7 Cara Menghapus Memori Penuh Smartphone – Mengosongkan Memori Lewat Berbagai Jalan

Cara Menghapus Memori Penuh Smartphone – Mengosongkan Memori Lewat Berbagai Jalan

Hidup diselingi dengan tantangan namun jangan takut, masalah tersebut tidak akan menghancurkan kita. Kecuali diri sendiri yang bodoh, melakukan pelampiasan dengan cara-cara yang menyimpang sehingga mendorong masuk rumah sakit, rumah sakit jiwa dan lembaga pemasyarakatan lainnya. Tidak ada tantangan hidup yang seburuk itu, namun persoalan hidup yang datang bertubi-tubi kadang menciptakan kebingungan. Akan tetapi, saat dengan rendah hati bersandar kepada Yang Maha Kuasa, ikhlas pada apa yang terjadi dan sabar menanggung tekanan: semua akan menjadi baik-baik saja. Lagipula soal-soal yang kita hadapi tidak lebih banyak dari hari-hari baik yang pernah dan yang akan kita cicipi kelak.

Memiliki smartphone ada ruginya tetapi ada juga manfaatnya. Jangan fokus pada ruginya sebab hal tersebut bisa sangat memuakkan melainkan fokuslah kepada Tuhan yang memberikan kepada kita semua hal-hal baik ini. Teknologi memang memiliki potensi negatif namun hal tersebut tidak otomatis mempengaruhi kita sebab mampu menyesuaikan diri dengan benar dan mengambil keputusan yang tepat. Mereka yang melatih dirinya untuk menjadi dewasa, tidak akan membiarkan hidup terseret arus negatif. Sebab mereka berpegang pada firman Tuhan dan paham aturan yang berlaku di dalam masyarakat. Mereka sadar bahwa hidup ada standarnya; dan segala sesuatu yang berada di luar standar tersebut adalah kepunyaan sijahat yang tidak perlu diikuti.

Cobaan lewat teknologi tidak akan menghancurkanmu bahkan lemah pun tidak, tapi mungkin bimbang-bimbang sedikit. Sebab teknologi yang bias walau sebentar saja, bisa dianggap rusak oleh pemiliknya. Tindakan selanjutnya yang ditempuh mungkin akan menjadi materi realistis bila dana dikantong mencukupi. Namun bisa jadi, keputusannya tidak masuk akal karena minimnya pemasukan (dana tidak mencukupi). Membeli smartphone yang baru adalah pilihan yang tragis di tengah minimnya keungan. Oleh karena itu, keahliaan sederhana yang cukup ampuh untuk menanganinya perlu kita ketahui bersama. Berikut selengkapnya, teknik membersihkan/ mengosongkan/ menghapus memori penuh pada smartphone.

  1. Menghapus foto, video, audio dan dokumen yang tua dan kadaluarsa.

    Seandainya smartphone adalah buku maka tergolong dalam buku sejarah, sebab di dalamnya terekam sebagian kecil dari kisah-kisah kehidupan sendiri dan beberapa orang linnya yang berinteraksi dengan kita. Bila ada kesempatan untuk melihat-lihat ke belakang maka smartphone menyimpan catatan sejarah seputar hari-hari yang dijalani di masa lalu. Sebaiknya, hasil jepretan yang tidak lagi diperlukan dapat dihanguskan dalam tong sampah elektronik sehingga ruang memori yang tersedia semakin lapang. Kenangan memang penting namun mengenang masa lalu terlalu banyak dan terlalu lama dapat mendorong keluar sombong hati. Berhati-hatilah!

  2. Memindahkn file foto, video, audio dan dokumen secara manual.

    Padatnya memori telepon, membuat kinerjanya agak lambat. Bila anda mengetahui banyak sekali gambar, audio, video dan dokumen lainya yang dibuat belakangan ini, perlu melakukan tindakan antisipasi. Seorang seniman membutuhkan alat bantu dengan kapasitas yang lebih besar untuk menyimpan karya-karyanya secara elektronik. Penyimpanan yang lebih besar tersebut dapat berupa memori ekternal, flash disk, smartphone lainnya atau laptop/ komputer-PC. Anda perlu memisahkan kenangan yang tidak penting ke penyimpanan eksternal atau flash disk untuk mencegah kepenuhan memori yang disertai dengan notifikasi yang merepotkan.

  3. Mengatur penyimpanan aplikasi ke memori card.

    Lazimnya, ada dua penyimpanan dalam setiap ponsel pintar yang dimiliki. Satunya yang bawaan atau disebut juga dengan memori internal sedangkan yang lainnya adalah memori tambahan yang bisa dikeluar-masukkan menggunakan slot khusus. Biasanya, besar-kecilnya kapasitas memori internal sangat menentukan harga smartphone. Tetapi tidak perlu kuatir bagi yang internal default-nya kecil sebab ada slot tambahan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

    Anda perlu mengatur aplikasi pencipta file, seperti kamera, browser, edit foto, edit dokumen dan lain sebagainya. Buatlah destinasi (tujuan) penyimpanannya berpindah dari yang awalnya di memori internal masuk ke memori eksternal. Biasanya ini terdapat dalam pengaturan pada aplikasi dimaksud atau terdapat pada menu “pengaturan lainnya” atau “pengaturan aplikasi” yang dapat diakses dari pengaturan telepon secara umum.

  4. Menggunakan aplikasi pembersih memori.

    Silahkan cari di Google atau penyedia aplikasi smartphone lainnya tentang “tools pembersih memori.” Anda bisa mendownloadnya dengan gratis dan menggunakannya secara terpimpin sehingga manfaatnya menjadi nyata. Tidak ada yang sulit untuk mengoperasikan aplikasi ringan semacam ini, mungkin yang perlu dilakukan adalah mengaktifkannya secara berkala guna membebaskan memori dari sampah yang tidak penting.

  5. Menggunakan aplikasi antivirus.

    Pada umumnya, aplikasi antivirus yang bisa membersihkan data-data yang berpotensi merusak sistem, turut pula membersihkan file-file tidak penting lainnya. Antivirus ini semacam aplikasi multifungsi yang tidak hanya membersihkan smartphoone dari virus pengganggu namun turut pula membantu antisipasi kelebihan kapasitas memori. Anda bisa mendownloadnya secara langsung dari “Google Play” selama aplikasi tersebut gratis untuk semua.

  6. Menggunakan aplikasi deteksi file ganda.

    Aktivitas tinggi dengan memanfaatkan teknologi dapat membuat kita secara tidak sengaja menciptakan file ganda yang mirip-mirip. Ketelodoran ini cukup lazim terutama ketika kita menggunakan fungsi edit file untuk keperluan sekolah/ kuliah/ pekerjaan dan untuk keperluan lainnya berkarya di dunia maya. Anda bisa mendeteksi file duplikat untuk menghapus file yang tidak efektif sehingga meningkatkan efisiensi memori. Kadang-kadang, pendeteksi file duplikat sudah terdapat dalam antivirus atau aplikasi pembersih memori yang kita gunakan.

  7. Membersihkan cache aplikasi secara manual.

    Aktivitas ini adalah idola kami, hanya sama penggunaannya boleh untuk aplikasi atau game yang sifatnya online. Sebab, lazimnya suatu aplikasi yang berbasis online, telah lebih dahulu menyimpan data-data di cloud (server lokal atau pusat). Jika aplikasi digunakan, semua alogaritma yang dibutuhkan akan kembali diunduh ke gadget sehingga menampilkan data seperti saat terakhir kali aplikasi tersebut digunakan. Selain itu, cache juga berisi riwayat yang terekam selama anda menggunakan aplikasi atau game tersebut.

    Biasanya setiap aplikasi bisa menghapus cachenya sendiri. Masuklah ke dalam aplikasi tertentu lalu cari sub menu pengaturan dan temukan opsi “bersihkan cache.” Aktivitas ini bisa dilakukan kapan saja tanpa mengganggu riwayat pemakaian anda.

    Anda bisa menghapus cache secara manual di bilah menu “pengaturan” umum. Masukklah ke sub menu “aplikasi” yang terinstal atau sub menu “penyimpanan” yang digunakan untuk mengakses cache dari setiap hal yang terinstal. Perlu menunggu beberapa detik untuk menghapus cache game yang berukuran besar. Setelah itu, tidak perlu lagi khawatir tentang ukuran memori yang terlalu kecil karena setiap aplikasi bisa menyesuaikan ukurannya berdasrkan kemampuan smartphone anda. Peringatan: Lakukan penghapusan cache ini khusus untuk aplikasi/ game yang berbasis online saja. Agar sekalipun datanya telah hilang jejak/ kemajuan anda masih ada karena telah disimpan dicloud.

Kesimpulan

Jika memori smartphone kecil, batas-batasilah aplikasi yang hendak di instal ke dalam perangkat. Pertimbangkan baik-baik sebelum menginstal aplikasi atau game berkapasitas besar. Lakukan pemindahan file yang kurang penting ke gadget lain (laptop/ komputer-PC). Maksimalkan penggunaan penyimpanan eksternal untuk membebaskan lebih banyak memori internal. Lakukan penyelidikan intensif menggunakan aplikasi pembersih memori atau aplikasi antivirus untuk melakukan pembersihan yang lebih intensif. Hal terakhir yang pelu anda coba adalah membersihkan sendiri riwayat penggunaan (cache) dari aplikasi yang digunakan. Agar tidak ada lagi masa lalu tidak penting yang disimpan dalam memori sehingga smartphone tersayang semakin lapang dan ringan untuk dipakai menurut fungsinya

Salam, Bukan cuma otak
yang perlu melupakan.
Ponsel pintar perlu juga
melupakan jejak online Anda
dengan menghapusnya sedemikain
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.