8 Cara Mengatasi Kebotakan – Kepala Membotak Bukan Masalah Besar

Cara Mengatasi Kebotakan - Kepala Membotak Bukan Masalah Besar

Sesungguhnya setiap manusia adalah seniman, lihat saja gaya rambutnya ada bermacam-macam. Apakah ini rancangan dari dalam dirinya sendiri atau jangan-jangan itu hanya setelan dari tukang cukur yang merapikan rambutnya. Sepertinya keadaan ini bisa dipicu oleh salah-satunya atau bisa juga kedua hal tersebut yang secara masif diam-diam memicunya. Apapun itu, keadaan ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan seseorang sedang berkembang dan mulai membentuk ciri khas kepribadiannya dari segi fisik. Sekali pun perbedaan seni memperlakukan kepala tidak banyak (tergantung sumber daya), tapi setidaknya ada sedikit usaha dan sebentuk kemampuan otak yang menciptakan semuanya itu.

Dalam hidup kita, hal-hal kecil menggambarkan hal besar. Kepala adalah “taman mini manusia indah” yang bisa dirangkai dengan berbagai-bagai aksesoris. Untuk seorang perempuan, TMMI tersebut bisa dihias dengan berbagai perangkat (ada yang alami ada yang sintetis) sehingga sangat indah sampai tak bisa didefenisikan dengan kata-kata. Akan tetapi, untuk seorang laki-laki tidak banyak pilihan untuk menghias kepala. Dari yang kami tahu, hanya topi (tutup kepala), arah sisiran dan model pangkasan rambut saja yang bisa diubah-ubah. Salah satu gaya yang cukup mencolok dari semua jenis pangkasan adalah membuat kepala botak alias tidak berambut sama sekali.

Secara harafiah gaya botak tidak menimbulkan masalah bahkan beberapa artis lokal dan mancanegara juga memilikinya. Hanya saja para artis tersebut tidak menggundulnya secara alami melainkan melakukannya secara sengaja di salon/ barber shop. Lain halnya jika pembotakan kepala yang dialami seseorang terjadi akibat gejala suatu penyakit. Biasanya penggundulan karena gejala suatu penyakit hanya terjadi di bagian depan, atas atau belakang kepala saja. Artinya tidak seluruhnya menggundul melainkan hanya sebagian saja. Ini karena gejala penyakit tersebut baru terjadi di awal saja. Akan tetapi, lama-kelamaan pembotakan total akan terjadi juga seiring dengan bertambahnya usia pasien.

Kepala adalah taman rumput hitam yang terus ditumbuhi karena subur kulit-kulitnya. Pernahkan anda ke padang gurun? Ohh, di Indonesia tidak ada padang gurun ya, kecuali di daerah Nusa Tenggara. Tapi setidaknya pernahkah anda melihatnya di dalam film, sinetron, berita dan iklan? Ciri khas utama dari gurun yang kering adalah tidak ada tanaman sama sekali bahkan rerumputan kecil-kecil pun tidak ada. Kaktus tidak ada di semua gurun melainkan hanya di perbatasannya dengan wilayah subur, di sekitar oase dan di daerah gurun yang berlembah besar (tidak berubah sepanjang tahun). Demikianlah kulit kepala kita yang kering akan kehilangan daya pikat dan daya tumbuhnya terhadap rambut. Jadi kunci mencegah kebotakan bertahap adalah “jangan biarkan kulit kepala anda kering-kerontong bak gurun gersang.”

Pengertian

Semua manusia dilahirkan dengan kepala berambut. Sekali pun rambut bayi baru lahir masih tipis, saat anak-anak pasti tumbuh lebat kecuali untuk tanah gersang. Ibu hamil yang kurang gizi dan penyakit busung lapar membuat anak mengalami penipisan rambut kepala. Secara bawaan, kepala yang kehilangan rambut hanyalah sebagian saja. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan budaya dan gaya anak gaul kebotakan dilakukan secara mekanik sampai setengah kepala (layaknya orang Tionghoa zaman dulu) dan bahkan ada yang sampai seluruhnya (gaya Barat/ Amerika). Jadi, “kebotakan adalah kerontokan rambut dari kepala yang berlangsung lambat (tidak disengaja) namun kadang juga cepat (disengaja), yang dipicu karena faktor tertentu, baik sebagian maupun seluruhnya.”

Cara mengatasi kebotakan kepala.

Secara alami pembotakan kepala berlangsung selama bertahun-tahun. Ada yang mengalaminya di bagian depan di dekat kening tetapi ada juga yang mengalaminya dibagian atas kepala serta bila keadaannya semakin parah penggundulan akan terjadi di seluruh kepala. Walau perlu juga disadari bahwa ada orang-orang tertentu yang memang suka membuat kepalanya gundul agar terlihat keren lain dari yang lain. Entah tindakan tersebut dipicu oleh dorongan gaya hidup semata atau mungkin bisa juga disebabkan oleh niat untuk menyembunyikan kerontokan rambut ekstrim yang dialaminya akhir-akhir ini. Berikut akan kami uraikan sedikit tips untuk mengatisipasi gejala penyakit tersebut.

  1. Memelihara daya ingat.

    Memori adalah pengingat di hari-hari kelabu agar tidak semakin gelap. Mendung dan malam datang tetapi kita masih merasakan terang karena hal-hal baik yang dibahas-bahas di dalam hati. Kita perlu terus mengasah daya ingat dengan aktif memuliakan Tuhan di dalam hati. Bila anda masih melupakan hal-hal tertentu, ingat-ingatkanlah diri anda tentang hal rersebut sambil bernyanyi memuliakan Tuhan. Ingatkan diri sendiri tentang hal-hal yang menyehatkan agar tidak sampai kelupaan untuk ditekuni dari waktu ke waktu. Anda dapat mengingatkan diri sendiri tentang banyak hal penting dengan menyebut-nyebutkannya di dalam hati sambil memuliakan Allah.

  2. Beraktivitas seimbang.

    Tidak hanya duduk saja seharian, melainkan memberi waktu juga untuk berolahraga di dalam atau di luar rumah. Zaman sekarang di rumah aja bisa olahraga, mulai dari lari-lari di tempat atau lari-lari melingkar (tidak harus menggunakan trackmill). Berbagai jenis senam juga bisa dilakukan di dalam rumah sambil mendengarkan musik dengan menonton videonya di Youtube atau menggunakan aplikasi tertentu atau membeli CD dan DVDnya.

    Tidak hanya duduk bekerja seharian di kursi melainkan kadang pula mengerjakan sesuatu sambil berdiri, jongkok dan tepar di lantai. Aktivitas yang bervariasi lagi seimbang dapat meningkatkan kebugaran tubuh yang menjauhkan anda dari berbagai macam penyakit. Demikian juga halnya yang sangat penting untuk diingat adalah bahwa jangan hanya terpaku kerja online seharian di depan smartphone/ laptop, melainkan tidak lupa juga untuk terus menggoyang-gelengkan kepala agar hidup sehat luar dalam. Aliran darah dan nutrisi yang menuju kepala dan rambut menjadi akurat dan terpenuhi. Sehingga anda dapat mengucapkan selamat tinggal untuk kebotakan.

  3. Mengonsumsi air putih.

    Tubuh membutuhkan air bahkan rambut yang terbuat dari zat kitin sekalipun memerlukan air. Setidaknya, akar rambut butuh nutrisi cair itu sebagai perekat agar tetap kuat tertanam di antara kulit kepala. Tanpa konsumsi air yang mencukupi maka musim gugur sangat dekat di atas kepala anda. Kerontokan besar-besaran akan terjadi setiap hari hingga jumlahnya menjadi sangat jarang (terlihat tipis) sampai kepala botak di depan, di belakang atau di atas. Oleh karena itu, minumlah air dua-tiga teguk tetapi lakukan sesering mungkin. Miliki target hitung-hitungan berdasasrkan jumlah gelas atau jumlah cerek yang habis atau bisa juga dihitung berdasarkan jumlah air yang di masak setiap hari. Bagi yang membeli galon minum, lebih mudah menghitungnya: satu galon (@19 Liter) habisnya sampai 9 atau 10 hari. Ingatlah bahwa tubuh tanpa air (dehidrasi) banyak penyakit, kematian sudah dekat.

    Kulit kepala orang yang rajin minum air seperti tanah subur di daerah tropis. Tidak ada istilah tidak tumbuh dan tidak ada istilah tidak lahir tunas-tunas baru sepanjang tahun lebat hitam mengkilau (saat terpapar cahaya). Kebotakan sebagian adalah bukti dari kurang minum air selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Koreksilah kebiasaan anda maka penggundulan sebagian akan berhenti meluas di seluruh kepala.

  4. Menggoyangkan kepala.

    Fitur ini sangatlah penting untuk menjaga koneksi otak ke seluruh tubuh dan memelihara suplai nutrisi plus oksigen daerah kepala. Sekalipun anda mengonsumsi air dengan lantang dan makan porsi ganda, tidak akan tersalurkan secara utuh ke kepala. Gangguan peredaran darah yang mungkin terjadi akibat kekakuan leher dapat membuat kulit kepala tidak subur untuk pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, goyangkan kepala pada saat-saat menjalani aktivitas terkaku seperti saat menonton televisi, mengoperasikan komputer/ PC, browsing di smartphone dan main game serta saat berkendara. Bila perlu selama berhadapan dengan teknologi semacam ini, goyangkanlah kepala sedikit-sedikit. Ini akan memelihara dan memperlancar jalur pengairan yang menuju kulit kepala agar dapat menumbuh-suburkan rumput hitam.

  5. Makan yang cukup.

    Tubuh membutuhkan nutrisi untuk beraktivitas. Lakukan banyak kegiatan yang padat (bekerja, belajar, mengurus rumah, berolahraga) di rumah dari pagi sampai sore maka makanan perlu disuplai dalam porsi sedang. Tetapi, jika berencana untuk tidak mengerjakan hal-hal berat dan hanya istirahat seharian, sebaiknya konsumsi makanan dalam porsi sedikit. Makanan adalah energi yang bisa menambah kelengkapan untuk menyuburkan kulit kepala anda. Konsumsilah makanan yang seimbang agar tubuh (termasuk rambut) ternutrisi dengan baik. Sehingga sekali pun ada satu dua yang rontok tetapi tumbuh lagi beberapa tunas baru dalam setiap lubang rambut.

  6. Mengatasi stres dengan segera.

    Stres membuat pikiran kacau yang berujung pada hidup yang berantakan. Orang menjadi kehilangan semangat dan hilang arah karena derita rasa sakit yang membingungkannya. Oleh karena itu, penting sekali kemampuan untuk memperbaiki fokus kepada Tuhan dan kepada hal-hal yang positif lainnya. Derita yang semakin dipikirkan akan membuat anda menderita. Oleh sebab itu, jangan membahas-bahas hal yang membuat anda menderita melainkan bahas hal yang membuat hati bahagia. Seperti memuliakan Tuhan di dalam hati, berbuat baik kepada sesama, bekerja, belajar dan lain sebagainya.

  7. Melakukan perawatan rambut yang sehat.

    Sehat itu tidak berlebihan. Keramas, rebonding, membekukan dan melurus-keritingkan rambut sesungguhnya sehat bila dilakukan di waktu-waktu singkat dan langka saja. Terlalu sering mempaparkan kepala dengan bahan-bahan asing sintetis kimiawi dapat memicu mutasi sel yang ujung-ujungnya dapat merusak struktur alami kulit kepala hingga merontoknya rambut. Oleh karena itu. Lakukan pemeliharaan rambut tingkat dewi sesuai kebutuhan dan bukannya buat gaya-gayaan setiap hari.

  8. Hati-hati saat beraktivitas.

    Setiap pergerakan yang kita lakukan memiliki resiko. Perhatikanlah baik-baik apa yang sedang anda kerjakan dan lakukan tindakan antisipasi untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Trauma di area tubuh terutama kepala dapat dihindari jika kita selalu waspada setiap kali melangkah. Akan tetapi, jangan terlalu sentimen dengan faktor-faktor resiko agar rasa benci itu tidak mengacaukan hari-hari anda. Menghindar itu baik tetapi menghindari sesuatu dengan kesal hati sambil marah-marah menunjukkan sifat negatif yang cenderung paranoid. Beraktivitas jelas menyehatkan dan membahagiakan hati. Sedang kewaspadaan kita menjamin hari-hari selalu aktif dalam zona positif.

  9. Dan lain sebagainya silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Manusia suka makan dan lebih ingat aktivitas ini karena rasa makanan ada bermacam-macam. Akan tetapi, beberapa orang suka lupa minum karena rasanya yang tawar dan kadang aneh. Jika anda dapat menjauhkan diri dari kebiasaan buruk lupa minum air putih maka pembotakan kepala pun menjauh.

Tampaknya gejala kebotakan alami tidak dapat dikembalikan (irreversibel) atau mungkinkah ada teman-teman yang pernah mengalaminya namun tumbuh lagi? Sekali pun demikian, saya doakan mereka yang melakukan tips ini agar pembotakannya dapat sembuh atau setidaknya berhenti meluas di seluruh kepala. Ada dua hal yang menjadi penyebab penggundulan kepala tetapi pada bagian ini kami hanya membahas tentang penggundulan sebagian yang berlangsung secara alami karena dorongan ketidaksuburan kulit kepala. Jika anda bisa memastikan kulit kepala ini selalu subur dan lembab maka pembotakan dapat dicegah sedini mungkin. Berikan nutrisi dan cairan untuk kepala anda dari dalam lewat makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Maka anda dapat terbebas dari gejala yang satu ini, cepat atau lambat!

Salam, Botak atau tidak:
itu tidaklah penting!
Walau gersang di atas
tapi kata-kata
dan perilakunya
masih sangat subur
luhur dan santun:
itulah yang terpenting
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.