Kebenaran Itu Logis, Mukzizat Adalah Nubuatan Tentang Masa Depan

Kebenaran Itu Logis, Mukzizat Adalah Nubuatan Tentang Masa Depan

Segala sesuatu yang ada di bumi ini adalah mukzizat, dari yang terkecil sampai yang terbesar. Setidaknya inilah yang ada dalam pemikiran kita saat masih kanak-kanak. Bahkan terhadap sesuatu yang baru, yang sebelumnya tidak pernah dilihat: kita terheran-heran menyaksikan hal-hal tersebut. Rasa penasaran sangat tinggi dan betah berlama-lama melototin hal baru tersebut. Seolah kita enggan untuk pergi beranjak dari tempat tersebut. Hanya paksaan dari orang tualah yang membuat seorang anak akhirnya melupakan ketertarikannya. Akan tetapi, seiring waktu berlalu, kita menjadi remaja bahkan dewasa yang dimodali dengan pengetahuan yang memadai. Tidak ada lagi sikap yang terheran-heran itu saat sesuatu bisa dijelaskan dengan akal sehat.

Sesutu menjadi mukzizat karena hal tersebut tidak bisa dijelaskan secara akal sehat. Pengetahuan yang kita miliki membuat apa yang dulunya dianggap sebagai keajaiban bergeser menjadi fakta yang bisa dijelaskan. Tidak ada lagi yang membingungkan dan tidak ada pula pertanyaan yang belum terjawab seputar hal tersebut. Penjelasan masuk akal yang dapat diperoleh dapat berskala kecil, skala menengah maupun skala besar. Semakin luas penjelasannya, makin detail informasi yang diperoleh. Sedang penjelasan skala kecil merupakan gambaran umum dari sesuatu (suatu proses). Informasi yang sederhana tidak mengandung penjelasan yang terperinci melainkan hanya garis besarnya saja.

Ada juga perkara di dunia ini yang tidak dapat dijelaskan, baik di masa dulu, sekarang maupun di waktu mendatang. Kejadian semacam ini disebut mitos yang biasanya menjadi legenda di tengah masyarakat. Suatu hal yang pada dasarnya bertentangan dengan logika namun cukup menarik untuk didengarkan apalagi dilihat secara langsung. Biasanya di susun dalam sebuah rangkaian cerita yang mengandung unsur mitos dan kenyataan hidup sehari-hari. Hal tersebut lebih dikenal di dunia seni sebagai kisah fiksi. Saat mitos dan logika dipadukan dalam suatu karya, hampir semua orang takjub dengan tontonan yang mengherankan itu. Panca indra diremajakan sampai rasanya menimbulkan berbagai rasa di hati, misalnya sedih, terharu, tersentuh, ketakutan dan bergembira. Suatu sensasi rasa yang bisa menimbulkan ketagihan terhadap drama, sinetron, film dan berbagai bentuk seni fiksi lainnya.

Contoh satu

Semua yang masuk di akal merupakan bagian penting dari kebenaran. Bila tidak logis maka hal tersebut merupakan mukzizat yang penjelasannya dapat ditemukan di masa depan. Ini berhubungan erat dengan kepercayaan masing-masing orang. Misalnya saja tentang kisah kebangkitan Lazarus, bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Tidak ada yang dapat menjelaskannya secara logika tetapi anda dapat bertanya kepada Tuhan Yesus saat bertemu di sorga kelak. Inilah kekuatan iman yang dapat menjangkau masa depan yang penuh harapan. Sedang bagi mereka yang tidak meyakini hal tersebut, cenderung menganggapnya sebagai mitos yang kisahnya berkembang luas di tengah masyarakat.

Lantas dalam kisah tersebut dimana kebenarannya? Kebenaran adalah Tuhan Yesus Kristus sendiri. Dialah pribadi yang menjadi pusat perhatian di dalam seluruh Alkitab. Kedatangan dan kisah hidup-Nya telah dinubuatkan dari awal masa sejak manusia pertama diciptakan. Oleh karena kesalahan satu orang maka dosa menjalar kepada seluruh umat manusia. Namun di sisi lain, oleh karena satu orang pula, manusia diselamatkan dan belajar untuk meninggalkan segala dosa itu. Apalagi inti dosa selain kecintaan manusia terhadap kenikmatan dan kemuliaan duniawi ketimbang cinta terhadap Penciptanya? Semakin besar cinta kita terhadap dunia ini maka semakin besar pula kesalahan yang dilakukan sampai membuat manusia mengalami kematian kekal. Namun Tuhan telah menjanjikan kepada kita hidup yang kekal kepada orang percaya yang rendah hati, tahan uji dan mengikut ajaran kasih sejati dengan setia. Orang benar akan dibangkitkan Tuhan dari kematiannya hingga diajak untuk masuk sorga, kediaman Allah yang kekal.

Contoh dua

Mukzizat berikutnya yang akan kita bahas sisi kebenaran dan logikanya adalah kisah perjalanan bangsa israel keluar dari tanah mesir. Ada banyak keajaiban yang terjadi kala itu namun kita tidak akan membahas semuanya. Kami hanya tertarik membahas tentang rengekan bangsa Israel yang meminta daging dari Tuhan. Jelas Tuhan dapat menggandakan apapun dengan cepat yang mana ternak yang digandakan adalah burung puyuh (bnd. Bilangan 11:31-32). Di zaman sekarang, saat peternakan konvensional terbukti turut merusak lingkungan. Para ilmuan telah menemukan teknik beternak paling ramah lingkungan yang disebut dengan bioteknologi peternakan kloning. Dimana ternak yang paling banyak dikloning di seluruh dunia adalah sejenis unggas yaitu ayam. Burung puyuh dan ayam masih merupakan satu keluarga (family) dalam nomenklatur kerajaan binatang.

Contoh tiga

Elisa merupakan murid, Elia yang diundang ke sorga tanpa melalui kematian. Baik Elia maupun Elisa sama-sama nabi Tuhan yang melakukan perkara-perkara ajaib di tengah-tengah bangsa israel. Ada banyak mukzizat yang mereka lakukan namun sedikit saja yang bisa dijelaskan, di antaranya adalah tindakan Elisa yang menghilangkan racun di sumur kota Yerikho (bnd. 2 Raja-Raja 2:19-22). Mungkin beberapa orang yang membaca hal ini tidak menyadari bahwa garam adalah obat bila digunakan dalam jumlah yang tepat. Kami sendiri baru menyadari hal tersebut beberapa waktu silam. Ilmu pengetahuan membuktikan bahwa NaCl yang dimurnikan dari lautan merupakan obat ajaib untuk banyak penyakit. Sekalipun beberapa di antaranya telah ditaburi sedikit racun: jangan khawatir! Karena toksin kecil tersebut akan hilang pada pemanasan bersuhu tinggi (hilang saat dimasak).

Contoh empat

Yesus Kristus membuktikan bahwa dirinya benar memiliki kuasa atas segala sesuatu dengan melipat gandakan beberapa roti dan ikan untuk ribuan orang (Matius 15:32-38). Pertama sekali mendengar mukzizat ini, kekaguman hati memuncak. Ingin rasanya Yesus ada di antara kita sehingga tiap hari kita tidak kekurangan gizi makanan dan minuman. Akan tetapi, hal tersebut mustahil karena dengan berlaku demikian, kita akan menjadi pengikut yang manja dan enggan untuk bekerja keras. Sebab semuanya sudah disediakan Tuhan. Jadi lebih baik kekuatan semacam ini hanya Tuhan saja yang miliki dan beberapa perusahan besar di negara kita. Bisakah anda menyaksikan di sekitar, berbagai industri biosintetik yang menyediakan kebutuhan pangan untuk seluruh masyarakat? Beberapa perusahaan makanan ini berasal dari luar negeri sedang banyak yang lainnya berasal dari dalam negeri.

Untuk banyak keajaiban lainnya di dalam Alkitab yang masih belum jelas, tidak perlu ragu meyakini hal tersebut. Sebab semuanya itu adalah fakta sejarah yang dialami langsung oleh sekian banyak manusia (khususnya bangsa Israel). Jika anda kurang percaya pada keajaibannya, setidaknya percayailah ajaran-Nya yang sangat humanis dan berlaku untuk semua orang. Ajaran kasih sejati yang tak terbantahkan masih terus dihidupi oleh umat manusia di seluruh bumi. Inilah kekuatan di balik perdamaian di antara manusia. Sedangkan perjanjian garam merupakan kekuatan yang membangun kemakmuran di seluruh penjuru negeri. Jadi, tidak dapat diragukan lagi bahwa Kitab Suci adalah salah satu sumber pengetahuan dan hikmat terkuat yang pernah ada.

Kesimpulan

Mukzizat adalah kebenaran yang penjelasannya tertunda namun beberapa di antaranya telah diperoleh jawabannya di zaman sekarang atau akan didapatkan di masa mendatang.

Kebenaran yang kejelasannya dahulu tersembunyi, mulai menjadi nyata dan jelas zaman sekarang atau di masa yang akan datang. Mukzizat lama kelamaan akan menjadi jelas di antara manusia. Demikian juga dengan keadilan yang lama-kelamaan akan diperjelas dihadapan semua orang seiring waktu berlalu.

Apa yang benar merupakan perkara yang masuk di akal. Sesuatu yang berhubungan langsung dengan fakta atau kenyataan dilapangan. Misalnya saja tentang “kasihilah sesamamu manusia seperti diri sendiri.” Ini adalah kebenaran yang sudah ada sejak manusia diciptakan. Hal tersebut sejalan dengan pernyataan bahwa “semua manusia sama di mata Tuhan.” Sekalipun beberapa orang mencoba mengabaikan paham keadilan tersebut namun lama-kelamaan semuanya akan menjadi jelas. Sebab keadilan adalah kebenaran sejati yang tidak akan terhapuskan sampai kapanpun. Demikian halnya dengan muzizat yang merupakan keajaiban yang tidak dapat dijelaskan. Tetapi lama kelamaan ilmu pengetahuan dapat menjelaskan beberapa di antaranya.

Salam, Banyak mitos
berkembang di masyarakat.
Tetapi tidak ada
yang meyakinkan.
Lain halnya dengan
mukzizat dalam Alkitab
yang diyakini banyak orang.
Dimana kebenarannya
lambat laun akan
semakin jelas
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.