+10 Cara Mengatasi Ketombe Pada Rambut – Menghilangkan Ketombean Dengan Mudah Dan Telaten

Cara Mengatasi Ketombe Pada Rambut - Menghilangkan Ketombean Dengan Mudah Tapi Telaten

Apakah rambut tiap-tiap orang berbeda warna secara alami? Kami tidak yakin tapi mungkin saja. Bisa jadi ini adalah sebuah keadaan yang menunjukkan perbedaan ras manusia yang sangat jauh. Tetapi kadang-kala hal tersebut hanyalah sentuhan tekno yang sengaja dipoles oleh pemiliknya. Dunia memang demikian: ada yang versi alami dan ada pula versi sintetis. Itu sepatunya tidak mempengaruhi apa-apa dalam kehidupan orang tersebut walau kadang orang lain yang menyaksikannya sedikit kagum atau kikuk karena kerennya. Demikianlah manusia yang suka meramu penampilan sekedar mengubah suasana hidupnya atau hanya sekedar mengikuti trend yang berkembang.

Bagi sebagian orang, kepala adalah sesuatu yang sangat dijaga, dirawat dan diperhatikannya. Namun ada juga mereka yang tidak begitu peduli dengan kepala dan segala tatanan yang ada di atasnya. Bukan karena tidak penting tetapi karena ada hal lain yang lebih penting untuk diurus, dirawat dan diperhatikan. Mungkin juga ini terjadi karena masih belum ada pengalaman buruk pribadi soal masalah kesehatan rambut kepala. Tetapi, seiring berjalannya waktu ada-ada saja masalah yang tak terduga terlebih ketika hidup masih berada di bawah asuhan orang tua. Apalagi kalau pekerjaan ditanggungkan oleh kekuatan sistem yang menambah kesusahan pikiran dan badan. Menjadi orang dengan kerentanan memang tidak mudah tetapi pasti menemukan jalan keluar selama hati ikhlas, sabar dan rendah hati dikedepankan.

Cara mengatasi ketombean yang membandel

Semua manusia suka mencari-cari cara. Sebab kehidupan di dunia yang fana, tidak sesederhana seperti kelihatannya. Beberapa orang dapat mengetahui teknik melakukan sesuatu karena sebelumnya sudah mempelajari hal yang sama: baik di zona hidup nyata maupun belajar di zona digital. Satu per satu dapat dipahami ketika hal-hal tersebut bersifat praktis atau sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Demikian halnya tentang cara mengantisipasi ketombe, yang menurut skala pemahaman pribadi tersusun dari pilihan-pilihan yang mudah dilakukan. Jadi, tunggu apa lagi? Sebelum merasakan efek buruknya berketombe, lebih baik simak beberapa teknik sederhana untuk membersihkannya.

  1. Fokuslah kepada Tuhan.

    Fokus kepada Tuhan ada tiga bagian: berdoa, bernyanyi dan belajar firman. Dari antara ketiga hal ini, ada satu hal yang bisa selalu kita lakukan sambil mengerjakan yang lainnya, yaitu bernyanyi dalam hati. Inilah esensi terpenting dalam hidup yang dapat membantu pikiran tetap segar. Pikiran yang bekerja efektif tidak membiarkan anda menelantarkan hal-hal penting, manajemen stres dan beraktivitas sesuai waktunya, termasuk dalam hal membersihkan diri. Jangan sampai hal-hal baik semacam ini tersisih karena penurunan kemampuan otak imbas dari minimnya aktivitas.

  2. Hindari ketagihan uang.

    Tahukah anda bahwa orang yang sangat membutuhkan uang cenderung menjadi orang yang suka menggunakannya secara berlebihan. Ketika keinginan membengkak maka timbullah niat untuk mengejar. Sedang semuanya tahu bahwa keinginan besar bisa memperalat siapa saja untuk melakukan hal-hal yang kurang tepat. Di sisi lain, hasrat yang terlalu tinggi terhadap sesuatu membuat kepikunan otak membengkak. Mencari uang memang tanggung jawab masing-masing tetapi terlalu menginginkan uang bisa membuat seseorang lupa makan, lupa mandi dan termasuk lupa membersihkan kepala. Jangan sampai ketombean rambut terjadi secara perlahan.

  3. Hindari kecanduan game.

    Permainan sangat menarik hati karena ada istilah menangnya dan sistem kejuaraan yang berjenjang. Beberapa orang sangat terpukau saat menggunakannya ditambah lagi oleh adanya tawaran hadiah yang dijanjikan di masa depan. Memainkannya dari pagi, siang, sore sampai larut malam, menjadi sebuah kebiasaan yang terbaru namun cukup merusak bila tidak terkendali. Bila anda merasa bahwa main game adalah aktivitas yang menyenangkan, perhatikanlah untuk tidak melahapnya tanpa batasan waktu.

    Biar bagaimana pun juga masih banyak hal-hal baik lainnya yang dapat dilakukan untuk diri sendiri, misalnya mengonsumsi makanan yang tepat dan membersihkan diri, termasuk berkeramas. Jangan sampai waktu-waktu penting bagi diri sendiri teracuhkan hanya karena ketagihan game. Bila yang pentingnya diacuhkan maka tubuh akan mulai mengalami anomali tak terkendali seperti rambut yang menjadi sarang ketombe.

  4. Rajin mandi.

    Berkeringat memang baik untuk kesehatan tetapi membiarkan keringat berlama-lama di badan sampai besok pagi, perlu dihindari. Mandilah sesuai pola dimana anda terbiasa, entah itu sekali sehari, dua kali sehari atau lebih. Bila badan sudah bersih anda bisa melanjutkan aktivitas seperti biasa dengan penuh semangat yang menyegarkan.

    Ada orang yang mandinya sekalian keramas dan ada pula yang mandinya sering tetapi keramasnya berkala di waktu-waktu tertentu saja. Hanya saja, setelah berkeringat sebaiknya saat bermandiria langsung keramas juga. Ini untuk menghindari transformasi keringat di bawah rambut menjadi ketombe yang berpotensi merugikan anda.

  5. Jangan asal-sudah! Rajinlah menggosok kulit kepala.

    Dampak ketombean yang cukup berpengaruh dalam kehidupan kita adalah seringnya kantuk menguap. Keadaan ini bisa jadi merugikan anda ketika jadwal aktivitas yang dimiliki cukup padat. Pekerjaan bisa terbengkalai dan bila hal yang sama terulang lagi: akan ada orang yang diberi gelar pemalas karena tidak menyelesaikan tanggung jawab tepat waktu. Oleh karena itu, bersihkan ketombe yang mengendap dengan sigap menggosokkan ujung jari dengan lembut di antara sela-sela rambut. Lakukan aktivitas yang bermanfaat ini agak lama, yakni 10-15 menit.

    Jika menurut pemantauan anda setelah keramas, masih ada lagi ketombe basah di kepala. Maka anda perlu sedikit menggunakan ujung kuku untuk mengangkatnya. Gosokkan ujung kuku di atas kulit kepala tanpa memberi tekanan yang kuat agar ketombean yang lengket bisa terangkat bersamaan dengan sampo yang anda gunakan. Berhati-hatilah, anda sedang tidak menggaruk kepala melainkan sedang membersihkan sesuatu. Menggaruk kepala di saat sedang gatal-gatalnya bisa membuat kecanduan karena keenakan hingga akhirnya keterlaluan. Sebab garukan yang terlalu kuat bisa membuat kulit lecet/ tergores/ terluka oleh kuku.

  6. Kurangi makanan/ cemilan berlebihan.

    Pembuluh darah yang macet akibat tingginya jumlah konsumsi makanan, terpaksa menyalurkan kelebihan sari-sari makanan ke pori-pori kulit terdekat. Demikian juga halnya saat darah yang menuju kepala padat nutrisi, kelebihannya akan dibelokkan dengan lembut ke saluran pembuangan terdekat yang biasanya berada di bawah kulit kepala. Akibatnya, sekali berkeringat ketombe basah tersebut dapat menimbulkan bau kurang sedap dan gatal-gatal.

    Gunakanlah akal sehat penuh pertimbangan saat mengangkat makanan ke piring sendok demi sendok. Bila mungkin dikurangi maka kurangilah, tidak perlu juga sampai satu piring penuh. Bukankah anda bekerja di rumah terus, tidak banyak membutuhkan energi karena aktivitas yang terbatasi oleh sekat-sekat di dalam rumah sendiri.

  7. Gunakan sampo khusus anti ketombe.

    Ada orang berketombe tetapi tidak merasa kepalanya ketombean karena endapannya tidak menimbulkan efek samping yang nyata. Bila salju putih yang dingin ini tidak disadari, besar kemungkinan akan memperlambat aliran darah di kepala akibat konsistensi yang hampir kaku. Keadaan ini membuat aliran darah ke otak tidak mencukupi yang berimbas pada minimnya suplai energi dan oksign. Bila ini terus-menerus terjadi maka dapat dipastikan bahwa orang-orang yang ketombean semakin menjamur diamana-mana. Oleh karena itu, gunakanlah sampo khusus anti ketombe untuk membantu anda membersihkannya.

  8. Batasi menggunakan minyak rambut.

    Minyak rambut memang bagus saat dipakai pada santai atau saat mengikuti acara penting. Tetapi, jangan tunggu sampai besok untuk membersihkan kepala. Batasilah penggunaannya untuk pertemuan atau acara yang diselenggarakan di dalam ruangan saja. Sebab minyak rambut akan meningkatkan perlengketan/ afinitas debu terhadap kulit ketika anda beraktivitas di luar ruangan. Akibatnya, ketombean yang dialami semakin berat yang akan meradang bila digaruk dengan kasar (garukan yang menggunakan kuku, kuat-kuat).

  9. Bertopi di tempat rawan debu dan polusi.

    Berhubung karena pasir putih di kepala turut pula disebabkan oleh benda-benda super kecil yang disebut sebagai debu dan polusi dari lingkungan sekitar. Anda dapat mengantisipasi keadaan ini dengan menggunakan topi saat hendak berpergian ke tempat-tempat yang diketahui memiliki intensitas debu tinggi. Topi membantu melindungi kulit kepala dari paparan polusi kotor yang berpotensi membeku di antara rambut/ di antara sela-sela rambut.

  10. Potonglah rambut anda.

    Khusus bagi para pria yang sering merasa tidak ketombean namun bila kepalanya diamati oleh orang lain, tersimpan banyak endapan salju aneh. Baiknya laki-laki seperti ini selalu rajin memangkas rambut, setidaknya sekali sebulan. Bagi perempuan yang merasa tidak telaten membersihkan kulit kepala dari ketombe, sebaiknya memendekkan rambut: mungkin gejala sering mengantuk saat bekerja timbul karena dinginnya ketombe basah di kepala. Tentulah keadaan ini turut pula di dukung oleh rendahnya tekanan darah dan kurangnya asupan makanan yang dikonsumsi.

  11. Belajar mengatasi stres sendiri.

    Ada baiknya, bila kita mulai telaten mengendalikan emosi pada situasi yang kurang mendukung. Sebab tekanan situasi yang membuat emosi bisa memicu stres yang ujung-ujungnya dilampiaskan dengan sikap yang tak terkendali. Perbuatan tidak lazim yang memenuhi hari-hari anda, bisa membuat kepala pusing saat menyadari keadaannya. Bubur tidak bisa lagi diubah menjadi nasi tetapi anda akan pusing sendiri dengan akibat yang timbul karena sikap yang tidak terkendali. Keadaan yang rumit ini bisa membuat seseorang tidak makan bahkan tidak mandi seharian, apalagi keramas rambut tidak lagi terpikirkan.

    Anda perlu mengatur ulang pikiran dengan kembali menujukan fokus kepada Sang Khalik. Membaca beberapa ayat firman Tuhan bisa membuka pikiran. Berdoa demi diri sendiri dan orang-orang yang bermasalah dengan anda dapat melegakan hati. Serta bernyanyi memuliakan Tuhan sambil beraktivitas dapat mengusir aura-aura stres yang kira-kira mulai membayangi hidup. Tentu saja, tidak lupa untuk melakukan kebaikan, kebenaran, keadilan dan tanggung jawab lainnya yang diemban dengan tulus penuh konsistensi dapat menjaga stabilitas kehidupan anda.

  12. Ketika ketombean menjadi bagian dari ujian.

    Saat masih kanak-kanak, adakalanya tubuh diserang oleh gangguan metabolisme yang merepotkan dimana salah satunya adalah rambut yang berketombe. Tidak perlu merasa terlalu takut karena kepala terus berketombe karena itu adalah bagian dari ujian kehidupan seorang anak. Yang terpenting adalah rajin-rajinlah (telaten) membersihkan kepala secara terjadwal (bisa sekali sehari, sekali dua-tiga hari), menurut kebutuhan masing-masing. Masa muda yang rentan penyakitan jangan dibawa risih, benci dan marah. Melainkan tetap tenang, bersikap positif dan sibuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar.

  13. Menggoyangkan kepala.

    Sesungguhnya aktivitas ini tidak ada hubungannya dengan ketombe. Tetapi sering sekali dikait-kaitkan dengan gatal-gatal di kepala yang ada hubungannya dengan salju aneh tersebut. Awalnya kegatalan ini bisa diprediksi karena kepala ketombean tetapi tidak demikian. Ada versi lain yang menyebabkan kegatalan kulit kepala karena terhambatnya aliran darah dari dan menuju ke kepala, menyisakan produk metabolisme yang menyebabkan gatal. Keadaan ini akan rentan dialami oleh orang-orang yang sedang dalam paparan kalium berlebihan. Oleh karena itu, menggoyangkan kepala dengan santai secara rutin dapat memperlancar aliran darah dan membuang sisa metabolisme tubuh dengan cepat ke hati-ginjal-saluran kemih tanpa harus diekskresikan melalui kulit kepala.

  14. Dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Susah membersihkan rambut jika aktivitas kita padat-merapat. Seperti saat mengejar deadline, hal-hal kecil yang sangat penting terabaikan karena sesuatu yang besar telah terpang-pang dalam angan masa depan yang belum bisa dipastikan. Tidak perlu fokus mengejar yang tidak pasti, melainkan kerjakan dan selesaikanlah terlebih dahulu apa yang pasti penting, seperti makan, minum, berolahraga, mandi dan keramas setelah berkeringat. Hal-hal ini memang kecil tetapi sangat menentukan nasib anda di masa depan. Apa gunanya cita-cita yang besar jika nasib anda buruk secara fisik (sakit-sakitan). Oleh karena itu, utamakan kebutuhan dan semoga saja keinginan yang lain-lain akan ditambahkan dalam daftar pencapaian hidup anda di masa depan.

Salam, Berketombe kadang
tak disadari oleh orangnya.
Jangan sampai
sibuk mencari uang
membuat kepentingan
yang bermanfaat bagi
diri sendiri tidak terselesaikan.
Bisa-bisa tubuh rapuh
di hari esok,
apalah gunanya!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.