10 Alasan Badan Berbau Tidak Sedap – Perbedaan Aroma Asli Dan Imitasi

Stop makan daging stop bau badan - Alasan Badan Berbau Tidak Sedap – Perbedaan Aroma Asli Dan Imitasi

Semerbak sesuatu sangat mudah menjalar kemana-mana, karena bau dibawa oleh aliran udara yang sangat dinamis. Jangkauannya bisa berada dalam jarak yang sangat jauh, tergantung dari konsentrasi zat dan kecepatan angin. Khusus untuk manusia itu sendiri bisa menghasilkan semerbak khas yang aromanya bisa memikat namun tidak dapat dipungkiri bahwa aroma yang tidak sedap lebih banyak tercium. Seandainya keberadaan hal tersebut terjadi sebentar saja, tidak masalah: sayangnya badan bisa terus-menerus mengeluarkan selama beberapa waktu bahkan sampai di bawa tidur lengket/ berbekas dimana-mana. Biasanya bekasnya akan tercium di baju (terutama pakaian dalam), bantal, tempat tidur, kursi (kain/ gabus), handuk dan lain-lain.

Pada dasarnya, badan manusia mengeluarkan bau sama seperti makhluk hidup lainnya. Bila dalam kehidupan sehari-hari, yang kita temukan berbau istimewa adalah tumbuh-tumbuhan. Misalnya saja bunga-bunga tertentu di pekarangan yang semerbak bila didekatkan di hidung: Itulah aroma yang sesungguhnya. Sedangkan aroma palsu/ imitasi adalah hasil racikan industri kimiawi yang aromanya bisa menjalar sampai beberapa meter. Mudah sekali membedakan antara yang asli dan yang palsu dimana ciri khas yang palsu selalu mencolok bertebaran kemana-mana tetapi yang asli sifatnya lebih pribadi (hanya dinikmati diri oleh diri sendiri/ pasangan resmi). Akibat dari semerbak yang berlebihan, apa yang palsu biasanya lebih cepat melelahkan hidung dan membosankan. Sedangkan yang asli terasa sayup-sayup tetapi enak dinikmati terus-menerus.

Aroma asli adalah bau yang tidak tercium dari jauh melainkan semerbak ketika sesuatu tersebut didekatkan di hidung. Biasanya sumber utama yang asili ini adalah makhluk hidup (tumbuhan, hewan dan termasuk manusia).

Aroma imitasi adalah bau yang dapat tercium jauh dari sumbernya yang biasanya dihasilkan oleh bahan kimiawi tertentu. Ada juga beberapa tumbuhan yang menghasilkan aroma imitasi tetapi rasanya tidak membuat hidung nyaman.

Alasan Badan Berbau Tidak Sedap – Perbedaan Aroma Asli Dan Imitasi

Faktor penyebab bau badan

Apalagi sumber dari segala aroma dalam tubuh manusia, kalau bukan makanan dan minuman yang dikonsumsi dari waktu ke waktu. Sebab sistem pencernaan adalah industri nabati yang mengekstrak seluruh bahan pangan yang masuk ke dalam mulut. Aktivitas tersebut serupa seperti saat industri rumahan mengekstrak wangi berbagai tumbuh-tumbuhan. Semua bahan-bahan yang ada dihancurkan, dilumat dan diperas dengan teknik khusus sehingga dihasilkanlah ekstrak minyak yang aromanya terkunci selama beberapa waktu. Bila makanan yang dikonsumsi kurang otentik maka badan berbau tidak sedap sedangkan mereka yang mengonsumsi makanan yang sepantasnya membuat badan mengeluarkan bau khas atau setidak-tidaknya netral. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa alasan mengapa badan mengeluarkan aroma yang kurang sedap.

  1. Mengonsumsi segala daging.

    Siapa yang tidak suka makan daging? Tidak ada manusia yang tidak pernah memakan lauk-pauk yang satu ini. Sayang, dampaknya terhadap tubuh agak mencolok karena menimbulkan bau yang kurang enak terlebih saat sedang berkeringat. Lagipula zat gizi dalam daging sangat adhesif terhadap tubuh karena susunannya yang hampir bersamaan (nilai gizi tinggi). Mudah larut (menyatu dengan) darah untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Akibatnya, panganan ini mudah mendorong naiknya glukosa, kolesterol dan asam urat kecuali anda mengonsumsi air putih lebih sering/ banyak.

    Nutrisi (termasuk energi) sepotong daging sama dengan sepiring nasi bahkan bisa lebih. Selain itu, penyerapannya bersifat lambat (butuh waktu lama) di dalam usus. Artinya, bahan pangan ini bisa terus menghasilkan energi/ nutrisi selama dicerna berhari-hari. Saat anda mengonsumsinya berturut-turut setiap hari: seolah tubuh memiliki stok nutrisi (gudang energi). Padahal makan tiga kali sehari sehingga gudang nutrisi andapun terus bertambah-tambah banyaknya. Akibatnya, anda mengalami kelebihan nutrisi setiap saat yang secara otomatis dibuang melalui keringat karena pembuangan melalui urin over kapasitas. Salah satu tanda bahwa urin kelebihan kapasitas atau mengandung buangan nutrisi berlebih yang sangat pekat adalah bau urin yang menyengat. Jika urin anda berbau menyengat maka keringatpun baunya pasti menyengat: ini disebut dengan kesetaraan cairan tubuh.

  2. Mengonsumsi makanan tinggi kalium.

    Kalium adalah salah satu mineral yang mengalami proses unik selama pencernaan makanan berlangsung. Ada semacam bau khas yang kurang sedap yang dihasilkan dari ekstraksi makanan kaya kalium. Aroma tersebut akan keluar seiring dengan keluarnya keringat. Bahkan sekalipun keringat anda hanya terasa lembab di permukaan kulit: sudah mulai berbau kurang bersahabat. Biasanya baunyapun lengket pakaian dan bantal yang sering digunakan. Berikut contoh makanan yang mengandung kalium tinggi seperti: segala jenis seafood (makanan laut), ikan teri, telur, pisang, kangkung, sagu, ubi, susu dan lain-lain.

  3. Mengonsumsi alkohol.

    Alkohol kurang baik bagi kesehatan. Dapat melarutkan lemak yang mempercepat kegemukan (penambahan berat badan atau lebih parahnya obesitas). Bisa membuat pikiran berhalusinasi sehingga melihat hal-hal aneh yang tidak nyata. Mendorong gangguan keseimbangan badan dan melemahnya fokus berpikir. Demikian juga pandangan mata bergoyang seperti sedang berputar terombang-ambing akibat melemahnya fokus pikiran. Orang yang meminum dua-tiga gelas cenderung candu sehingga meneguknya terus-menerus (konsumsi berlebihan). Akibat kekhasan pencernaan alkohol menyebabkan bau badan yang tidak sedap dihidung siapapun kecuali bagi penderitanya sendiri karena mengalami gangguan kepekaan panca indra.

  4. Mengisap rokok (konvensional, elektrik).

    Rokok tembakau memberikan sensasi yang biasa-biasa saja namun mengundang rasa candu yang tinggi bagi peminatnya. Rokok elektrik lebih mudah diracik sendiri dengan ditambahkan bahan-bahan lainnya untuk menciptakan sensasi nge-fly yang lebih dalam. Merokok sama saja dengan meracuni otak secara perlahan-lahan yang lambat laun merusak fungsi kognitif. Mereka akan mengalami penurunan fungsi panca indra dan daya ingat sehingga kerap kali melupakan hal-hal penting. Efek lainnya adalah bahan kimia tersebut akan diikat oleh zat tertentu di dalam darah yang menimbulkan bau tidak sedap.

  5. Mengonsumsi makanan protein langka.

    Makanan protein langka sangat populer di antara orang tua tetapi cukup menganggu bagi orang-orang muda. Contoh panganan tersebut adalah petai, jengkol dan durian. Bagi yang hidup menyendiri, mungkin tidak masalah badannya berbau macam-macam tetapi bagi yang hidup bersama orang lain, perlu membatas-batasinya.

  6. Makan secara berlebihan.

    Susu, pisang, sagu, ubi, ikan laut, ikan teri, telur adalah contoh panganan yang bila dikonsumsi secara berlebihan cenderung mendorong timbulnya bau kurang sedap. Kendalikan diri dari yang lebih-lebih, kendalikan emosi agar tidak beringas membalas dendam dengan memakan apa saja sebanyak-banyaknya. Semakin bagus kecerdasan emosional anda, makin jauhlah aktivitas makan lebay yang kurang sehat. Tubuh cenderung memetabolisme sari-sari makanan keluar lewat keringat dan bakteri permukaan memfermentasinya sehingga timbullah bau menyengat yang cukup pekat di hidung.

  7. Kurang mengonsumsi air putih.

    Cairan ini merupakan kebutuhan terbanyak umat manusia. Anda lebih membutuhkan banyak air putih ketimbang makan seperti biasanya. Sayangnya, aktivitas ini jugalah yang sering sekali terlupakan, tenggelam dalam sibuknya hari-hari kerja. Bila keadaan ini terus-menerus terjadi dalam waktu lama akan menyebabkan dehidrasi kronis yang tidak lagi memicu rasa haus pasien sehingga kesehatannya semakin memburuk. Kurang minum air turut berkontribusi menyebabkan badan berbau akibat tidak lancarnya pembuangan sisa hasil metabolit. Cairan H2O adalah pembersih mayoritas yang menjaga tubuh tetap segar bebas bau.

  8. Kurang berolahraga.

    Senam sederhana, berlari di dalam rumah dan berjoget merupakan aktivitas indoor yang bisa dilakukan untuk mengupayakan kebugaran badan. Berolahraga adalah aktivitas meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus mengeluarkan sisa metabolisme yang tidak diperlukan lagi. Agar di waktu-waktu berikutnya tidak ada lagi kelebihan metabolisme yang memaksa tubuh mengeluarkan keringat. Masih untung jika badan berkeringat sebelum mandi tetapi bagaimana kalau keluarnya setelah mandi? Berolahraga membantu mengatur keringat yang keluar dengan mengoreksi daya tahan saat beraktivitas sehingga tidak mudah berkeringat dalam kegiatan normal/ beraktivitas seperti biasa.

  9. Kurang rajin membersihkan diri.

    Orang malas butuh sesuatu tetapi tidak ditindaklanjuti. Bila anda merasa perlu membersihkan diri, silahkan lakukan dengan penuh semangat. Hindari menunda kegiatan positif ini padahal pekerjaan rumah sedang lengang. Keringat adalah elektrolit kaya nutrisi yang sangat digemari oleh kuman. Mereka akan menari-nari gaya fermentasi hingga keluarlah bau-bau pergaulan yang kurang pas di hidung. Jadi, jangan malas membersihkan diri jika memang sudah waktunya.

  10. Kurang rajin menyuci pakaian.

    Bagi yang hobi sekali makan ikan dan daging: bau keringatnya biasanya menempel pada pakaian, pakaian dalam (terutama), handuk, bantal, selimut, sprei dan lain-lain. Bila tidak rajin dicuci, masing-masing pakaian tersebut akan semakin bau dan menghasilkan bercak jamur yang tidak bisa lagi diawaskan sekalipun dicuci berulang-ulang. Oleh karena itu, cucilah pakaian tepat waktu demi kenyamanan diri sendiri dan kenyamanan orang-orang di sekitar.

Kesimpulan

Mengonsumsi daging setiap hari seperti membuat gudang gizi di dalam tubuh terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Keadaan ini membuat anda selelu kelebihan gizi sehingga sisanya dibuang melalui keringat. Kuman-kuman berpesta pora dimanapun keringat menempel dan bekerja keras melakukan fermentasi yang menghasilkan aroma pergaulan yang baunya minta ampun.

Berbagai daging adalah sumber bau! Jadilah vegetarian (hanya mengonsumsi sayuran dan roti/ nasi). Anda bisa mengonsumsi sayur, nasi dan roti lebih sering (sebagai cemilan) namun tidak akan menyebabkan badan berbau (kelarutannya terhadap darah rendah/ gizinya rendah). Bukan berarti tidak makan lauk-pauk sama sekali, melainkan konsumsilah sesekali saja (sekali seminggu/ sebulan) demi menjaga badan. Atau konsumsi sedikit saja tanpa takut kekurangan protein karena “semua makanan adalah garam: konsumsilah air garam manis (turunannya) maka anda seolah sudah makan semua nutrisi yang diperlukan!”

Coba konsumsi sayuran, nasi/ roti dan garam kira-kira seminggu atau dua minggu lalu rasakan sendiri perubahan yang dialami oleh badan anda. Bahkan kami berani mengatakan bahwa mereka yang suami-istri bisa bisa saling mencium bau khas masing-masing yang membuat nyaman sehingga keduanya betah berdua-duaan terus. Badan yang mengeluarkan aroma yang kurang sedap bisa disadari atau tidak oleh orangnya dan biasanya lengket di baju, celana (apalagi pakaian dalam), handuk, bantal, selimut, sprei, kursi dan lain sebagainya. Berbagai bahan dari kain ini perlu lebih sering diganti-cuci bila badan jelas-jelas mengeluarkan wangi menyengat hidung. Lain halnya bila jadi vegetarian (mengonsumsi sayur dan tepung/ roti), besar kemungkinan anda tidak akan mengalami hal yang tidak disukai dalam tulisan ini. Terlebih lagi jika semua aktivitas konsumsi tersebut diisi dengan kebiasaan minum air putih yang memadai. Agar nutrisi dan sisa yang kotor-kotor tidak tertinggal di permukaan kulit melainkan dikirim langsung ke hati dan ginjal menjadi urin pekat siap buang.

Salam, Jauhi daging,
badan berbaupun menjauh
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.