10 Ide Untuk Memperbaharui Status – Update Status Dengan Cara Membagikan Sesuatu Yang Menarik

Ide Untuk Memperbaharui Status – Update Status Dengan Cara Membagikan Sesuatu Yang Menarik

Media sosial adalah hidup kita. Memang kita bisa hidup tanpanya tetapi hidup menjadi lebih baik karena keberadaannya. Banyak hal yang bisa diperoleh dari situs tersebut, antara lain seperti berita terbaru nasional maupun daerah, pengumuman terkini dari pemerintah, cerita inspiratif, cerita lucu, cerita nyasar dan lain sebagainya. Tidak dapat dipungkiri bahwa di dalamnya juga terdapat informasi yang kurang bermanfaat yang hanya sekedar adu keunggulan antar user. Mengantar momen kehidupan yang tidak dibutuhkan orang lain tetapi apa boleh buat, namanya juga mikro blog pribadi. Prinsipnya memang “suka hati aja” asal tidak memamerkan hal-hal jahat yang melanggar hukum.

Tanpa kita sadari, media sosial bisa menjadi tempat untuk menyebarluaskan keunggulan pribadi. Memang bawaannya sekedar update status tetapi setelahnya dilihat sebagai usaha pameristik. Padahal statusnya biasa saja, atau jangan-jangan diri sendiri aja yang merasa berlebihan. Ada baiknya kita membersihkan hati sebelum dan selama menggunakan mikroblog online. Mungkin mendengar musik sambil bernyanyi memuji Tuhan di dalam hati bisa menjadi sebuah jalan bagi kita untuk menepis rasa dengki. Atau anda bisa membuat diri sibuk dengan menyusun status sendiri. Buatlah sesuatu dari sudut pandang sendiri agar hari-hari anda pun terdokumentasi di cloud.

Ide untuk mengupdate status

Pada awalnya, keterkenalan status di media sosial bisa mempengaruhi suasana hati kita. Saat ada yang menyukai dan membubuhkan komentar, senangnya minta ampun. Tapi saat status kita sepi banget, seperti kata orang “lalat pun tidak hinggap” bisa-bisa suasana hati terkapar dalam sedih yang dalam. Berniat untuk berhenti memperbarui status karena sama sekali tidak ramai, menjadi pilihan buntu. Akan tetapi mau bagaimana lagi? Kalau anda adalah orang yang kreatif, tidak mau tahu seberapa peduli orang lain terhadap hasil kerja keras anda. Tetapi, terus bekerja menelurkan hasil yang baik merupakan pilihan yang menyenangkan karena bakat yang awalnya terpendam dalam lubuk hati mengalir dengan lancar. Jadi, tulisan kali ini adalah beberapa inspirasi pokok yang mungkin menjadi bahan perbincangan yang bisa diumbar dalam mikroblog pribadi yang dimiliki, berikut selengkapnya.

  1. Firman Tuhan adalah sumber-sumber ide.

    Tulis ayat Alkitab yang anda temukan menarik. Bila anda rajin bersaat teduh dan membaca Alkitab setiap hari, pasti ada ayat-ayat tertentu yang membuat hati terharu bahagia saat membacanya. Ketika itu juga bisa berasa ada getaran di dalam dada ketika mampu menghayatinya. Atau mungkin anda punya pengalaman pribadi yang kejadiannya semakna dengan nats tertentu dalam Kitab Suci.

    Kalau mau lebih kreatif, tuliskan firman tersebut dengan mengubah beberapa bagiannya dengan memanfaatkan persamaan/ perlawanan kata yang lain (sinonim/ antonim). Jadi tidak perlu lagi menuliskan natsnya sebab itu adalah hasil kreasi anda sendiri.

  2. Tulis apa yang anda pikirkan/ rasakan.

    Pikiran adalah sarang berbagai ide. Seperti layaknya televisi dan radio yang menyajikan berbagai inspirasi bagi para penikmatnya. Hati manusia umumnya memiliki dua masukan yang sepertinya saling bertolak-belakang. Saring dan seleksi ide-ide yang ada dalam pikiran menggunakan standar kehidupan yang dimiliki. Bandingkan dengan kasih yang utuh kepada Allah dan kasih yang setara kepada sesama manusia lainnya. Juga turut pastikan bahwa apa yang dihasilkan tidak menyalahi aturan logis di dalam masyarakat.

  3. Tulis/ jepret apa yang anda alami/ lakukan.

    Ada banyak momen yang kita alami sehari-hari. Terbiasalah menikmatinya, entah itu baik atau sedikit kurang berkenan. Cobalah untuk tidak membenci orang-orang yang terlibat di dalamnya sebab kebencian dapat merenggut ketenangan dan kebahagiaan kita. Ada banyak peristiwa yang kita alami dari waktu ke waktu. Memang polanya terkesan datar-datar saja tetapi cukup menyenangkan bila disambut dalam nyanyian penuh syukur.

    Jenis post yang sesuai dengan keadaan terkini kita bisa bermacam-macam. Ada berupa tulisan, suara, gambar dan audiovisual. Jika tidak ada ide berupa kata-kata, maka berikanlah foto diri sendiri, foto bersama, foto alam sekitar dan foto-foto abstrak lainnya.

  4. Tulis kesimpulan khotbah.

    Mungkin anda telah mendengar khotbah dengan seksama dan menurut pendapat pribadi ada sesuatu yang menarik. Hal tersebut mungkin ada di bagian akhir termuat dalam kesimpulan atau terdapat di tengah-tengah khotbah berupa ungkapan positif yang mudah dicerna. Bisa jadi hal tersebut didengarkan di hari sebelumnya atau lewat televisi atau lewat radio dan termasuk yang mendengarkannya secara streaming lewat Youtube. Semua yang baik yang bisa ditangkap dengan logika sehat tentu saja dapat dijadikan sebagai ide untuk membuat status baru.

    Lagi-lagi anda bisa melakukan kolaborasi dengan kesimpulan khotbah yang telah didengar. Coba ganti beberapa kata di dalamnya dengan sinonim/ antonim yang lain sehingga terdengar mirip-mirip atau sedikit berbeda. Itulah kecerdasan berpikir kreatif yang dimulai dari mengubah hal-hal kecil.

  5. Tulis pola umum kehidupan (kata-kata motivasi).

    Bagi anda yang empunya pikiran berkembang dan dewasa, sudah mampu mempolakan sesuatu dalam logika yang sederhana. Kemampuan ini tentu dimiliki oleh orang yang telah belajar tentang kehidupan selama bertahun-tahun. Pada satu titik ada sifat atau kebiasaan manusia yang bila dilakukan akan menempatkan pelakunya dalam beberapa situasi yang dapat diidentifikasikan. Pola-pola kehidupan semacam ini lebih dikenal sebagai kata-kata motivasi yang terdengar garing dan sangat bersemangat untuk diaplikasikan.

  6. Tulis ide orang lain dengan sedikit perubahan atau sesuai dengan aslinya,

    Darimana anda akan menemukan ide orang lain? Ini bisa ditemukan di media sosial dari fans page situs populer atau dari berbagai sumber-sumber logis lainnya. Terdapat pula dalam sinetron keluarga yang suka ditonton atau dalam film-film layar lebar baik yang dalam negeri maupun dari luar negeri. Tidak tertutup kemungkinan menemukan pola hidup yang menarik dari lagu-lagu yang biasa kita dengarkan atau yang sedang diputar dimanapun berada. Menurut teknologi yang ada, inspirasi diperoleh lewat radio, televisi, smartphone, laptop dan komputer PC termasuk dari buku-buku yang diperjual-belika.

    Harap pahami bahwa tidak semua hal yang ditampilkan karya seni baik adanya. Sebab didalamnya terdapat konflik dari yang paling ringan, sedang sampai yang paling berat. Berhati-hatilah dalam mengekstrak setiap kisah agar tidak terjebak dalam pola yang kurang tepat dan pada yang mengarahkan orang ke hal-hal yang negatif.

    Tentu saja menulis ide orang lain baru bisa dilakukan setelah menikmati karya seni tertentu. Ada banyak karya seni dalam dunia ini: ada yang menikmatinya namun tidak beroleh apa-apa darinya. Pula ada yang menikmatinya sekaligus mendapatkan makna positif kehidupan di dalamnya. Inspirasi dari karya seni orang lain bisa saja dituliskan sama persis seperti yang dituliskan oleh pembuatnya. Tetapi beberapa pengguna kreatif mengkopi-pastekan bagian tertentu dengan memberikan sedikit improvisi.

  7. Tulislah ide berdasarkan referensi kata dari KBBI.

    Tahukah anda bahwa Kamus bisa menjadi pembuka inspirasi? Jika anda mengetahui suatu pola kehidupan, gunakanlah frase yang baik untuk mengungkap pola tersebut. Lalu silahkan ubah kata tertentu yang memiliki sinonim. Kreasikan strukturnya menurut seni berpikir pribadi tanpa harus merasa terikat dengan EYD (ejaan yang disempurnakan). Sekalipun demikian, tetap masih bisa dipahami oleh orang awam atau oleh orang dewasa.

    Bisa juga dengan menggunakan aplikasi KBBI Offline (khusus PC/ komputer). Manfaatkanlah fitur “RND” untuk menemukan kata-kata tertentu secara acak. Gunakanlah kata-kata tertentu yang ada sinonim atau antonimnya dengan pola kebiasaan hidup sehari-hari. Bagi yang masih pemula dalam membuat kata-kata motivasi, ada kemungkinan tidak bisa melakukan pencarian padanan kata yang memiliki pola khusus. Akan tetapi, untuk seorang profesional, fitur “RND” sangat bermanfaat untuk memperluas kosa kata dalam berkarya.

  8. Menulis sesuatu berdasarkan berita terbaru.

    Anda menemukan headline (berita utama) dalam sebuah informasi lalu menghubungkan hal tersebu dalam pola kehidupan. Suatu kebiasaan yang terjadi di dekat anda ternyata pengaruhnya serupa dalam kasus-kasus besar. Terlebih ketika anda telah membaca tanggapan para ahli atas keadaan tersebut. Opini tersebut membantu kita untuk menyimpulkan pola tertentu asalkan digunakan untuk tujuan yang positif.

  9. Lewat aplikasi berbagi.

    Ada banyak aplikasi berbagi yang sangat bermanfaat untuk mengkreasikan kata-kata, gambar, suara dan video. Misalnya adalah menggunakan aplikasi “Like, Canva, Karaoke dan lain sebagainya. Biasanya, aplikasi-aplikasi tersebut membantu menyediakan temple, animasi dan aksesoris desain lainnya untuk menampilkan sesuatu agar kerkesan lebih artistik. Setelah selesai melakukan editing (pengeditan konten), anda dapat langsung memposkan hasilnya ke media sosial manapun seperti yang telah disediakan oleh perusahaan.

  10. Masukkan apa saja yang penting lulus sensor.

    Tahukah anda bahwa kamera pada ponsel merupakan alat update status instan? Anda bisa saja menjepret foto yang berisi berbagai aktivitas sehari-hari. Anda bisa memfoto objek-objek yang ada di dalam dan di luar rumah secara sendiri-sendiri. Bisa dengan memotret struktur permukaan suatu benda yang memiliki keunikan sekalipun kesannya acak. Sudut-sudut di dalam atau di luar rumah juga bisa memberi kekuatan tampilan yang abstrak tanpa makna khusus. Bagi yang menggunakan media sosial yang memberi reward untuk setiap foto yang diposting, bisa mengambil ukuran objek yang lebih kecil untuk menunjukkan detailnya.

    HINDARI MENULIS HAL-HAL BERIKUT.

  11. Mengungkap rasa benci.

    Kata-katamu menunjukkan bencimu. Buat-buat pun mukakmu sangar dalam foto, orang lain bisa saja menyukainya. Tetapi menambahkan kata-kata kotor di antara foto-foto biasa membuat status terkesan kotor. Mungkin masih ada yang menyukainya tetapi ingat-ingatan terhadap hal tersebut membuat suasana hati tidak nyaman.

    Mata melotot pun di dalam foto bukan berarti benci, menjulurkan lidah bukan berarti mengejek, raut wajah aneh bukan berarti sinis. Itu bisa jadi dianggap keren oleh orang tertentu tetapi amarah yang terwujud dalam kata-kata kasar membuat anda terkesan temperamen pada hal-hal sepele dalam hidup ini.

  12. Mengungkap rasa iri hati.

    Kata-katamu menunjukkan dengkimu. Wajah yang cemberut karena dengki kepada seseorang bisa dimaknai keren dan agak lucu oleh orang tertentu. Akan tetapi, kata-kata yang tertulis sangat menjelaskan betapa kurang dewasanya kita terhadap perbedaan kecil antara orang ini atau orang itu. Artinya, memposting suatu gambar yang aneh asal sopan masih bisa dilihat dari sudut pandang positif. Akan tetapi, kata-kata yang jelas dan tegas membuat orang bisa menilai sajauh mana kemampuan pengendalian emosional yang dimiliki.

  13. Mengungkap kesombongan hidup.

    Anda bisa saja berfoto di depan mobil, rumah, pakaian, barang elektronik dan barang-barang mahal yang dimiliki. Pengunjung masih bisa menganggap itu positif. Hanya saja kata-katamu menunjukkan angkuhmu. Hidup beberapa orang sesungguhnya biasa saja. Berkas foto yang dimilikinya juga seperti yang dimiliki kebanyakan orang. Hanya saja ada kata-kata aneh yang ditambahkannya saat mengupdate status. Dimana rasa-rasanya perkataan tersebut membuat dirinya yang awalnya biasa saja malah terkesan agak angkuh.

  14. Perbuatan jahat, membuli dan lain sebagainya.

    Sebaiknya hal-hal jahat tidak perlu diumbar di media sosial. Kecuali anda adalah seorang seniman yang bisa merangkai suatu drama yang mengandung konflik. Dimana di dalamnya terdapat hal buruk yang berlawanan dengan hal baik namun yang pada akhirnya kebaikan dan kebenaranlah yang menang. Tidak perlu membuli seseorang secara online sebab tindakan tersebut bisa disaksikan oleh orang banyak. Akibatnya, rasa bersalah di dalam hati malah menjadi lebih besar. Jika status terlalu nakal maka bisa jadi admin akan memblokir, menonaktifkan bahkan mendepak akun kita dari komunitas mereka.

  15. Berhati-hati dengan jebakan berita.

    Pemerintah adalah pemimpin terdepan dalam dunia sandiwara. Tidak masalah jika semua kepura-puraan tersebut diarahkan untuk mengajak orang agar berbuat baik kepada diri sendiri, sesama dan lingkungannya. Akan tetapi, berhati-hatilah untuk tidak terlalu mendalami peristiwa yang diangkat dalam berbagai berita. Sebab saat mendalami sesuatu sama artinya dengan menghubung-hubungkannya dengan berbagai hal. Namun belum tentu semuanya itu terhubung, belum tentu semuanya itu sudah terjadi (bukan fakta). Sedang kita berada jauh dari pusat dan tidak bisa melihat hal tersebut deri dekat. Keadaan ini membuat kita tidak dapat memastikan apakah sesuatu itu palsu atau asli, sudah terjadi atau belum, ada hubungannya atau tidak. Melainkan hanya menilai arahnya ke mana, menuju ke hal-hal baik atau buruk.

Kesimpulan

Ada status yang sudah ada dimana anda hanya butuh mengkopi-pastekannya ke status sendiri. Dan ada pula status yang baru dimana anda mengambil bagian-bagian tertentu dari status orang lain lalu menempatkannya pada bagian lain yang mirip-mirip sehingga terlihat beda (beti). Melakukan sedikit operasi kosa kata dengan mengganti bagian tertentu dengan sinonimnya atau dengan antonimnya untuk melakukan sentuhan yang memukau. Sadarilah bahwa kreativitas juga dibangun dari hal-hal kecil.

Sadar atau tidak, semua yang kita alami bisa dijadikan sebagai status. Hanya saja kata-kata menjelaskan keadaan secara tegas sehingga segala keburukan yang termuat akan dirasakan sangat jelas. Silahkan memperbaharui hanya gambar saja sebab apa yang ditangkap oleh mata masih bisa diarahkan kepada hal-hal positif oleh penikmatnya. Atau kalau mau lebih positif, silahkan isi status dengan nats Alkitab yang menurut anda berkesan di hati. Bisa juga mengisinya dengan ide orang lain atau dengan ditambah sedikit kolaborasi dengan ide yang dimiliki. Bahkan bisa diperbaharui dengan apa saja yang ditangkap oleh kamera anda asalkan diproyeksikan secara etis. Status tidak mesti berkelas, tidak selalu populis, tidak selalu disukai dan tidak selalu dikomentari. Ada fluktuasi rasa yang dapat anda temukan di dalamnya sebab mikroblog pribadi menggambarkan kehidupan yang tidak selalu sempurna. Ada yang namanya kelebihan dan tidak dapat dipungkiri bahwa ada juga kelemahannya. Jadi, fluktuasi adalah manusiawi yang wajar terjadi dalam kehidupan online.

Salam, Inspirasi bisa datang
dari mana saja.
Asalkan hati peka
dan terbuka
maka ada-ada saja
hal yang bisa diposting
dari hari ke hari
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.