7 Cara Mengatasi Layar Smartphone Hidup Sendiri

Cara Mengatasi Layar Smartphone Hidup Sendiri

Horor juga kalau tiba-tiba saja smartphone lebih cerdas dari kita!  Bukan mengapa tetapi saat apa yang terjadi di smartphone di luar kehendak kita dan tidak bisa dikendalikan, itu baru namanya “gadget yang lebih pintar dari manusia.” Kita suka sesuatu yang otomatis seperti halnya beberapa teknologi yang dimiliki, namun otomatisasi yang bekerja di luar kehendak kita menjadi tidak manusiawi. Sebab biar bagaimanapun kita bukanlah pihak yang punya ciptaan sebebas ciptaan Tuhan. Melainkan karena kemampuan kita mencipta masih sangat jauh di bawah kemampuan Tuhan, karena itulah kebebasan ciptaan kita juga terbatas adanya. Suatu perangkat yang otomatis tidak sepenuhnya bebas, hanya saja memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang terencana dan tanpa pengawasan ketat oleh pemiliknya.

Dimana-mana yang namanya smartphone pasti bisa hidup sendiri. Sebab ada beberapa perintah di dalamnya yang dapat diatur sedemikian rupa sehingga aktivitas tertentu terpola otomatis secara berkala. Apa saja fitur-fitur otomatis yang dapat direncanakan menggunakan gadget? Yang paling umum adalah alarm dan pengingat lainnya. Selain itu, handphone juga dapat dapat diatur kapan waktu aktifnya dan kapan non-aktif. Panggilan yang dapat diterima pengguna dapat pula diatur agar hanya yang diinginkan saja (whitelist) yang masuk sedangkan yang tidak diingikan (blacklist) didiamkan saja. Fitur otomat lainnya bisa berupa upaya membalas berbagai pesan masuk secara otomat dengan kata-kata dan kalimat yang sudah diaturkian sebelum-sebelumnya.

Penyebab layar gedget hidup sendiri

Ada banyak yang menjadi penyebab masalah tersebut, mulai dari faktor pengaturan pribadi, faktor tak terkendali dan faktor ujian kehidupan. Semuanya ini, bisa berimbas pada suatu keadaan yang tidak kita inginkan. Aktivitas yang tergolong mengganggu sehingga dapat mempengaruhi kehidupan pengguna, baik secara mental, fisik dan sosial sehari-hari. Pengaruh mental bisa membuat stres, pengaruh fisik membuat terluka dan pengaruh sosial merusak kepercayaan terhadap orang lain. Itulah bermacam-macam pengaruh buruknya tetapi pengaruh baiknya bisa berupa kesabaran, fokus mengalihkan konsentrasi dan kehati-hatian. Berikut ini akan kami tuliskan secara singkat penyebab dari layar smartphone hidup sendiri.

  1. Gangguan pada fitur “deteksi wajah.”
  2. Distorsi pada fitur “deteksi cahaya.”
  3. Gangguan pada fitur “deteksi gerak.”
  4. Penyimpangan pada fitur “layar hidup otomatis saat telepon diangkat.”
  5. Gangguan nyata pada hardware setelah terjatuh/ basah.
  6. Ujian dari sistem.

Cara mengantisipasi LCD gadget otomatis menyala tanpa diperintahkan sebelumnya

Pada dasarnya, layar smarphone yang menyala membuat kita senang menggunakannya. Tidak ada user yang senang saat layar gadgetnya mati bila sedang digunakan. Jadi, masalahnya apa? Ini yang kami maksudkan adalah aktivitas menyala yang tidak diinginkan. Sesuatu yang terjadi tanpa diatur dan tanpa direncanakan terlebih dahulu. Keadaan tersebut bisa membuat kita cemas dan berkata, “jangan-jangan begini dan jangan-jangan begitu….”  Ujung-ujungnya pikiran-pikiran aneh semacam itu membuat susah hati hingga strespun pecah, merusak citra diri. Berikut akan kami bahas sedikit saja tentang solusi masalah tersebut.

  1. Selalu rendah hati.

    Orang yang rendah hati mampu hidup sederhana. Tidak merasa diri terlalu hebat untuk menerima keadaan yang terjadi. Tidak menganggap persoalan tersebut sebagai penghinaan melainkan sebagai sebuah tantangan yang perlu diselesaikan atau dijalani sampai tuntas. Tidak terburu-buru jadi kesal saat cobaan hidup datang melainkan berupaya untuk membereskannya. Sekalipun banyak dana yang dimiliki, tidak langsung menjual smartphone yang bermasalah tersebut, melainkan tetap memakainya seperti biasa. Orang yang rendah hati, tidak merasa bahwa harga dirinya terbuang dan terinjak-injak saat terpapar dengan berbagai-bagai persoalan yang timbul di dalam dunia ini. Melainkan menjalani semuanya itu dengan akal sehat dan sikap yang terpimpin.

  2. Ikhlaskan apa yang pantas diiklaskan.

    Siapa pun anda di luar sana, anda tidak dapat mengendalikan segalanya. Saat kehidupan berputar, ada peristiwa yang terjadi di luar perencanaan yang kita buat. Salah satunya soal layar hidup otomatis ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Saat kita kurang menerima keadaan tersebut, justru mendorong suasana hati menjadi kacau-balau. Akan tetapi, bila kita berhenti bersungut-sungut dan melupakannya lalu membiarkan semuanya itu terjadi sebagaimana adanya. Pastilah distorsi tersebut akan dihadapi dengan rela hati dan sikap santai. Seolah sedang tidak terjadi apa-apa.

  3. Bersabarlah kawan.

    Anomali kehidupan yang tiba-tiba menyambar ketenangan hari-hari, beresiko membuat pikiran kacau, sikap pun berantakan. Sebelum semua bencana itu terjadi, belajarlah sabar menghadapi kemelut kecil yang terjadi di sekitar. Persoalan recehan yang kita hadapi merupakan pengantar terbaik agar kita belajar tabah menghadapi pergumulan besar yang suatu saat bisa menyambar tanpa menyapa terlebih dahulu. Ketabahan berhubungan erat dengan daya tahan. Suatu esensi yang membuat seseorang mampu bertahan, tetap hidup, tetap positif sekalipun gelombang bencana sedang menggilas dan berusaha mengacaukannya.

  4. Nonaktifkan “face detector.”

    Teknik pertama yang dapat kita coba untuk mengatasi keadaan ini adalah dengan mematikan fitur deteksi wajah yang biasanya aktif. Mungkin saja gangguang yang terjadi ada hubungannya dengan fitur tersebut sehingga distorsi terjadi dalam pemanfaatannya. Jika anda mematikan fitur ini, maka diharapkan virus yang menyebabkan keadaan tersebut menjadi inaktif pula.

  5. Tutup kamera depan.

    Kita masih belum tahu persis jenis bug yang menyebabkan keadaan tersebut. Namun yang kita lakukan adalah membatasi fitur yang dimanfaatkan secara semena-mena oleh bug/ virus tersebut. Apabila fitur yang ditungganginya dimatikan maka aktivitas virus tersebut akan turut mengalami “shut down.” Bila bug tersebut ternyata memanfaatkan sensor cahaya yang biasanya dilakukan oleh kamera depan secara ilegal, maka yang perlu dilakukan adalah menutupnya. Akan tetapi, bila ternyata virus tersebut tidak memanfaatkan detektor cahaya kamera depan, sekalipun telah ditutup, penyakit layar hidup sendiri masih terus terjadi.

  6. Gangguan pada fitur deteksi gerak (motion sensor).

    Biasanya suatu smartphone yang canggih dilengkapi dengan fitur deteksi gerak. Virus atau bug bisa saja memanfaatkan fasilitas ini untuk membuat layar seolah-0lah hidup sendiri saat sedang digerakkan ke kanan dan ke kiri atau ke depan dan ke belakang. Biasanya untuk membuatnya hilang, gedget harus dikondisikan dalam keadaan tenang, tidak sedang digerakkan ke sana – ke mari. Akan tetapi, tidak mungkin hanya menggunakannya dalam keadaan tenang belaka, sebab namanya juga perangkat mobile. Pasti ada momen tertentu yang membuat kita terpaksa mengotak-atiknya sambil bergerak, misalnya saat sedang berlari sambil menggunakan aplikasi penghitung langkah kaki atau pengukur jarak.

    Silahkan kotak-atik gadget anda untuk menemukan suatu fitur yang mengizinkan layar hidup-mati otomatis. Pada smartphone kami, fitur tersebut terletak dalam sub menu “Notifikasi & Bilah status” >> “Hidupkan Layar Untuk Pemberitahuan” >> Silahkan atur fitur tersebut dalam keadaan off. Kami berhasil mematikan virus horor layar hidup-mati otomatis saat mematikan fasilitas tersebut. Namun kami tidak yakin jika cara yang sama bisa berlaku untuk smarphone anda, sebab merek, tipe dan tahun pembuatan gadget kita tidak sama. Silahkan bereksplorasi untuk menemukan fitur layar otomatis menyala saat ada pemberitahuan, versi anda sendiri!

  7. Silahkan bawa adik tiri anda ke servis center atau beli barulah.

    Jika anda sudah mencoba teknik dasar penanganan kondisi aneh tersebut seperti tiga langkah yang kami ungkapkan sebelumnya. Namun tidak kunjung menemukan solusi atau penyakit LCD hidup-mati otomatis masih terjadi: anda sudah mencapai batasnya! Untuk penanganan lebih lanjut, silahkan bawa anak tiri anda kepada ahlinya yang notabene bisa mengotak-atik hape sehingga memperbaiki gangguan pada hardware-nya. Anda akan membutuhkan beberapa rupiah sebagai ongkos reperasi atau masih gratis karena masa garansi belum usah.

    Apabila anda masih menemukan jalan buntu atau perbaikannya membutuhkan biaya yang lebih mahal. Tahan sebentar (tanggungkan) dan pikirkan baik-baik apakah hendak melanjutkan tindakan perbaikan yang membutuhkan biaya mahal atau lebih memilih untuk membeli gadget lain, baik yang baru maupun second. Atau kalau memang biaya reperasi terlalu mahal dan mau beli yang baru juga keuangan masih tanggung. Pakai sajalah smartphone lama anda, layar hidup-mati secara otomatis bukanlah masalah serius yang dapat mengganggu rutinitas anda.

Kesimpulan

Adik tiri kita adalah penolong yang baik sekaligus penguji yang tangguh. Bila tidak mampu mengendalikannya atau terpengaruh oleh keburukuan yang dibawannya, itu pertanda bahwa kita belum cukup umur untuk mengadopsi barang IT tersebut. Akan tetapi, orang tua atau saudara yang sudah dewasa mampu memahami adik tiri/ anak tirinya sendiri, memanfaatkannya secara tepat guna dan menjauhi bahaya yang ditimbulkannya. Perlu mengabaikan beberapa gangguan yang ditimbulkan oleh smartphone karena sehebat-hebatnya suatu teknologi, masih belum sempurna adanya. Tidak selamanya kegunaannya sesuai dengan apa yang kita kehendaki/ impikan. Oleh karena itu, sekali lagi kami katakan, “jadilah dewasa agar kehadiran teknologi canggih tersebut tidak mengacaukan anda melainkan semakin mencerdaskan bahkan membuat pengguna menjadi bijak!

Salam, Bug memanfaatkan
kecanggihan gedget anda.
Matikan fitur canggihnya
maka bugnya pun
turut shut down
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.