+10 Penyebab Kebotakan Kepala – Apa Yang Membuat Kepala Botak?

Alasan Mengapa Kepala Membotak - Penyebab Kebotakan Kepala

Kepala pria yang licin pernah menjadi sebuah kebanggaan dan pernah juga menjadi sebuah guyonan sinis. Bukankah kedua keadaan ini pernah dipertontonkan dalam beberapa karya seni (baik itu cerpen, novel, sinetron, film layar lebar). Di dunia nyata hampir tidak ada yang mempersoalkan hal tersebut sebab keadaan fisik ini tidak ada hubungannya dengan moralitas manusia. Kecuali orang itu sendiri yang terpaku dengan keadaan fisiknya dan kurang sabar menghadapi sikap aneh sesamanya. Bukan hanya orang botak saja, beberapa orang juga akan menjadi pusing, stres dan berbuat kasar hanya karena terlalu fokus  dengan kelemahan fisik yang dialaminya.

Kebotakan bukanlah kelemahan yang merugikan pemilikinya karena tidak termasuk dalam disabilitas yang dampaknya nyata. Keadaan ini sama seperti warna kulit, ada yang putih, kuning langsat, sawo matang dan hitam. Tidak ada penilaian kepribadian yang berhubungan dengan keadaan tersebut kecuali beberapa mitos yang menyebutkan bahwa orang botak adalah orang yang cerdas. Pada kenyataannya, “tidak semua orang botak cerdas dan tidak semua orang cerdas itu botak.” Akan tetapi, dua hal ini bisa saja berkaitan erat karena alasan kesehatan. Kami akan mengulas logika tersebut berdasarkan beberapa pandangan yang akan mendukung suatu kebiasaan kurang sehat yang memperbotak manusia dari dalam.

Pengertian

Semua manusia dilahirkan dengan kepala berambut. Sekali pun rambut bayi baru lahir masih tipis, saat anak-anak pasti tumbuh lebat kecuali untuk tanah gersang. Ibu hamil yang kurang gizi dan penyakit busung lapar membuat anak mengalami penipisan rambut kepala. Secara bawaan, kepala yang kehilangan rambut hanyalah sebagian saja. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan budaya dan gaya anak gaul kebotakan dilakukan secara mekanik sampai setengah kepala (layaknya orang Tionghoa zaman dulu) dan bahkan ada yang sampai seluruhnya (gaya Barat/ Amerika). Jadi, “kebotakan adalah kerontokan rambut dari kepala yang berlangsung lambat (tidak disengaja) namun kadang juga cepat (disengaja), yang dipicu karena faktor tertentu, baik sebagian maupun seluruhnya.”

Alasan mengapa seseorang botak

Keadaan kepala yang membotak tidak banyak mempengaruhi kehidupan seseorang. Biasanya orang yang mengalami keadaan ini lebih banyak laki-laki. Walau pun ada juga perempuan yang mengalami kerontokan rambut tetapi tidak sampai membotak. Prevelensi angka kejadian yang besar terhadap laki-laki dewasa tua cukup tinggi. Degenerasi sel-sel di masa tua bisa saja menjadi faktor pemicunya tetapi bukan itu penyebab kuncinya. Penyebab utamanya lebih kepada kebiasaan manusia itu sendiri yang memburuk seiring pudarnya masa-masa muda yang sibuk sana-sini. Jadi, berbahagialah anda yang saat ini bersibuk ria, karena kebiasaan itu bisa memperkecil kemungkinan mengalami kerontokan rumput hitam. Berikut selengkapnya, faktor yang menyebabkan seseorang berkepala botak.

  1. Faktor keturunan.

    Kelainan kecil ini diwariskan dalam silsilah keluarga. Teori yang menyebutkan bahwa gen kelainan kulit kepala diturunkan dan hanya dimilki oleh kaum adam. Artinya, hanya berkaitan pada kromosom Y pada saat proses persilangan. Tentu ini adalah hasil penelitian yang tidak terlalu akurat dan tampaknya dalam masyarakat pun hasilnya berlain-lainan. Jika seorang ayah gundul maka sudah pasti anak laki-lakinya juga, bahkan sampai cucu dan cicitnya dari keturunan yang berjenis kelamin laki-laki. Kami sendiri kurang menemukan fakta teori tersebut pada semua orang, bagaimana dengan anda?

  2. Jenis kelamin.

    Hanya laki-laki yang mengalami pembotakan kepala yang jelas, walau pada kenyataannya ada juga perempuan yang mengalami kerontokan rambut tetapi tidak sampai membotakkan kepala. Di beberapa negara ada perempuan yang menderita kanker parah dan dikemoterapi berulang-ulang yang cenderung menggundulkan kepalanya. Artinya, gejala tersebut bisa terjadi secara alami dan dapat pula dipicu oleh keinginan manusia itu sendiri.

  3. Faktor usia.

    Jarang sekali anak-anak yang kepalanya botak, kecuali anak yang mengalami kekurangan gizi dan busung lapar. Rata-rata mereka yang mengalami keadaan ini adalah balita dan anak kecil. Selain itu, kelompk usia yang lebih banyak mengalaminya adalah orang dewasa berusia sedang sampai tinggi (lansia). Apakah keadaan ini berhubungan dengan penyakit degeneratif di masa tua? Bisa jadi meluruhnya jaringan tubuh turut pula diikuti oleh kerontokan rambut.

  1. Faktor pekerjaan.

    Orang dengan pekerjaan minim memiliki kemungkinan besar mengalami hal ini. Sebab tanpa disadari pekerjaan manusia berhubungan dengan tingkat kecerdasannya. Keadaan yang bisa berimbas pada baik-buruknya kewaspadaan seseorang terhadap suatu gejala penyakit. Minimnya pekerjaan juga turut berhubungan dengan kemakmuran hidup yang semakin meluas. Oleh karena itu, tetaplah bekerja dari rumah sekalipun hidup sudah berkecukupan duluan. Bukankah teknologi smartphone bisa meramaikan pekerjaan?

  2. Faktor kepikunan.

    Tidak ada yang bisa menyelamatkan orang-orang pikun dari pembotakan kepala sebab mereka telah melupakan prinsip-prinsip dasar kesehatan manusia. Hal-hal kecil memang yang terlupakan itu namun dampaknya sangat nyata dalam kesehatan fisik seseorang. Kalau pusat kendali kehidupan melemah, terlebih lagi dengan bagian-bagian tubuh lainnya yang akan semakin merosot dari hari ke hari.

  3. Faktor minimnya aktivitas.

    Aktivitas yang minim disebabkan oleh keadaan yang berhubungan dengan kemalasan. Di sisi lain, keadaan ini juga berhubungan erat dengan keseimbangan pergerakan tubuh. Termasuk kemakmuran hidup yang berlebihan turut pula meminimalkan aktivitas seseorang. Manusia tidak akan merasakan hal-hal baik dalam hidupnya karena kurang beraktivitas. Semakin baik seseorang, semakin aktiflah dirinya melakukan hal-hal positif.

  4. Faktor kurangnya cairan tubuh.

    Dari berbagai kemungkinan yang kami tampilkan, faktor yang satu ini sangatlah mempengaruhi. Sebab rambut membutuhkan air agar tetap rekat dan tumbuh subur dalam tanah lembut kulit kepala. Ini adalah inti utama dari faktor yang menyebabkan penggundulan kepala. Sebab tanpa cairan yang memadai bagian-bagian tubuh akan terlepas karena kering kerontong dimana-mana. Ujung-ujungnya penyakit metabolisme akan menguasai sampai kekuasaan anda pada tubuh sendiri tercabut paksa dalam rasa sakit yang berkepanjangan.

  5. Kurangnya asupan nutrisi.

    Rambut itu tumbuh dan memanjang layaknya makhluk hidup. Bila tidak ada nutrisi yang memadai, maka rambut di kepala akan menipis hingga hilang sebagian bahkan seluruhnya. Penyakit karena kekurangan gizi seperti anoreksia dan busung lapar dapat memicu perontokan rambut bertahap tanpa kembali menggantinya dengan tunas rambut baru. Bila keadaan ini terus berlanjut, penipisan dan penggundulan kepala sudah di depan mata.

  6. Disebabkan oleh stres.

    Stres mengacaukan pikiran sehingga orang tidak bisa fokus. Banyak waktu yang dihabiskan untuk berpikir dan berpikir namun tidak ada ujungnya dan tidak ada hasilnya karena melumpur di area negatif kehidupan. Orang yang stres enggan beraktivitas karena terpaku pada masalah yang dialaminya. Bila keadaan ini terus berlanjut maka kemampuannya untuk mengantisipasi proses degenerasi sel-sel tubuh menurun yang salah satunya memicu kebotakan.

  7. Dorongan kebiasaan atau budaya tertentu.

    Ada masyarakat tertentu yang sengaja membuat kepalanya gundul. Beberapa masyarakat Tionghoa di masa lampau suka berambut panjang dengan kepala botak setengah. Ada orang barat Amerika yang suka kepalanya kinclong dengan demikian dirinya merasa lebih pede saat berbaur dengan rekan-rekannya. Mungkin mereka hanya mengalami kerontokan rambut di beberapa bagian kepala namun melakukan teknik pangkas khas untuk mengabaikan sekaligus menyembunyikan kerontokan di sebagian area kepalanya.

  8. Perawatan rambut yang berlebihan.

    Ada orang yang merawat rambutnya demi kesehatan tetapi ada juga yang melakukannya demi gaya-gayaan. Hidup yang kian makmur dan nafsu yang tinggi terhadap style bisa membuat orang melakukan hal-hal yang tidak lazim secara terus-menerus bergonta-ganti. Misalnya saja adalah melurus-keritingkan rambut, rebonding, pengecatan dan pembekuan rambut demi mempersolek diri.

  9. Dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Ada dua yang menyebabkan penggundulan kepala, satu karena alasan patologis (tidak disengaja) sebagai bagian dari gejala suatu penyakit. Dan yang kedua sebagai tindakan yang disengaja oleh orang itu sendiri karena ketertarikan spiritual (biksu), ketertarikan pribadi (merasa botak itu jantan/ dewasa), maupun ketertarikan sosial (merasa botak itu gaul/ keren). Dari segi luasnya kepala yang gundul, ada beberapa jenis kegundulan: ada yang sebagian (sisi depan atau atas atau belakang) dan ada pula yang seluruh kepalanya gundul.

Sepertinya kebotakan adalah kenangan yang pernah kita temui dari zaman yang telah berlalu. Generasi sekarang, hampir tidak ada yang mengalaminya akibat perkembangan pengetahuan kesehatan dan akses informasi yang memadai. Pada dasarnya, kepala botak sebagian bukanlah masalah besar sebab lebarnya hanya setelapak tangan sedang masih luas hal-hal baik yang bisa anda tunjukkan kepada orang-orang. Misalnya saja, sikap yang santun, sabar yang panjang, ikhlas yang besar, kerendahan hati yang mengharukan, kebaikan yang mempesona dan lain sebagainya. Orang-orang akan melupakan hal-hal kecil yang tidak berguna karena anda menawarkan hal-hal positif yang mendatangkan kebahagiaan. Belajarlah menjaga perangkat kesehatan anda dimulai dari dalam sampai ke luar agar tidak mudah mengalami gangguan-gangguan aneh dari zaman yang telah berlalu.

Salam, Botak bukan bencana.
Hanya kesalahan masa lalu
yang kadang tidak
diperhatikan orang
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.