7 Manfaat Memangkas Rambut Sampai Membuat Anda Jauh Dari Kantuk

Manfaat Memangkas Rambut Sampai Membuat Anda Jauh Dari Kantuk

Rambut adalah teknologi kecantikan yang sangat mempengaruhi penampilan. Setidaknya, ini adalah pendapat para guru seni di bidang fashion walau menurut masyarakat awam hal tersebut berpengaruh netral terhadap penilaian mereka. Tidak ada bagian tubuh manusia yang mendapat perlakuan seintensif ijuk lentur itu. Bagaimana tidak? Mulai dari pemotongan, pewarnaan, pengerasan, pengharuman, perlengketan (minyak R), pelipatan (dandan R) dan lain sebagainya. Ini adalah kekerasan yang hampir tidak pernah dilakukan pada bagian tubuh lainnya. Jadi, wajar saja jika para pemerhati mode sangat sensitif terhadap gaya yang ditampilkan oleh anak asuhnya.

Itulah cerita singkat seni dibidang fashion dan gaya hidup modern. Pemirsa yang menyaksikannya dapat menirunya begitu saja atau bisa tersenyum ringan menikmati keindahannya. Lalu pulang ke rumah masing-masing dengan menjadi diri sendiri yang apa adanya dengan tetap memperhatikan sisi efisien dan efektif dari setiap keputusan yang diambil. Sebab pada dasarnya apa yang dikatakan “modis” atau “bergaya” menjadi agak merepotkan bila hal tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seolah jam-jam kehidupan kita yang berharga hanya dihabiskan untuk sekedar mengikuti trend entah berantah. Akibatnya, pekerjaan dan tugas-tugas yang harusnya selesai, malah masih dalam proses. Keterlambatan adalah bukti bahwa aktivitas mengikuti mode yang kita geluti mengurangi efektifitas dan efiseiensi kehidupan.

Sama halnya dengan rambut, tatanannya yang kurang baik bisa mengganggu efisiensi dan efektivitas pekerjaan yang ditekuni. Sadar atau tidak, rumput hitam ini sangat mempengaruhi kesehatan kepala manusia. Apa yang kotor-kotor dari dunia luar dan berbagai sampah dari tubuh sendiri bisa nyangkut di antara lebatnya rerumputan kelas atas. Tidak ada kotoran dan sampah yang menyehatkan badan bila ditumpuk selama berhari-hari. Justru zat-zat buangan ini akan mencemari sekitar tempatnya berada sampai orang tersebut sadar bertapa joroknya itu. Atau sampai timbul penyakit kulit ringan hingga sedang yang mencemaskan hari-harinya; barulah yang tidak diperhatikan, malah dimanja-manja karena sakit mulai menggerogoti.

Memotong rambut sendiri.

Ada orang yang senang ke tukang pangkas untuk memendekkan dan mendekorasinya. Ini adalah kebiasaan umum masyarakat awam yang sibuk dan fokus pada keahliannya dan keberlangsungan pekerjaan yang berkelanjutan. Sebab tidak mudah untuk memangkas rumput hitam ini dengan rapi seperti model-model artis di televisi. Akan tetapi, sebagian lagi manusia tidak begitu memperhatikan gaya dan trend kekinian lalu memutuskan untuk melakukannya sendiri. Tentu kalau mau rapi dan bergaya, tempatnya di barbershop dengan membayarkan sejumlah kecil biaya. Bagi anak kos yang mau berhemat dan tidak ingin waktunya habis karena menunggu antrian: bagusnya pangkas sendiri saja.

Manfaat memendekkan rambut

Sepertinya, memendekkan topi berbulu lentur ini hanya berlaku bagi kaum pria saja. Kebanyakan perempuan suka bila kepalanya berekor panjang dan budaya masyarakat juga menghendaki hal tersebut. Jadi, besar kemungkinan saran ini hanya bermanfaat bagi laki-laki, sekalipun ada juga beberapa informasi di dalamnya yang bisa digunakan cewek untuk lebih memperhatikan mahkotanya. Bila kita melakukan sesuatu yang bermanfaat maka kebermanfaatan tersebut dapat membantu meningkatkan efektifitas dan efisiensi hidup di dunia yang fana. Berikut akan kami uraikan beberapa khasiat memangkas rambut sekaligus memendekkannya.

  1. Memiliki gaya khas.

    Khusus bagi mereka yang suka memotong sendiri, terbatas untuk melakukan tata rias lebih seputar gaya rambut. Akan tetapi, bagi mereka yang rajin ke barbershop, pasti sangat kenal dengan manfaat ini. Ada banyak gaya telah ditempel di tempat tinggi, tinggal pilih bila anda menginginkan model seperti itu. Tampil bergaya tidak masalah asalkan hal tersebut tidak mengganggu pekerjaan anda. Selama anda senang, tidak ada orang yang bisa membatasi sebab pekarangan di teras atas tersebut murni milik anda seorang.

  2. Menjadi mudah dibersihkan.

    Rambut tanpa keramas adalah sapu ijuk, sekalipun demikian sapu di rumah juga pasti ada waktu pembersihannya dalam satu atau dua minggu/ bulan sekali. Membersihkan kepala berambut pendek memakan waktu cukup singkat. Dua atau tiga kali disampo saja, kotorannya pasti sudah meluruh dalam sejuknya air bersih. Ada orang yang keramas setiap hari tetapi ada juga yang keramas beberapa kali saja dalam seminggu.

    Seorang cewek berambut panjang membutuhkan waktu yang lebih lama dan sampo yang lebih banyak saat keramas. Tetapi cowok berambut pendek hanya butuh sebentar dan sedikit sampo untuk membersihkan kepalanya. Mungkin keadaan ini jugalah yang membuat beberapa gadis berambut lebat hanya keramas beberapa kali dalam seminggu (tidak setiap hari).

  3. Waktu keringnya singkat.

    Ada tiga hal yang sering sekali membuat rumput hitam ini basah, di antaranya karena di sengaja (saat mandi), faktor cuaca internal (dibasahi keringat) dan faktor cuaca eksternal (terkena air hujan). Biasanya, semakin pendek rambut, semakin cepat mengering setelah terpapar dengan sesuatu yang membuat basah (misal aneka jenis air). Saat cuaca hangat rambut bisa mengering dengan cepat, mungkin hanya butuh waktu sekitar 15-30 menit saja. Seyogianya suhu tubuh sendiri juga akan menghangatkan kulit kepala sehingga rerumputan diatasnya otomatis ikut terbebas dari endapan air setelah beberapa waktu lamanya.

    Lain halnya dengan orang denga rambut panjang yang biasanya didominasi oleh kaum Hawa. Proses pengeringan rambut akan memakan waktu lama, tergantung dari ketebalan dan kepanjangan rambut masing-masing. Semakin tebal dan panjang, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk menunggunya sampai kering. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa seorang laki-laki memang dipersiapkan bebas aktif dari basah untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal tanpa diganggu oleh persoalan kepala belum beres. Biasanya perempuan suka menggunakan alat semacam mini kipas hangat yang dipanggil “hair dryer” untuk mempercepat pengeringan rambutnya.

  4. Tidak sulit dan lama untuk merapikannya.

    Beberapa orang yang berambut pendek hampir tidak peduli dengan keadaan kepalanya. Jarang sekali dibawa bercermin, paling-paling hanya saat hendak berangkat ke tempat lain atau saat hendak mengikuti acara formal maupun informal. Tidak membutuhkan alat perawatan khusus untuk merapikannya. Mungkin sisir dan cermin saja sudah cukup untuk memberi sentuhan bergaya sederhana di atasnya. Semua aktivitas ini memakan waktu yang cukup singkat, dua atau tiga menit sudah cukup.

  5. Lebih adem di kala hari sedang panas.

    Kulit kepala sama seperti kulit lainnya yang juga memiliki fungsi respirasi. Bila rambut terlalu tebal suhu permukaan kulit kepala lebih tinggi beberapa derajat dibandingkan kulit di daerah badan yang terbuka. Keadaan inilah yang bisa membuat suhu ruangan yang menghangat menjadi gerah, rasanya seperti mengenakan selimut tebal. Anda perlu aliran angin alami (angin sepoi-sepoi di bawah rimbunnya tanaman besar) atau bisa juga menyiapkan angin buatan (bisa dari kipas angin atau air conditioner).

    Memangkas rambut sampai satu sisir dapat menyamakan suhu kulit kepala anda dengan suhu kulit di bagian tubuh lainnya. Tidak ada lagi istilahnya kepala gerah karena tidak ada yang menghambat respirasi kulit yang terus terjadi dari waktu ke waktu. Terlebih ketika aktivitas sedang tinggi-tingginya, seperti saat sedang bekerja di luar ruangan maupun saat berolahraga.

  6. Menjauhkan anda dari ketombe, bau dan gatal.

    Ada masaalah serius ketika anda mencoba untuk memanjangkan rambut. Ketika keringat terjadi: kulit kepala juga mengeluarkan keringat yang biasanya mengandung bahan organik yang dikenal dengan istilah “sisa hasil metabolisme” tubuh. Jika bahan organik ini mengering akan menyebabkan sesuatu yang sangat familiar dan kadang tidak disadari, yaitu ketombe. Ada yang berambut panjang tetapi terurus, dimana keramas pada waktunya dan menyempatkan diri untuk membersihkan sela-sela rambut selama yang dibutuhkan. Lain halnya dengan orang berambut panjang namun tidak terurus, jarang keramas dan tidak punya waktu lima belas menit untuk menggosokkan ujung jari di atas kulit kepala. Mereka akan mengalami ketombe yang semakin hari semkain tebal saja.

    Keringat yang bercucuran setiap hari merupakan asal mula ketombe. Walaupun ada juga sebagian yang berasal dari lingkungan sekitar yang terpolusi seperti serpihan debu. Orang yang berkeringat setiap hari, sudah seharusnya keramas setiap hari pula. Akan tetapi, padatnya kesibukan dan kecanduan terhadap aktivitas yang mengasyikkan dapat meniadakan aktivitas membersihkan kepala. Lupa keramas atau keramas asal sudah selama beberapa hari dapat mempertebal ketombean dan menambah efek sampingnya, seperti kepala gatal dan berbau tidak sedap. Oleh karena itu, bagi orang yang tidak punya cukup waktu untuk mandi dan keramas berlama-lama, sebaiknya pangkaslah rambut menjadi pendek saja.

  7. Menjauhkan anda dari kantuk yang menggarong di hari terang.

    Mereka yang tidak punya waktu banyak untuk mandi cenderung membersihkan rambutnya asal sudah. Kebiasaan ini tidak masalah bagi yang dipangkas pendek, namun orang dengan rambut lebih panjang beresiko tinggi memiliki ketombe jika momen membersihkan kulit kepala kurang telaten dan kurang berkualitas. Akibatnya ketombe yang mengendap akan tertimbun sebagian di atas kulit. Seiring berjalannya waktu, endapan ini lama-kelamaan menebal sampai menimbulkan keanehan lain/ gejala lain berupa ketombe basah.

    Ketombe basah membuat permukaan kulit kepala lebih lama kering. Suhu di permukaannya akan menjadi lebih dingin dari permukaan kulit lainnya. Akibatnya aliran darah dibawah kulit mengalami penurunan suhu sehingga kecepatan alirannya menurun drastis. Muatan oksigen dan energi yang awalnya dikirimkan tubuh ke daerah kepala malah digunakan untuk menghangatkan kulit berketombe tebal tersebut. Keadaan ini membuat nutrisi untuk otak dicuri sehingga pikiran kekurangan energi + oksigen. Otak yang kekurangan bahan bakar, mau tidak mau beralih ke mode “alam bawah sadar” yang mengaktifkan ciri-ciri ngantuk dalam diri seseorang (seperti menguap, mata lemas, kepala terteguk ke bawah dan lain-lain).

    Pada dasarnya rambut panjang yang basah menyimpan lebih lama dan lebih banyak kelembaban di bawahnya. Keadaan ini akan diperburuk oleh rendahnya tekanan darah ketika menjadi orang dengan kerentanan hidup. Akibatnya, suhu dingin yang tersimpan di bawah rambut yang tebal membuat aliran darah kaku. Keadaan ini kemudian memicu berkurangnya suplai nutrisi dan oksigen menuju ke otak hingga membuat seseorang terkantuk-kantuk.

    Ketika anda memangkas rambut sedemikian rupa maka kemungkinan untuk mengendapnya ketombe lebih kecil. Bagi anda yang memiliki aktivitas tinggi, baik di dalam maupun di luar rumah sebaiknya pangkaslah rambut secara rutin (setidaknya sekali sebulan) sependek mungkin untuk menghindari endapan ketombe yang bisa menghambat pekerjaan karena terkantuk-kantuk.

  8. Dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Pada akhirnya, berambut pendek itu efisiensi waktu dan kantong. Bagi remaja putri atau ibu rumah tangga yang aktivitasnya tidak seberapa, tidak masalah memiliki mahkota berbulu hitam nan panjang itu. Sebab mereka memiliki cukup banyak waktu luang untuk merawat dan membersihkan sela-selanya selama yang dibutuhkan. Akan tetapi, bagi laki-laki dan para ayah yang sibuk bekerja, sebaiknya potong pendeklah rambut anda untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja yang digeluti. Lagipula manfaat lainnya dari rutinitas memotong pendek rumput hitam tersebut adalah menghemat biaya perawatannya. Jadi bagi pria dan para Ayah tidak ada alasan untuk tidak datang ke barbershop setiap bulannya. Kecuali anda ingin melakukannya sendiri dengan gaya pangkasan alakadarnya.

Salam, Panjang-pendeknya
topi berbulu anda
dapat mempengaruhi
efisiensi dan efektivitas
kerja yang digeluti
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.