7 Cara Terbaik Menghindari Keracunan Makanan Dan Minuman

Cara Terbaik Menghindari Keracunan Makanan Dan Minuman

Kehidupan tidak bisa ditebak akan seperti apa jadinya. Tidak ada profesi peramal yang memiliki lisensi di zaman sekarang maka tidak ada pula yang namanya prediksi masa depan kecuali prediksi pertandingan yang telah melalui pengaturan skor. Oleh karena itu, di tengah kerahasiaan zaman, kita hanya bisa melakukan yang terbaik dan berharap bahwa di masa depan keadaan kita dan orang-orang di sekitar kita, tetap baik-baik saja. Sekalipun ujian hidup datang silih berganti, kita tidak boleh menyerahkan kehidupan kita di bawah kejahatan. Melainkan tetaplah benar di tengah terjangan gelombang sembari berupaya mencari tahu cara mengantisipasi, mencegah dan mengatasi pergumulan hidup yang mendatangi kita.

Racun dalam makanan dan minuman sepertinya sangat merajalela dalam beberapa situasi. Suatu keadaan yang membuat tubuh sakit tetapi tidak sampai kehilangan nyawa. Hanya saja disfungsi dan distorsi pada beberapa fungsi sel atau jaringan tertentu membuat aktivitas kita terhambat. Mungkin bagi beberapa orang keadaan ini tidak begitu mengganggu, kamipun merasa demikian. Akan tetapi, efek samping dari kejadian tersebut bisa membuat pekerjaan terbengkalai. Inilah keadaan yang lebih mengganggu itu, sebab masing-masing dari kita memiliki tanggung jawab untuk diselesaikan sesuai jadwalnya. Bila kejadian tersebut lebih sering, tugas bisa menumpuk dan jadwal ini-itu menjadi molor. Andai saja pekerjaan kita fleksibel, beban bisa lebih ringan.

Defenisi – Keracunan adalah suatu keadaan yang membuat tubuh sakit sesaat dan cukup singkat serta tidak sampai membuat pasien kehilangan nyawa.

Cara terbaik mencegah keracunan makanan dan minuman

Menghindari keadaan yang buruk di masa depan perlu kita lakukan agar persoalan hidup yang menimpa kita tidak semakin berat dan tidak bertubi-tubi. Memang dalam beberapa keadaan kita perlu mengambil resiko untuk terjun ke dalam masalah tetapi tidak melakukan itu saat menghadapi masalah keracunan. Sebaiknya racun dihindari daripada diatasi. Terkecuali anda terlanjur keracunan, mau-tidak mau harus melakukan tindakan rehabilitatif: mengatasinya dengan cara pribadi yang sederhana atau dengan bantuan dokter atau bisa juga datang langsung ke instalasi kesehatan terdekat. Oleh karena itu, perhatikanlah beberapa acuan yang kami berikan di bawah ini untuk membantu anda agar bisa menghindari keracunan makanan dan minuman.

  1. Mohonkan hikmat Tuhan dan selalu fokus kepada-Nya.

    Tidak ada kekuatan yang lebih stabil daripada aktivitas fokus kepada Tuhan. Suatu kegiatan yang bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan apa pun yang sedang kita hadapi. Belajarlah menikmati keadaan yang dihadapi sambil memuji-muji Tuhan di dalam hati. Senandung duniawi memang enak didengarkan tetapi kemampuan mengubah hal duniawi menjadi rohani adalah kesibukan kreatif yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Ada Roh Allah di dalam diri kita yang bisa mengungkapkan hal-hal yang belum kita ketahui. Namun berhati-hatilah, sebab si iblis juga bisa berubah menjadi suara hati yang menginstruksikan hal-hal jahat. Tetaplah berpegang pada standar kasih sejati agar dapat membedakan mana yang asli.

  2. Berbuat baik kepada siapa saja termasuk mengasihi musuh.

    Bagaimana menurut anda, “adakah orang yang tega berbuat jahat kepada orang baik?” Menurut kami “tidak,” mungkin mereka hanya sekedar menguji dua-tiga kali belaka. Setelah itu, para penguji tersebut pasti akan mengundurkan diri. Tetaplah baik sekalipun orang tersebut agak jahat sebab mustahil orang-orang akan terus-menerus memperlakukanmu dengan kasar. Pasti suatu saat nanti, merekapun akan menjadi baik terhadapmu. Kecuali orang-orang tersebut pendosa yang ingin membuat kesalahannya menggunung sehingga upahnya adalah kegelapan api penderitaan abadi.

    Anda ingin menjadi pribadi bermental kuat dan berani? Kasihilah musuhmu! Resep rahasia ini merupakan cara terbaik untuk membuat kita menjadi orang baik yang tangguh. Sebab orang baik bermental lemah akan tersiksa oleh distorsi yang terjadi di dalam hatinya. Akan tetapi orang baik yang bermental tangguh akan bertahan di tengah distorsi yang terjadi di sekitarnya.

    Belajarlah berbuat baik tanpa mengharapkan jawaban enak dari lawan-lawanmu. Anggap saja kebaikan tersebut dihaturkan kepada alam yang merawat dan menjaga kehidupan umat manusia sampai sekarang. Atau anggaplah bahwa anda sedang berbuat baik kepada Tuhan sehingga tetap ada sukacita sekalipun diabaikan oleh manusia. Perlu belajar menerima kenyataan pahit tanpa memikirkannya secara berulang. Tidak perlu fokus pada masalah melainkan lanjutkanlah aktivitas positif yang anda kerjakan (fokus kepada Tuhan atau belajar atau bekerja).

  3. Jangan takut di racun orang.

    Terlalu cemas terhadap kejadian keracunan membuat tingkat kewaspadaan kita agak berlebihan. Akan tetapi, hal ini wajar jika efek toksin yang kita rasakan terjadi tiap-tiap hari. Akan tetapi, jika anda merasakan kejanggalan setelah makan/ minum hanya sekali sebulan atau sekali dua minggu, tidak perlu terlalu waspada. Biarkan saja (ikhlaskan) hal-hal seperti itu terjadi tanpa mempersoalkannya. Anggaplah itu sebagai ujian penguat mental. Toh efeknya hanya menyebabkan kekakuan ringan di bagian tubuh tertentu.

    Lain ceritanya ketika anda di bom toksin berulang-ulang kali, setiap hari bahkan berkali-kali. Pada posisi inilah anda harus waspada! Biar bagaimanapun itu, air minum sendiri jangan biarkan terbuka tanpa kunci. Sebab lazimnya gelas kitalah yang kerap kali disusupi untuk dibubuhi racun. Bahkan mungkin saja itu dilakukan pada makanan, tetapi jangan khawatir, makanan beracun lebih mudah dikenali dengan teknik “15 menit waktu tunggu.”

  4. Lakukan puasa.

    Ini adalah pilihan terbaik di masa-masa sukar. Sebab biar bagaimanapun, racun akan tetap di luar saat makanan dan minuman tetap di luar. Hanya saja, aktivitas ini tidak bisa dilakukan setiap hari di tengah padatnya aktivitas. Perlu dibatasi untuk makanan dan minuman tertentu saja. Misalnya, hanya mengonsumsi hal-hal standar, yaitu nasi, lauk-pauk dan air putih saja. Sedangkan makanan dan minuman yang lebih bernilai, lebih beragam, lebih enak dibatasi. Suatu panganan yang dihasilkan atau dibuat oleh keluarga sendiri, itu sudah cukup untuk mengenyangkan perut. Sedangkan panganan lain-lain yang ada di rumah sebaiknya tidak dikonsumsi. Berdoa saja keluarga anda tidak meracuni anda. Jadi berpuasalah untuk tidak mengonsumsi makanan dari luar.

    Anda harus cerdas melakukan puasa. Belajarlah dari pengalaman sendiri dan berusaha untuk mengenali dimana makanan beracun itu? Sebab makanan di dalam keluarga pun beresiko telah teracuni namun tidak semuanya. Mana yang terkontaminasi dan mana yang tidak? Berupayalah untuk mengetahui hal-hal tersebut lewat pengalaman yang dijalani hari demi hari.

    Biasanya air tidak dikontaminasi orang sebab air adalah larutan netral yang dapat menjadi obat yang bekerja lambat tapi pasti memberi kesembuhan. Mungkin zat pengganggu tersebut hanya terdapat pada bagian wadahnya saja. Tidak ada racun yang jelas tetapi saaat anda mencicipinya, semua akan terasa jelas. Perhatikan orang-orang di sekitar anda. Tetapi, jangan sampai pengamatan tersebut membuat anda mengurangi konsumsi air putih. Sebab cairan penyembuh ini adalah pelarut yang handal untuk meluruhkan toksin dari dalam tubuh.

    Bisa juga dengan melakukan puasa vegetarian, bila anda merasa kelebihan protein. Ini dapat terdeteksi dari urin yang berbau putih telur yang dimasak/ digoreng (proteinuria/ albuminuria). Anda perlu menghindari konsumsi terhadap protein hewani atau segala bentuk lauk pauk. Ini akan mengurangi gejala penyakit akibat proteinuria.

    Anda juga harus berpuasa pada makanan dan minuman yang tidak ditawari ke anda. Seandainya panganan tersebut bersih, pastilah keluarga akan mempersilahkan. Namun ketika makanan yang ada tidak sehat (diracun) tidak ada yang mempersilahkan anda. Sebab orang-orang cenderung cari aman dan tidak ingin terlibat dalam usaha meracuni anda. Atau lebih baiknya, silahkan bertanya kepada anggota keluarga yang lain, “apakah anda boleh mengonsumsi panganan tersebut?”

    Pilihlah pangan-panganan yang perlu diwaspadai dengan teliti. Sesuatu yang ada di rumah tanpa diketahui “siapa yang memberikannya?” Merupakan objek yang dicurigai. Sebab bisa saja hal tersebut diberikan oleh orang entah berantah untuk menjebak anda. Perlu melawan keinginan sendiri untuk tidak mengonsumsi cemilan yang kelihatannya sangat lezat tersebut. Ini adalah saat yang tepat untuk berpuasa demi diri sendiri dan demi kesehatan juga demi keamanan anda!

    Lakukanlah puasa berdasarkan kajian tertentu apabila angka kejadian teracuni sering sekali terjadi. Akan tetapi, bila hanya teracuni jarang-jarang atau sekali sebulan, sebaiknya biarkan saja dan tidak perlu terlalu waspada. Semakin sering angka keracunan, semakin waspadalah menjalani hari sambil berpuasa.

  5. Tunggu 15 menit sebelum benar-benar mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

    Konsumsi panganan pertama kali secara perlahan-lahan. Ini adalah cara terbaik untuk mengenali panganan bertoksin. Kekuatan dan kesabaran anda sangat menentukan deteksi dini terhadap panganan yang terkontaminasi. Konsumsi satu sendok pertama lalu tunggu lima menit. Perhatikan apa yang anda rasakan kemudian konsumsi lagi lalu tunggu selama lima menit. Perhatikanlah apa yang dirasakan oleh panca indra anda. Kemudian konsumsi lagi satu sendok lalu tunggu selama lima menit dan perhatikan apa yang anda alami. Jika selama proses menunggu tersebut ada hal aneh dan tidak biasa yang terasa janggal. Hentikanlah aktivitas konsumsi.

    Ini hanyalah tindakan pencegahan dini yang bisa diterapkan oleh siapa saja. Berupayalah untuk memahami sekeliling berdasarkan reaksi yang mereka tunjukkan. Berupaya menyesuaikan diri dengan situasi tanpa menimbulkan kegaduhan yang mencolok. Kecuali anda punya bukti-bukti nyata yang bisa disaksikan di muka hukum, silahkan melanjutkan perkara ke ranah lembaga peradilan yang lebih tinggi.

  6. Saat sudah terlanjur kena: rendah hati, ikhlas dan sabar!

    Keracunan adalah gangguan internal yang dirasakan tubuh tanpa menimbulkan kematian. Penyakit yang satu ini bisa menyebabkan tekanan emosional yang tidak stabil sehingga sikap seseorang cenderung menyimpang dari jalur yang benar. Dorongan untuk melakukan kekerasan sangat tajam yang langsung berdampak terhadap diri sendiri atau orang-orang di sekitarnya. Tidak ada yang dapat kita lakukan untuk mengatasi keadaan dengan cepat melainkan jalan terbaik hanyalah ikhlas menanggung rasa sakit tersebut.

    Bersabar menanggung derita yang menghimpit daging agar hati tidak kesal menjalaninya. Hindari menahan rasa sakit sambil berdiam diri kecuali jika hendak membawanya tidur. Biasakan tetap sibuk, setidaknya lakukanlah sambil memfokuskan pikiran memuji-muji Tuhan. Bisa juga sambil mengerjakan tugas belajar, membaca, menyelesaikan pekerjaan dan lain sebagainya. Kesabaran hati akan lebih panjang bila kita mampu mencari kesibukan positif untuk membuat suasana yang dijalani tetap hangat dan asyik.

    Orang yang rendah hati menganggap dirinya pantas menjalani segala cela duniawi. Tidak menyombongkan diri di tengah derita untuk mencari kesenangan adalah sesuatu yang luar biasa. Sebab manusia pada umumnya, buru-buru mencari kebanggaan pribadi untuk dijadikan sebagai pelipur lara di tengah kesesakannya. Akan tetapi, mereka yang rendah hati mencari kesenangan dengan memuliakan Tuhan dan melakukan kebaikan kepada sesama. Mereka rela menanggung apa saja asalkan dirinya tetap berada di jalur yang benar.

  7. Rutin minum air putih meringankan kalau-kalau teracuni.

    Tidak dapat dipungkiri bahwa air putih adalah media pelarut utama dari segala jenis racun yang mungkin akan mengotori sel dan jaringan tubuh manusia. Minumlah lebih sering agar toksin yang ada dalam tubuh luntur dan tetap dilik kesembuhanpun datanglah. Sering-seringlah minum air putih biasa, dua-tiga teguk sekali minum untuk menjaga kesegaran tubuh.

    Larutan sangat bermanfaat untuk mengencerkan kadar racun yang sudah terlanjur atau akan masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian efek nyata dari racun tersebut akan sangat berkurang dan rasa sakitnya pun lebih ringan serta berlangsung cukup singkat. Hanya saja, kembali lagi pada masalah lazim kebanyakan orang yang kerap kali lupa minum air. Anda harus berusaha untuk memperbaiki kebiasaan lupa tersebut dengan cara menjadikan aktivitas minum sebagai bagian dari rutinitas yang selalu dilakukan dari waktu ke waktu.

Kesimpulan

Ujian yang anda alami ada awalnya dan ada pula akhirnya. Jika keracunan yang terjadi sangat sering: sadarilah bahwa anda sedang di uji oleh sistem. Kami sendiri tidak tahu berapa tenggang waktu untuk tiap-tiap ujian yang harus dialami oleh tiap-tiap orang. Yang terpenting adalah jaga kesehatan badan dan kesehatan sikap agar tetap lurus.

Berhati-hati juga dengan kapitalis yang tidak tulus yang memberikan madu dan racun kepada anda. Daripada diracuni berkepanjangan hanya karena madu sesaat lebih baik tolak madunya dan hiduplah sesederhana mungkin. Berhati-hatilah dengan pemberian yang besar-besar tanpa alasan yang jelas.

Pengalaman membuat kita menjadi pribadi yang cantik main di tengah terjangan gelombang tsunami. Seolah-olah kita justru berselancar di atas masalah tanpa peduli dengan masalah dan tanpa dirusak oleh masalah tersebut. Rasa sakit mungkin dirasakan tubuh akibat racun-racun yang menjalar lewat makanan atau minuman yang kita konsumsi tetapi itu tidak bisa mengubah sikap hidup, kita tetap benar di hadapan Tuhan dan sesama. Itulah khasiat utama pencobaan hidup, mengajari kita untuk tetap bertahan dan tidak terpengaruh dengan buruknya situasi sekeliling. Pelajarilah sesuatu dari pengalaman teracuni berulang-ulang kali sehingga anda dapat mengantisipasi hal tersebut sebaik-baiknya. Jangan lupa untuk rajin minum air putih agar sekalipun teracuni efeknya lebih ringan dan rasa sakitnya pun lebih mendingan.

Salam, Cobaan ada
untuk menguatkan
bukan untuk
merusakkan manusia
.
Bila sudah rusak
ada barang bukti
sebaiknya lapor saja
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.