunyi penyembuhan alami. Baru setelah rasa sakitnya reda, anda dapat makan dan minum seperti biasa.

  10. Makan lebih pelan saat tekstur panganan agak keras.

    Makanan lembut membuat anda bisa langsung menelan tepat saat bahan-bahannya menyentuh lidah. Semakin lembut suatu panganan, semakin cepat proses pengunyahannya dan semakin singkat waktu yang anda butuhkan untuk makan. Akan tetapi, semakin keras tekstur suatu makanan, semakin besar dan panjang kesabaran yang dibutuhkan untuk melumatkannya sampai bisa ditelan. Mengunyah makanan yang agak keras dengan terburu-buru dapat menimbulkan tekanan yang kuat pada gigi dan gusi yang beresiko memicu rasa sakit yang membuat anda sangat tidak nyaman untuk melanjutkan hari. Berilah lebih banyak waktu untuk mengonsumsi makanan agar rongga mulut tetap terasa menyenangkan saat digunakan.

  11. Tidak membiarkan mulut menganga terlalu lama.

    Mulut yang terus menganga (terbuka) tanpa diadari dapat meningkatkan dehidrasi dalam organ tersebut. Akibatnya, sel-sel melekang satu sama lain yang menimbulkan distorsi informasi diiringi dengan rasa ngilu dan nyeri yang mendalam. Tutuplah mulut secara sadar agar tidak sampai mengalami dehidrasi akut agar tidak sampai membuat permukaannya terasa kurang nyaman saat digunakan.

  12. Usahakan tidur terlentang untuk menghindari ngences.

    Ngiler di malam hari bisa terjadi karena mulut yang terbuka atau karena posisi tidur yang menyamping. Keluarnya cairan yang seharusnya melembabkan rongga mulut dapat meningkatkan kerapuhan yang memicu rasa kurang enak atau bisa juga rasa nyeri yang ringan di sekitar gigi. Latihlah diri sendiri untuk terbiasa tidur terlentang demi menjaga kesehatan organ cerna atas.

  13. Beraktivitas dengan hati-hati dan penuh perencanaan.

    Kewaspadaan diri berawal dari kesadaran bahwa hidup ini penting mska jangan disia-siakan untuk melakukan apa yang tidak berguna. Rencanakan kegiatan yang hendak anda lakukan dari waktu ke waktu. Segala sesuatu yang terencana dapat meminimalisir timbulnya kecelakaan yang tak terduga. Kewaspadaan diri juga ditunjukkan oleh kemauan dan ketulusan seseorang dalam mematuhi peraturan. Sebab peraturan yang ada bermanfaat untuk membantu setiap orang agar selamat dalam menggapai tujuan yang sudah dicanangkan jauh-jauh hari.

  14. Berobatlah ke fasilitas kesehatan terdekat.

    Jika anda sudah berusaha menyembuhkan diri sendiri dengan berbagai upaya, termasuk dengan mencoba beberapa usaha yang kami tampilkan pada blog ini. Sayangnya hasil yang diperoleh nihil dan sama sekali tidak ada perubahan, sakit yang anda rasakan tetap eksis. Karena itu, sudah saatnya bagi anda untuk berobat ke fasilitas kesehatan terdekat. Anda membutuhkan bimbingan yang sistematis dan terencana dari para profesional di bidangnya agar dapat mengidentifikasi dengan benar kelainan fisik yang diderita. Anda mungkin akan diberikan beberapa resep untuk ditebus di apotik terdekat. Ingat-ingatlah rekomendasi yang diberikan para ahli dan pulanglah dengan sukacita karena penyakit anda akan segera sembuh.

Kesimpulan

Air adalah komponen yang sangat penting bagi kehidupan. Akar gigi yang mengalami dehidrasi lebih mudah didera rasa sakit akibat sel-sel yang melekang dan hubungan antar sel yang mulai terdistorsi negatif. Timbul kelainan informasi antar sel yang membuat paparan dengan makanan dan minuman tertentu menjadi sangat menyakitkan. Sepertinya rongga mulut diiris-iris oleh panganan yang sama sekali tidak ada tajamnya karena struktur permukaan yang sedang mengalami abnormalitas. Lebih sering minum air putih, berkumur dengan air garam manis dan berkumur dengan perasan jeruk nipis dapat membantu menghentikan pendarahan mikro yang terjadi di sekitar gusi. Akan tetapi, pada kondisi keracunan khas, anda perlu berpuasa selama beberapa jam untuk menghilangkan rasa nyeri yang menusuk-nusuk secara berangsur-angsur.

Salam, Pagar karang putih
dalam gua basah
berkatup lentur itu
membutuhkan perhatian
khusus agar keberadaannya
tetap awet dan
lebih tahan lama
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.