11 Manfaat Menjadi Vegetarian

Manfaat Menjadi Vegetarian

Hidup berubah seiring dengan masalah yang menerpa manusia. Persoalan memang bisa membuat kita jengkel karena belum dapat memakluminya. Namun itu hanya di awal-awalnya saja, bila hal tersebut terjadi berulang kali: siapapun akan menyesuaikan diri. Lagi pula tidak ada persoalan yang terjadi dalam hidup yang melebihi kekuatan kita. Cobaan yang kita alami di zaman sekarang ini adalah cobaan yang juga dialami oleh semua orang. Jika orang lain dapat melaluinya dengan damai dan tenang, mengapa kita tidak bisa melalui hal tersebut secara demikian? Mungkin bagi mereka yang belum dewasa akan menemukan kendala namun semakin matang seorang manusia, sikapnya tetap baik walau keadaan mulai kurang bersahabat.

Sesungguhnya semua hewan dan tumbuhan telah diberikan Tuhan kepada kita untuk dimanfaatkan seberapa perlu. Kita bisa memilih apa saja yang disukai untuk dijadikan sebagai santapan di hari-hari yang cerah. Akan tetapi seiring waktu berlalu, manusia belajar untuk menemukan apa yang terbaik untuk dirinya sendiri. Ada yang merasa bahwa sesuatu menjadi “terbaik” ketika hal tersebut menimbulkan rasa bangga sehingga hati bersenang-senang menikmatinya. Di sisi lain, ada juga orang yang merasa bahwa sesuatu menjadi “terbaik” ketika hal tersebut membuatnya sehat sehingga aktivitasnya lancar hari lepas hari. Bagaimana dengan anda? Apa yang mendorongmu untuk menikmati sesuatu?

Mencari kenikmatan yang membanggakan membutuhkan biaya yang lebih besar. Namanya juga sombong, jadi harganya harus tinggi agar rasa bangganya semakin melejit ke awang-awang. Di antara deretan makanan yang mahal-mahal, kebanyakan terdiri dari daging, misalnya daging ayam, sapi, babi, kambing dan lain sebagainya. Santapan yang disajikan dari bahan-bahan tersebut merupakan idola orang-orang yang mencari menu yang membanggakan. Suatu menu spesial yang tidak bisa dibeli oleh kebanyakan orang; hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menikmatinya. Menu-menu istimewa tersebut pastinya mengandung daging sehingga lazimnya orang yang mengonsumsi daging setiap hari bisa berbangga hati karenanya.

Khasiat menjadi vegan

Orang yang sombong senangnya sementara tetapi kesalnya berkepanjangan. Sebab mengonsumsi daging terus-menerus tidak menyehatkan bagi badan. Nikmatnya hanya dilidah belaka tetapi sesampainya di perut, semuanya menumpuk dan menyebarkan hal-hal yang justru mengurangi kenyamanan hidup. Salah satu yang paling anyar dari kebiasaan banyak makan daging atau terus-menerus makan daging adalah bau badan. Keadaan ini menunjukkan bahwa pada akhirnya, apa yang dibanggakan bisa menghasilkan masalah baru dalam hidup kita. Oleh karena itu, perhatikan beberapa manfaat baik dari menjadi seorang vegetarian yang loyal, seperti yang tertulis di bawah ini.

  1. Biaya konsumsi yang dibutuhkan lebih murah.

    Harga sekeping roti memang agak mahal dibandingkan dengan harga nasi. Namun harga ke dua bahan tersebut lebih murah dibandingkan dengan harga daging. Seorang vegetarian bisa mengonsumsi makanan dari roti dan madu atau mentega atau menggunakan jenis selai lainnya. Bagi yang sukanya makan nasi, cukup itu saja ditambah kecap asin/ manis sudah enak untuk disantap. Ada juga yang makan nasi dengan cabai atau kuah lauk saja agar makanan bisa lebih nikmat. Semua ini membutuhkan biaya pengeluaran yang lebih murah ketimbang makan dengan paket komplit.

  2. Bebas bau badan.

    Dahulu, waktu kami masih muda susah payah mencari-cari deodoran terbaik untuk menghilangkan bau badan yang semakin kentara saat berkeringat. Semahal apa pun deodoran yang digunakan, tetap saja hasilnya sama, bau badan jadi terang saat keringat mulai banjir. Akan tetapi, beruntung sekali rasanya menyadari duduk masalah dari bau badan adalah kebiasaan banyak mengonsumsi lauk-pauk. Menjadi vegan adalah solusi terbaik untuk mengatasi aroma yang tidak diinginkan siapa pun.

  3. Mencegah penyakit diabetes.

    Nasi dan roti memang mengandung glukosa namun mudah larut ketika kita semakin sering meminum air putih. Lain halnya ketika kita mengonsumsi daging yang notabene strukturnya serupa dengan daging dalam tubuh manusia. Memang daging juga bisa larut saat banyak minum air putih namun ikatannya terhadap darah lebih kuat sehingga terbawa dialirkan ke seluruh tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi lauk-pauk bisa meningkatkan kadar glukosa darah hingga melewati ambang batas tertinggi. Bila ini dilakukan terus-menerus maka penyakit gula bisa menyerang tanpa disadari oleh pasien.

  4. Mencegah kolesterol tinggi.

    Mentega bisa membuat roti enak dan minyak dapat menambah gurihnya nasi; namun semuanya itu memiliki afinitas yang rendah dengan darah karena merupakan minyak nabati. Minyak memang tidak larut dalam air namun lewat proses metabolisme khusus dapat dimungkinkan sehingga minyak nabati tersebut mudah terbawa oleh air yang kita minum sehari-hari. Jadi, seorang vegan yang suka minum air tidak perlu khawatir dengan konsumsi minyak nabati yang dilakukannya. Semua itu bisa dikendalikan oleh tubuh asal rajin minum air putih.

  5. Mencegah obesitas.

    Daging dicerna cukup lama di dalam usus karena memiliki susunan yang kompleks. Mengonsumsi banyak secara terus-menerus bisa membuat badan gemuk dalam beberapa minggu. Terlebih kalau aktivitas fisik (misalnya bekerja & olahraga) yang dilakukan sangat minim. Tidak demikian saat anda mengonsumsi bahan-bahan dari tumbuh-tumbuhan yang memiliki struktur haius sehingga mudah dihancurkan dan dicerna oleh lambung dan usus. Kolesterol seperlunya akan dibawa dan diedarkan ke dalam darah sedangkan bahan-bahan yang berlebihan akan didestruksi oleh hati lalu dikeluarkan melalui urin, keringat dan feses.

  6. Mencegah penyakit jantung.

    Penyakit jantung biasanya disebabkan karena penumpukan lemak dalam pembuluh darah yang mensuplai sari-sari makanan untuk membuatnya tetap aktif. Arterosklerosis bisa menyerang siapa saja, baik orang gemuk maupun orang kurus. Keadaan ini lebih disebabkan karena kebiasaan kurang minum air putih. Orang yang mengonsumsi padi-padian, umbi-umbian dan sayur-sayuran mengandung serat yang tinggi sehingga beresiko rendah terserang penyakit jantung. Sebab sekiranya ada lemak yang berlebihan akan terikat dalam serat lalu dibuang melalui feses.

  7. Membuat badan ramping.

    Perlu diketahui bahwa nutrisi sepotong daging sangat tinggi dibandingkan panganan dari tumbuh-tumbuhan dengan ukuran yang sama. Tubuh akan menyerap apa yang diperlukan sedang selebihnya akan berikatan dengan serat yang tinggi dalam panganan. Keadaan ini sangat membantu diet mereka yang merindukan badan seksi. Terlebih lagi ketika hal tersebut diiringi juga dengan kebiasaan baik meminum air lebih sering.

  8. Feses tidak berbau.

    Anda tidak perlu menutup hidung saat sedang buang air besar karena kotoran yang dikeluarkan tidak berbau menyengat. Tidak perlu sampai menggunakan pengharum kamar mandi super kuat karena bau pencernaan akhir anda seutuhnya ramah lingkungan. Menurut pengalaman kami, para vegetarian jarang kentut, sekalipun terjadi tidak akan mengganggu hidung siapa pun.

  9. Kencing tidak berbau.

    Inilah yang menurut kami menjadi sangat menarik bagi seorang vegan. Anda bisa menikmati aroma air seni yang unik sesuai dengan apa yang dikonsumsi. Sebab sistem pencernaan makanan seperti ekstrator yang mengambil sari-sari dari suatu bahan. Kami yang hanya mengonsumsi nasi, kecap dan cabai saja dapat mencium aroma khas tersebut saat berkemih. Seolah rasa-rasanya mengeluarkan bau-bau khas yang membuat hati puas jadi seorang yang semi vegetarian. Tentu saja titik ini hanya dicapai dengan menjadi vegan murni tanpa mengonsumsi bahan pangan buatan pabrik, menjauhi makanan tinggi kalium dan tidak mengonsumsi daging merah. Sekalipun anda adalah seorang vegan namun bila suka ngemil jajanan pasar dalam jumlah tidak sedikit: besar kemungkinan bau air seni masih seperti biasa hanya saja tidak berbau menyengat.

  10. Membersihkan pakaian lebih mudah.

    Pakaian bisa dipakai lama tetapi tetap tidak berbau. Mungkin anda dapat menggunakannya selama dua sampai tiga hari sebelum kemudian dicuci. Pakaian menjadi mudah dibersihkan karena tidak banyak kotoran badan yang lengket. Ucapkan selamat tinggal pada noda kuning pada pakaian yang biasanya disebabkan oleh karena konsumsi yang berlebihan terhadap daging, telur dan susu. Sebab makanan hewani merupakan pesta pora kuman yang membuat aktivitas fermentasi tinggi sehingga efeknya mengubah kerah dan ketiak baju menguning. Pakaian putih seorang vegan bisa dicuci berulang-ulang dan dipakai berkali-kali selama beberapa tahun.

  11. Membuat orang lain nyaman.

    Apa lagi yang anda rindukan selama hidup yang sia-sia selain membuat orang lain merasa nyaman? Yang jomblo saja suka membuat dirinya berkesan baik di mata orang lain. Apa lagi yang sudah menjadi suami-istri sangat membutuhkan budaya veganisme agar dapat saling menikmati hubungan yang romantis. Anda tetap merasa muda dan berseri-seri sehingga pasangan jadi terpesona seolah cinta lama bersemi kembali.

  12. Dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Ada orang yang menjadi vegetarian mutlak karena meyakini filosofinya. Artinya, tidak ada daging sedikit pun dalam makanannya dan semua daging adalah haram untuk dirinya sendiri. Akan tetapi lain halnya dengan kami yang bisa dikatakan semi vegan karena kadang kala mengonsumsi kuah atau kaldu atau daging itu sendiri. Memang makanan hewani (daging, telur, susu) sangatlah nikmat tetapi mengonsumsi tumbuh-tumbuhan saja lebih ramah lingkungan. Bukan hanya kita yang nyaman tetapi orang lain di sekitar kita pun merasa enakan saat menjalin kedekatan sosial. Bahkan saking asyiknya air seni pun menghasilkan bau-bau romantis seolah tidak menjijikkan. Silahkan selami gaya hidup veganisme maka anda akan lebih nyaman dengan diri sendiri dan semoga saja orang lain pun demikian.

Salam, Tumbuhan itu lembut
membuat pencernaan lembut
bahkan kotoran pun
menjadi ramah lingkungan
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.