10 Penyebab Ketombe Pada Rambut – Rambut ketombean mengapa ya?

Penyebab Ketombe Pada Rambut – Rambut ketombean mengapa ya

Hidup perlu bersih walau tidak harus super bersih. Artinya, bersihnya tidak berlebihan tetapi juga tidak kekurangan. Menjaga takaran bersih pada porsi yang lumrah disebut orang sebagai “potensi yang sedang-sedang saja” membutuhkan pengetahuan memadai dan pengalaman yang cukup. Semua itu akan kita peroleh seiring waktu berlalu karena kita belajar dari hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sesungguhnya untuk mempelajari diri sendiri mudah adanya tetapi waktu yang dibutuhkan agar kita memahami situasi yang kita alami terkadang butuh waktu lama. Tetapi, beruntunglah kita karena ada sarana dan prasarana yang membuat masyarakat mampu bertukar informasi, yakni buku, majalah, koran, media elektronik, media online dan lain sebagainya. Dengan demikian, diharapkan tiap-tiap orang bisa bertindak tepat pada waktu yang pas untuk masalah-masalah yang dihadapinya.

Kepala sebagai mahkota kerajaan pribadi terkadang tidak terurus karena kita sedang mengejar sesuatu yang lebih memukau hati. Apa lagi hal yang memukau hati selain keinginan? Tentulah keadaan ini langsung berhubungan dengan sesuatu yang bernilai yang disebut uang. Semua manusia mengejar uang kecuali anak-anak yang tidak paham tentang apa fungsinya. Dalam proses pengejaran inilah kita sering terjerembab karena terlalu terburu-buru, maunya cepat-cepat, kalau boleh langsung dapat, langsung kaya aja. Karena nafsu tinggi semacam inilah maka ada poin-poin penting kehidupan yang kita lupakan, salah satunya mungkin itu adalah soal lupa menjaga kebersihan rambut.

Defenisi – Ketombe adalah minyak dan sisa hasil metabolisme tubuh yang diekskresikan oleh kulit kepala dan telah menjadi kering.

Faktor yang menyebabkan rambut berketombe

Pasir putih dikepala adalah sesuatu yang tidak biasa sekalipun keadan itu sangat masuk akal. Pasir seharusnya tetap berada di pantai atau setidak-tidaknya berada di bawah kaki. Namun karena beberapa keadaan yang memungkinkan, adanya pengotor bisa saja timbul, baik secara internal maupun secara eksternal. Setiap penyebab yang kami sebutkan bisa dialami seseorang secara tunggal (dipicu oleh satu alasan). Tetapi tidak dipungkiri bahwa ketombe yang dialami seseorang merupakan akibat dari efek yang siatnya berganda atau multiple (dipicu oleh banyak sebab). Berikut ini akan kami jelaskan beberapa yang kami ketahui seputar topik tentang alasan mengapa rambut sering mengendapkan ketombe di masa dewasa.

  1. Sering berkeringat.

    Berkeringat adalah normal, merupakan sesuatu yang secara fisiologis dialami oleh semua orang. Keringat adalah sumber utama ketombe. Seandainya anda tidak berkeringat, mungkin tidak perlu khawatir dengan keadaan yang kurang menyenangkan ini. Tetapi bila anda merasa sering berkeringat maka kami sarannya untuk lebih sering membersihkan kulit kepala.

  2. Berkeringat di malam hari.

    Tubuh dan kepala berkeringat jarang di malam hari. Keadaan ini mungkin berhubungan dengan suatu gejala penyakit atau bisa juga karena suatu hal yang biasa tanpa efek samping. Berkeringat saat tidur lebih banyak menyisakan ketombe di bawah rambut karena keringnya di atas bantal. Posisi kepala yang melekat dengan permukaan bantal akan menghambat alirannya dan memperlama proses penguapan sehingga menimbun lebih banyak ketombe.

  3. Makan berlebihan.

    Mengonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya membuat aliran darah dipadati sari-sari makanan yang tidak terpakai. Beberapa bagian akan disaring melalui ginjal dan sebagian lainnya akan diekskresikan melalui keringat. Jadi bukan orang lain yang mengotori kulit kepala tetapi karena tindakan sendiri yang yang tidak terkontrol karena stres. Sebab beberapa aktivitas makan berlebih terjadi karena masalah-masalah yang sulit teratasi dalam kehidupan.

  4. Jarang mandi.

    Mandi itu enaknya saat panas hari, saat cuaca dingin beberapa orang ogah untuk bermandiria. Sekali sehari merupakan waktu yang paling minimal dan ada yang mandinya dua-tiga kali atau lebih dalam sehari. Ada aktivitas lumrah membersihkan rambut kepala saat mandi demi menekan jumlah ketombe. Tetapi ada juga kebiasaan yang tidak selalu membersihkan kepala saat mandi, terutama bagi mereka yang sering mandi.

  5. Keramas kurang bersih.

    Keramas yang dilakukan asal sudah karena memburu waktu untuk main game/ kerja/ belajar, bisa menimbun pasir putih tak bertuan di bawah batang rambut. Terkadang dibutuhkan keramas 2-3 kali atau lebih dalam sekali jalan, barulah salju aneh di kepala meluruh/ melembut/ terawas. Biasanya semakin lama rentang waktu antar keramas yang satu dan yang lain maka semakin banyak keramas yang dilakukan dalam sekali putaran/ sekali mandi.

  6. Menggunakan sampo yang tidak sesuai/ tidak cocok.

    Ada berbagai macam jenis sampo yang beredar di pasaran. Anda dapat melakukan pemilihan secara selektif menurut kebutuhan masing-masing. Menggunakan sampo yang melembutkan, menghitamkan dan mengkilaukan rambut untuk mengatasi ketombe jelas merupakan sebuah tindakan yang tidak akurat. Anda butuh jenis sampo yang memang dari pabriknya diciptakan khusus untuk membantu pelanggan membersihkan pasir putih bandel yang bersarang di bawah kepala.

  7. Menggunakan minyak rambut yang tidak sesuai.

    Biasanya minyak rambut digunakan saat santai atau saat bertamasya menikmati pemandangan. Ada juga yang menggunakannya saat ada acara penting yang diselenggarakan di waktu-waktu khusus. Menggunakan minyak rambut saat kerja terlebih bila pekerjaannya di luar ruangan dapat meningkatkan daya lekatnya dengan debu yang berterbangan. Sudah pasti keadaan ini akan berimbas pada peningkatan jumlah ketombe di atas kepala.

  8. Debu dan polusi.

    Pada dasarnya lingkungan yang menyimpan banyak debu dan polusi merupakan salah satu penyumbang endapan pasir putih yang bersarang di kepala. Menggunakan kendaraan/ sepeda motor tanpa helm, membuat debu-debu jalanan semakin cepat bersarang di bawah rambut. Keadaan ini akan mempertebal jumlah kotoran rambut kecuali anda rajin keramas.

  9. Rambut lebat-tebal.

    Pada satu sisi, rambut yang lebat itu indah karena bisa dibentuk menjadi berbagai macam gaya. Tetapi di sisi lain rambut tebal memiliki tingkat kesulitan yang cukup menantang bila hendak dibersihkan. Bila orang berambut tebal ini kurang semangat alias malas membersihkan kepala dan keramas asal sudah, maka sudah dapat dipastikan bahwa salju kotor di bawah rambut bertambah tebal pula.

  10. Rambut tanpa cukur.

    Orang yang tidak mau mencukur rambut sampai pendek, satu sisir adalah cewek tetapi ada juga cowok yang suka membuat rambutnya panjang. Anda perlu menyadari bahwa semakin panjang rambut, semakin tinggi potensinya untuk menyimpan pasir yang sok suci tapi bandel di bawahnya. Padahal, pasir putih pengotor kepala tersebut dapat menimbulkan banyak kerugian kecil sampai besar dalam hidup anda.

  11. dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Ketombe menimbulkan bahaya laten yang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Justru sebagian orang menyepelekan efek samping yang ditimbulkannya hingga kehidupannya terkesan negatif akibat ketiduran yang membengkak. Sadarilah bahwa semakin sering tubuh berkeringat maka potensi rambut berketombe menjadi lebih tinggi. Demikian juga halnya saat rambut tidak dicukur, kemungkinan untuk menyimpan ketombean semakin banyak. Artinya, semakin tebal dan panjang rambut anda maka perlu perawatan kebersihan yang lebih sering kecuali anda tidak sering berkeringat. Kenali diri sendiri, kenali keunikannya dan cari tahulah cara-cara penanganan yang diperlukan. Agar tidak terjadi hambatan yang cukup riskan karena topi berbulu hitam tersebut kurang terawat!

Salam, Keringat esensi
yang tidak diperlukan tubuh
yang bila mengering
bisa berubah jadi
ketombe yang tidak
diinginkan oleh siapapun
karena merugikan
orang yang mengalaminya
walau kadang ruginya
tidak disadari
oleh yang bersangkutan
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.