Fokus Tuhan Cara Lambat (Santai) Sekalipun Suara & Musik Di Sekitar Cepat (Disko, Rock, Ribut-Ribut)

Fokus Tuhan Cara Lambat (Santai) Sekalipun Suara & Musik Di Sekitar Cepat (Disko, Rock, Ribut-Ribut)

Tidak ada aktivitas lain yang bisa menggantikan keintiman hati yang tertuju kepada Allah. Sekalipun banyak perkara menyenangkan yang bisa kita temukan di dunia, itu hanyalah sementara. Sebentar saja hal-hal duniawi membuat hati senang lalu semuanya berlalu pada masanya. Setelah semuanya berlalu, ada cukup banyak waktu luang yang kita lalui seorang diri. Tidak ada siapa-siapa dan tidak ada kesenangan materi: kemana lagi kita harus mencari penghiburan? Hanya ada satu yang selalu bisa kita lakukan sekalipun tidak ada yang asik di sekitar kita, Inilah waktunya untuk fokus kepada Tuhan yang dari awal adalah pencipta segala yang hidup. Saat hati tertuju kepada-Nya: Allah akan mengajarkan kita agar mampu menghibur diri sendiri dalam ramainya hati yang kadangkala khilaf.

Di dalam fananya dunia yang penuh dengan pengaruh buruk, otak kita perlu selalu sadar agar yang buruk-buruk itu bisa ditangkis (sekalipun terpikirkan tetapi jangan sampai hal tersebut terwujud lewat perkataan dan perbuatan sehari-hari. Tidak ada seorangpun yang dapat menyelamatkan kita di hari-hari genting. Bahkan seorang teman bisa berubah menjadi musuh. Satu-satunya tempat dimana kita menemukan penghiburan, ketenangan dan kebahagiaan adalah lewat puji-pujian kepaa Tuhan. Suatu nyanyian yang bisa menjadi penghiburan sekaligus membuat otak tetap aktif yang jauh dari pemikiran-pemikiran negatif. Ada berbagai nada-nada yang bisa kita rangkai untuk menemani aktivitas fokus ini.

Dari sekian banyak nada yang kami rekomendasikan kepada para pembaca. Ada tentang mengikuti gaya bernyanyi rap yang membutuhkan kecepatan ekstra dan kosa kata yang lebih banyak. Setelah beberapa Tahun kami mengaktifkan multitasking fokus kepada Tuhan dengan memanfaatkan nada-nada yang nge-rap, ada sedikit kejanggalan yang muncul di beberapa sisi. Kami akan mengungkapkan beberapa kejanggalan tersebut, misalnya agak sulit nge-rap saat ada orang berbicara dengan suara lantang. Termasuk agak sulit nge-rap saat lagu yang diputar adalah tipe disco atau tipe rock&roll. Kendala lainnya adalah agak sulit nge-rap saat aktivitas kita lambat sebab bawaannya lagu rap berintonasi cepat.

Butuh semangat muda yang energik agar bisa memuliakan Tuhan dengan lagu rap, tetapi fokus Tuhan tipe lambat bisa dinyanyikan oleh siapa saja (termasuk orang yang sudah ubanan dan anak kecil).

Menurut kami, fokus memuliakan Tuhan di dalam hati dengan menggunakan lagu rap hanya ditujukan kepada kawula muda yang energik dan aktif melakukan banyak hal. Bagi mereka yang sudah dewasa bahkan menua, mungkin lagu ini kurang afdol atau kurang mengena dalam hatinya. Mereka butuh sesuatu yang lambat tetapi tetap tenang dan kuat untuk dinyanyikan sekalipun di tengah badai masalah yang menggoncang dunia. Itulah tujuan kami dalam tulisan ini, menyajikan suatu ide yang menciptakan aktivitas bernyanyi dalam hati yang santai dan melambat dari biasanya. Bahkan bila perlu kelambatannya itu bisa dipertahankan sekalipun di tengah keras dan cepatnya lagu-lagu duniawi yang kadang membahana dalam telinga.

Sebenarnya, kami telah membahas tentang mempertahankan kelambatan tempo saat fokus kepada Tuhan pada tulisan sebelumnya. Akan tetapi, hal tersebut tidak terlalu kami jelaskan secara mendetail. Pada bagian ini, kami berharap bisa menjelaskan hal tersebut, “bagaimana melakukannya dan seperti apa contoh penerapannya.” Kami yakin bahwa fokus Tuhan tipe santai ini bisa dinikmati oleh semua kalangan sebab tidak perlu beat/ intonasi cepat sekalipun segala sesuatu di sekitar anda berlangsung sangat cepat. Aktivitas ini akan memberikan ketenangan dan kestabilan dalam diri anda walaupun banyak hal yang mencoba mengacaukan pikiran tenteram yang menjadi milik anda. Bahkan anda tidak perlu lagi keluar saat kebisingan berputar cepat karena hati tetap fokus dengan santai dan tenang penuh makna menjalani waktu ke waktu.

Langsung saja, apa yang menjadi ciri khas dari aktivitas tipe lambat bernyanyi memuliakan Tuhan? Berikut akan kami jelaskan beberapa hal tentangnya. Semoga anda bisa memahami dan melakukannya dalam berbagai aktivitas yang dijalani.

  1. Anda perlu menyanyikannya dengan sadar dan penuh kesungguhan.
  2. Bernyanyi dalam hati dengan cara lambat berarti intonasinya lebih santai dan tidak perlu terburu-buru.
  3. Nyanyian tersebut sifatnya putus-putus dan berasa tegas.
  4. Lagu cepat yang diputar syairnya berlalu dalam beberapa kata sedangkan kata pujian yang dinyanyikan dalam hati belum sampai satu kata (pada beberapa plot).
  5. Nikmatilah beat lagunya sambil mengucapkan dan menghayati kata-kata pujian kepada Allah.
  6. Anda juga bisa menikmatinya sambil menggerak-goyangkan kepala.
  7. Syair yang langka dan tegas membuat anda bisa mempertahankan lagu pujian tersebut sekalipun di sekitar ribut-ribut tak beraturan.
  8. Syair yang putus-putus tersebut bisa anda nyanyikan sambil bekerja (berasa ringan dengan lagu pujian stagnan/ diulang-ulang kata tertentu).
  9. Karena syairnya jarang-jarang dan lambat membuat anda sempat berpikir untuk menemukan kata pujian lainnya.
  10. Selanjutnya, bernyanyilah sesuai nada-nada yang terbesit dalam hati

Kesimpulan

Melantunkan lagu dengan lambat adalah menyanyi buat Tuhan dengan santai, intonasi putus-putus dan syair yang lebih hemat namun penuh kesungguhan sambil mengikuti ketukan lagu yang sedang berputar di sekitar. Artinya, lagu yang dilantunkan dalam hati berbeda intonasi dan nadanya dengan lagu yang diputar di sekitar kita namun ketukan keduanya bersamaan.

Bernyanyi memuliakan Tuhan cara santai merupakan cara fokus yang membuat suasana hati tetap stabil di tengah rupa-rupa gejolak kehidupan. Anda tidak butuh otak yang sangat cerdas untuk melantunkannya sebab dalam pelannya syair yang dituturkan boleh diulang-ulang. Penambahan syair lagu bisa dilakukan sebab kita masih sempat memikirkannya. Kitapun dapat melakukan berbagai variasi dan improviasi sesuai dengan inspirasi yang dianugerahkan Tuhan. Semoga aktivitas fokus cara santai ini dapat membuat anda tetap tenang sekalipun ada banyak keributan di sekeliling. Tidak ada lagi lagu duniawi yang sangat cepat dan tidak bisa ditahan imbang sebab secepat-cepatnya lagu disko dan rock tidak dapat menggoyahkan hati yang tetap santai & tenang tertuju kepada Allah.

Contoh tunggal nyanyian yang lambat saat memuji Tuhan.

Bernyanyi memuji Tuhan di dalam hati sambil mendengarkan musik duniawi.

Salam, Fokus kepada Pencipta
Adalah kebutuhan utama.
Tanpanya, kita bagai
kapal tanpa nakhoda
terombang-ambing
kemana-mana
tak tentu arah
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.