10 Cara Pemerintah Menunjukkan Kehebatan Dan Kemahakuasaannya

Cara Pemerintah Menunjukkan Kehebatan Dan Kemahakuasaannya

Ini bukan cerita tentang zaman sekarang, sebab kebanyakan hal yang akan kami ceritakan telah ditinggalkan oleh para junjungan nasional maupun internasional. Zamannya sudah berubah lebih baik sekarang. Namun dulunya memang pemerintah membuat dirinya banyak peran di dalam masyarakat. Suatu peran yang hanya mereka yang bisa melakukannya sedangkan hal tersebut tidak dipahami oleh masyarakat awam. Dulunya memang hanya merekalah yang benar-benar hebat karena semua orang cerdas bersatupadu menjadi antek negaranya. Sedangkan kebanyakan masyarakat awam masih berada di bawah tingkat pengetahuan yang kurang-kurang. Namun seiring waktu berlalu semuanya berubah dan setiap orang menjadi cerdas setelah memiliki smartphone.

Namanya juga zaman baheula, sebagian besar kehidupan masyarakat belum mengalami kemajuan. Tidak banyak “orang berada” yang bisa anda temukan: hanya kaum bangsawan dan raja-raja kecil sebelumnya yang sangat kaya raya di negeri. Masyarakat yang terpetak-petak dibagi oleh kelas-kelas sosial berdasarkan kedekatannya dengan kekaisaran yang memimpin. Jumlah pengusaha dan pedagang masih minim dimana orang-orang inipun merupakan kelas masyarakat yang sangat disegani. Mereka adalah orang-orang yang sangat diundang dalam segala acara adat yang digelar oleh masyarakat, baik secara individu maupun secara kelompok. Sangat terhormat dengan menempati posisi terdepan dalam pagelaran apapun. Merekalah yang terutama dan tanpa mereka acara tidak akan dilanjutkan.

Cara pemerintah menunjukkan kedahsyatan dan adidayanya

Cerita zaman dulu tidak bisa lagi kita ubah sebab semuanya itu telah berlalu dan tidak mungkin dipersalahkan karena kebanyakan di antaranya adalah sandiwara. Baiklah hal-hal ini menjadi pelajaran bagi kehidupan kita, yaitu orang-orang yang menyebut dirinya modern. Zaman sekarang, sistem telah meninggalkan masa-masa ketakutan yang diperhalus untuk menenangkan masyarakat dan membuat rakyat patuh terhadap segala sesuatu yang dikatakan oleh pemerintah. Seolah mereka adalah orang paling pintar yang dapat menyelesaikan segala persoalan dalam sekejap. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa contob di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan peperangan.

    Apalagi hal hebat yang dilakukan pemerintah selain ikut dalam peperangan? Ini adalah simbol tertinggi kemahakuasaan dan kemahahebatan negara terhadap sesuatu yang disebutnya sebagai “angkara murka.” Semua potensi yang dimiliki akan diberdayakan untuk memerangi pihak yang mereka sebut sebagai musuh target utama. Terlebih lagi kalau mereka sampai memenangkan suatu pertempuran: senangnya akan terus dibangga-banggakan seolah mereka adalah dewa perang yang tak terkalahkan oleh pihak manapun. Peperangan adalah bukti paling kongkrit yang menunjukkan bahwa kaumnya layak dibayar lebih tinggi dari siapapun di dalam masyarakat. Sementara di sisi lain, beberapa perang yang dilakukan pemerintah terbukti hoax secara logika.

  2. Mengikuti kompetisi militer antar negara.

    Kemiliteran adalah kekuatan utama yang masih aktif dan sengaja ditunjukkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Aktivitas yang melibatkan militer adalah bukti bahwa negara tersebut belum benar-benar aman. Sayangnya, acara kompetisi ini hanya bersifat seremonial dan sengaja dilakukan untuk menunjukkan bahwa pemerintah adalah pihak yang paling banyak bekerja keras mengamankan negeri tersebut. Ada pelaksanaan kompetisi bersenjata di wilayah bebas penduduk dan di tengah samudera. Ada senjata yang di adu, ada kapal-pesawat yang di adu dan ada personel yang di adu tanding untuk menentukan siapa yang terbaik. Semuanya ini menunjukkan bahwa taring pemerintah masih ada untuk mencabik-cabik pihak yang menentang kedikjayaannya.

  3. Menumpas terorisme.

    Mereka yang berperang hanyalah segelintir orang namun yang beroleh nama besar dan disegani adalah seluruh jajaran dalam pemerintahan. Peristiwa berdarah-darah memang sangat menyentuh dan ditakuti oleh kebanyakan masyarakat. Ketika musuh dari luar tidak ada lagi sebab setiap negara punya wilayah kekuasaannya sendiri yang telah dihargai secara defakto dan dejure. Maka kebanggaan terhadap militer mulai meredup dan seolah-olah pemerintah sudah kehilangan pekerjaan serta harga dirinya di mata masyarakat. Mulailah mereka mendorong terbentuknya musuh-musuh baru yang mereka sebut sebagai teroris. Kehormatan dan keseganan terhadap mereka seperti kembali menghangat tatkala para teroris diberondong senjata, mati dan ditangkapi satu-satu.

  4. Memberantas penjahat.

    Penjahat jalanan yang ditangkapi satu-satu oleh aparat keamanan merupakan ikonik yang menyimbolkan bahwa pemerintah sangat bekerja keras memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat. Hampir tiap-tiap hari penjahat ditangkap dari berbagai sudut negeri tetapi penjara tidak pernah penuh. Apakah ini murni terjadi atau hanya akal-akalan agar masyarakat menyaksikan senjata-senjata besar yang dimiliki? Seperti mempertontonkan kemahahebatan di antara rakyat agar beroleh pujian dan pengakuan bahwa mereka masih bekerja keras melebihi semua orang yang ada di negeri sehingga pantas digaji lebih banyak dari orang awam.

  5. Kerja dari pagi sampai larut malam.

    Kerja keras pemerintah harus melebih semua orang yang ada di negeri sehingga pendapatan yang diperoleh pun jauh lebiih tinggi dari yang lain. Tidak tanggung-tanggung, mereka bekerja dari pagi sampai malam untuk menunjukkan kesetiaan terhadap negara sekaligus membungkam keadilan. Padahal sesungguhnya mereka bisa berbagi tanggung jawab dengan masyarakat lain yang masih belum bekerja untuk meringankan bebannya. Namun mereka enggan melakukannya karena ingin mematenkan perolehan gaji tertinggi terhadap dirinya sendiri. Mereka seperti orang-orang yang tak terlampaui dengan pendapatan sebesar itu. Padahal profesi lain juga bisa dikoordinir dan dimanajemen untuk bekerja sandiwara dengan jam tinggi namun mereka enggan melakukannya karena hanya ingin dirinya sendirilah yang unggul.

  6. Berguru di tempat yang angker.

    Kelebihan orang-orang pemerintah sengaja dipreteli agar layak mendapat gelar tertinggi di mata masyarakat. Mereka digembar-gemborkan sebagai lulusan dari sekolah yang keras penuh tekanan. Seolah mereka adalah manusia dewa yang sejak masa mudanya diajari untuk tahan banting oleh senior-seniornya. Bahkan orang-orang yang dianggap lembek akan gagal sampai pulang tak bernyawa, tak mampu menahan rasa sakit. Sepertinya mereka dididik dengan tamparan, tonjokan dan luka-luka agar menjadi manusia super yang kebal terhadap segala serangan, baik fisik maupun psikhis.

  7. Bagi-bagi bantuan kepada rakyat.

    Kemahahebatan pemerintah juga ditujukan dengan kemurahan hati di antara rakyat. Seolah masyarakat banyak adalah orang ke dua atau lebih rendah posisinya di bawah mereka. Padahal senyatanya, pemerintah dan rakyat adalah setara, yakni sama-sama anak ibu pertiwi. Tidak ada yang perlu dibantu atau membantu karena tiap-tiap orang memiliki hak yang adil/ setara dengan sumber daya yang tersedia.

  8. Menemukan teknologi pertahanan robotik.

    Kemahahebatan pemerintah berikutnya adalah saat menemukan mesin-mesin berteknologi canggih untuk dijadikan sebagai budak-budak pencari nafkah. Mereka tidak perlu lagi manusia untuk menyelesaikan tugas-tugas sebab ada robot yang bisa menyelesaikan semuanya dengan rapi dan sempurna. Tidak cukup sampai di situ, robat-robot inipun bisa digunakan untuk melindungi diri dari berbagai ancaman fisik yang ringan hingga ekstrim.

  9. Menerobos luar angkasa.

    Kemampuan pemerintah untuk mencapai bulan dan melayang-layang mengorbit satelit di angkasa merupakan bukti kemahatahuan mereka. Tidak ada yang bisa melampaui pengetahuan mereka yang mampu menerobos atmosfer dan mencapai planet yang lain sehingga semua orang yang merasa dirinya pintar sangat ingin menjadi seperti mereka. Kemahahebatan ini merupakan sebuah mitos yang kerap dibicarakan orang pada waktu-waktu khusus.

  10. Mencapai laut terdalam.

    Sebagaimana pemerintah yang memiliki pendapatan yang tak terlampaui maka mereka pun ingin menampilkan diri dengan prestasi yang tak terlampaui. Salah satu dari sekian banyak prestasi yang tak terpikirkan itu adalah mencapai laut terdalam. Ini adalah kehebatan yang sengaja dipertontonkan karena tidak ada seorang pun yang dapat mencapai hal tersebut kecuali junjungan yang maha hebat. Mencapai laut terdalam adalah misi populer yang menjadi gaungan lembut di telinga pada masanya.

  11. Dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Semua keunggulan di atas bisa dikatakan sebagai prestasi tetapi tanpa keadilan, namanya adalah cari muka. Sebab semuanya itu dilakukan agar dirinya dan keluarga mendapat hak sumber daya yang lebih besar dari warga negara lainnya. Lagi pula sebagian keunggulan tersebut hanya dibuat-buat orang kreatif ahli CGI sekedar hiburan belaka.

Semuanya ini adalah cerita lama yang mungkin sudah tidak diingat lagi oleh generasi berikutnya. Kami menceritakannya kembali untuk mengingatkan kita bahwa semakin tinggi ketidakadilan maka harus semakin tinggi pula hal-hal kontroversial yang perlu dimunculkan ke publik. Tidak peduli apakah hal tersebut adalah sebuah kenyataan atau kebohongan yang terpenting adalah hal tersebut menakjubkan. Padahal senyatanya, manusia adalah pekerja yang terjebak dalam hal-hal rutin yang bisa dinikmatinya dengan nyanyian rasa syukur di dalam hati. Tidak ada sesuatu yang baru di bumi ini sebab apa yang ada, sudah ada sebelumnya dan berulang-ulang dilakukan oleh manusia yang hidup pada zaman ini. Jadi, tidak ada salahnya bersikap adil karena kita hanya mengerjakan rutinatas yang bisa dicari kesamaan dan keseimbangannya dengan profesi lain.

Salam, Memerintah bukan berarti hebat.
Menguasai bukan berarti luar biasa.
Tetapi rasa adil menempatkan
hal-hal yang menggebu-gebu
jadi prestasi dan
bukan kemahahebatan
sebab pihak lain juga
bisa membuat
sandiwara serupa
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.