Waktulah Yang Membuat Anda Menang Dan Kaya Raya

Waktulah Yang Membuat Anda Menang Dan Kaya Raya

Hidup ini adalah permainan tetapi jangan suka mempermainkan orang: itu dilarang oleh hukum dan dilarang oleh ajaran kepercayaan yang kita yakini. Sesungguhnya ada banyak sekali kekuatan yang bisa dimain-mainkan. Seperti halnya waktu kita masih kecil, suka bermain dengan anak lainnya yang setetangga. Tetapi saat semua sudah besar, rasa-rasanya enggan sekali untuk kumpul-kumpul di pekarangan untuk main gambar atau main kelereng atau main karet. Kesukaan kita mulai berubah dari mempermainkan teman sebaya, malah lebih suka mempermainkan diri sendiri saat pemikiran sudah mulai dewasa. Itu memang benar, dengan bermain game di smartphone atau laptop, kita sama saja dengan mempermainkan diri sendiri.

Bila memiliki sedikit waktu luang, mengingat momen dimana kita sedang bermain menggunakan jari-jari sambil duduk, telentang, telungkup, jongkok dan berdiri. Yang bisa diingat adalah tidak ada yang namanya menang terus-menerus. Kita perlu menyelesaikan pencarian harta, kartu dan artefak lainnya untuk melengkapi kekuatan pion yang dimiliki. Selama pemain yang digunakan belum mencapai level maksimal, selama itulah ada bagian-bagian tertentu dalam game yang belum kita kuasai. Sebab pada tahap/ pada daerah/ pada dunia tersebut lawan-lawan lebih kuat dengan strategi pintar sehingga kendaraan/ pahlawan/ kapal yang digunakan hancur: kalah terus-menerus. Ada juga yang mengalami kekalahan karena tidak bisa menyelesaikan masalah yang hadir selama permainan berlangsung. Sedang permainan lain memaksa mengalah para gamers dengan membatasi jumlah nyawa.

Kita bermain dengan perasaan sendiri karena sesekali ada rasa senang bukan kepayang, namun sesekali juga ada rasa sedih penuh galau. Suasana hati yang berubah-ubah semacam ini hanya terjadi di tahun pertama sampai net-netnya di tahun ke tiga bermain. Emosi anak bawang mengikuti pola menang-kalah yang berhasil diraih. Ditambah lagi sisi iri hatinya semakin terbakar karena banyak item dan potensial lainnya yang masih belum mampu untuk diraih. Sedang pemain lain dalam pertarungan antar player (PVP) telah duluan mengalami peningkatan yang lebih baik. Belum lagi masalah leak/ macet yang timbul karena gangguan instabilitas sistem dalam smartphone/ komputer maupun dalam games itu sendiri.

Tidak ada yang namanya kemenangan mutlak, sebab bila menang terus-menerus, itu artinya kita jadi jawaranya dan semua tahap telah dilalui sampai selesai. Mungkin rasa menang terus semacam ini hanya dialami oleh orang yang memakai permainan offline yang tidak pernah diperbaharui (update). Kita akan mengenyam kekalahan sampai kenyang sampai hal tersebut tidak lagi memberikan perbedaan rasa. Artinya, seiring berjalannya waktu kita akan beradaptasi sehingga baik saat menang maupun saat kalah, suasana hati tetap sama dan stabil. Perasaan yang dipermain-mainkan tidak akan timbul lagi karena hati telah ikhlas menerima kenyataan, sabar menghadapi cobaan dan bersikap rendah hati di tengah guncangan yang ditimbulkan oleh permainan tersebut.

Game ini senantiasa update menjadikannya lebih ahli dalam menjebak demi mengalahkan kita. Tahapan demi tahapan yang kita lalui seolah tidak pernah berakhir. Ada-ada saja hal yang harus dikembangkan untuk mencapai potensi hero/ kapal/ kendaraan yang lebih baik. Ini seperti pekerjaan yang tidak ada habisnya. Seberapa pun waktu yang didedikasikan untuk menggunakannya, tidak akan cukup dan tidak akan pernah selesai. Lama-kelamaan, semuanya itu membuat kita paham untuk tidak terlalu bernafsu menggilai peningkatan dan pencapaian. Melainkan lebih baik memainkannya dengan santai sambil-sambil mengerjakan hal-hal positif lainnya di dunia nyata. Artinya, jangan terlalu fokus dengan game sampai lupa waktu untuk menuntaskan tanggung jawab atau kewajiban pribadi di dunia nyata.

Lama-kelamaan, kita seperti seorang pekerja yang mencari sesuatu demi kepentingan usahanya. Jadi, tidak berlebihan kalau di negara maju memainkan game juga termasuk sebagai salah satu pekerjaan yang diminati orang banyak. Tentu saja, hal ini tidak dapat diraih dengan mudah sebab permainan yang digunakan perlu tumbuh-kembang awal yang memakan waktu bertahun-tahun. Bekerja memainkan game cukup mengesankan sebab bisa dilakukan dimana saja termasuk di rumah aja, nggak perlu ngantor-ngantor. Ketika bermain adalah sebuah pekerjaan, tidak ada lagi duka lara meskipun kalah berkali-kali dan masih banyak potensial yang belum diraih. Walau perlu juga diakui bahwa ada hal-hal yang telah kita capai namun ada juga pencapaian tertentu yang masih dalam proses. Dibalik semuanya itu ada hal lain yang  kita harapkan, sesuatu yang lebih berharga, yaitu kapan permainan ini menjadi pohon uang yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Memainkan game adalah pekerjaan yang terstruktur, anda tidak bisa mencapai hal tertentu hanya dengan usaha belaka. Terkadang memang dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai hal tersebut, bersabarlah. Lagipula kalau semua hal di dalam game bisa kita capai, dimana keseruannya?

Tidak perlu berusaha mati-matian untuk mencapai sesuatu dalam game yang anda sukai. Sebab biar bagaimana pun usaha anda, ada hal-hal yang tidak akan bisa segera tercapai. Banyak-banyak pun uang yang diinvestasikan tidak menjamin gamers mampu mencapai titik puncak tertentu yang dikehendaki. Bahkan sekalipun anda membeli berbagai item di dalamnya: tetap tidak dapat mengalahkan hal-hal tertentu karena memang belum saatnya. Sadarilah bahwa yang membuat anda memenangkan sesuatu bukan hanya karena usaha dan kerja keras sendiri. Melainkan semuanya itu tercapai karena (1) sistem yang mengizinkan, (2) waktu yang tepat dan (3) ketekunan perjuangan yang dimiliki. Sesungguhnya orang yang memenangkan permainan favoritnya adalah mereka yang sabar menunggu, ikhlas diuji dan tetap setia sampai kapanpun terhadap permainan tersebut.

Kemenangan dan kekayaan gamers ditentukan oleh (1) sistem yang mengizinkan, (2) waktu yang ditempuh dan (3) usaha serta ketekunan gamers itu sendiri.

Jadi, tidak perlu bermain game terus-menerus sampai lupa melakukan hal-hal baik bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar. Belum mandi seharian hanya karena mengejar target/ peringkat adalah suatu kesalahan. Tidak wajar bila anda lupa membersihkan pakaian dan tempat tinggal selama berhari-hari hanya karena mengejar perolehan koin atau permata. Jelas tidak baik jika anda terus mengabaikan teguran orang tua untuk membantu pekerjaan rumah. Sehebat dan selama apapun seorang pemula memainkan gamenya, ia tetap seorang pemula (noob player). Tetapi player yang bijak tidak mengabaikan rutinitasnya di dunia nyata dengan tekun menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawabnya dalam keluarga. Sebab dia sadar bahwa “takkan lari gunung dikerjar, kelak suatu saat nanti sistem akan mengirimkan keajaiaban (mukzizat) yang membuatnya menjadi pro player (pemain profesional).

Player yang bijak tidak gila-gilaan mengejar target dan tidak mengabaikan rutinitasnya di dunia nyata dengan tekun menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawabnya dalam keluarga.

Seiring berjalannya waktu, kita tidak lagi memandang game sebagai tempat mencari kesenangan. Pencapaian yang telah diraih pun terasa biasa saja yang diiringi dengan respon yang rendah hati dan bukannya malah menganggarkan diri karena semua pencapaian tersebut. Kita mulai merasa bahwa lebih baik menghabiskan waktu luang bersamanya karena tidak ada pekerjaan sama sekali yang bisa memicu suntuk hati meracau. Jadi, permainan tersebut tidak akan pernah membosankan untuk digeluti karena selalu ada target pencapaian yang bisa diusahakan dan ada pula pendapatan yang memuaskan yang diterima. Sehingga hari lepas hari tidak sempat dilalui dengan sia-sia atau dengan cara-cara negatif sebab selalu ada kesibukan positif yang cukup menarik untuk ditekuni.

Kesimpulan

Semua ketidaknyamanan yang anda rasakan selama menjadi pemain pemula akan terhapuskan seiring berjalannya waktu. Semua rasa yang tidak mengenakkan tersebut berubah menjadi biasa saja, sama seperti hari-hari penuh kemenangan yang juga biasa saja. Jadi tidak penting apakah anda menang atau kalah sebab suasana hati tetap stabil: itulah kemenangan sejati.

Apalah arti kemenangan jika kita kalah juga? Di awal-awal memainkan games tertentu, hati mungkin tertekan kuat saat kita kalah terus-menerus. Rasa-rasanya jengkel ketika gagal menggempur satu stage selama berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Banyak rasa susah karena masih banyak peningkatan dan potensi yang belum dapat diraih. Hati bergejolak saat menyaksikan teman-teman di PVP sudah menginjakkan kaki pada kemajuan hero/ ship/ army/ pesawat yang lebih baik. Semua prestasi tampaknya masih sangat jauh karena kita baru pemain pemula (noob). Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, mereka yang sabar menanti dengan tekun akan beradaptasi dengan semua kemelut yang timbul. Sehingga semua rasa-rasa yang tidak enak itu terlupakan lalu beralih menjadi biasa saja. Apapun yang terjadi, hati tetap tenang-senang seperti pemenang karena sudah terbiasa bergumul dengan semuanya itu.

Salam, Sedang kalah,
sedang lelet,
sedang turun,
masih lama,
masih lemah,
tidak membuat
hati sedih-sedih galau.
Tetapi tetap merasa
seperti pemenang
yang selalu santai
karena sudah
terbiasa
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.