Hari Ini Tahun Baru Tetapi Tidak Semuanya Baru

Logika berpikir manusia sifatnya luas. Sebab suatu esensi bisa diartikan dalam berbagai substansi berdasarkan jalur-jalur pemikiran yang berbeda-beda. Pada satu keadaan saja, kita tidak hanya mengenal satu pengertiannya. Melainkan ada berbagai arti yang bisa kita jabarkan hanya dari satu peristiwa saja. Terlebih lagi saat-saat dalam hidup ini, kita alami dalam berbagai situasi, pengertian yang dikandung hati pun menjadi sangat kaya. Di tengah banyaknya persepsi yang dapat digali, dapat pula kita menarik garis lurus pemahaman yang bisa mewakili semuanya. Beberapa kesamaan pola bisa dijabarkan dari berbagai kejadian yang dialami dari waktu ke waktu. Keanekaragaman cara pandang dan universalitas konsep kehidupan semakin memperkaya wawasan yang dimiliki tiap-tiap orang.

Melangkah masuk ke rumah teman yang baru, berkendara di jalur yang baru dibuka, melangkah ke tempat kerja yang baru dan membuka halaman website yang baru ditemukan. Semuanya itu tidak serta-merta mengubah kehidupan kita. Rangkaian situasi yang baru pertama kali dialami tidak bisa mengubah hidup secara nyata. Kecuali kita sengaja dan secara sadar melakukan suatu tindakan pembaharuan. Atau mungkin kita hanya ikut-ikutan secara sadar atau tidak sadar dalam hal-hal baru yang dimulai oleh orang lain dan sistem yang menaungi kita. Jika itu memang sudah jalan hidup kita maka turuti saja dan nikmatilah! Sebab dalam kebiasaan modern selalu ada perayaan sederhana untuk pembaruan semu yang dikenal sebagai tahun baru.

Menelusuri jalan-jalan lebar yang panjang, masuk ke tempat-tempat keramaian, duduk di meja saji yang ramah, menikmati tontonan yang berbeda tapi seru dan kegiatan lain ada-ada saja. Sejauh mata memandang: hanya sablon toko-toko yang berubah, ucapan dinding di lembaga publik berganti, kalender di rumah-rumah digeser, kertas offline dan online menampilkan pergerakan yang konsisten. Selebihnya gerakan perubahan instan tidak terasa lagi. Memang ada yang berubah dari tahun lalu namun semuanya itu hanya berada dalam skala kecil atau lebih populer dikenal sebagai transformasi hal-hal kecil. Namun tidak demikian dengan hal-hal besar: seperti pembangunan dari berbagai aspek yang terus berjalan dan tidak harus selesai di tanggal paling muda tahun ini.

Di awal tahun yang indah ini, gorden jendela, tirai pintu, sprei, selimut dan segala sarung bantal dicuci baru. Anda bisa saja membuat potongan rambut baru, ditata dengan model terbaru, warnai dengan pelangi baru. Bahkan stelan, sepatu, tas sampai pakaian dalam pun telah baru semua: tetapi bukan baru dibeli, melainkan baru dicuci. Tidak perlu mewah agar bisa mengikuti pembaruan tahun. Yang sudah lama dan telah disimpan dalam waktu yang sangat jauh ke belakang jarang dipakai selama ini. Akan terlihat baru anda beli di awal tahun ini, bahkan mungkin anggota keluarga pun mempertanyakan hal tersebut. Begitulah dunia berjalan berputar-putar dan yang telah diproses oleh garam deterjen akan dianggap sebagai sesuatu yang baru. Tahukah anda bahwa segala sampah dan kotoran bumi yang masuk ke laut akan dibersihkan dan dihancurkan oleh garam? Lalu pemerintah rajin sekali melakukan pengayaan dari mineral lautan untuk dijadikan berbagai bahan jejualan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Ahh…. Sudahlah membahas tahun baru terus tetapi nyatanya terus saja karatan di rumah: dari pagi sampai petang nggak keluar-keluar! Bagaimana bisa merasakan sesuatu yang baru? Jika anda pun seperti kami yang ikut-ikutan trend pandemi yang digalakkan pemerintah yang lebih populer dengan istilah “di rumah aja!” Bisa jadi anda mungkin di rumah terus karena mengalami sakit-penyakit atau mungkin juga hanya kebetulan, lagi kurang beruntung. Ada beberapa alasan, mengapa orang-orang mengalami nasib naas: mungkin karena kecopetan, ketelodoran dalam berbelanja, stres yang membuat belanja kumat, sedang tidak bekerja (pengangguran) dan bisa jadi juga karena bekerja tanpa imbalan (mengikuti proses kehidupan). Apapun yang anda alami, anda tetap bisa jalan-jalan ke luar kota, ke ibu kota, ke tempat-tempat populer, ke luar negeri, ke padang gurun bahkan ke luar angkasa sekalipun! Silahkan menonton film, baik yang ada di televisi maupun yang disediakan gratis lewat fasilitas “internet unduh konten.” Simak juga teman, Cara asyik mengunduh film dari internet.

Kesimpulan

Hari ini tahun baru tetapi tidak segalanya dalam hidup kita adalah benar-benar baru. Tidak perlu berlebihan, kue tahun baru legit yang ringan dan gembur sudah cukup untuk melambangkan pembaharuan semu di tanggal paling muda tahun ini. Proses barang-barang yang anda sukai dengan garam deterjen agar kembali baru lagi: baik tampak warna maupun dari segi wanginya. Sebab demikian juga garam alam memproses kotoran dunia, lalu insinyur teknik dalam industri sintetis mengekstrak dan mengubah mineral lautan untuk kembali dijadikan bahan jejualan yang dibutuhkan oleh setiap insan. Sebaiknya, lakukan perjalanan akhir tahun bersama keluarga. Tidak perlu cemas dan merasa sedih kalau biayanya masih belum cukup, anda bisa menelusuri indahnya perjalanan di tempat-tempat eksostik di seluruh dunia dengan menikmati karya seni yang tersaji di depan televisi, smartphon, laptop atau komputar yang dimiliki.

Salam, Pembaruan itu selalu terjadi
hanya saja kadang-kadang
kita menyadarinya
tetapi kadang juga
tidak menyadarinya
!
Sekalipun pembaruan
diawal tahun ini
hanya dalam hal-hal kecil
tetapi kita menyadari
dan turut ambil bagian
dalam proses
positif tersebut.
Itulah nikmat yang
bisa jadi tak pernah
terbayangkan sebelumnya
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.