Tidak Membeli Hero/ Kapal/ Pesawat Baru Dalam Game Kesayangan Anda

Tidak Membeli Hero/ Kapal/ Pesawat Baru Dalam Game

Permainan elektronik mengajarkan kita banyak hal. Ada termuat hal-hal baik di dalamnya yang belum tentu bisa ditangkap oleh setiap pemain. Ini hanya terjadi di antara pemula yang mungkin masih awam dengan apa yang mereka mainkan. Akan tetapi, orang-orang yang sudah karatan karena setia memainkan dua atau tiga game pasti mendapatkan hal positif dari rutinitas tersebut. Sebab mainan elektronik ini tidak hanya menawarkan keasyikan bagi para penggunanya, melainkan turut pula melemparkan penyiksaan dalam kehidupan players. Sebenarnya penyiksaan itu sifatnya semu namun memancing aliran emosi negatif yang kuat. Terlebih-lebih ketika ada masalah lain di dunia nyata yang sedang menghantam players. Keadaannya seperti didera cobaan secara bertubi-tubi tetapi orang yang mampu berpikir positif: ikhlas pada tempatnya, sabar pada waktunya dan rendah hati dalam bersikap akan melaluinya sambil menyanyi bersorak-sorai.

Masalah yang ditimbulkan oleh game kita sangatlah kompleks karena pada dasarnya yang kita lakukan di dalamnya adalah “memecahkan masalah.” Jadi jangan menganggap bahwa memainkannya berarti menjauhkan diri dari persoalan, justru yang terjadi adalah “kita masuk dalam persoalan” tersebut. Tetapi janganlah hati menjadi cemas sebab persoalan yang ada pasti akan kita kuasai selama mau belajar dari kesalahan dan kegagalan yang kita timbulkan sendiri. Justru persoalan yang sudah kita kuasai akan sangat mengasyikkan untuk dilalui lagi dan lagi. Terlebih ketika setiap menyelesaikan persoalan tersebut kita beroleh imbalan berupa koin/ poin dan harta karun yang lainnya. Inilah sisi enak gamemania yang menimbulkan uforia sehingga orang-orang terus berkutat memainkannya.

Coba saja dalam kehidupan ini seperti itu: setiap kita menyelesaikan masalah ada orang-orang yang dipersiapkan untuk memberikan hadiah, pujian dan sorakan. Pasti senang sekali rasanya saat menghadapi berbagai pergumulan hidup yang mendatangi. Kalau misalnya ada yang memberikan penghargaan di sisi jalan saat kita mampu menghadapi ujian komunikasi dan gangguan sosial: besar kemungkinan orang yang bermasalah jadi semangat dan tidak lagi mengeluh menghadapi harinya. Realitanya, yang memberi penghargaan semacam itu sangatlah langka sehingga beberapa orang tertekan dan stres menghadapi gelombang panas kehidupan. Akan tetapi, tidak demikian bagi orang yang berpikiran luas: mereka bisa menikmati masalahnya karena menyadari bahwa ada nilai-nilai hidup positif yang dapat dipelajari dari hal tersebut. Artinya, sekalipun pergumulan hidup tidak memberikan imbalan berupa materi dan kemuliaan duniawi namun sesungguhnya wawasan emosional dan penguasaan diri yang dimiliki semakin berkembang.

Berhati-hati jugalah dengan masalah yang kita hadapi setiap hari: semuanya itu tidak sama dengan apa yang kita hadapi dalam dunia game. Sebab yang kita alami dalam permainan elektronik adalah buli, ejekan, menyakiti, melukai, membunuh dan menghancurkan siapa-siap yang dianggap sebagai musuh. Ketahuilah bahwa di dunia nyata soal-soal tersebut terlalu berlebihan dan sangat melanggar hukum. Hindarilah melakukan hal-hal yang digiatkan dalam permainan sebab ada batas-batas kompleks yang perlu dipelajari antar manusia dalam suatu tatanan sosial. Kita tidak akan bisa bahagia bila suka menimbulkan masalah secara sengaja dalam kehidupan orang lain. Demikian halnya saat ada orang memicu persolalan yang keterlaluan, selalu ada pihak yang berwajib untuk mengamankannya. Pada dasarnya soal-soal yang kita hadapi juga dihapileh oleh manusia lain pada umumnya.

Satu hal lagi yang sangat menarik untuk dilakukan dalam permainan yang kita sukai adalah membeli hero/ ship atau pesawat baru. Harap dipahami bahwa ada dua macam jejualan yang diperdagangkan di dalam suatu aplikasi, yaitu sesuatu yang dapat dibeli dengan harta yang kita temukan dan sesuatu yang harus dibeli dengan uang tunai/ elektronik/ pulsa. Yang kami maksudkan dalam bagian ini bukan membelinya dengan harta atau koin yang dimiliki, melainkan membelinya dengan uang tunai atau cash lewat fitur payment yang ditransfer menjadi uang elektronik. Sebab pada dasarnya, yang namanya tim terus berkembang seiring berjalannya waktu. Bila terlalu terburu-buru membeli, bisa jadi tim yang dimiliki tidak berkembang karena pion yang dibeli membutuhkan bahan-bahan peningkatan yang lebih banyak. Akibatnya, kita terpaksa membeli lagi bahan-bahan jualan lainnya agar hero karakter baru tersebut bisa berkembang.

Perlu diketahui bahwa karakter yang dijual merupakan pola permainan untuk memancing iri hati players. Kita perlu bertarung dengan kedengkian yang dimiliki agar mampu mengendalikan diri dan tidak mudah tergiur dengan yang baru. Dengan hero/ pesawat atau kapal yang ada saja, setiap players sudah dimampukan untuk berkembang. Bukankah masih banyak hal yang perlu kita temukan untuk mengembangkan, meningkatkan dan mengevolusi karakter yang sudah ada? Biasanya, butuh kartu yang lebih banyak untuk melakukan upaya-upaya tersebut sehingga perlu dimainkan terus kapan ada waktu yang tepat. Tujuan kita di sini adalah untuk fokus mengembangkan anggota tim yang sudah ada secara bawaan (default). Biasanya mereka diperoleh dari hadiah mengalahkan stage atau bos atau bisa juga diperoleh dengan harta permainan (permata) yang telah kita temukan selama bermain-main dengan dunianya.

Belajarlah mengatasi iri hati sendiri selama bernafas dalam kecanggihan teknologi. Moga-moga kemampuan mengendalikan rasa dengki di dunia game mengantar kita untuk mengantisipasi rasa dengki di dunia nyata. Akuilah keberadaan lawan untuk menenangkan emosi yang memuncak dengan mengatakan: “anda memang yang terbaik” atau “ya andalah pemenangnya, semoga beruntung.” Kata hati positif semacam ini bermanfaat untuk menenangkan jiwa dan menjauhkan dengki dari orbital pikiran. Pemain yang memiliki hero/ ship/ pesawat baru yang hebat biasanya kita temukan di mode “Player versus player.” Rasanya di awal mungkin cukup jengkel sekaligus iri karena kalah dengan pemain berhero baru yang premium. Namun sesungguhnya tepat saat anda ikut-ikutan membelinya: bisa dipastikan bahwa beban pencarian kartu bertambah, hero yang sudah ada terbengkalai, harta habis dan tim anda menjadi mewek (lemah) karena ada anak baru di dalamnya.

Biasanya semahal dan sehebat apapun pamor tentara/ ship atau pesawat yang dibeli levelnya masih anakan. Ini akan menjadi beban baru bagi players untuk mengembangkan dan meningkatkannya. Beruntung kalau tim yang sudah ada masing-masing berada pada taraf maksimal. Akan tetapi, bila tim yang kita miliki masih dalam pengembangan, masih butuh lebih banyak harta dan kartu demi peningkatannya maka sebaiknya hindari membeli karakter yang dijual dengan uang tunai/ elektronik. Bisa dipastikan bahwa kita mungkin akan kehabisan sumber daya hanya demi mengembangkan hero tersebut sehingga mendorong pada pembelian item game lainnya. Mungkin bagi yang punya uang banyak tidak masalah melakukan hal tersebut. Tetapi bila ia tidak mampu mengatasi rasa dengkinya, bisa dipastikan bahwa sebanyak apapun uangnya pasti akan habis karena membeli dan membeli lagi.

Kesimpulan

Orang yang belum mampu mengatasi iri hatinya akan terkuras hartanya saat memainkan game. Sebab ada-ada saja hal baru yang dijual dalam permainan elektronik bahkan pernah ada game yang mengklaim bahwa “ada hero/ tentara/ pesawat baru yang keluar setiap minggunya.” Artinya, yang namanya karakter akan terus berdatangan seiring berjalannya waktu. Masalahnya sekarang adalah apakah kita mampu mengatasi pesona dari yang baru-baru ini dengan berpuas diri terhadap tim yang sudah dimiliki? Apa-apa yang dijual memang sangat populer, terlebih ketika kita masuk ke fans page permainan tersebut. Berbagai pujian dan pengakuan terdengar manis dari user ternama sehingga hasrat untuk memilikinya pun semakin tinggi. Namun orang yang mampu mengendalikan diri dan mencintai plus-minus tim yang dimilikinya tidak akan tergiur dengan tawaran tersebut. Sebab dia faham bahwa belanja item bisa membuat candu yang tersistem dimana beresiko memiskinkan kantong sehingga hidup melarat akibat dengki yang tak tertahan.

Salam, Belilah hero/ ship apa pun
dengan kekayaan yang anda temukan
dalam permainan.
Itu sudah cukup untuk
membuat anda
sukses bahagia walau
ada juga kalahnya!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.