+8 Contoh Dan Pengertian Menikmati Hidup

Contoh Dan Pengertian Menikmati Hidup

Hidup ini perlu dinikmati walau rasa kesan sederhana namun indahnya mengena di dalam hati. Tidak ada yang tidak menikmati harinya kecuali orang yang sedang kacau pikirannya. Bahkan bisa dikatakan bahwa setiap detik yang kita lalui adalah kenikmatan tanpa henti selama hidup selalu aktif dan tidak dalam keadaan tertidur. Sekalipun demikian, dalam keadaan tidurpun akan kita nikmati indahnya setelah bangun karena mendapati diri sehat, aman, bahagia dan damai. Tidak ada aktivitas yang membuat hati galau selama kita menyadari dan menikmati keadaan yang sedang berlangsung bersama seru-seruan indah di dalam hati yang senantiasa memuliakan Tuhan (bedah).

Nikmat itu bukan soal jumlah.

Menurut anda siapa orang yang hidupnya lebih nikmat, orang yang memiliki banyak pakaian sampai satu lemari penuh atau orang yang pakaiannya tidak seberapa. Seandainya kenikmatan berhubungan dengan jumlah maka sudah pasti dia yang pakaiannya tanpa batas sampai satu lemari. Tetapi pada kenyataannya semua orang menyukai apa yang mereka kenakan tanpa mempersoalkan jumlah stok yang dimilikinya di rumah. Ada kecenderungan bahwa para ibu dan remaja putri memiliki jumlah setelan lebih banyak ketimbang para ayah dan remaja putra. Namun tidak ada perbedaan rasa di antara mereka, masing-masing pasti merasa bahwa: ia menikmati hidup dengan kepuasan yang mantap.

Nikmat itu bukan soal ukuran.

Apa menurut anda orang dengan ukuran materi yang lebih besar, lebih menikmati hidupnya daripada orang dengan ukuran materi yang kecil? Mungkin ini bisa menjadi pemikiran seorang pemula karena mendeteksi perbedaan nyata seputar ukuran. Apa menurut anda orang yang memiliki smarphone lima inchi kurang menikmati hidup ketimbang orang yang punya table dengan layar besar. Atau apa menurut anda, orang yang memakai pakaian lengkap serba panjang menutup hampir semua badan lebih menikmati hidup ketimbang orang yang mengenakan pakaian serba pendek. Coba tanyakan kepada para Ibu dan perempuan yang menggunakan busana serba panjang waktu ke pesta, apa mereka lebih menikmati penggunaannya ketimbang saat menggunakan pakaian alakadarnya serba pendek saat ada di rumah. Pasti ngakunya: “sama-sama nikmat!” Sebab mereka menyesuaikan diri terhadap penggunaannya berdasarkan situasi yang dihadapi.

Nikmat itu bukan soal rasa.

Pernah-tidak anda berpikir tentang rasa air yang tawar? Lebih nikmat yang mana bila dibandingkan dengan makanan aneka rasa yang bermacam-macam? Mungkin beberapa pemula menganggap bahwa makanan aneka rasa jauh lebih nikmat. Tetapi justru makanan tersebut tersangkut di kerongkongan kita bila tidak mengonsumsi air. Apakah air ini menjadi sesuatu yang terpaksa dikonsumsi hanya karena manfaat positifnya? Tentu saja tidak, sebab dengan adanya rasa tawar air kita jadi lebih bisa membedakan rasa antara makanan yang satu dan makanan yang lain. Seolah rasa yang bervariasi tersebut tidak ada artinya jika tidak diiringi dengan aktivitas minum air. Karena aktivitas makan tidak bisa dilakukan tanpa meminum air dimana air ini adalah pelengkap dan penyempurna konsumsi yang dilakukan.

Nikmat itu bukan soal harga.

Pernahkah anda berpikir untuk membandinkan kenikmatan antara makan di luar dan makan di rumah sendiri? Sudah pasti biaya yang kita habiskan saat makan di rumah sendiri lebih murah ketimbang biaya yang dihabiskan saat kita makan di warung/ rumah makan. Jika demikian, kira-kira mana yang lebih nikmat antara kedua aktivitas serupa yang bedanya di harga saja. Tentu saja jawaban yang paling bijak untuk menanggapi pertanyaan tersebut adalah, “sama-sama enak!” Kedua hal tersebut merupakan bagian dari kehidupan manusia yang semata-mata diadakan untuk menambah kesan variasi hidup. Tidak ada yang lebih unggul, sebab nikmat bahagianya berasa sama di dalam hati yang selalu tertuju pada kebaikan, kebenaran dan keadilan.

Defenisi – Menikmati hidup adalah meresapi yang ada dan keadaan/ situasi tanpa patokan jumlah, ukuran, rasa dan harga tertentu. Atau bisa juga disebut sebagai “ragam aktivitas” yang dapat membuat hati senang walau hanya untuk sementara.

Contoh menikmati hidup.

Hidup perlu dinikmati untuk membuat kesan senang di dalam hati. Kesenangan inilah yang selalu diburu oleh siapa saja, dari yang kecil sampai besar, dari anak-anak sampai orang dewasa sama-sama menginginkannya. Sekalipun demikian, beberapa orang sering terkendala untuk merasakannya akibat dengki yang meradang, sombong yang meninggi dan kebencian yang mencuat. Tetapi orang yang beruntung di antara semua pihak adalah yang dapat tetap bersukacita tanpa harus menikmati materi. Pada titik ini, orang tersebut sudah dapat menyalin dan melipatgandakan rasa senangnya tanpa harus dipicu oleh gemerlapan materi yang berharga dan biasanya di jual di pasaran. Perhatikan contoh aktivitas menikmati hidup di bawah ini yang sesungguhnya gratis (anda dapat memperolehnya tanpa membayar).

  1. Bisa bangun pada pagi yang sejuk, sepi dan tenang.

    Pernahkah anda merasa senang karena bisa bangun lagi, menghirup napas, membuka mata dan beraktivitas lagi? Saat pagi kembali, hidup berputar seperti biasa dan ternyata kita mendapati diri sendiri dalam keadaan selamat sentosa. Menikmati suasana pagi yang mungkin sangat khas dengan kesejukan, kesunyian dan ketenangannya yang tidak akan kita temukan di siang maupun sore hari yang padat dengan aktivitas ramai.

  2. Beryukur memiliki rumah sederhana rapi, bersih dan nyaman.

    Bisakah anda mengerti bahwa diberbagai belahan dunia ada orang-orang yang diperbudak oleh harta kekayaannya. Sebab waktu mereka yang berharga lebih banyak dihabiskan untuk mengurus rumah yang sangat banyak. Hampir separuh hari aktifnya dihabiskan untuk membersihkan, merapikan dan merawat hartanya sampai lupa diri untuk tampil bersih, rapi dan menawan.

  3. Menikmati cuaca yang cerah.

    Coba lihat betapa cerahnya cuaca di luar, bukankah itu sebuah karunia yang membuat manusia tetap aktif sepanjang hari. Terang yang menyala gratis selama 12 jam itu setidak-tidaknya mengurangi beban tagihan listrik anda sebesar 50% sampai 70%. Bila dipikir-pikir lagi, ini adalah penghematan yang luar biasa karena kita bisa hidup bebas aktif di siang hari tanpa harus merasa khawtir dengan psikopat, maling, hewan buas dan ancaman hidup lainnya.

  4. Menikmati sejuk basahnya hari hujan.

    Hari hujan menjadi momok yang menyedihkan ketika hal tersebut mempengaruhi penghasilan kita. Akan tetapi, dengan sistem yang berkeadilan untuk seluruh lapisan masyarakat, tidak ada lagi gaji yang bergantung pada cuaca. Semua orang dijatahkan sumber daya yang setara satu sama lain menurut proporsi umur yang bebas dari intervensi pihak manapun. Hari-hari hujan malah dirasakan sebagai sebuah variasi hidup yang memiliki kenikmatan tersendiri dalam sejuk-dinginnya udara yang ramah menyentuh bulu kudu masing-masing.

  5. Merasa alam menopang dan mendukung kehidupan.

    Kita merasa bahagia karena menikmati potensi kayu hidup yang berjejeran tak menentu, menjulang tinggi sampai ke langit. Mereka adalah pelindung yang memberi manusia atmosfer untuk dihirup tanpa khawatir merasa tersakiti. Tidak terbayangkan betapa sesaknya hidung bila udara kotor karena polusi dimana-mana. Semua udara yang melingkupi kita dapat dihirup dengan bebas dan gratis yang merupakan persembahan tak terbeli dari hutan-hutan alami yang ada di sekitar. Bisa anda bayangkan bagaimana susahnya hidup bila harus membeli tabung oksigen tiap-tiap hari ketika udara sangat tercemar? Kita merasa tenang dan senang karena telah dibebaskan dari tekanan bencana alam yang sangat merugikan secara rill maupun materil.

  6. Meminum seteguk air.

    Bisakah anda menikmati kelegaan di kerongkongan saat meminum seteguk air? Mungkin ada sebuah keadaan yang membuat anda merasa haus lalu meneguk segelas air. Betapa senangnya hati ketika rasa haus tersebut terobati? Walau itu hanya sesaat, namun kita sudah merasa puas karena nikmat recehan yang dianugerahkan Allah kepada kita. Betapa baiknya hidup ini karena kita dapat bersukacita karena hal-hal kecil.

  7. Makan besar beberapa kali.

    Berapa kali anda makan besar dalam sehari? Ini adalah kesempatan yang menyenangkan, terlebih saat anda faham manfaatnya, seperti mengusir rasa lapar, mencegah maag dan memberi anda kekuatan baru. Anda perlu menghayatinya agar bisa menikmati betapa menyenangkannya aktivitas tersebut. Tidak perlu makan terburu-buru agar waktu yang menyenangkan itu tidak melompat dengan cepat tanpa meninggalkan apa-apa.

  8. Mengonsumsi makanan ringan.

    Tidak perlu mahal untuk mencicipi kesenangan. Membeli makanan ringan yang dijual di warung terdekat sudah bisa memuaskan lidah yang kelu. Sesuatu yang bisa dibeli dengan harga cukup murah dan sudah bisa membuat hati senang. Jika anda mampu mengendalikan diri maka konsumsi cemilan dipertengahan sebelum atau sesudah makan besar mewarnai rasa sehari-hari. Atau bisa juga makan besar ditiadakan digantikan dengan cemilan sederhana dan air putih untuk mengganjal perut. Agar bisa tahan lapar sampai giliran makan berikutnya.

  9. Mendengar musik.

    Ada beraneka macam jenis musik: anda mungkin penggemar salah satu, beberapa atau semua jenis musik. Saat menikmatinya, yang terpenting bukanlah jenis musiknya tetapi kemampuan anda mengikuti alunan nadanya di dalam hati. Saat menyatu dengan musik, seolah-olah pergerakan kita seirama dengan nada-nada indah yang didengar: itulah yang menyenangkan hati.

  10. Menonton film.

    Menonton film mungkin awalnya biasa saja, kita tidak merasakan sesuatu yang istimewa. Akan tetapi, dipertengahan dan di bagian akhirnya ada kegembiraan yang menyenangkan karena orang yang positif baik yang kita dukung secara logis. Berhasil menemukan solusi dari masalah-masalah yang dialaminya di sesi sebelumnya. Ada perubahan hidup yang walau tidak seberapa namun sesunguhnya menggambarkan harapan-harapan kita di masa depan. Walau kita sadari beberapa film hanyalah fantasi belaka yang tidak akan pernah bisa terwujud di dunia nyata. Namun setidaknya kita bisa menyaksikan nikmatnya warna-warni dunia lain yang tidak ditemukan di dunia ini.

  11. Menonton acara televisi lainnya.

    Acara televisi: sinetron, komedi, talkshow dan lain-lain sesungguhnya biasa-biasa saja. Tetapi lewat rentetan tayangan peristiwa yang bergejolak, kita bisa merasakan pergerakan emosi yang naik turun. Mungkin seorang pemula akan tertawa atau menangis karena hal tersebut namun mereka yang sudah terbiasa menikmati konflik dalam sandiwara, pintar menyimpan rasa senang dan harunya di dalam hati saja.

  12. Bersyukur bisa sampai tujuan dengan selamat.

    Tidak disangka anda mampu sampai dalam keadaan utuh. Jika mampu berendah hati maka dapat menilai situasi dengan memandang kepada penyertaan Allah. Mungkin anda bisa ingat bahwa ada beberapa orang yang mengalami kecelakaan saat melakukan perjalanan. Anda berhenti dengan aman, merenung sejenak dan merasa diri telah diberi kesempatan bagus untuk kembali menapaki hidup di jalan yang sepatutnya. Maka manfaatkanlah kesempatan itu dengan sebaik-baiknya.

  13. Menikmati perjalanan.

    Tidak disangka bahwa perjalanan hidup kita terus hilir mudik bergulir dari satu tempat ke tempat lain. Hati bisa menikmati keramaian kendaraan yang sekalipun tampak liar namun masih taat dengan aturan yang berlaku. Melihat deretan rumah yang beraneka ragam yang tampak seperti ornamen jalan. Menyaksikan pepohonan yang berjejer rapi dan kadang tak beraturan seperti batang pinsil berwarna yang berhamburan. Anda butuh sedikit banyak jiwa seni untuk menikmati perjalanan bolak-balik yang stagnan.

  14. Menghabiskan waktu liburan yang berarti.

    Apakah anda orang yang menghabiskan liburan dengan pendanaan mencapai jutaan rupiah? Itu adalah hak anda selama masih mampu melakukannya. Akan tetapi, liburan yang kami maksud di sini adalah liburan di rumah sendiri. Dimana anda bisa menikmati waktu santai yang lebih panjang bersama keluarga. Bisa membuat diri sibuk melakukan hal berguna bagi orang terkasih, yang sebelumnya tidak ada waktu untuk melakukannya karena sibuk kerja yang lain. Kesempatan untuk berbuat baik adalah sesuatu yang menyenangkan karena kita bisa menjadi pribadi yang lebih berarti bagi orang lain.

  15. Merasa beruntung baik saat menang maupun kalah.

    Permainan membuat kita mengerti bahwa menang atau kalah sama-sama bermanfaat. Mungkin selama ini beberapa orang merasa bahwa pemenang adalah orang yang paling bahagia. Tetapi saat memainkan game, sekalipun kalah, masih ada manfaat recehan yang diperoleh, misalnya mendapatkan harta minimalis dan penambahan jumlah musuh yang berhasil dibasmi. Kekalahan juga menggiring kita pada latihan pengendalian emosi dan mempelajari kekuatan mental yang lebih positif. Fitur kehidupan yang satu ini seolah membuat kita paham bahwa baik menang maupun kalah sama-sama memberi keuntungan.

  16. Merasa beruntung saat barang yang diinginkan dapat terbeli.

    Betapa senangnya hati ketika barang yang sudah diincar selama berbulan-bulan akhirnya terbeli juga? Memang rasanya sesaat saja tetapi jalan panjang perjuangan yang kita tempuh untuk meraih hal tersebut sangat berkesan di dalam hati. Bagi anda yang saat ini punya barang incaran, usahakanlah itu dengan cara-cara yang halal dan bersabar. Yakinlah bahwa sesuatu yang datangnya ditunggu-tunggu lebih terasa nikmat ketika hal tersebut terbeli juga. Tetapi, jangan fokus membayang-bayangkan saat itu! Melainkan tetap arahkan fokus pada Tuhan dan pada aktivitas positif yang membangun kehidupan.

  17. Pekerjaan memberi arti.

    Apa yang menjadi kesibukan anda di dunia kerja? Betapa bahagianya anda menjalani sebuah pekerjaan jika hal tersebut didedikasikan dengan tulus-ikhlas untuk kebaikan orang lain? Inilah pekerjaan yang memberi arti bagi kehidupan, sekalipun kadang-kadang anda tidak mendapat perhatian lebih karena hal tersebut. Sebab bukan perhatian orang yang membahagiakan kita, tetapi saat memahami bahwa peran kita setidak-tidaknya bisa menambah secercah energi positif bagi kehidupan orang lain. Terlebih lagi ketika anda yang di sana mampu mengambil peran besar untuk membaikkan, mencerdaskan, mendewasakan dan mensejahterakan kehidupan sesama. Sakalipun anda tidak dikenal oleh orang tersebut: kiranya Tuhanlah yang membalasnya kepada anda dalam kebahagiaan yang berlipat ganda.

  18. Dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Jika anda tidak terburu-buru, renungkanlah beberapa saat hal-hal yang sudah dialami dan dijalani selama mengarungi hidup di dunia fana. Bisakah anda menemukan momen-momen yang membuat anda merasa terberkati dan beruntung menikmati semua anugerah tersebut. Anda perlu sedikit jiwa seni agar dapat melihat hal-hal istimewa di tengah perjalanan hidup yang biasa-biasa saja. Sesungguhnya, bukan hanya uang yang mampu menyenangkan hati kita! Melainkan yang terasa biasa, sepertinya itu-itu saja, sudah bisa menyenangkan hati. Karena kita menikmati hal-hal tersebut dengan pikiran yang benar, sikap yang baik dan ada peraturan yang adil sekelilingnya. Selanjutnya, kitalah yang menyalin dan melipatgandakan rasa senang tersebut dengan memuliakan Tuhan di dalam hati (bedah) sambil sibuk positif sepanjang hari.

Salam, Kenikmatan
berawal dari
kesadaran
tentang manfaat
hal-hal kecil
yang mewarnai
hidup kita di bumi
tercinta
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.