+10 Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Tindakan yang kita ambil mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan pribadi. Bahkan  dalam beberapa sesi kehidupan, pengaruhnya bisa sampai menjalar kepada orang lain. Tubuh kita adalah bagian-bagian yang seyogianya terpisah-pisah namun telah dipersatukan oleh daging dan darah yang entah bagaimana saling berkaitan satu sama lain. Bila selama di dunia ini, kita suka hidup sembarangan maka secara tidak langsung akan mempengaruhi bagian-bagian tubuh tertentu. Jadi, jangan menyesal ketika bagian-bagian tertentu dalam tubuh terlepas sebelum waktunya karena gaya hidup yang ceroboh. Lebih baik, baca dengan seksama tulisan ini, agar mampu memahami, mencegah dan mengatasi proses peluruhan rambut yang tidak terkendali.

Sesungguhnya yang namanya rambut pasti merontok. “Jangankan rumput kulit, hidup kita pun akan lekang oleh kematian pada masanya.” Jadi, jangan terlalu khawatir ketika satu-dua di antara sejumput malah ikut rontok sewaktu di sisir atau keramas. Biasanya seorang perempuan menyadari keadaan ini ketika sedang menyisir rambutnya. Namun untuk laki-laki yang jarang sekali sisiran, mereka menyadarinya ketika sedang keramas. Tidak perlu terlalu mencemaskan keadaan ini karena sangat mungkin untuk diatasi dengan cara yang memiliki tingkat kerumitan sederhana. Jangankan orang dewasa, anak muda pun dapat mengatasi masalahnya sendiri jika mengetahui alur terjadinya proses kerontokan.

Cara mengatasi kerontokan rambut kepala.

Mengatasi suatu masalah memang tidak selalu mudah. Beberapa di antaranya ada yang dapat diantisipasi secara instan/ cepat namun beberapa yang lainnya membutuhkan waktu cukup lama untuk mengantisipasinya. Berhubung karena peluruhan mutiara hitam di kepala disebabkan oleh berbagai macam faktor, maka cara menyembuhkannya pun bersifat jangka panjang. Selama anda tidak melupakan kiat-kiat tersebut maka selama itulah akarnya kuat. Jika anda suka lupa sesuatu, cobalah untuk mengingatnya dengan menyanyikan hal-hal tersebut bersama dengan aktivitas bernyanyi memuliakan Tuhan di dalam hati (bedah). Berikut ini beberapa tips dan trik sederhana mengobati kerontokan rumput hitam kepala.

  1. Tetap tenang, semua ada penyelesainnya.

    Ada banyak masalah yang menghampiri hidup kita tetapi tidak semuanya bisa di atas. Ada yang perlu kita biarkan begitu saja sampai badai yang menghimpi berlalu. Tetapi khusus untuk kasus ini, ada solusi yang jelas yang dapat diterapkan secara langsung dengan hasil yang memuaskan. Tidak perlu cemas dengan keadaan yang kurang sehat tersebut agar tidak salah menyikapi keadaan. Terlebih ketika persoalan lainnya muncul maka tekanan yang bertubi-tubi akan memperburuk hari anda. Cara yang kami perkenalkan cukup praktis dan mudah, tetapi dapatkah anda melakukannya dengan tekun?

  2. Rajin minum air putih.

    Anda perlu belajar mendisplinkan diri untuk meminum air putih. Takaran normal untuk air putih adalah lebih kurang dua liter per hari untuk ukuran orang dewasa. Saran kami, tetapkan gelas tertentu untuk dipakai selama satu hari dan perkirakanlah volume gelas/ mangkok tersebut. Jika gelas anda berukuran @200 mL maka anda perlu meneguk air putih sebanyak ±10 gelas (plus-minus 2 gelas). Bagi anda yang hidup kos-kosan sendiri, tetapkan cerek/ teko ukuran tertentu lalu pasang target agar kuota dua litermu terpenuhi. Belilah gelas/ mug/ teko yang terdapat takaran volumenya atau anda dapat menggunakan botol air kemasan yang volumenya pasti lalu membandingkan isinya dengan gelas/ cerek/ teko anda sendiri.

  3. Menjauhkan diri dari gila kerja.

    Hindari mencari keunggulan dalam pekerjaan, sebab tepat saat pekerjaan anda lebih baik dari orang lain: ada kerinduan untuk mempertahankannya. Seseorang terlalu memforsir diri pada pekerjaan dan melupakan keluarganya. Semata-mata karena dirinya memperoleh nama besar dan nama kehormatan dalam pekerjaan tersebut.Terlalu banyak waktu yang dihabiskan di dunia kerja demi penghargaan yang lebih baik. Sadarilah bahwa setiap keunggulan, kelebihan dan kekuasaan dalam dunia kerja hanya sementara. Begitu pekerjaan selesai maka hal-hal hebat itupun tidak ada lagi dan begitu anda pensiun semua rasa bangga lenyap dan kesehatan memburuk yang dimulai dengan merontoknya rambut kepala. Penuaan dini menjadi ancaman yang membuat bagian tubuh tertentu meluruh sebelum waktunya.

  4. Mewaspadai belajar yang berlebihan.

    Prestasi belajar yang menggiurkan menjadi salah satu alasan mengapa seorang anak terkesan gila belajar. Nafsu besar untuk membuat diri tetap juara di akhir semester menguras waktu semata-mata untuk belajar. Belajar memang baik tetapi untuk apa bila hanya pintar di belakang meja? Hidup untuk teori, hanya mahir berteori, hari-hari menghafal mati: merupakan gaya hidup menuju kematian. Masalah kesehatan akan menghimpit kepandaian yang sempit sehingga hidup tertawan dalam pelemahan fungsi-fungsi tubuh. Pentingnya pelajaran terus diingat-ingat tetapi pentingnya minum air putih malah terlupakan. Berangsur-angsur tubuh melekang: hal-hal yang awalnya rekat, malah terlepas. Rambut yang di kepala pun, merontok saat di sisir.

  5. Tidak kecanduan main game.

    Game memang asik untuk dikotak-katik karena dapat memberi rasa puas diri yang bernilai tinggi. Akan tetapi, orang yang terlalu getol mencapai tingkat tetinggi dan meraih target yang besar bisa membuat lupa waktu. Seharian penuh di depan komputer PC atau smartphone tidak terasa sampai lupa makan dan minum. Tentulah kebiasaan bermain game seharian tanpa henti bisa mengganggu fungsi organ, jaringan sampai sel tubuh lebih cepat mati. Akar rambut akan mengering karena kekurangan nutrisi dan rontok tanpa tergantikan oleh jaringan yang baru. Game memang bisa jadi pekerjaan yang dilakukan seharian tetapi berilah jeda di sela-sela bermain untuk melakukan kebaikan bagi diri sendiri dan juga bagi keluarga tercinta.

  6. Menjaga keseimbangan aktivitas.

    Berusahalah untuk tidak monoton aktivitas: berikan sedikit variasi untuk menjaga keseimbangan gerakan. Bekerja memang bagus tetapi sisakan juga waktu untuk beristirahat dan bercengkrama bersama keluarga. Duduk bukanlah penyakit tetapi sempatkan juga untuk berdiri, jongkok dan tepar di lantai sambil beraktivitas. Berada di belakang meja dan tertegun di balik layar bukan masalah asalkan sempat juga untuk lari-lari kecil atau lari-lari di tempat. Bila aktivitas kita seimbang, hidup lebih tahan lama, demikian juga rambut menjadi tidak mudah copot kecuali disengaja.

  7. Aktif menggoyangkan kepala santai.

    Leher adalah jalur utama arus segala informasi yang disampaikan otak ke seluruh tubuh. Demikian juga sebaliknya leher menjadi gap yang menyampaikan kondisi terkini tubuh kepada otak. Biasanya leher menjadi kaku karena ketagihan bekerja, belajar apalagi bermain game. Anda perlu meregangkan kekakuan tersebut dengan aktif menggoyangkan kepala. Setiap kali ingat: goyang-gelengkanlah kepala sambil beraktivitas. Kita bahkan bisa melakukannya secara multitasking sambil bernyanyi/ bermain musik/ bernyanyi dalam hati. Tidak tertutup kemungkin untuk bekerja dan belajar sambil menggoyangkan kepala. Bahkan saat bermain level game yang sudah dikuasai, bisa dilakukan sambil sedikit-sedikit menggoyangkan kepala serta memuliakan Allah di dalam hati.

  8. Mengonsumsi makanan yang sepadan.

    Saat anda merasa bekerja lebih keras, lebih lama dan lebih berat: ada baiknya jika mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih baik. Akan tetapi, jika hari ini lebih banyak tidur: tepar tikar di siang bolong sambil nonton acara seru, konsumsilah makanan yang lebih sedikit. Sering-seringlah mengonsumsi air putih atau menelan ludah sendiri jika hendak menahan diri agar tidak ngemil. Ketika tubuh dipaksa untuk diet dari makanan maka puaskanlah perut dengan minum air putih lebih sering agar lem akar rambut tidak kering sehingga kerontokan terhindarkan.

  9. Cegah diri dari stres.

    Stres mengacaukan kehidupan: memudarkan pertumbuhan jaringan dan sel-sel dalam tubuh. Pikiran yang terbeban melenyapkan kepentingan-kepentingan positif yang biasanya kita tekuni. Hati tidak fokus lagi kepada hal-hal yang bermanfaat karena telah terpaku kepada hal-hal buruk. Keadaan ini mematikan kehidupan yang telah kita bangun selama bertahun-tahun bahkan puluhan tahun. Jangan biarkan masalahmu meracunimu agar tidak hilang akal untuk menekuni hal yang bermanfaat bagi kesehatan. Hidup selalu sehat dan tiada lagi rambut rontok karena kita paham apa yang harus dilakukan untuk mempertahankannya.

  10. Mengantisipasi gatal pada kepala.

    Anda perlu membersihkan diri sambil keramas secara berkala agar bersih dari kuman atau jamur ketombe. Khusus bagi penderita hiperkalium: hindari mengonsumsi bahan pangan tinggi kalium agar jauh dari gejala alergi. Batasi konsumsi terhadap makanan pantangan agar kepala, leher, dagu, wajar dan selangkangan jauh dari rasa gatal yang kurang menyenangkan. Bila rasa gatal itu muncul, anda bisa menguranginya dengan minum air putih sesering mungkin, lari-lari kecil/ lari-lari di tempat atau dengan melakukan olahraga lainnya. Usaha ini dilakukan agar alergen keluar bersama urin atau keringat sehirngga rasa gatal berkurang. Abaikan kegatalan yang timbul; bisa digaruk tetapi jangan dengan kuku melainkan cukup mengelusnya dengan permukaan kulit. Garukan yang berlebihan bisa membuat kulit kepala bengkak, lecet, infeksi, mengandung pus sampai rambut pun mengalami kerontokan.

  11. Setia dengan sampo yang cocok dan terjangkau.

    Untuk apa punya sampo berkelas tetapi mahalnya minta ampun sampai tidak terbeli? Lebih baik, jalan-jalan ke toko kelontong sambil mencoba sampo harga pasaran yang bisa dibeli kapan saja, pun selalu ada. Kalau sudah cocok dengan sesuatu yang terjangkau kantong, tetaplah di situ sebab hari-hari terlalu sibuk untuk dihabiskan sekedar untuk mencoba-coba merek yang belum tentu manjur.

  12. Miliki gaya rambut yang santai.

    Rambut hanya mempengaruhi beberapa persen penampilan total anda. Anda tidak harus mencangkokkan berbagai teknologi untuk memperindah mahkota hitam itu. Sebab apa adanya pun sudah terlihat indah asalkan rajin dipotong rapi. Justru paparan teknologi yang terlalu sering akan merusak kuat alaminya rambut. Memang ada juga masa dimana anda perlu rebonding dan smooting serta pengecetan; tapi masakan itu dilakukan tiap hari?

  13. Berhati-hati dalam beraktivitas.

    Manusia tidak ada tanpa aktivitas. Sebab kegiatan kitalah yang membuat hari-hari terasa hidup. Di atas semuanya itu berusahalah untuk tidak terburu-buru melakukan sesuatu. Mengejar target yang tidak pasti dapat meningkatkan ketelodoran yang bisa berakibat pada kecelakaan kecil. Daripada kulit kepala terkoyak hanya demi mengejar angin lebih baik utamakan kehati-hatian sebelum terlambat. Berpergian tepat waktu dapat mengurangi resiko kecelakaan demi keamanan sendiri dan keluarga yang bersama anda.

  14. Dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Rumput-rumput di taman tetap hijau karena penyiraman oleh petugas kebun, disuplai oleh air hujan dan embun di pagi buta. Lantas, apa saja yang sudah anda berikan untuk topi berbulu hitam itu? Anda tidak perlu memberinya perawatan khusus ala teknologi kelas dunia kecuali di hari jadi anda. Paparan teknologi perawatan rambut yang terlalu sering justru bisa menarik mati akar-akarnya sampai rontok. Koreksi kecenderungan aktivitas anda karena kecanduan kecil sampai besar dapat memicu gangguan kesehatan. Kebiasaan buruk yang lupa minum air adalah penyebab utama hilangnya lem akar rambut: layaknya lem kertas yang lekang dari tempatnya karena dibiarkan terbuka. Nikmatilah hari dan giatkan diet tetapi jangan terlena terlalu sedikit minum bisa mengancam kesehatan anda luar-dalam.

Salam, Teknologi bisa menarik mati rumput,
kekeringan juga bisa membuat akar rumput mati.
Matikan kebiasaan buruk
sebelum itu mematikanmu
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.