7 Manfaat Kartu Prakerja

Manfaat Kartu Prakerja

Kartu prakerja digelar oleh pemerintah sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat yang masih dalam proses mencari pekerjaan. Mereka yang baru lulus kuliah bisa mendaftar untuk memperoleh subsidi ini, terlebih lagi bagi orang-orang yang masih belum kerja setelah lama menganggur. Program ini diusung oleh pemerintah semenjak bulan April tahun 2020. Ini tentunya sangat membantu angkatan muda yang masih malang-melintang ke sana ke mari untuk melamar pekerjaan. Terlebih bagi mereka yang notabene membutuhkan modal usaha agar mampu memulainya sesegera mungkin. Tidak ada orang yang tidak terbantukan dengan program ini, dimana diharapkan pengguna membelanjakannya tepat sasaran.

Jelas bahwa, bila dilihat dari segi jumlah: masih lebih kecil daripada gaji seorang pegawai terendah. Namun ada makna manfaat yang cukup besar dibalik pembagian kartu tersebut. Bila kita perhatikan berbagai tawaran bisnis melalui dunia maya akan menemukan berbagai macam jenis bisnis yang orientasi pelanggannya ditemukan secara online. Dari semua perbandingan yang dilakukan, masing-masing usaha memiliki ciri khas yang sama, yaitu membutuhkan modal awal yang cukup besar. Sesuatu yang nominalnya bisa saja berbeda jumlahnya dari usaha yang satu dengan usaha lainnya. Biasanya angkanya berada di atas satu jutaan untuk setiap jenis usaha.

Faedah kartu prakerja

Kartu sederhana ini sangat dibutuhkan oleh siapa saja, tetapi khusus prakerja, hanya bagi mereka yang belum menemukan tempatnya mencari nafkah. Mungkin orang lain yang bekerja di bidang yang masih belum memberi penghidupan yang layak, masih boleh memilikinya. Orang-orang yang kerjanya tidak di bawah naungan pemerintah dan swasta melainkan hanya bekerja secara serabutan. Pastinya soal uang: pekerja atau bukan selalu membutuhkannya. Itulah yang bisa menjadi masalah, yang banyak diperebutkan orang di berbagai belahan dunia, kecuali bagi masyarakat yang sudah hidup di bawah undang-undang pembagian sumber daya yang adil. Berikut akan kita bahas bersama manfaatnya dan manfaat yang lebih tepatnya seperti apa.

  1. Manambah keahlian pekerja.

    Sepengetahuan kami, ada dua macam dana yang disediakan oleh pemerintah. Dana pertama otomatis ada sesaat setelah mendapatkan kartu. Sedangkan dana ke dua berupa insentif tiap-tiap bulan yang pemberiannya setelah mengikuti pelatihan. Dana pertama yang jumlahnya lumayan besar inilah yang digunakan oleh pekerja untuk membeli pelatihan online (webinar) sesuai dengan bidang dan minatnya masing-masing. Ada beberapa perusahaan (Tokopedia, Bukalapak, Mau Belajar Apa, Cari Ilmu dan lain-lain) yang telah bergabung bersama Kemenakertrans untuk menyediakan seminar online yang bisa diakses melalui aplikasi meeting yang tersedia di Google Play. Ini sangat membantu para pencari kerja untuk meningkatkan skil yang dimiliki sesuai dengan bidang masing-masing.

  2. Menambah sertifikat yang diperoleh.

    Pelatihan online yang diikuti bisa memakan waktu beberapa jam bahkan beberapa hari. Memang ada pelatihan yang selesai dalam sekali pertemuan tetapi ada juga pelatihan yang selesainya setelah dua, tiga kali pertemuan atau lebih. Paling lambat tujuh hari setelah seminar selesai, pekerja yang hadir, telah mengikuti test dan memberikan review akan mendapatkan sertifikat online. Pastinya sertifikat ini bisa di cetak/ unduh untuk dilampirkan saat mengirim surat lamaran ke berbagai perusahaan yang diminati. Semoga saja bisa menambah nilai anda saat dipertimbangkan oleh HRD agar bisa diterima bekerja diperusahaan yang selama ini diidam-idamkan.

  3. Membeli perlengkapan untuk melamar kerja.

    Melamar kerja adalah proses yang lumayan merepotkan. Ada lulusan baru (fresh graduate) yang jadi grogi saat bertemu dengan staf SDM perusahaan. Akan tetapi, semakin banyak pengalaman bertemu dengan calon atasan, semakin terbiasa menghadapinya. Dalam artian, rasa gugup yang diawal-awal kemarin sudah tidak ada lagi. Ada beberapa keperluan tetap yang disediakan oleh pekerja agar layak menghadapi proses seleksi di suatu instansi. Tentunya yang pertama adalah pengetahuan tentang potensi diri sendiri dan wawasan tentang perusahaan yang dimaksud. Selain itu ada juga kebutuhan lain seperti pakaian, alat tulis dan transportasi. Anda bisa mengoleksi semua perlengkapan tersebut dari pasar atau mall/ supermarket terdekat dengan menggunakan insentif yang diberikan oleh kartu prakerja.

  4. Belanja sembako.

    Tidak tertutup kemungkinan untuk menggunakan insentif yang diberikan setelah mengikuti beberapa pelatihan, untuk belanja sembako. Mungkin anda bisa turut membantu orang tua dalam menanggulangi beberapa biaya rutin pengeluaran bulanan. Tentunya tidak ada larangan dari pihak pengelola kartu prakerja bila yang bersangkutan menggunakan uangnya belanja sembako. Tetapi pastikan anda melakukan ini setelah terlebih dahulu memenuhi keperluan biaya pencarian ladang kerja yang baru.

  5. Belanja barang IT (teknologi).

    Tidak ada yang bisa menolak betapa kerennya model-model smartphone terbaru saat ini. Atau ada barang elektronik lain yang menjadi buruan anda seperti mp4, power bank, headset wireless anti air dan laian sebagainya. Dari iklannya saja sangat menggoda, semakin tinggi harganya, makin menawan dan makin banyak fitur yang ditawarkannya. Boleh-boleh saja, sebab ini juga merupakan kebutuhan sekaligus hiburan selama menjalani hari di rumah (#dirumahaja). Hanya saja perlu lebih panjang sabar sebab insentif yang diterima tidak sekaligus banyak, namun setelah dikumpulkan selama tiga-empat bulan sudah bisa membeli barang bagus itu. Di atas semua keinginan anda, pastikan ini dilakukan setelah biaya perlengkapan, pencarian dan investasi pada wahana kerja baru telah anda lakukan.

  6. Balanja paket internet.

    Tentunya di zaman teknologi canggih seperti sekarang ini, kuota internet sangatlah dibutuhkan. Bahkan beberapa pendapat menyebutkan bahwa biaya internet yang kita habiskan tiap-tiap bulannya merupakan suatu investasi masif yang hasilnya kelak akan diterima. Panen investasi tersebut tentunya tidak secara otomatis dikirim ke akun bank anda, melainkan perlu memainkan beberapa aplikasi di smartphone yang disayang-sayang. Ada banyak aplikasi yang dapat menghabiskan kuota anda, mulai dari game, menonton video, memainkan musik, membaca berita. Ada juga aplikasi kesehatan dan kebugaran, aplikasi sosial media dan masih banyak aplikasi lainnya.

  7. Membuka usaha sendiri (berwirausaha).

    Daripada mengidam-idamkan perusahaan ternama namun di tolak terus sampai belum bekerja selama beberapa tahun. Lebih baik buat usaha sendiri berdasarkan kemampuan yang anda miliki. Seperti yang kami lakukan dengan mulai menulis di blog, maka anda pun dapat memanfaatkan bakat anda untuk bekerja secara online.

    Bila anda punya hobi fotografer, bisa membeli paket premium di wordpress agar dapat menampung karya sekaligus mendapatkan sesuatu dari sana. Atau bagi mereka yang pintar desain grafis, dapat bergabung di situs-situs tertentu yang mengoleksi karya sejenis dan mendapatkan imbalan yang pas.

    Bagi anda yang hobi jualan, bisa menjadi reseller atau membuka toko online sendiri. Setahu kami, untuk skala kecil (perorangan) menjadi reseller sudah pas untuk anda. Namun bagi mereka yang bisa kongsi-kongsian: dana prakerja juga bisa untuk membuka toko onlinenya mereka sendiri.

    Inilah manfaat utama dana prakerja. Anda dapat menggunakannya untuk berwirausaha di dunia maya. Tidak perlu lagi capek-capek keluar masuk kantor HRD untuk melamar kerja di tempat yang asing. Dari rumah sendiri pun anda dapat bekerja secara online dan dibayar layaknya pekerja kantoran.

    Bahkan bisa jadi, game yang disukai dan sering anda mainkan pun dapat menjadi lahan pekerjaan. Mampu mencatat kinerja anda yang mungkin lebih lama bermain dibandingkankan pekerja kantoran (lebih dari delapan jam per hari) karena saking asyiknya terhadap permainan tersebut. Coba investasikan dana prakerja yang anda terima pada game tersebut maka lihat apa yang akan terjadi beberapa bulan atau tahun setelahnya.

  8. Dan lain sebagainya, silahkan cari dan temukan sendiri.

Kesimpulan

Ada banyak kewirausahaan yang ditawarkan di internet tetapi satu hal yang kurang adalah ketegasan dan kejelasan dari pemerintah tentang status usaha tersebut. Kita berharap pemerintah membuat semacam regulasi yang mengatur dan memandu setiap pekerja agar dapat bekerja secara online menurut bakat dan bidangnya masing-masing. Di atas semuanya itu, jika hendak berinvestasi menggunakan dana prakerja, upayakan untuk memfokuskan seluruh aset anda kepada satu bidang saja agar hasilnya segera bersinar.

Kita patut bersyukur kepada Tuhan atas berkat-berkat-Nya dalam kehidupan ini. Kita juga perlu berterimakasih kepada Pemerintah karena program kartu luar biasa yang telah dicanangkan dengan baik. Tidak perlu mendahulukan biaya kebutuhan rutin dari insentif yang diterima; bukankah itu sudah ditanggulangi oleh orang tua. Juga tidak perlu mendahulukan nafsu terhadap kemilau barang-barang cantik berteknologi tinggi, sebab semuanya itu pasti dapat diraih kelak. Yang utama dan yang sangat perlu anda lakukan adalah mencari dan menemukan lahan investasi dari insentif Kartu Prakerja yang telah diterima. Ada banyak perusahaan online yang menawarkan pekerjaan untuk anda, biasanya ini diiklankan menurut minat anda, berinvestasilah di sana. Bahkan mungkin saja bila anda menginvestasikan total 4/5 bulan insentif tersebut dengan membeli item game yang disukai, dapat menawarkan anda pekerjaan dengan bermain game.

Salam, Sukses bekerja online
butuh modal dan waktu.
Prakerja telah menyediakan modalnya
sedang prosesnya memakan waktu
yang perlu dilalui dengan sabar
dan tetap berjuang
sesuai minat masing-masing
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.