Cara Memilik Gaji Setara Dengan Pemerintah Dengan Meninggalkan Pekerjaan Konvensional

Cara Memilik Gaji Setara Dengan Pemerintah Dengan Meninggalkan Pekerjaan Konvensional

Akan jadi masa lalu bahwa pekerjaan yang diidolakan oleh kebanyakan masyakat adalah berada di kantor pemerintah. Memang ini bukan hanya sekedar mitos belaka, sebab orang-orang yang menjadi pegawainya sangat berkecukupan bahkan bisa dikatakan memiliki kehidupan yang lebih layak dari masyarakat lainnya. Terlebih ketika mereka hanya mengandalkan pertanian dan peternakan dengan sistem kerja yang tidak jelas. Pasti memiliki kinerja yang kalah jauh dengan orang-orang yang bekerja dalam pemerintahan. Jadi, sudah pasti bahwa pendapatan pekerja konvensional ini pun sangat kecil dibandingkan dengan para pekerja modern yang tersistem.

Saat kita berbicara tentang keadilan sistem dalam membagi sumber daya, perlu meninjau kembali kinerja masing-masing. Apakah tiap-tiap orang sudah berkontribusi terhadap kemajuan sistem atau setidak-tidaknya terhadap kemajuan dirinya sendiri. Lewat aktivitas yang berkembang inilah, kinerja setiap penduduk dapat dikoleksi secara akurat. Demi keadilan, tidak ada pekerjaan yang lebih didewakan dari pekerjaan yang lain. Tetapi yang kebanyakan terjadi adalah kinerja tiap-tiap orang tidak tercatat oleh sistem. Akibatnya hanya mereka yang kinerja dan jam kerjanya jelas saja yang makmur, sedangkan orang dengan kinerja tidak jelas hanya mendapat jatah “belas kasihan” yang kadang penyebutannya dihinakan sebagai “bantuan.” Padahal sebenarnya itu adalah hak setiap warga! – itulah sekilas ceritanya di zaman dulu.

Masyarakat zaman sekarang sangatlah beruntung: kita patut bersyukur kepada Tuhan karena karunia tersebut. Sudah ada internet yang menyatukan dan mengintegrasikan segala sesuatu dalam satu perangkat canggih yang disebut smartphone/ komputer/ laptop. Ini membuat tiap-tiap orang mampu mencatatkan kinerjanya langsung ke dalam sistem seberapa pun itu. Akan diketahui jenis dan masa aktivitas yang digeluti sehingga tidak ada pekerjaan yang tidak terpantau. Jam-jam kerja yang dihabiskan untuk menyelesaikan tugas-tugas telah tercatat dengan baik yang dapat dibandingkan dengan semua orang. Dimanapun pekerja berada di seluruh negeri, apa yang dilakukannya dapat dihitung untuk menambah poin kinerja sehingga berkontribusi terhadap penerimaan penghasilan yang lebih baik layaknya seorang pegawai negeri.

Pendokumentasian kinerja yang telah membaik membuat sistem yang berkeadilan dapat dijalankan dengan semestinya. Tidak ada lagi yang malas-malasan karena sitem telah menempatkan tiap-tiap orang menurut kemampuan diri masing-masing. Mereka yang memiliki potensi dapat bekerja menurut kemampuannya untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Pekerjaan online yang digeluti tidak hanya satu macam saja, melainkan ada bermacam-macam aplikasi yang mendukungnya. Mulai dari pekerjaan sebagai gamers, peserta survei, pembaca berita, menonton video, membuat konten (gambar, tulisan, rekaman audio, video, dan lain-lain). Bahkan ada juga aplikasi kesehatan dan kebugaran (misalnya aplikasi pedometer) yang dapat menghasilkan sesuatu jika tugas-tugasnya terpenuhi.

Hanya saja, perlu dipahami bahwa pekerjaan online tidak instan. Pada bagian inilah banyak orang yang merasa bermasalah karena menggelutinya. Sebab bisnis di bidang online tidak langsung jadi dalam dua-tiga malam. Melainkan perlu menunggu selama bertahun-tahun sampai usaha kita mendapat respon yang positif dari sistem. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda menggeluti pekerjaan konvensional terlebih dahulu sebelum aplikasi yang dimiliki mencapai perkembangan yang dapat membuat anda sukses. Bagi yang baru tamat sekolah, silahkan lanjutkan kuliah: setelah tamat kuliah, bertahanlah di samping orang tua selama beberapa waktu sampai aplikasi smartphone tersebut menghasilkan pundi-pundi rupiah. Usaha anda yang bekerja dalam kehampaan (tanpa gaji) selama bertahun-tahun tidak akan sia-sia bila tahu bahwa penghasilan yang diperoleh kelak sudah setara dengan pegawai pemerintah.

Lantas, apa bedanya bekerja di kantor dengan bekerja secara online? Bisa dikatakan bahwa hampir tidak ada bedanya. Hanya saja, pekerjaan nyata yang melibatkan kelelahan fisik akan dipersingkat waktunya atau mereka yang menggelutinya di tempatkan secara bergilir (sistem kerja shift). Ini bisa menjadi upaya untuk mengimbangi kinerja agar tidak ada pekerja dengan pendapatan yang tak terlampaui. Sekali pun ada orang cerdas dengan kinerja tinggi yang bisa melakukan banyak hal, bukan berarti pendapatannya dapat mengganda 2, 3, 4 sampai 5 kali lipat dari yang lain. Tetapi perbedaan pendapatan yang diperoleh hanya berada pada kisaran beberapa persen saja. Kinerja tinggi bisa diartikan sistem sebagai jam kerja panjang dan mampu menuntaskan lebih banyak tugas dari berbagai aplikasi dalam sehari.

Jangan harap bahwa zaman sekarang ada orang yang malas sehingga hanya mau dan mampu mencapai kinerja standar. Apa yang secara umum dapat dicapai orang lain, dapat pula dicapai oleh semua manusia. Kecuali manusia yang kita maksud adalah robot komputer yang dapat melakukan banyak hal dalam satu waktu. Tidak ada kemalasan selama orang menyadari bahwa aktivitasnya berkontribusi dengan kesehatan badan luar dan dalam. Siapa lagi yang mau bermalas-malasan bila mengetahui bahwa pekerjaan dapat membuatnya panjang umur? Malas bekerja itu aktivitas jadul (zaman dulu), orang-orang sekarang hanya suka malas bila berhubungan dengan gerakan melakukan kejahatan.

Terlebih lagi ketika manusia disuruh bekerja bukan untuk mendukung/ mensuport pekerjaan orang lain. Akan mulai berkurang yang bekerja untuk membantu perusahaan orang lain mencapai puncak suksesnya. Sebab masing-masing orang dapat membuka usahanya sendiri alias berwirausaha lewat dunia maya. Mereka yang lihai menulis, belilah blog pribadi dan torehkan apa yang ada di dalam pikiran di sana. Bagi yang suka berfoto dan mengedit foto (desain grafis), tempelkan karya anda dalam blog premium untuk dipamerkan. Mereka yang hobi menyanyi, membuat tutorial dan membuat video, cantumkan hasil karya anda dalam kotak tivi online yang tersedia. Lakukan aktivitas kreatif tersebut secara terjadwal tanpa jeda yang terlalu lama agar suatu saat kelak di tahun-tahun berikutnya, bisa memanen pundi-pundi rupiah dari perusahaan online yang dibangun dengan jerih lelah.

Bagi orang yang kreatif, tidak perlu takut kehabisan ide. Yang terpenting bagi sistem adalah anda bekerja setiap hari mengkreasikan, mengkolaborasikan dan mengadaptasikan berbagai hal dari berbagai sumber. Orisinalitas ide tidaklah penting: yang utama adalah anda melakukan “copy writing” dan bukannya “copy paste.” Perbedaannya adalah “copy paste” dilakukan oleh mesin komputer/ robot yang hasilnya 100% sama dengan aslinya. Akan tetapi, “copy writing” merupakan penyalinan secara tidak langsung oleh seseorang dengan melakukan beberapa perubahan. Perubahan yang dimaksud di sini bisa jadi adalah perubaha sudut pandang, sinonim, antonim, jenis/ macamnya, warna, bahan, sasaran, lokasi, fokus dan lain sebagainya. Perusahaan kreatif anda tidak butuh popularitas untuk perkembangannya tetapi butuh kerja keras, ketekunan dan kesabaran sampai memberi hasil yang gajinya mirip-mirip dengan pekerjaan di perusahaan pemerintah/ swasta.

Kesimpulan

Zaman sekarang, untuk apa uang yang lebih banyak? Haruskah anda melihat keluarga lain lebih kecil pendapatannya baru bisa bahagia? Sampai mewah dan megahkah materi baru membuat anda senang? Sadarilah bahwa senang pun bisa kita capai saat hati tertuju kepada Tuhan sambil menjalani aktivitas sehari-hari. Jadi tidak perlu merasa lebih berpengaruh dan lebih berhak dari sesama: justru kalau kita setara dengan semua orang jadi lebih luwes di dalam bermasyarakat. Tentu saja perlu dipahami bahwa pendapatan tiap-tiap keluarga memang setara tetapi keluarga yang lebih tua selalu terlihat lebih makmur daripada keluarga muda. Itulah perbedaannya namun siapa pun bisa mencapai taraf kehidupan yang lebih baik setara dengan keluarga yang sudah sejahtera duluan.

Mulailah rencanakan hidup anda di masa depan untuk meninggalkan sistem pertanian dan peternakan yang kerjanya tidak tersistem dan terkoordinir dengan baik. Milikilah smartphone lalu instal beberapa aplikasi yang dapat menghasilkan sesuatu. Mungkin aplikasi tersebut sejenis game, membaca berita, menonton video dan lain sebagainya. Sedang bagi kreatif dan ingin memiliki perusahaan sendiri: milikilah blog dan beli paket premium khusus pekerja lepas. Masukkan karya-karya anda ke dalam kanvas digital secara rutin tanpa kenal bosan dan tanpa kenal lelah. Sabarlah menunggu sampai pihak pengiklan merestui kegigihan anda. Tetaplah berjuang sekalipun di awal-awal masih tidak ada hasil. Milikilah pengharapan yang teguh, bahwa setelah bertahun-tahun kemudian anda akan terkesima dengan hasilnya yang membuat taraf hidup setara dengan pegawai pemerintah.

Salam, Rencanakan untuk meninggalkan
pekerjaan konvensional
mendaftarlah dalam sistem kerja online.
Tunggu sampai memberikan hasil
sehingga anda dapat benar-benar
mampu meninggalkan
pekerjaan konvensional
yang telah digeluti terlalu lama
namun tidak memberikan hasil
yang memuaskan
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.