Kemenangan Dan Kekayaan Game Adalah Anugrah, Bukan Semata-Mata Karena Usaha Sendiri

Kemenangan Dan Kekayaan Dalam Game Adalah Anugrah, Bukan Semata-Mata Karena Usaha Sendiri

Apa yang anda cari saat bermain game? Ada beragam jawaban untuk pertanyaan yang satu ini. Mungkin ada yang menjawabnya sebagai sebuah usaha untuk memperoleh kemenangan, pujian dan prestasi peringkat tinggi. Tidak tertutup kemungkinan bahwa ada juga yang memainkannya demi memperoleh penghasilan kekayaan maya yang setinggi-tingginya. Tentu saja kebanyakan orang zaman sekarang memainkannya demi menghasilkan pundi-pundi rupiah yang bisa menafkahi dirinya sendiri dan keluarga. Pada dasarnya, suatu permainan sangat menarik karena di dalamnya tersimpan keindahan otentik. Suatu keindahan asli yang mewarnai panca indera: sehingga hati senang saat menyaksikannya.

Selain itu, hal lain yang turut dikejar oleh pemain adalah adanya perkembangan yang sangat progresif dalam sebuah game. Ada pengharapan tentang sesuatu atau beberapa hal yang cukup progresif. Ada keadaan dimana player di tawarkan tentang sesuatu yang indah. Misalnya saja dari halaman aplikasinya ditampilkan beberapa gambar dan video yang menunjukkan keunikan dan kebolehannya. Sesuatu yang mungkin tidak dimiliki oleh aplikasi lain. Memuat penawaran berkelas dengan kemampuan khusus yang tampaknya sangat menguntungkan player. Tetapi jika anda memutuskan untuk mendownload dan memainkannya maka tidak semua hal yang tertera pada gambar dapat diperoleh. Sebab beberapa di antaranya hanya dapat dimililiki lewat acara-acara khusus yang diperoleh dengan bahan-bahan khusus dan dengan mengalahkan lawan tertentu.

Kami sendiri telah menyaksikan dan memainkan beberapa permainan selama bertahun-tahun tetapi tidak semua yang tampil di iklannya sudah dicicipi. Beberapa perkembangan yang kami pertanyakan, diarahkan Admiral untuk “menunggu update terbaru.” Ini menunjukkan bahwa tingkatan kami sebagai pemain masih sangat muda (noob players). Keadaan ini membuat hati bertanya, “kira-kira butuh berapa tahun untuk menjadi seorang pemain profesional” (pro player). Ada begitu besar rasa penasaran di dalam dada namun sulit juga untuk meninggalkannya karena sudah banyak waktu dan usaha yang ditorehkan dalam aplikasi tersebut. Lagi pula permainan yang kami miliki sampai sekarang terus berkembang dimana masih banyak level-level yang belum terbuka atau tercapai. Karakter/ Hero/ Pesawat yang dimiliki pun telah mengalami peningkatan pesat sehingga sangat sayang kalau ditinggalkan.

Sebagai orang dengan pendanaan kecil, kami hanya mengorbankan waktu yang banyak dan usaha terbaik saat berkecimpung dengan game. Mungkin dahulu pernah beberapa rupiah dikorbankan tetapi itu tidaklah banyak. Sedang harta yang kami kumpulkan didalamnya juga terbilang cukup banyak walau terus-menerus habis demi meningkatkan Karakter kapal/ pesawat yang dimiliki. Namun seberapa pun itu masih belum cukup untuk mencapai level maksimal dari semua pion yang terus-menerus berkembang. Saat peningkatan level hero membutuhkan pembiayaan yang sangat banyak, terjadi pula peningkatan perolehan harta dari “peti harian dan roda keberuntungan.” Bahkan yang baru-baru ini terjadi dan sangat menggembirakan adalah meningkatnya keberuntungan dari event-event yang diadakan setiap bulannya.

Event yang terjadi hampir sekali sebulan inilah yang nyatanya membuat karakter pesawat yang dimiliki berkembang progresif. Kemajuan yang pada awalnya kita raih dengan cara merangkak, tiba-tiba bisa dicapai dengan cara berlari yang meningkatkan adrenalin dan semangat untuk terus bermain. Barang-barang mewah yang bila diperjual-belikan sangat mahal di toko, justru menjadi gratis dihambur-hamburkan lewat acara dadu keberuntungan. Usaha sendiri untuk berkembang selama berbulan-bulan terasa sangat lamban dibandingkan dengan setelah adanya acara khusus yang berkaitan dengan hari besar tertentu. Memang di awal-awal even yang ada sangat tidak seru karena sebagai pemula akan terus-menerus kalah oleh monster penantang musuh besar. Akan tetapi, lama kelamaan justru dari sanalah keberuntungan terbesar kami peroleh.

Sekali pun keberuntungan yang diperoleh sangat banyak namun bukan berarti hero yang dimiliki bisa maksimal dan masih belum menaklukkan semua dunia. Jalan perjuangan masih sangat panjang, sebab ketika player mencapai satu tahapan secara maksimal, akan muncul sesi selanjutnya yang lebih modern dengan peningkatan fungsi terbaru. Artinya, mencapai puncak dalam dunia game tidak ada habisnya, pantaslah bila memainkannya dikategorikan sebagai salah satu pekerjaan yang menguras waktu, tenaga dan emosi. Dalam semua kesuksesan yang diraih dengan usaha sendiri, pencapaian kita belumlah seberapa. Bahkan bisa dikatakan bahwa usaha sendiri sifatnya minimal sedang pencapaian terbesar diperoleh dari keberuntungan yang dianugerahkan oleh sistem.

Fakta tersebut jelas-jelas mengarahkan kita untuk tidak menyombongkan diri atas setiap pencapaian yang telah diraih. Sebesar apapun rasa senang yang dimiliki karena level tinggi dan banyaknya skill (ilmu) dari karakter/ hero/ kapal/ pesawat yang diraih: ketahuilah bahwa semua itu bukan karena usaha sendiri. Melainkan pencapaian demi pencapaian yang kita torehkan hanyalah hadiah yang diizinkan oleh sistem. Tidak ada seorang pun player yang bisa menyombongkan dirinya karena pemberian pihak lain. Lagi pula dalam sistem yang adil, tiap-tiap manusia memiliki masa beruntungnya yang kadang tidak sama dengan manusia lainnya. Artinya, kita tidak mungkin membanggakan sesuatu yang notabene bisa juga dicapai oleh orang lain pada waktu berikutnya.

Kesimpulan

Beberapa manusia menjadi sombong karena kaya materi di bumi. Bagaimana dia memperjuangkannya dan apa derita yang dialaminya karena usaha tersebut. Mereka suka mengumbar dengan angkuh pengorbanan pribadi yang ditorehkannya. Akan tetapi, di dalam dunia game kita diajarkan untuk sabar, disiplin, bekerja keras dan menunggu datangnya keberuntungan. Sebab usaha kita secara pribadi tidaklah berdampak besar, melainkan keberuntunganlah yang berperan besar membuat kita meroket menjadi pemenang. Jadi, berterimakasihlah kepada Tuhan dan berterimakasihlah kepada sistem! Dengan demikian genaplah firman Tuhan yang berkata.

(Efesus 2:8-9)  Sebab, oleh anugerah kamu diselamatkan melalui iman dan ini bukan dari dirimu sendiri, tetapi karunia Allah, bukan hasil usahamu, supaya tidak ada seorang pun yang menyombongkan diri.

Mungkin di sekolah dan di dunia kerja kita bisa menggenjot prestasi dengan memaksimalkan perjuangan. Bahkan bisa saja kita menyogok sana-sini untuk mendapatkan nilai pelajaran terbaik atau prestasi kerja tertinggi. Terlebih lagi jika posisi yang ditempati adalah yang tertinggi: jabatan superman/ supergirl yang hanya bisa dicapai oleh satu atau dua orang saja dalam suatu wilayah. Betapa bangganya hati karena kesuksesan kita tiada duanya? Akan tetapi, tidaklah demikian dalam dunia game. Kita bisa berjuang dengan mengorbankan waktu, tenaga bahkan materi demi mencapai puncak namun hal-hal tersebut belumlah membuat kita sukses. Satu hal lagi yang kita butuhkan adalah KEBERUNTUNGAN yang di datangkan oleh sistem agar kita sesekali mencicipi bagaimana rasanya berada di puncak kesuksesan. Seharusnya pencapaian tersebut tidak dijadikan kebanggaan sebab itu hanyalah anugerah dan pemain lain pun bisa mencapainya di masa berikutnya.

Salam, Dari kesuksesan kepada kesuksesan
tidak dicapai dengan usaha sendiri
melainkan semata-mata sebagai hadiah.
Tidak ada orang yang kepedean
menyombongkan sesuatu
yang notabene dihadiahkan
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.