Selamat Tinggal Tahun 2020

Selamat Tinggal Tahun 2020

Hari tidak berhenti berputar, matahari tidak berhenti terbit dari timur dan selalu tenggelam di ufuk barat. Tak terasa sudah tiga ratus enam puluh lima hari berlalu (kurang lebih) dan tak kembali lagi. Putaran yang sangat banyak namun rasanya sekejap saja bila anda masih ingat hari terakhir di tahun dua ribu sembilan belas. Hari yang cukup banyak jika orang-orang menghitungnya dengan jari sambil berjejeran di jalanan kota. Cukup banyak juga kejadian yang telah kita alami, sekalipun demikian, sebagian besar telah dilupakan. Hanya yang tinggal adalah sisa-sisa memori kenangan yang sangat manis atau sangat pahit dari masa lalu yang jumlahnya hampir bisa kita hitung dengan jari.

Tahun 2020 adalah seremonial kehidupan yang mewarnai aktivitas sehari-hari. Tidak banyak hal yang berubah karena pergantiannya, hanya segala sesuatu yang berhubungan dengan soal-soal administrasi yang mengikuti perubahan angka-angka ini. Bagi mereka yang menggunakan penanggalan tahun jenis lain yang memiliki standar berbeda: justru tidak merasakan peralihan apa pun. Semua seremoni akhir tahun ini hanyalah ketetapan yang disepakati oleh para pendahulu kita, semata-mata untuk menambah warna kehidupan dan meramaikan sektor perdagangan. Memang ada beberapa orang yang merasakan pergerakan hidup yang sangat intens di tahun ini. Sedangkan keluarga lain mungkin landai saja: tidak maju atau mundur; asal tidak jatuh sama sekali.

Progresivitas hidup yang paling membahagiakan biasanya bukan karena suatu perencanaan matang. Sebab apa yang direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya sudah dipersiapkan dengan baik oleh mereka yang bertanggung jawab untuk itu. Jadi nikmatnya mencicipi perjuangan yang telah ditorehkan sifatnya biasa saja karena prosesnya sangat jelas di depan mata. Akan tetapi, momen yang paling mengesankan untuk dijalani adalah ketika keberuntungan hinggap tanpa disangka-sangka. Suatu hal yang tidak diketahui dan tidak pula direncanakan sebelum-sebelumnya. Tiba-tiba rejeki nomplok tumpah ruah di depan mata: inilah momen 2020 yang mungkin membuat haru-biru kehidupan lebih joss dari tahun-tahun sebelumnya bahkan setelahnya.

Sangat beruntung orang yang menapaki kaki di akhir tahun ini tanpa sedikit pun rasa menyesal di dada. Bukan mengapa orang sering menyesali dirinya: mungkin karena sesuatu yang sangat ingin dicapai namun tak terlampaui. Mungkin ada sesuatu yang ingin dilakukan namun tak terwujud karena berbagai alasan. Bisa jadi penyesalan muncul karena sifat kawan yang tidak pernah diduga sebelumnya. “Tidak segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita sesuai dengan yang kita inginkan.” Hampir semua orang memahami pola hidup yang satu ini. Jadi, tidak perlu terlalu terbeban dengan kenyataan yang sudah terjadi. Yang terpenting adalah kita sudah melakukan apa yang menjadi bagian kita. Apa yang menjadi tanggung jawab kita laksanakan semaksimal mungkin. Hanya orang ikhlas yang bersandar kepada Tuhan mampu menerima pahit-manis kenyataan meski sudah berjuang dengan sepenuh hati.

Sangat bagus mereka yang mampu meninggalkan tahun dua ribu dua pulu tanpa sedikitpun rasa bersalah. Memang jelas bahwa tidak ada orang yang bisa bebas dari dosa. Ada-ada saja ketelodoran kecil yang kita lakukan dalam keseharian yang dijalani. Namun tidak membiarkan hal-hal salah tersebut begitu saja tanpa melakukan apa-apa. Jika memang diperlukan, minta maaf kepada sesama perlu ditindaklanjuti. Tanpa melupakan esensi awal yang perlu diraih, yaitu memohon ampunan dari Tuhan. Tidak enaknya hari-hari yang dirundung rasa bersalah membuat hati janggal saat-saat kejadiannya teringat. Rasa takut dan cemas bisa muncul secara tiba-tiba karena dosa yang dilakukan seperti bersaksi melawan diri sendiri di dalam hati dan di hadapan Tuhan.

Sangat melegakan rasanya: di tengah kacau, di saat terdesak, di waktu melarat, dimana hidup tersakiti dan rasa di hati tercabik-cabik oleh sekumpulan masalah. Namun bahagia selalu di hati, entah apa pun yang terjadi kita bisa dengan mudahnya melupakan kepahitan itu. Walau kita bukan orang kaya raya, bukan artis terkenal, bukan pemimpin ternama dan bukan orang paling berpengaruh; tetapi bahagia selalu di hati. Betapa besar rasa syukur kita kepada Tuhan karena Ia Yang Maha Adil telah membagi-bagikan kebahagiaan setara untuk semua orang. Tidak ada yang kecil atau besar, baik anak, anak muda, dewasa dan orang tua: masing-masing mendapatkan jatah kebahagiaan yang sama. Sebab siapa pun yang mampu memuliakan Tuhan di dalam hati sambil sibuk melakukan aktivitas positif dapat menikmati indahnya bahagia tanpa batas.

Kesimpulan

Siapa pun yang mampu memuliakan Tuhan di dalam hati sambil sibuk melakukan aktivitas positif dapat menikmati indahnya bahagia tanpa batas. Tak peduli apa pun yang sedang dialami, entah itu kerumitan atau kelancaran hidup: hati tetap berbahagia karena Tuhanlah fokus kehidupan kita. Selamat tinggal tahun 2020, selamat tinggal rasa yang tidak bisa dijelaskan karena Tuhanku adalah kebenaranku dan tetap menjadi milikku yang kekal sampai selama-lamanya.

Ada banyak kenikmatan dan kepusingan yang kita nikmati selama tahun 2020. Sebuah kenang-kenangan manis telah ditorehkan di dalam hati dari hari-hari indah yang telah berlalu. Ada penyesalan namun bisa diikhlaskan, ada rasa bersalah tetapi sudah dimaafkan, ada rasa sakit namun telah dilupakan dan ada bahagia di dalam hati walau hidup tidak terlalu mewah. Di tahun selanjutnya, kita tidak berharap lebih, begini saja pun terus kehidupan kita: rasanya sangat luar biasa. Progres pencapaian materi sesungguhnya biasa saja sebab semua orang juga bisa mencapai materi yang telah kita raih. Sedang materi yang masih belum kita raih akan kita capai di tahun-tahun selanjutnya asal ada ikhlas, sabar dan rendah hati. Sebab segala pencapaian materi yang tak terlampaui hanya dimiliki oleh orang-orang angkuh yang sengaja mengatur diri mereka untuk didewakan oleh semua orang. Sekalipun demikian, ego-bangganya orang lain tidak mengurangi sukacita di hati karena hidup telah difokuskan pada pikiran positif dan aktif memberi arti kepada sesama.

Salam, Progres kehidupan
terus berlanjut.
Nikmati prosesnya,
pahami kerumitannya,
berdamai dengan gejolaknya,
niscaya hari-hari penuh
tenteram menjadi
milik selamanya
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.