Rahasia Memperbanyak Permainan Kotor (KKN)

Apa itu rahasia? Apa yang patut dan tidak patut untuk dirahasiakan? Sampai dimana sesuatu dijaga kerahasiaannya? Tidak semua keadaan dapat dirahasiakan sebab pada dasarnya, hidup yang bersosial mau tidak mau mendorong kita untuk tidak lagi merahasiakan apa-apa. Hanya hal yang tidak terlihat oleh orang lain, berupa urusan pribadi dan tidak ada sangkut pautnya dengan sesama, merupakan ciri khas dari sesuatu yang dijaga kerahasiaannya. Namun untuk urusan bersama dimana orang lain ikut di dalamnya, maka sudah sepatutnya hal tersebut diungkapkan juga kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Tidak pantas menyembunyikan sesuatu dari orang-orang sebab semakin disembunyikan maka semakin tinggi ancaman tentang hal tersebut di masa depan.

Rahasia sejalan dengan privasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa kedua hal ini sama-sama penting dan sama-sama kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Saat butuh privasi, sesuatu yang dilakukan tidak ada sangkut pautnya dengan kehidupan orang lain. Sesuatu yang hanya diketahui oleh diri sendiri, tidak layak untuk orang lain. Kecuali saat berada dalam lingkaran tertentu, seseorang bisa berbagi privasi dengan orang lain, seperti halnya dalam hubungan suami-istri. Banyak hal yang dirahasiakan oleh keluarga dalam ikatan suami istri, hal-hal yang tidak diketahui oleh kebanyakan masyarakat yang umumnya belum mencicipi pesona pernikahan (masih lajang). Mungkin orang lain pun tahu apa yang pasutri ketahui karena memiliki wawasan & ilmu pengetahuan. Namun tidak sespesifik dan sedetail yang diketahui oleh pasutri itu sendiri.

Mari beranjak kepada kehidupan yang lebih luas, kehidupan yang bermasyarakat. Bila kita melihat orang-orang yang terorganisir melakukan suatu pekerjaan, ada banyak masalah yang terjadi ketika aksi sembunyi-sembunyi dimulai. Semakin banyaknya ruang privasi di antara orang-orang yang seharusnya saling terbuka, malah meningkatkan terjadinya transaksi di luar batas yang seharusnya. Suatu kerja sama yang merugikan orang banyak telah terjadi tanpa ada satu orang pun yang mengetahuinya. Sebab sekat-sekat ruangan yang tertutup telah mempertebal privasi yang dimanfaatkan untuk melakukan rencana-rencana kotor yang hanya menguntungkan kalangan tertentu saja.

Bagaimana jadinya ketika orang-orang yang harusnya bekerja sama justru memiliki kelompok kecil dengan rahasia kecil? Kelompok di dalam kelompok merupakan pertanda yang payah untuk bermain jujur. Kelompok yang keberadaannya tanpa aturan mana pun dan hanya diketahui oleh orang-orang yang menjadi anggotanya. Mereka bukanlah sub/ bagian organisasi yang menjalankan fungsi tertentu, tetapi kelompok ini biasa melakukan perbincangan rahasia di ruangan-ruangan yang privasinya sangat tinggi. Untuk apa membicarakan urusan bersama di wilayah dengan privasi tinggi? Seharusnya sebuah instansi yang mengusahakan kepentingan bersama, para petingginya tidak lagi berucap sembunyi-sembunyi. Jika ada yang hendak dikatakan, katakan di depan orang-orang karena pekerjaan yang dilakukan adalah untuk kebaikan bersama.

Saat suatu instansi memiliki ruang-ruang khusus untuk berbicara. Bisa saja terjadi transaksi gelap pada ruang-ruang yang tersedia. Pembicaraan kecil untuk melakukan aksi-aksi manipulatif akan digalakkan karena ada kesempatan. Hendak membahas siapa-siapa yang mau dinaikkan dan siapa yang mau diturunkan. Membicarakan berapa persen anggaran yang hendak dibuat menyimpang agar sisanya bisa diraup secara diam-diam. Pemberian uang sogokan kepada pegawai sangat rahasia sehingga dilakukan terus-menerus di dalam ruang-ruang berdinding tebal. Seandainya semua orang bekerja dalam satu ruangan, tidak ada lagi kelompok rahasia dengan aksi diam-diam yang menusuk dari belakang.

Satu-satunya tempat kerja yang memikirkan tentang urusan pribadi adalah perusahaan pribadi. Para petingginya berhak memiliki sekat-sekat ruangan yang dikhususkan kepada mereka karena hendak membicarakan diri mereka sendiri dan enggan membeberkannya dengan orang lain. Namanya juga perusahaan pribadi, maka yang mereka pikirkakan tidak jauh-jauh dari kesejahteraan pribadi. Mereka memiliki wilayah kerja dengan privasi tinggi dan tidak ada yang melarang mereka untuk melakukan hal tersebut. Tidak demikian dengan instansi publik dan kantor-kantor pemerintah. Pegawainya tidak lagi berbicara tentang bagaimana memajukan diri sendiri melainkan, bagaimana memajukan semua orang. Anda tidak perlu bergerilya untuk meningkatkan kesejahteraan orang lain.

Sama halnya saat berbicara tentang urusan keuangan. Tidak perlu merahasiakan aliran keuangan seorang warga negara dari warga negara lainnya, sebab tidak ada keuntungan atau kerugian yang di dapatkan dari aktivitas tersebut. Justru dengan membuka aliran informasi seputar keuangan seseorang, membuatnya tidak mungkin lagi untuk melakukan transaksi yang tidak legal. Segala aktivitas yang dilakukan dapat dipantau oleh siapa saja untuk menunjukkan bahwa segala sesuatu yang dilakukan tanpa melanggar aturan apapun. Tentu saja tidak ada yang keberatan membuka aliran dana milikinya ke publik selama merasa sudah melakukan segala yang baik dan benar. Mungkin sisi privasinya adalah dengan menyamarkan nama yang bersangkutan, nama yang disamarkan ini hanya akan diketahui oleh beberapa orang saja yang diberikan kewenangan oleh badan hukum tertentu.

Kesimpulan

Hal-hal yang bersifat pribadi boleh menjadi rahasia tetapi segala sesuatu yang berhubungan dengan urusan bersama dan kepentingan semua orang tidak perlu dirahasiakan untuk meminimalkan terjadinya aksi yang ilegal.

Hanya perusahaan pribadi yang membutuhkan sekat-sekat berdinding tebal agar para petingginya dapat membicarakan strategi rahasia demi kemajuan kelompoknya. Instansi publik dan kantor pemerintah, tidak sepatutnya memiliki sangat banyak ruangan dengan aneka kebutuhan pribadi (privasi-rahasia). Sebab semakin banyak ruang-ruang pribadi yang hanya bisa diakses oleh orang tertentu, semakin tinggi pula kemungkinan untuk melakukan aksi di luar pemantauan, manipulatif, merugikan orang lain dan melemahkan sistem. Tidak ada informasi yang perlu dirahasiakan selama anda berada di kantor yang memikirkan kemaslahatan orang banyak. Sama halnya tentang aliran keuangan seseorang, membiarkan publik untuk mengetahuinya, tidak ada ruginya. Justru berbagai bentuk keterbukaan ini dapat meminimalkan aksi sembunyi-sembunyi yang merugikan orang lain, seperti korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Salam, Keterbukaan penting
Untuk menjamin semua
sudah berjalan
dengan semestinya
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.