+10 Arti Pemenang Sejati

Pada satu masa, semua orang ingin menang tetapi mereka belum siap kalah. Orang-orang berlomba memperebutkan puncak yang diasimilasikan sebagai kesuksesan, padahal hanya sebatas peristiwa yang akan segera berlalu dan terlupakan. Tidak ada yang bisa memiliki tropi yang sesungguhnya sebab masing-masing mengejar dunia dalam kesia-siaan. Apalah artinya sebuah pertandingan jika hadiahnya tidak dibawa sampai kehidupan kekal? Berikut ini beberapa pengertian singkat dari kemenangan yang hakiki.

  • Pemenang sejati adalah orang yang tidak sombong saat menang dan tidak dengki saat kalah.Pemenang sejati adalah orang yang tidak memuji kemenangannya dan tidak mengejek kekalahan orang lain.
  • Pemenang sejati adalah orang yang tetap tenang saat menang namun tidak kesal saat kalah.
  • Pemenang sejati adalah orang yang tidak tertawa saat menang dan tidak menangis saat kalah.
  • Pemenang sejati adalah orang yang tidak berlebihan saat menang dan tidak merasa kekurangan saat kalah.
  • Pemenang sejati adalah orang yang tidak tahu kapan menangnya dan kapan kalahnya tetapi selalu siap menghadapinya kapanpun itu datang.
  • Pemenang sejati adalah orang yang menyanjung kemenangan lawan dan mendiamkan kekalahannya.
  • Pemenang sejati adalah orang yang selalu bisa bersenang-senang karena persepsi yang positif saat dirinya kalah maupun saat dirinya menang.
  • Pemenang sejati adalah orang yang mau mengalah secara elegan demi kemenangan orang lain.
  • Pemenang sejati adalah orang yang rela kalah dengan cantik demi kemenangan orang lain (ekonomi sandiwara).
  • Pemenang sejati adalah orang yang terbiasa bersikap positif, baik saat menang maupun saat kalah. Karena dirinya telah terlebih dahulu mengalami banyak kemenangan maupun kekalahan dan sudah terbiasa dengan hal-hal tersebut.
  • Pemenang sejati adalah orang yang tetap bahagia saat kalah maupun menang. Karena menyadari bahwa masih banyak nikmat lainnya yang dikaruniakan Allah kepadanya.
  • Pemenang sejati adalah semua orang yang siap untuk menang dan kalah karena demikianlah hidup selalu bergonta-ganti.
  • Pemenang sejati adalah orang yang merasa tidak ada bedanya antara kemenangan maupun kekalahan karena semuanya itu bagian dari pekerjaan yang merupakan gabungan dari proses kehidupan.

Menang atau kalah tidaklah penting sebab yang lebih pentingnya lagi adalah keadilan sosial bagi seluruh masyarakat. Ketika ada kesetaraan dalam hal-hal besar (pengetahuan, pendapatan dan kekuasaan), maka ada damai dan rasa aman di antara manusia. Sebab tidak ada bahan rebutan yang harus diperjuangkan sampai mengorbankan diri maki-makian, pukul-pukulan hingga mati-matian. Semua pihak akan mencicipi kemenangan dan kesuksesan secara bergilir-bergantian pada masanya tanpa terkecuali.

Tidak mudah agar seseorang bisa menjadi pemenang sejati. Butuh proses yang mungkin memakan waktu lama agar kesejatian itu menjadi milik seseorang. Mungkin momen pertama kali memenangkan kejuaraan besar membuat sikapnya terkesan berlebihan karena terkejut memecahkan kesenangan yang selama ini terkungkung. Akan tetapi itu hanya terjadi di awal-awal, jauh setelah itu ia akan belajar menjadi pemenang sejati yang tetap tenang dan biasa saja menghadapi panggung bintangnya. Pola perubahan respon semacam ini kadang tidak disadari oleh orang tersebut karena merupakan proses yang terjadi secara alami yang telah, sedang dan akan dialami oleh semua orang.

Saat bermain game, kita mencicipi kemenangan dan kekalahan. Tentu saja lebih banyak menangnya daripada kalahnya. Kalau yang terjadi sebaliknya pastilah permainan tersebut segera ditinggalkan. Pada akhirnya seorang gamers sejati akan menganggap bahwa kemenangan dan kekalahan sama saja karena terjadi silih berganti selama manusia hidup di muka bumi ini. Salam….!

2 comments

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.