+10 Manfaat Menundukkan, Mengangguk, Menggoyangkan Kepala

Manfaat Menundukkan, Mengangguk, Menggoyangkan Kepala

Otak adalah pusat kendali kehidupan secara pribadi lepas pribadi. Manusia tidak ada artinya tanpa pikirannya sebab ia hanya sebuah android (robot) yang siap menunggu perintah dari seseorang tanpa membantah dan tanpa bertanya. Peran otak tidak hanya membuat manusia pandai bertutur kata dan lihai dalam bertindak. Dua hal ini hanyalah manfaat eksternal dari memiliki pikiran yang cerdas. Sedang manfaat internal yang diberikannya secara terus-menerus tanpa henti adalah memanajemen aktivitas seluruh sel, jaringan, organ dan sistem organ. Sehingga tiap-tiap manusia dengan otak elit bisa tampil sehat dimana-mana dan bebas dari ancaman penyakit ini atau itu.

Khusus pada bagian ini, kita akan lebih mendalam memahami tentang manfaat pikiran secara internal. Mungkin manfaatnya secara eksternal dapat di amati oleh panca indra lewat sikap seseorang yang cerdas lagi bijak. Akan tetapi, secara internal, kita perlu meresapi dan merasakan manfaatnya sehingga tergambarlah itu secara implisit (tersirat walau belum tersurat). Banyak situasi buruk sudah di alami oleh badan kita, namun hal-hal tersebut tidak sampai menyingkirkan kita dari bumi ini. Mungkin ada beberapa yang bisa terbaring sakit, entah itu di rumah sendiri atau di fasilitas kesehatan terdekat. Semuanya itu hanya menghambat kesehatan kita sebentar saja, beberapa hari atau minggu kemudian pasti kembali sembuh.

Manfaat menundukkan atau mengangguk atau menggoyangkan kepala

Hal-hal yang menyakitkan di dunia ini bisa kita hadapi karena peran otak yang mampu memanajemen segala sesuatu. Mengantisipasi rasa yang timbul dari lingkungan dan mengelola emosi yang ada di dalam hati sehingga manusia bisa menjalani hidup senormalnya walau di tengah badai. Selama pikiran kita aktif maka selama itu pulalah hari-hari dihidupkan oleh semangat, kebahagiaan dan kreativitas. Akan tetapi, pikiran yang stagnan dan tidak melakukan apa-apa adalah awal bencana yang mematikan kehidupan. Oleh karena itu, apapun aktivitas anda dan apapun pekerjaan anda: itu adalah anugerah terbesar yang memanusiawikan tiap-tiap orang. Sebenarnya ada jutaan khasiat yang dapat kita rasakan dari goyangan ini, sebab otak adalah agen pengatur yang memanajemen segala sesuatu di dalam tubuh manusia. Jadi segala hal yang dialami oleh badan ini, solusinya ada di otak. Berikut, akan kami bahas beberapa hal saja tentang khasiat menggoyangkan kepala secara rutin.

  1. Membantu menurunkan tekanan darah.

    Semua bisa diatur oleh otak sebagai pengendali utama seluruh tubuh manusia. Demikian juga halnya dengan besarnya tekanan yang dilepaskan jantung berada dalam radarnya. Akan tetapi, mungkin saja dalam keadaan tertentu terjadi penyimpangan informasi sehingga kekuatan jantung melunjak tiba-tiba karena sesuatu dan lain hal. Namun anda tidak perlu mengkhawatirkan itu lagi. Asal saja selalu digerakkan kepala ini, niscaya tekanan darah yang ketinggian bisa di antisipasi sedini mungkin.

  2. Membantu meringankan penyakit diabetes, kolesterol dan asam urat.

    Kemampuan pikiran untuk mengendalikan kehidupan fisik secara berkesinambungan sudah terbukti dari zaman ke zaman, dari keturunan yang satu kepada keturunan berikutnya. Sayang, dalam beberapa keadaan, banyak orang yang mengabaikannya. Mereka lebih memilih untuk mencari kesembuhan dari dukun-dukun jampi yang bahkan tak memahami keadaan yang mereka alami. Padahal sesungguhnya, otak sangat paham terhadap keadaan tubuh sendiri.

    Sayangnya pemahaman tersebut kadang tak terealisasi dengan baik karena informasi tentang penyakit lokal di suatu tempat tidak adekuat/ tidak sempurna. Ini dipicu karena penghambat mereduksi, menambahkan atau mengacaukan informasi. Sehingga apa yang sampai di otak tidak menggambarkan keadaan penyakit yang sebenarnya. Akibatnya, respon penyembuh yang dikirimkan otak untuk mengatasi masalah tersebut terlalu lemah dan tidak berdampak apa-apa sehingga penyakit berkembang merajalela. Beberapa penyakit kronis yang disebabkan oleh karena lemahnya respon otak adalah diabetes, kolesterol tinggi dan asam urat berlebih. Coba saja pasien rutin menggoyangkan kepala, pasti tindakan antisipatif dari tubuh menjadi nyata.

  3. Membantu meredakan jantung arithmia (jantung berdebar).

    Bila jantung anda berdebar tak menentu, jangan khawatir! Kami juga pernah mengalami hal semacam ini dan cara cepat, terbaik dan praktis mengatasinya adalah dengan menggerakkan kepala pas debaran itu muncul. Mungkin keadaan ini juga bisa dibantu dengan tubuh yang tetap aktif bergerak dan kebiasaan lebih sering meminum air putih. Cairan yang memadai membuat visikositas darah berkurang dan toksin-toksin jahat di dorong ke pabrik bersih-bersih (ginjal, hati).

  4. Membantu meredakan sesak napas.

    Biasanya, sesak nafas disebabkan oleh dua faktor: karena kelelahan dan karena masalah di organ nafas itu sendiri (misalnya karena penyakit, alergi dan lainnya). Bila informasi yang sampai ke otak tepat maka sinyal-sinyal penyembuh akan dikirimkannya. Mulai dari peningkatan sistem imun tubuh sampai peningkatan resistensi sel-sel terhadap alergen tertentu dengan menyesuaikan diri terhadap paparan demi paparan yang terjadi. Khusus untuk sesak nafas yang disebakan oleh kelelahan, tidak perlu mengangguk-angguk terus: itu bukan obatnya. Melainkan yang menjadi obatnya adalah isterahat selama beberapa saat.

  5. Membantu menghilangkan cegukan.

    Umumnya saat manusia cegukan akan mengonsumsi air secara berulang-ulang kali. Kemungkinan cegukan merupakan salah satu tanda kekurangan cairan tubuh. Tetapi, saat hal tersebut tidak berhenti-henti sekalipun telah mengonsumsi air berulang kali, butuh tindakan fisik lainnya untuk membantu meredakannya. Rutin menggoyangkan kepala ke atas dan kebawah merupakan gerakan yang dapat membantu siapapun untuk menghilangkan cegukan tersebut. Silahkan coba sendiri….

  6. Membantu daya tahan organ gerak agar tidak cepat kesemutan.

    Kaki atau tangan yang mudah kesemutan menunjukkan bahwa jantung sedang lemah mensuplai seluruh tubuh. Ini akan terus terjadi sehingga membuat posisi tidak tenang. Saat duduk atau berdiri, cepat lelah, tidak mau berlama-lama dan ingin terus bergerak atau ingin segera istirahat. Tetapi saat rutin menggerak-gerakkan kepala: kekuatan jantung dikoreksi dan aliran darah dilancarkan sehingga daya tahan lebih lama dalam berbagai posisi.

  7. Meningkatkan produksi sel-sel imunitas (mencegah imunodefisiensi).

    Saat manusia mulai berhenti bekerja dan menghabiskan waktu sepanjang hari hanya dengan duduk sambil menonton televisi. Berhati-hatilah dengan aktivitas yang terlalu santai tersebut. Bisa jadi, minimnya aktivitas menurunkan intensitas metabolisme tubuh secara keseluruhan yang berdampak pada turunnya produksi sel-sel imun. Oleh karena itu, tetaplah aktif, cari kesibukan positif. Misalnya dengan bernyanyi memuliakan Tuhan di dalam hati, mempelajari sesuatu (membaca) dan mengerjakan hal-hal yang baik lainnya. Semuanya ini lakukan sambil mengangguk-anggukkan kepala secara perlahan terus-terusan.

  8. Menghentikan keringat yang berlebihan.

    Keringat yang berlebih bisa terjadi karena ada sesuatu yang menghambat nafas dan darah sehingga tidak dapat mengekspresikan kinerja yang efektif. Akibatnya, dehidrasi akan ditingkatkan untuk mendinginkan tubuh sehingga keringat menetes bagai air mengalir. Kemungkinan ini adalah sisa metabolisme tubuh yang tidak terpakai namun dilepas sekaligus ke dalam darah. Akan tetapi aliran darah yang kurang lancar membuat penumpukan semakin menjadi-jadi sehingga satu-satunya cara cepat untuk membuang zat-zat sisa tersebut dengan mendorongnya keluar sebagai keringat.

    Bagi mereka yang rutin menggoyangkan kepala saat berolahraga, memang keringat keluar tetapi terbatas, tidak sampai jadi butiran-butiran kasar layaknya gerimis di siang bolong. Semuanya ini terjadi karena otak telah menginstruksikan jantung agar meningkatkan kekuatannya sehingga aliran darah lebih cepat dari biasanya untuk mengirimkan zat-zat sisa ke pabrik bersih-bersih.

  9. Menghentikan rasa ngantuk tiba-tiba.

    Kesibukan merupakan cara terbaik untuk membuat hari-hari berarti. Jadi, jika saat ini anda merasa hidup tidak berarti: jangan-jangan itu tanda bahwa hidup anda terlalu santai. Aktiflah bekerja memberi manfaat, bagi diri sendiri, untuk orang-orang terdekat dan kepada mereka yang lainnya di sekitar kita. Bila di tengah sibuknya hari ini dan di saat tugas-tugas harus segera dilaporkan timbul rasa ngantuk. Bisa jadi keadaan tersebut mempengaruhi hasil yang hendak dicapai. Oleh karena itu, berupayalah membawa lari ngantukmu dengan rutin menganggukkan kepala kecil-kecil. Akan tetapi, jika usaha inipun sia-sia, sebaiknya istirahatlah dahulu baru setelah itu lanjutkan pekerjaanmu.

  10. Turut meringankan pusing.

    Pusing bisa terjadi karena kekurangan cairan: maka sering-seringlah meminum air. Keadaan ini bisa juga akibat pengaruh stres: maka tata ulanglah fokus kehidupan anda. Akan tetapi, keadaan ini bisa juga terjadi karena syaraf-syaraf yang semeraut di daerah leher. Oleh karena itu, belajarlah rutin menggoyangkan kepala agar kekusutan yang terjadi di daerah leher dapat segera dibetulkan dan aliran darah yang mensuplai otak dilancarkan. Semua ini bermanfaat untuk menetralisir kepala dari pusing.

  11. Membantu meringankan dampak buruk keracunan.

    Racun dapat secara sengaja maupun tidak sengaja termakan manusia. Saat hal tersebut terjadi, gerakkan kepala dengan santai agar otak memberi reaksi yang meningkatkan metabolime pada kelas tertentu. Sehingga toksin yang termakan segera dikumpulkan dan dikirimkan ke organ pembersih. Aliran darah akan dipercepat dari biasanya agar berbagai bahan berbahaya tersebut tidak sempat mengendap pada jaringan atau organ tertentu. Sedang pusat rasa perih yang menggetirkan hati akan diredakan sedemikian rupa agar rasanya bisa ditanggung oleh tiap-tiap orang.

  12. Membantu menghentikan keriput.

    Keriput disebabkan karena hilangnya kemampuan tubuh untuk menahan sebagian besar kandungan air. Bila tubuh normal memiliki kandungan air 70% atau lebih, tetapi tubuh orang yang berkeriput mengandung kurang dari tujuh puluh persen air. Saat menggoyangkan kepala, kemampuan metabolismenya tidak akan menurun. Keadaan yang seimbang ini turut pula menjaga atau mempertahankan kandungan air stabil pada angka atau lebih dari 70%.

  13. Membantu mencegah kebotakan.

    Rambut seperti tanaman yang butuh nutrisi agar dapat tumbuh di berbagai tempat yang pantas pada permukaan kulit. Sayangnya, pembuluh darah yang kaku di daerah leher membuat beberapa nutrisi esensial terhambat naik. Keadaan inilah yang menjadi salah satu penyebab dari kebotakan kepala. Jika anda sudah mencoba berbagai produk kesehatan namun kebotakan tetap ada, itu tandanya produk tersebut tidak salah. Nutrisi tetaplah nutrisi tetapi untuk apa nutrisi yang baik jika tidak sampai ke tempatnya? Masalahnya terletak di pembuluh darah leher yang mengalami kekakuan sepanjang hari. Anda perlu merilekskannya dengan menggerakkan ke atas-bawah dan kiri-kanan: tidak perlu terlalu kuat, perlahan saja asalkan dilakukan terus-menerus dalam segala kesempatan yang mungkin. Niscaya lama-kelamaan kebotakan berlalu dan akan dicegah bagi mereka yang belum mengalaminya.

  14. Membantu mencegah uban.

    Manusia yang kehilangan pigmen rambut dipicu oleh menurunnya produksi pigmen tersebut di dalam tubuh yang bersamaan dengan penurunan fungsi-fungsi organ lainnya akibat penuaan dini. Keadaan ini turut pula di dorong oleh aliran darah yang tidak lancar di area kepala sehingga kebiasaan berdiam diri semakin memperparah keadaan. Dengan menggoyangkan kepala secara rutin aliran informasi dari dan menuju ke otak akan tetap terjaga normal. Sehingga fungsi-fungsi tubuh lainnya tidak mengalami penurunan, termasuk dalam hal ini adalah tidak mengalami penurunan produksi pigmen tubuh.

  15. Mengantisipasi gatal pada kepala.

    Gatal pada kulit kepala bisa saja disebabkan karena ketombe tetapi ada juga yang disebabkan karena aliran darah yang tidak lancar dari dan menuju ke kepala. Selama menjalani hidup, kadang-kadang kita tidak sadar sedang meminum atau memakan sesuatu yang tidak baik atau tidak bisa dicerna oleh tubuh. Suatu zat asing yang terlanjur dimakan akan menyebabkan residu atau pengotor yang terbawa-bawa kemanapun darah pergi mengalir ke seluruh tubuh. Zat pengotor tersebut akan tertinggal melekat pada beberapa organ akibat alirannya yang tidak lancar. Mungkin saja, ini disebabkan karena penyempitan pembuluh di daerah leher. Akibatnya aliran darah melambat dan menyebabkan beberapa pengotor tertinggal di area kulit kepala yang menimbulkan gatal yang menyengat.

  16. Membantu mengatasi flu dan batuk.

    Kami sendiri terheran-heran saat memahami fakta tersebut. Sebab selama ini, batuk dan flu dianggap sebagai penyakit yang dipicu oleh virus atau bakteri patogen. Akan tetapi saat kita menggerak-goyangkan kepala flu segera berlalu dan batuk pun lenyap seketika itu juga. Mungkin ini dipicu oleh melurusnya beberapa syaraf yang mengalami kelainan posisi. Tentu saja keadaan ini turut pula dibantu oleh kegemaran kita yang sering mengonsumsi air putih sedikit-sedikit tapi tekun hingga jumlahnya sama dengan/ lebih dari satu botol air mineral ukuran jumbo per harinya. Besar kemungkinan aktivitas yang satu ini dapat membuat seseorang seperti terjaga kuat, menjadi pribadi yang bugar dan siap menjalani aktivitas yang padat, walau kesukaran kadang menyambar.

  17. Membantu meringankan rasa sakit.

    Apapun rasa sakit yang anda alami, coba gerakkan kepala sambil memuji-muji Tuhan di dalam hati. Ini bisa menjadi kebiasan yang mengasyikkan untuk dilakukan dari waktu ke waktu. Tentu saja, tidak lupa untuk melakukan usaha-usaha rehabilitatif sederhana terhadap kegemparan mental atau tubrukan fisik yang anda alami. Tetap gerakkan kepala sambil bernyanyi ria agar asyiknya aktivitas tersebut bisa menutupi rasa sakit yang diderita.

  18. Membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik yang sifatnya menular maupun yang tidak.

    Sadar atau tidak, tubuh kita memiliki sistem “scan virus dan auto repair.” Artinya, dari informasi kontinu yang terus-menerus dikirimkan berbagai organ atau sistem organ ke otak, bisa dibedakan mana bagian yang normal dan mana pula bagian tubuh yang sedang mengidap penyakit. Pikiran akan mengenali kelainan di seluruh bagian tubuh sehingga bisa mengambil tindakan langsung terhadap keadaan tersebut. Apakah dibutuhkan perlakuan fisik (melibatkan anggota gerak aktif), perlakuan kimiawi (mengutus larutan elektrolit atau larutan kimiawi lainnya) dan perlakuan imunologis (mengutus sel-sel imun untuk menetralisir bagian yang sakit). Semua keputusan ini diambil oleh otak sehingga tidak ada satupun penyakit yang tidak ditangani dengan baik. Jika masih ada penyakit lainnya yang belum bisa ditangani, itu karena kecepatan penyakit tersebut merusak tubuh lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan tubuh untuk menyembukannya (auto repair). Pada posisi inilah kita sebaiknya berobat ke instalasi kesehatan.

  19. Menghentikan ketergantungan terhadap garam dan obat-obatan lainnya.

    Tidak enak rasanya ketergantungan pada sesuatu yang keberadaannya tidak terjamin atau pada sesuatu yang nilainya terlalu tinggi. Bila kita bisa hidup normal seperti apa adanya kita, bukankah itu lebih baik? Hidup normal seperti apa adanya kita dapat dilakukan jika otak sebagai pengendali kehidupan dapat melakukan fungsinya secara efektif. Akan tetapi, bila hubungannya dengan tubuh terganggu, kenormalan itu akan sulit tercapai. Jadi, perbaikilah jalur penting yang menghubungkan pikiran dengan tubuh sehingga otak dapat melakukan fungsinya secara maksimal dengan menggoyang-goyangkan kepala secara rutin. Ini akan membantu anda agar tidak ketergantungan dengan garam atau obat-obatan tertentu sebab selusi semua penyakit, pusatnya ada di dalam pikiran masing-masing.

  20. Membantu memperlancar proses berpikir (mencerdaskan manusia).

    Dalam banyak persoalan hidup yang kita hadapi, otak menjadi buntu. Seolah situasinya terlalu pengap dan membuat kita mati tercekik tak bisa berpikir hati semakin gundah. Di saat kebuntuan pikiran ini melanda, jangan dibiarkan saja melainkan atur kemudi hidup mengarah kepada Tuhan sambil menggoyangkan kepala dalam senandung yang merdu di dalam hati. Terus lakukan kreasi dan berimprovisasilah dalam memuji-muji Tuhan. Sebab sukacita kita di dalam-Nya dapat memancing datangnya inspirasi positif seputar persoalan yang dihadapi, cepat atau lambat.

  21. Cara yang sangat sederhana untuk menghindari gangguan.

    Pandangan kita yang jauh ke depan membuat mata dapat mengamati banyak distorsi yang kemungkinan besar tidak ditujukan kepada kita. Penglihatan kita yang terlalu jauh cenderung membuat hati khawatir akan hal-hal yang belum tentu terjadi. Oleh karena itu, saat menundukkan kepala, kita berupaya untuk menghindari gangguan yang mungkin terjadi. Tentu saja, ini bukanlah aktivitas yang dilakukan secara terus-menerus. Melainkan hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Silahkan cari tahu sendiri kapan dan dimana menundukkan kepala dibutuhkan.

  22. dan lain sebagainya, silahkan cari dan temukan sendiri.

Kesimpulan

Saat melakukan senam kepala, goyangkan sampai batas atas, batas bawah, batas kiri dan batas kanan. Goyangan maksimal semacam ini hanya dilakukan saat berolahraga rutin di pagi atau sore hari. Akan tetapi, jika terlalu lama menggoyangkan kepala kuat-kuat, leher bisa keram. Oleh karena itu, goyangkanlah dengan santai layaknya orang yang sedang mendengar musik lewat headset/ earphone. Agar sekalipun dilakukan terus-menerus dalam waktu lama, leher tetap lentur bebas keram.

Walaupun kemampuan otak luar biasa, apalah gunanya jikalau tidak diiring dengan asupan nutrisi yang baik. Misalnya saja adalah makanan dan minuman. Hidup tanpa makan memang agak susah tetapi hidup tanpa minum jauh lebih berbahaya. Sebab apa yang kita makan dibutuhkan dalam jumlah yang terbatas. Sedangkan apa yang kita minum perlu selalu ada agar semua selokan (pembuluh) yang bercabang-cabang tetap lancar membawa toksin (internal maupun eksternal) ke pabrik bersih-bersih. Minumlah lebih sering namun jangan sekaligus satu gelas agar kesehatan otak dan seluruh tubuh selalu terjaga. Saat di rumah tidak ada obat, bisa jadi aktivitas rutin minum air putih dan menggoyangkan kepala merupakan obat terbaik untuk menanggulangi berbagai penyakit. Hanya saja, sadarilah bahwa dua aktivitas ini bukan obat ajaib yang efeknya langsung nyata dalam hitungan detik. Memang dalam beberapa hal bisa (aritmia, batuk, flu, cegukan) tetapi dalam banyak hal waktu & ketekunanlah yang membuat anda benar-benar sembuh.

Salam, Mengangguk-anggukkan kepala
bukanlah aktivitas biasa.
Ada hal-hal luar biasa yang terjadi
saat anda rutin melakukannya
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.