+10 Bahaya Akibat Kelebihan Kalium (Keracunan Kalium)

Bahaya Akibat Kelebihan Kalium (Keracunan Kalium)

Kalium adalah zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Zat yang secara esensial tidak bisa dibentuk sendiri di dalam tubuh melainkan diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi dari hari ke hari. Pada umumnya, ada banyak panganan yang mengandung zat ini sehingga manusia tidak membutuhkan suplai khusus terhadapnya. Terkecuali bagi orang-orang yang mengalami penyakit metabolis semacam tekanan darah tinggi dan penyakit jantung lainnya. Sebab kemampuannya dapat memperlambat kerja jantung dan meningkatkan pembekuan darah. Oleh karena itu, manfaatnya sangat vital bagi tubuh manusia karena langsung berhubungan dengan peredaran darah di seluruh tubuh. Tanpanya, siapa pun bisa mengalami hipertensi yang bisa berujung pada komplikasi yang memicu timbulnya penyakit metabolik lainnya.

Pertanyaannya selanjutnya adalah, “bagaimana bisa kalium jadi berlebihan dikonsumsi seseorang?” apakah ini disebabkan oleh karena mengonsumsi makanan atau minuman tertentu? Umumnya, makanan dan minuman tidak mengandung kalium dalam kadar toksin sekalipun jumlahnya tinggi dalam panganan tersebut. Tubuh secara bawaan (default) dapat mencerna makanan yang mengandung K+ yang tinggi. Sistem peredaran darah yang normal dapat mengantisipasi desakan dari panganan yang mengandung kadar ion K+ yang tinggi. Akan tetapi, bagaimana jadinya bila ion K+ tersebut sudah duluan tinggi kadarnya dalam tubuh? Tentu keadaan tersebut tidak disadari oleh orang yang tubuhnya sudah duluan menderita hiperkalium.

Parahnya lagi adalah zat kalium dalam kadar yang lazim tidak menyebabkan perubahan warna dan perbedaan rasa. Akibatnya, tidak ada seorang pun manusia yang bisa menyadari kehadiran yang tinggi dalam makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Satu-satunya keanehan yang mungkin dapat dirasakan saat kadarnya terlalu tinggi dalam makanan dan minuman adalah rasa pekak pada telinga seperti sedang penuh. Sehingga saat seseorang sedang mengalami kelebihan kalium: dia kemungkinan tidak bisa menentukan panganan apa yang teracuni. Apakah itu air, nasi, lauk-pauk, sayur dan lain sebagainya? Semuanya ini membuat seseorang yang keracunan K+ dapat mengalami tekanan mental yang keras sehingga dapat mengubah alur kehidupannya pada yang buruk-buruk.

Ciri khas racun kalium: tidak bewarna, tidak berbau dan tidak berasa sekalipun kadarnya agak tinggi dalam makanan atau minuman.

Efek negatif yang diakibatkan racun kalium dalam kehidupan seseorang

Siapa bilang, “orang yang nyeri sendi dan lumpuh karena kelebihan K+ bukan karena diracuni?” Kadarnya yang sudah duluan berlebihan di dalam tubuh pasien merupakan hal yang tidak biasa. Keadaan ini menunjukkan bahwa pasien tersebut memang telah sengaja dikondisikan untuk menderita penyakit tertentu karena mengonsumsi panganan tertentu. Jadi, ini merupakan sebuah manipulasi terselubung yang mencuat ke permukaan seiring dengan aktivitas konsumsi terhadap makanan atau minuman jenis tertentu. Siapapun yang melakukan hal tersebut, sudah direncanakan matang-matang agar menimbulkan guncangan yang dahsyat dalam diri seseorang. Perhatikan beberapa gejala fisik dan psikhis yang ditimbulkannya agar anda dapat menanganinya dengan benar tanpa menyakiti siapapun termasuk diri sendiri.

  1. Tekanan darah rendah.

    Beberapa orang suka bila tekanan darah rendah karena berhubungan dengan emosi yang tidak cepat “naik darah seperti meledak.” Mengonsumsi bawang putih dan bawang merah dapat membantu tekanan darah berada dalam ambang batas normal terendah. Akan tetapi, racun kalium lebih menempatkan anda dalam posisi yang terbilang sakit karena hipotensi. Rendahnya tekanan darah dapat membuat anda cepat kedinginan menggigil di malam hari. Organ-organ yang biasanya kuat seperti organ seksual kurang bereaksi terhadap perubahan (lemah syahwat). Keadaan ini juga bisa membuat kaki mengalami sedikit kesemutan karena penumpukan sejumlah kecil cairan. Biasanya diakibatkan karena tekanan jantung yang kurang adekuat sekalipun pasien masih merasa sehat-sehat saja.

  2. Bau badan.

    Racun kalium dalam kadar rendah tidak sampai membuat anda alergi makanan tertentu dan lumpuh tetapi menyebabkan bau badan. Anda mandi tiga kali, empat kali bahkan sampai berkali-kali dalam sehari pun, bau badan itu tetap terasa. Akan tetapi, jangan khawatir karena bau badan akan berhenti tepat saat anda berhenti mengonsumsi makanan laut (sea food) dan rajin minum air putih. Keadaan ini terjadi karena kalium yang tinggi menyebabkan sebagian sel-sel darah rusak dan mati: jasad sel-sel yang sudah mati inilah yang mengeluarkan bau. Biasanya jasad sel tersebut dibuang melalui urin dan keringat.

  3. Terlalu sering mengantuk.

    Salah satu efek kalium yang cukup merepotkan adalah pelemahan jantung dalam menyebarkan bakal energi (sari-sari makanan dan oksigen) ke seluruh tubuh. Efek ini mungkin tidak terasa saat anda duduk santai begitu saja sebab tidak butuh banyak energi. Akan tetapi, saat pasien mulai bergerak ke sana ke mari atau sekedar bekerja di belakang meja maka langsung saja rasa ngantuk kentara. Keadaan ini disebabkan karena perlambatan aliran darah yang turut mengurangi suplai energi untuk beraktivitas. Akibatnya badan mudah lelah dan mengantuk.

  4. Terasa sulit bergerak (badan kaku).

    Tubuh yang hiper kalium mungkin masih terasa baik-baik saja. Akan tetapi, lain halnya jika pasien mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalium yang tinggi. Panganan semacam itu membuat kadar kalium dalam darah sangat tinggi sehingga mulai berbalik arah menjadi racun bagi tubuh. Efeknya yang membuat tekanan jantung lemah, meningkatkan pembekuan darah di seluruh tubuh. Toksin tersebut membuat badan agak sulit bergerak karena sebagian kecil darah menggumpal (beku) yang menimbulkan terjadi kekakuan di seluruh tubuh. Keadaan ini sering juga dilaporkan sebagai rasa kebas dimana seolah-olah ada sesuatu yang mengikat organ gerak.

  5. Nyeri sendi pergelangan kaki bagian bawah dan nyeri sendi lutut.

    Racun K+ dalam kadar rendah dapat membuat anda seolah-olah menderita nyeri sendi yang berat. Kesehatan anda tampak baik-baik saja dan tidak ada makanan yang menjadi pantangan karena kadar K+ dalam tubuh sedikit lebih tinggi dari nilai normal.

    Ada penyakit nyeri sendi yang disebabkan karena kurang bergerak. Ada nyeri pada lutut yang disebabkan karena asam urat yang tinggi. Tetapi orang yang mengalami kelebihan kalium akan menderita nyeri lutut sekalipun rajin bergerak dan sedikit makan sayur. Keadaan ini terutama dialami oleh organ gerak bawah karena jaraknya yang jauh dari jantung. Jika jantung saja sudah lemah maka organ-organ gerak yang letaknya jauh cenderung mengalami perlambatan laju peredaran darah (tidak lancar). Akibatnya, persendian yang biasanya terlipat-lipat cenderung mengalami sedikit penyumbatan karena pembekuan darah di dinding pembuluh darah: keadaan inilah yang memicu terjadinya nyeri sendi.

  6. Nyeri pada seluruh badan.

    Jika keadaan semakin buruk dan kadar kalium di dalam tubuh terus meninggi, bukan hanya organ-organ yang jauh dari jantung yang mengalami penyumbatan pembuluh. Tetapi, organ luar yang ada di sekitar jantung pun turut terpengaruh, misalnya daerah bahu dan leher yang mulai mengalami kekakuan yang menyakitkan. Sekalipun tubuh sulit digerakkan dan nyeri dimana-mana tetapi pasien masih tetap dapat beraktivitas secara terbatas (misalnya untuk makan, minum dan ke toilet).

  7. Urat di daerah kaki membiru (pembekuan darah lokal).

    Pantas saja kalau beberapa orang menyebut penyakit ini sebagai gejala pengentalan darah sebab pengaruhnya bisa sampai membuat pembekuan darah lokal. Akan tetapi pembekuan tersebut tidak terjadi seluruhnya melainkan hanya di dinding sel pembeluh darah. Hanya organ yang sudah benar-benar matilah yang mengalami pembekuan darah total dan perlu diamputasi. Pengentalan darah yang tidak mematikan tersebut cukup menimbulkan rasa sakit yang kentara.

  8. Kelumpuhan sementara.

    Bila kadar kalium yang merasuki tubuh semakin tinggi saja maka kelumpuhan sudah diambang pintu. Kaki tidak bisa lagi menginjakkan tanah dan bahkan hampir tidak bisa digerakkan. Bila pasien memaksakan diri maka rasa sakit yang sangat memilukan akan bermunculan. Ia masih bisa merasakan sentuhan dan gerakan pada kakinya tetapi mungkin tidak mampu mengangkatnya sendiri. Pada kondisi ini, pasien membutuhkan pertolongan orang lain dan kursi roda untuk berpindah tempat. Bila pasien adalah orang yang gigih, mungkin masih bisa bergerak dengan cara merangkak namun sakitnya pasti menendang-nendang di seluruh tubuh.

  9. Prasangka diracuni yang mematikan.

    Racun jenis ini membuat tubuh sangat lemah tetapi otak masih jalan. Akibatnya, kejiwaan seseorang bisa tertekan kuat karena pikiran yang juga diracuni oleh prasangka. Daripada menyangka-nyangka sesuatu yang belum dilihat oleh mata kepala sendiri, lebih baik carilah ketenangan di dalam Tuhan. Jika tubuh ditekan penyakit dan pikiran juga stres maka semakin besarlah penderitaan yang dialaminya. Akan tetapi, tekanan penyakit bisa dihadapi dengan sabar bila hati merasa tenang dalam perlindungan Tuhan. Jalani saja proses penyembuhannya dengan baik tanpa membenci siapapun agar anda diilhamkan cara-cara untuk mengantisipasinya di waktu mendatang.

  10. Prasangka diserang kuman mematikan.

    Ada pula prasangka buruk lain tentang kondisi hiperkalium yang biasanya beredar dalam kisah-kisah mitos di tengah masyarakat. Orang-orang mengatakan bahwa keadaan ini dipicu karena kuman super jahat. Akibatnya, dikit-dikit takut kuman lama-lama fobia kuman. Sadarilah betul-betul bahwa masalah yang dialami bukan karena pengaruh bakteri, jamur atau virus tetapi karena kelebihan konsumsi kalium. Pasien tidak perlu menjauhi flora normal apapun tetapi makanan tertentu menjadi pantangan bagi pesien.

  11. Bentrok dengan keluarga sendiri.

    Hati yang tidak sabaran menghadapi keadaan ini dan terlalu fokus mencari siapakah orang yang menyebabkannya; membuat ketegangan dengan orang lain meningkat. Di tengah beratnya derita, temukanlah penghiburan yang wajar dengan fokus bernyanyi dalam hati memuliakan Tuhan. Bisa juga dilalui sambil membaca buku, menonton film, bermain game dan lain sebagainya. Jadikanlah Tuhan sebagai pujaan hati agar apapun yang dilakukan bisa mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar.

    Keluarga tidak mungkin meracuni anda sebagai anak sembarangan. Melainkan semuanya itu pasti sudah ada aturannya dimana ujian kalium ini adalah salah satunya. Sadarilah bahwa ujian ini ada awalnya maka pasti ada pula akhirnya: maka nantikanlah itu sambil membuat diri sendiri sibuk beraktivitas positif. Adalah lebih baik jika kita tidak dendam kepada siapa pun karena kelemahan fisik yang berkepanjangan ini.

  12. Tidak bisa makan yang enak-enak.

    Makanan yang enak-enak inilah yang menjadi penyebab sekunder (penyebab sampingan/ pemicu) dari keracunan yang dialami pasien. Jika biasanya, manusia normal bisa menikmati konsumsi terhadap makanan laut, ikan asin, telur, susu, pisang, kopi, kacang, kangkung, sagu dan lain sebagainya. Akan tetapi bagi yang menderita kelebihan kalium, sebaiknya menjauhi konsumsi terhadap deretan makanan dan minuman nikmat tersebut. Sebab telah diketahui bahwa panganan tersebut mengandung k+ tinggi yang beresiko memperparah kondisi kesehatan anda. Berdoalah agar orang yang mengizinkan racun tersebut tidak menaruhnya terlalu banyak sehingga makanan lezat di atas tidak bisa dikonsumsi sedikitpun. Akan tetapi, bila ada kemurahan hati maka anda masih bisa mengonsumsi sedap-sedapan di atas hanya saja dalam jumlah yang terbatas (sedikit-sedikit).

  13. Alergi garam (seolah-olah telah diberi racun).

    Merasa asing saat mengonsumsi garam yang notabene adalah mineral ajaib sebagai bahan penyembuh cepat untuk banyak penyakit. Seolah-olah NaCl yang diracik sangat berbahaya karena menimbulkan efek yang aneh setelah tertelan. Padahal bagi orang normal garam itu bagus-bagus saja. Keadaan ini terjadi karena garam memang mengandung ion kalium yang bisa meningkatkan efek samping keracunan dalam tubuh.

    Tidak hanya itu saja, beberapa turunan garam juga tampaknya membuat tubuh pegal-pegal, seperti kecap. Tetapi tidak semua kecap demikian hanya kecap tertentu saja. Lakukanlah penilaian pendahuluan sebelum mengonsumsi kecap secara kontinu.

  14. Alergi air tertentu.

    Air tertentu menjadi terasa aneh bagi anda. Sebab di dalam air tersebut telah diberi sedikit kalium oleh orang tidak dikenal. Ini membuat anda merasa sengaja diracuni oleh seseorang. Namun saat orang lain meminumnya mereka tampak dan merasa sehat-sehat saja. Prasangka buruk bisa merusak persepsi tetapi jangan sampai hal tersebut diungkapkan kepada siapa-siapa. Sembunyikan saja dalam hati anda, lagi pula air aneh yang anda minum tidaklah mematikan hanya meningkatkan efek mengantuk dan rasa kurang nyaman di mulut.

  15. Gatal-gatal di bagian tubuh tertentu.

    Biasanya area kulit yang gatal disebabkan oleh gigitan serangga. Lain halnya saat darah anda mengalami hiperkalium, tepat ketika mengonsumsi makanan yang mengandung kalium akan mengalami gejala kegatalan yang cukup merepotkan. Biasanya daerah yang gatal adalah kepala, alis, brewok, selangkangan. Hanya saja, hal-hal ini akan hilang jika anda rajin berolahraga dan berhenti sama sekali mengonsumsi panganan yang menjadi pantangan.

  16. Air seni berbau khas dan sangat keruh.

    Dalam kasus tertentu dimana pasien mengalami hiperkalium yang parah, air seni seperti berbau putih telur yang digoreng. Selama pasien tidak mengonsumsi makanan yang mendung K+ yang tinggi, selama itulah air seninya tampak normal. Akan tetapi, mengonsumsi satu pisang atau satu porsi hidangan laut saja sudah dapat mempengaruhi air seni yang jadi berbau khas dan sangat keruh.

    Pada dasarnya, bau pada air seni disebabkan oleh karena penumpukan sel-sel darah merah yang mati. Itulah mengapa warna urin tampak gelap. Keadaan ini disebabkan oleh karena konsentrasi tinggi K+ dalam vaskuler menyebabkan pembekuan darah yang kemudian mengalami autolisis dan dibuang melalui urin dan keringat.

  17. Dan lain sebagainya silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Dampak terburuk dari toksin K+ adalah penyimpangan penilaian yang dilakukan secara terburu-buru. Manusia butuh kesabaran ekstra untuk memahami toksin tersebut agar mampu menemukan akar dari masalah yang dihadapinya. Tidak perlu terburu-buru membuat kesimpulan dan mengeluarkan pernyataan, melainkan pertahankan sikap positif dan jalani sajalah dulu sampai semua itu berakhir.

Keracunan kalium adalah faktor primer yang efek sampingnya tertidur dalam tubuh seseorang. Akan tetapi, pasien akan mengalami gejala penyakit yang hebat seiring dengan meningkatnya konsumsi terhadap faktor sekunder (makanan/ minuman berkalium tinggi). Jadi ini adalah manipulasi tercantik untuk membuat bingung seseorang karena “racun yang diberikan tidak meracuni tetapi membuat hal-hal sehat lainnya malah seolah-olah meracuni badan.” Mereka yang suka berprasangka buruk akan dipermalukan oleh kata-katanya sendiri sebab apa yang diduganya beracun terasa sehat-sehat saja saat dikonsumsi orang lain. Oleh karena itu, hadapilah situasi semacam ini dengan hati yang tertuju kepada Tuhan. Anda akan menikmati ketenangan di dalam-Nya sekaligus memaklumi kejahatan orang lain dan lambat laun menemukan cara untuk mengantisipasi kejadian yang sama di waktu yang akan datang.

Salam, Cara orang merusak
keyakinan anda adalah
dengan toksin K+.
Seolah-olah anda yakin
“itu diracuni!”
Padahal bukan itu
yang menyebabkannya!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.