+10 Pantangan Orang Hiper Kalium (Penyakit Kelebihan Kalium)

Pantangan Orang Hiper Kalium (Penyakit Kelebihan Kalium)

Ada masa dalam hidup yang kita tempuh dengan cara yang berbeda. Masa yang mungkin tidak ada bedanya dari orang tertentu namun berbeda dari sudut pandang kekinian. Jika hidup orang-orang masa kini ingin senang-bahagia selama menjalani hari, maka pada masa tertentu kesenangannya akan direnggut. Bukan oleh musuh jahanam dan bukan pula oleh para pendengkinya melainkan oleh orang terdekatnya sendiri. Masa-masa yang bisa dikatakan cukup rumit terlebih bila kita terpaku pada distorsi yang terjadi. Bisa-bisa hati galau sedunia karena kita fokus pada masalah yang jelas-jelas tidak ada penyelesaiannya. Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mengangkat penderitaan tersebut tetapi abaikan deritanya lalu fokuslah kepada Tuhan dan lakukanlah kebaikan kepada sesama dalam berbagai kesempatan yang dimungkinkan.

Anda tidak perlu tahu siapa yang menambahkan kalium yang sangat banyak dalam makanan pribadi. Tidak perlu juga mengetahui dimana dan seperti apa aksi mereka saat melakukannya. Hindari upaya cekatan menghindari keadaan tersebut sebab semuanya itu telah ditetapkan dalam suatu aturan. Pada keadaan ini, tidak ada yang lebih penting untuk dilakukan selain bersikap tabah bertahan dalam sikap-sikap yang baik dan benar. Tidak perlu fokus kepada sikap orang lain yang bisa membuat hati bimbang. Melainkan kerjakanlah apa yang menjadi tanggung jawab anda, kembangkan potensi yang terpendam, lakukan apa yang benar (firman Tuhan), taatilah hukum (negara) dan waspada sewajarnya di setiap langkah kaki.

Makanan dan minuman yang dibatasi bahkan dilarang sama sekali bagi pasien dengan kadar kalium darah tinggi.

Ada waktu bermula dan ada waktu berakhir: ketahuilah bahwa kondisi badan menjadi hiperkalium adalah rancangan yang diizinkan oleh sistem. Ketika anda mulai merasa bahwa waktunya sudah dimulai, anda tidak dapat lagi menghentikannya. Itu akan selalu ada selama waktu yang tidak kita ketahui namun tidak selamnya. Sebab segala sesuatu yang memiliki awal pasti ada pula akhirnya. Oleh karena itu, jangan berputus asa karena penantianmu tidaklah sia-sia. Jika dalam masa-masa sukar saja anda bisa bahagia, jika dalam kesederhanaan saja anda bisa bersenang-senang: betapa bahagianya kehidupan anda dalam hari-hari biasa ketika kesesakan hidup sudah tidak ada? Berikut akan kami jelaskan sedikit saja tentang beberapa panganan yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan K+ tinggi dalam darah.

  1. Tidak bisa mengonsumsi air garam utuh.

    Orang dengan kalium tinggi dalam tubuh adalah manusia yang sangat rentan curiga sesuatu yang tidak dicurigai oleh orang lain. Bagaimana tidak, hanya mengonsumsi air garam manis saja, rasa-rasanya melilit dan melibas badan. Garam adalah bahan makanan yang tidak bisa dikonsumsi utuh olehnya. Ia akan ngaku-ngaku diracuni ke sana ke mari (buat capek, sia-sia) atau ia bisa menghadapinya dengan tenang bila mampu bersikap ikhlas dan sabar. Perlu menemukan bahan tambahan makanan yang mengandung NaCl selain garam, misalnya kecap.

  2. Tidak bisa makan seafood.

    Hidangan laut bisa jadi idola beberapa orang karena memberikan rasa yang nikmat gemulai sampai ke dalam lambung. Akan tetapi, bila kebetulan anda hiperkalium untuk sementara hidangan semacam ini perlu ditanggungkan. Kalium yang tinggi dalam ikan, udang, kerang dan sajian lainnya dapat meningkatkan reksi alergi dalam tubuh. Gejala yang timbul seperti alergi pada umumnya yang disertai dengan tanda kemerahan pada kulit, gatal dan bisa jadi membengkak. Pembengkakan yang terjadi bisa dipicu oleh reaksi alergi dan bisa juga terjadi karena terlalu kuat dan terlalu banyak menggaruk permukaan kulit yang gatal.

  3. Tidak bisa makan ikan asin.

    Bisa juga disebut sebagai ikan teri atau ikan asin inilah yang biasanya gurih dimakan pakai sambal yang pedas-pedas, tidak boleh lagi dikonsumsi. Atau siap-siap mengalami nyeri sendi lutut ringan sampai berat. Sekalipun anda meredakan keadaan dengan terus bergerak dan melakukan kompres hangat, rasa nyeri tidak bisa segera di atasi. Tidak ada cara menyembuhkan sakitnya selain dengan menjauhi makanan yang mengandung ikan asinan yang diketahui memiliki kalium tinggi.

  4. Tidak bisa makan telur.

    Tidak ada manusia yang tidak pernah makan telur karena merupakan salah satu lauk-pauk yang murah-meriah. Di samping itu cara masak dan penyajian yang mudah membuat waktu penting tidak terlewatkan. Akan tetapi, lupakan kepraktisan telur yang biasanya enak dimasak bersama mie rebus atau mie soup sebab dapat memicu reaksi kriuk-kriuk pada sendi. Suatu keadaan dimana rasa-rasanya sendi mengeluarkan bunyi krik-krik saat digerakkan.

  5. Tidak bisa makan pisang.

    Makanan pantangan lainnya yang cukup menawan untuk dikonsumsi dikala tubuh sehat normal adalah pisang. Ada banyak ragam pisang yang bisa kita peroleh dari petani atau pedagang setempat. Tidak hanya itu saja, banyak juga cemilan rumahan yang bahan utamanya adalah pisang. Sebaiknya lupakan betapa lembut, nikmat dan manisnya buah pisang atau siap-siap mengalami keruh air seni berbau menyengat tidak sedap.

  6. Tidak bisa makan tomat.

    Tomat pada makanan umumnya selalu ada. Anda masih bisa mengonsumsi makanan yang dicampur sedikit tomat (misalnya sayur, cabai) karena jumlah K+ darah tidak terlalu tinggi. Tetapi hindari mengonsumsi tomat dalam jumlah yang utuh (satu buah). Akan tetapi, bila kondisi hiperkalium yang anda alami sangat parah, tidak boleh mengonsumsi makanan bertomat sedikit pun.

  7. Tidak bisa makan kacang.

    Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa kita temui dipasaran. Bahan-bahan yang bila dicampur pada makanan meningkatkan nilai gizi dan kelezatannya. Akan tetapi, bahan pangan ini adalah pantangan bagi mereka yang kebetulan sedang dalam musim tinggi perkaliuman darah. Sebaiknya, berikan sedikit waktu untuk memisahkan makan siang anda dari butiran kacang agar badan tidak dililit nyeri pada sendi-sendi pasca konsumsi.

  8. Tidak bisa makan kangkung.

    Anda sudah berobat pada dokter ahli sendi paling top sekabupaten namun penyakit yang di derita tidak kunjung sembuh. Mungkin ini adalah pertanda bahwa sebenarnya bukan tubuh anda yang salah tetapi andalah yang salah makan. Sayur-sayur yang mengandung kalium tinggi seperti kangkung tidak lagi menjadi makanan yang bersahabat. Rasa-rasanya tulang-tulang berantakan karena hobi makan sayur kangkung. Oleh karena itu batasi atau jangan dikonsumsi sama-sekali.

  9. Terbatas makan sagu.

    Ada orang suka makan sagu karena dari awal sudah menjadi makanan pokok. Panganan yang dapat diramu dalam berbagai bentuk sehingga menghasilkan rasa unik yang membuat lidah meminta dan memintanya lagi sampai puas. Tapi ujung-ujungnya kaki sangat ngeri saat digerakkan dan pinggang berasa ada yang aneh. Keadaan tubuh menjadi parah karena mengalami lumpuh sementara tidak bisa bergerak hanya karena sepiring sagu. Di hari-hari berikutnya lebih baik beli nasi sayur saja di rumah makan simpang jalan karena banyak makan sagu terbukti menghentikan pergerakan orang dengan hiperkalium.

  10. Terbatas makan ubi dan talas.

    Berdasarkan mitos yang beredar di masyarakat, nyeri sendi yang dapat melumpuhkan seseorang merupakan penyakit akibat terlalu lama duduk. Apa lagi di zaman sekarang, rata-rata orang suka bekerja dari rumah (WFH – work from home). Jadi beberapa orang bisa berpandangan bahwa keanehan pada sendi tersebut disebabkan oleh kurangnya aktivitas di luar rumah: padahal keadaan ini tidak selalu berkorelasi positif. Silahkan terlebih dahulu memeriksakan kadar kalium darah di laboratorium di wilayah tempat anda bermukim. Mungkin saja K+ dalam darah tinggi sehingga anda tidak bisa banyak-banyak makan ubi atau talas.

  11. Hindari makan kecap tertentu.

    Kecap adalah pengganti garam yang sangat baik untuk kesehatan. Jangan berhenti makan kecap sekalipun anda mengalami hiperkalium. Tapi yang perlu anda lakukan adalah mencoba berbagai merek kecep dipasaran. Silahkan coba satu per satu dari merek yang paling terkenal, konsumsi dua atau tiga sendok. Setelah beberapa saat rasakan tubuh anda dan temukan kejanggalan anehnya di persendian seluruh tubuh. Jika ada yang teraasa mengganggu maka tinggalkan produk tersebut dan besoknya lanjutkan pengujian pada merek lain.

  12. Tidak bisa minum kopi.

    Kopi adalah sejenis minuman idola oleh banyak kalangan di seantero negeri. Manfaatnya yang digembar-gemborkan dapat membuat mata melek, tubuh segar, dingin menjauh dan mengembalikan stamina yang telah hilang. Sayang, bagi orang dengan hiperkalium, sebaiknya membatasi dan bila perlu menghentikan kebiasaan minum kopi karena minuman ini adalah salah satu pantangannya.

  13. Tidak bisa minum susu.

    Putihnya susu menambah tenaga dan gairah dalam mempelajari hal-hal baru yang tersebar di ruang belajar online. Akan tetapi, anda tidak dapat lagi menikmati gurihya minuman suci ini karena dapat membuat tulang kriuk-kriuk dalam sekejap setelah meneguknya. Orang lebih banyak meyakini bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebab tidak ada rasa sakit yang diderita pada masa pencegahan. Namun dalam masa pengobatan, tubuh telah terlebih dahulu mencicipi pahitnya rasa sakit.

  14. Jajanan atau cemilan dari kacang-kacangan.

    Perhatikan jajanan yang anda beli kawan. Pastikanlah bahwa cemilan ringan tersebut bebas dari kacang atau tidak mengandung kcang. Bukanlah girangnya kenikmatan antik yang anda peroleh tetapi gatal-merana di kepala, leher, wajah dan selangkangan. Masih banyak jenis cemilan lain dari tepung yang juga nikmat untuk dicicipi di siang bolong.

  15. Semua makanan dan minuman tampaknya beracun.

    Pada titik ini, si penderita kalium tinggi akan merasa bahwa semua hal yang dikonsumsinya membuat keanehan dalam badan. Ia bisa menjadi orang yang tidak mau makan sama sekali, seolah kepala pusing, hampir stres dan tidak mau makan apa-apa lagi. Pada titik ini, tingkat stres yang dialaminya berada pada posisi tertinggi. Jika keadaan ini tidak dihadapi dengan ikhlas, sabar dan rendah hati maka rasa takutlah yang membuatnya tidak mau lagi makan apa-apa. Sesungguhnya yang diperlukan bukan tidak makan sama sekali tetapi membatasi jumlah makanan. Cobalah untuk hanya mengonsumsi nasi, roti, kecap saja atau makanan tawar lainnya. Tetapi minum air harus tetap di jaga stabil minimal dua liter per hari.

Kesimpulan

Mengonsumsi makanan pantangan secara terbatas atau tidak boleh sama sekali ditentukan oleh kondisi tubuh atau kadar kalium itu sendiri di dalam tubuh. Biasanya bila kandungannya sangat tinggi, mengonsumsi sedikit saja sudah membuat sendi atau otot terasa kriuk-kriuk maka hindari sama sekali mengonsumsi panganan di atas. Namun bila kandungan kalium darah tidak terlalu tinggi, mengonsumsi sedikit saja tidak akan mendatangkan kejanggalan dalam tubuh anda. Tentulah penilaian ini hanya dapat ditentukan berdasarkan uji coba dalam kehidupan sendiri.

Jangan berputus asa karena tidak ada masalah tanpa akhir. Jika terbukti secara laboratorium bahwa tubuh kelebihan K+, sebaiknya mulailah melakukan diet vegetarian. Hanya daging merah (babi, sapi, ayam) sajalah yang merupakan lauk pauk pilihan pengganti utama yang bisa dikonsumsi bersama makanan. Hari-hari hidup tanpa lauk tidaklah buruk sama sekali sebab sayur-mayur juga bisa jadi lauk yang sehat. Justru dengan menghentikan konsumsi lauk, menjauhkan anda dari bau badan. Memang kalau soal makanan para pemburu kuliner eksotik berkata, “rasa adalah segalanya tetapi kenyang bisa diperoleh dari makanan apapun.” Artinya, rasanya boleh beda tapi kenyangnya sama saja. Justru “rasa itu sifatnya sesaat saja tetapi efek kenyang setelah makan bisa bertahan selama berjam-jam.” Hadapilah deritamu sampai terbiasa, sampai derita itu tidak lagi menyakitimu melainkan kamu malah bersenang-senang karenanya!

Salam, Pantangan untuk dijauhi
sebab lebih baik mencegah
dari pada mengobati.
Lebih baik menghindari
daripada tersakiti dulu
baru menghindar
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.