10 Cara Mengatasi Gangguan Keseimbangan Tubuh (Vertigo)

Cara Mengatasi Gangguan Keseimbangan Tubuh (Vertigo)

Dahulu kala, ada zamannya dimana kesehatan itu sangatlah mahal. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menikmatinya secara penuh. Tentu saja, untuk menikmatinya secara maksimal dibutuhkan biaya tambahan ekstra yang harganya VIP menurut kelas biaya yang berbeda. Demikianlah masa-masa penuh uang yang dipelihara oleh sistem yang tidak adil, hanya orang tertentu saja yang bisa mencapai kehidupan bebas penyakit. Selama modal anda tipis maka selama itulah tawaran penyakit menjadi kunyahan sehari-hari. Itulah tekanan terbesar dalam hidup yakni memiliki sel-sel yang rawan, lemah dan mudah tersakiti. Tidak ada yang lebih menyiksa seseorang selain dari mengidap penyakit tertentu yang tak tersembuhkan.

Ada banyak penyakit di masyarakat yang tak tertangani dengan baik. Selain karena penghasilan mereka yang tidak seberapa. Keadaan ini turut pula disebabkan oleh karena beberapa gejala sakit yang tidak teridentifikasi oleh medis dan tidak ada obatnya. Mungkin kelangkaan obat bisa membuat seseorang tewas tetapi mereka yang meninggal tanpa diketahui apa jenis penyakitnya, berjumlah lebih banyak. Semakin pelit para kapital dan insinyur untuk mengobati rakyat, makin banyak jenis kesakitan yang tidak dapat dijelaskan dengan logika ilmu pengetahuan yang mereka kuasai. Ini seperti lingkaran kutukan yang tidak akan pernah berakhir sebelum sifat manusia yang pelit disingkirkan dari sistem.

Ada banyak spekulasi, mengapa kaum bermodal dan pemerintah (ketua segala kapitalis) pelit: pertama (1) untuk menggenapi seleksi alam. Mereka yakin bahwa setiap orang yang lemah dalam sistem tidak mampu bertahan lama dan akan terseleksi oleh badai wabah yang bisa menyerang kapan saja. Alasan kedua adalah, (2) untuk membuat produk pengobatan yang mereka hasilkan semakin dihargai tinggi oleh konglomerat papan atas. Sekali pun demikian, bukan berarti orang yang kaya raya akan lebih panjang umur dari orang miskin. Justru yang terjadi malah sebaliknya. Mereka yang hidupnya selalu makmur dalam segala sesuatu malah memiliki fisik yang cenderung lemah. Angin penyakit sedikit saja sudah mampu menumbangkan mereka. Bahkan bisa dikatakan bahwa jenis penyakit yang menyerang mereka jauh lebih banyak, terlebih ketika hari tua tiba, masa pensiun datang.

Cara mengatasi gangguan keseimbangan tubuh

Disabilitas keseimbangan tubuh bisa terjadi karena dua faktor pasti: (1) karena gangguan pada sistem syaraf pusat (otak). Biasanya ini terjadi setelah seseorang mengalami cedera di bagian kepala (misalnya terbanting) dan setelah melalui masa-masa operasi (khusus bagi pasien yang mengidap tumor/ kanker otak). Penyebab kedua adalah (2) pengaruh bahan kimia jenis racun jinak. Biasanya, zat ini menyebabkan gangguan dengan gejala yang dapat bertahan selama beberapa jam. Setelah daya tahan tubuh berhasil menyingkirkan zat tersebut dari peredaran darah di malam hari, besoknya akan normal kembali. Ketiga, (3) gejala tersebut juga bisa dialami oleh seseorang yang sedang kelaparan (diet terlalu ketat/ diet tanpa air garam manis) sehingga otak dan ototnya kekurangan energi untuk mengendalikan tubuhnya. Oleh karena itu, langsung saja kita bahas sedikit tentang tips mengantisipasi gangguan keseimbangan badan, yaitu sebagai berikut.

  1. Minum air lebih sering.

    Kami harus mengakui bahwa air adalah larutan penyembuh yang sudah ada sebelum manusia ada. Sebagai salah satu senyawa anorganik yang melarutkan segala sesuatu, manfaatnya bagi tubuh luar biasa. Manusia yang tubuhnya tersusun lebih dari 70% air adalah pertanda kuat bahwa kita membutuhkan lebih banyak cairan daripada padatan (makanan). Oleh karena itu, jaga asupan air pada level dua liter per hari untuk orang dewasa. Hanya saja, konsumsilah sedikit-sedikit (2-3 teguk saja) sekali minum tapi lakukan lebih sering (per sepuluh sampai per lima belas menit). Apapun gangguan yang terjadi di daerah otak, air akan membantu melembutkannya sehingga proses penyembuhan lebih cepat dan adekuat.

  2. Tambahkan garam.

    Sodium adalah komoditas penyembuh yang dapat bekerja cepat untuk menetralkan berbagai potensi penyakit. Kekuatan kesembuhan ini tidak lain disebabkan oleh karena mineral tersebut banyak mengandung bahan penyusun daya tahan tubuh. Ada banyak penyakit yang dapat disembuhkannya, mulai dari penyakit kronis maupun akut. Biasanya, konsumsi garam perlu disertai dengan air yang cukup sehingga rasa minuman tersebut seperti ada manis-manisnya. Air garam manis juga bisa meringankan sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi.

    Pada dasarnya manfaat air dan garam saling mendukung dan melengkapi. Saat kita kekurangan air maka garam dapat membantu mempertahankan kadar air yang tersisa dalam tubuh. Saat kita kekurangan garam maka jumlah air yang dikonsumsi sehari-hari harus diperbanyak. Elektrolit ini akan berupaya membantu tubuh menetralkan berbagai senyawa asing termasuk senyawa yang menyebabkan gangguan keseimbangan badan.

  3. Rajin berolahraga.

    Rutin berolahraga memang tidaklah mudah. Tetapi jangan khawatir, zaman sekarang sudah ada aplikasi smartphone yang dapat membantu mengarahkan pengguna untuk rutin olahraga. Tidak hanya sampai di situ saja, aplikasi tersebut juga memberikan penghargaan berupa uang buat setiap ketekunan yang anda torehkan.

    Mereka yang rutin berolahraga mempersiapkan tulang dan ototnya untuk menghadapi dunia yang penuh tantangan. Anda bisa memilih berlari/ jogging untuk memperkuat otot dan tulang. Kekuatan organ gerak yang bagus, menjauhkan kita dari gangguan oleng tiba-tiba karena lemahnya koordinasi tubuh.

  4. Solusi berkelanjutan: menggoyangkan kepala.

    Jika anda adalah orang yang pernah mengalami operasi otak, mungkin gangguan keseimbangan badan akan menjadi makanan hari-hari. Tetapi jangan takut, anda bisa mengatasi keadaan ini dengan rutin menggoyangkan kepala ke atas-bawah dan ke kanan-kiri. Gerakan yang terfokus di daerah leher tersebut dimaksudkan untuk meluruskan urat-urat syaraf yang bisa saja mengalami gangguan. Jika ketidakseimbangan badan yang anda alami terjadi karena gangguan pada syaraf pusat maka gerakan ini akan membantu memperbaiki syaraf tersebut.

    Menggoyangkan kepala ke atas dan ke bawah di segala waktu yang dimungkinkan merupakan senam emas yang manfaatnya sangat banyak bagi tubuh. Salah satu khasiatnya yang sangat tersohor adalah mengembalikan kemampuan metabolisme tubuh menjadi lebih fit. Para lansia yang biasanya mengalami penurunan tingkat metabolisme tubuh dapat melakukan senam ini secara rutin dari waktu ke waktu untuk memperlambat proses penuan.

  5. Solusi berkelanjutan: berdiri sambil bekerja.

    Kita perlu bertindak langsung memperkuat sesuatu bila hal tersebut sudah agak lemah karena berbagai alasan. Keseimbangan badan sangat tergantung dari kekuatan kaki. Orang yang memiliki kaki yang kuat akan mampu mengatasi gangguan tersebut dengan baik atau kemungkinan mengalami hal tersebut sangat tipis. Bagaimana kita bisa memiliki kaki yang kuat jika kita lebih suka duduk? Jika hari-hari kita lebih banyak dihabiskan dengan menjadi raja dan ratu di belakang meja?

    Anda perlu membuat terobosan baru dalam hidup agar memiliki kaki yang cukup tangguh. Bukan untuk menendang dan menginjak orang lain tetapi setidak-tidaknya anda dapat menendang dan menundukkan penyakit lalu berkata,”cukup sudah!” Mulailah tindakan progresif ini dengan beraktivitas sambil berdiri: baik saat bekerja, belajar bahkan santai sekalipun. Jangan lupa juga untuk menyeimbangkannya dengan berjongkok dan beristirahatlah sambil duduk di kursi bila sudah mulai lelah.

  6. Merunduk, menekuk lutut sambil berjalan.

    Khusus bagi teman-teman yang tidak sengaja mengonsumsi racun sehingga mengalami gangguan keseimbangan badan. Hadapilah hal tersebut senyatanya tanpa bersungut-sungut. Jika anda mulai merasa bahwa tubuh oleng ke kanan atau ke kiri saat berjalan. Mulailah berjalan merunduk sambil memasang kuda-kuda. Tetapi, berupayalah meluruskan punggung sekalipun sedang merunduk. Gerakan ini membuat tubuh sepenuhnya ditopang kuat oleh otot kaki (betis dan paha). Ini membuat kita bisa mengendalikan keseimbangan dengan kekuatan penuh dari otot kaki. Jadi katakan selamat tinggal dengan badan yang suka oleng.

    Hanya saja, kekurangan dari gerakan ini adalah saat ada orang baru yang melihat kita. Pasti mereka berpikiran aneh bila kita berjalan sambil menekuk kaki memasang kuda-kuda. Tetapi, semua pendapat miris orang lain tidak ada gunanya bila yang ada dalam pikiran kita adalah nyanyian pujian kepada Allah. Biarlah terserah mereka mau bilang apa, yang penting kita selamat.

  7. Berhati-hati saat berjalan.

    Gangguan keseimbangan badan terasa nyata dan semakin jelas saat kita sedang berjalan kian-kemari. Oleh sebab itu, berupayalah untuk tetap berjalan hanya saja lebih pelan. Tidak perlu terburu-buru melangkah, apakah yang sedang anda kejar? Berupaya untuk menghajar waktu dengan datang/ berangkat lebih dulu sehingga perjalanan anda lebih santai dan bebas dari buru-buru.

    Semakin cepat kaki melangkah maka semakin parah keseimbangan badan saat berjalan. Jadi, santai saja agar manfaat jalan kaki meresap dalam diri ini tanpa menyebabkan celaka bagi diri sendiri maupun bagi orang di sekitar kita.

  8. Berhati-hati saat naik dan turun tangga.

    Bila anda mengalami gangguan kseimbangan badan namun terpaksa naik turun tangga yang tegak tinggi. Atau sedang melewati daerah yang tidak rarta kemiringannya, mungkin badan akan oleng tanpa sebab ke kanan, kiri, depan atau belakang. Ini adalah gejala yang cukup mengganggu aktivitas kita sehingga cenderung enggan pergi terlalu jauh dari rumah.

    Bila anda diperhadapkan dengan tanah yang tidak rata yang memiliki kemiringan tertentu, berupayalah melewatinya sambil merunduk. Seperti memasang kuda-kuda waktu berjalan sehingga kita tidak mudah goyang, dan tentu saja tidak mudah terseret ke sana – ke mari sampai terjatuh. Atau cara lainnya adalah dengan selalu memegangi pegangan pada tangga tersebut. Alternatif lainnya adalah dengan cara berjalan sambil memegang tongkat.

  9. Berhati-hati saat mundur.

    Keseimbangan yang terganggu membuat kita lemah pada hal-hal yang belum terbiasa kita lakukan, misalnya berjalan sambil mundur. Bagi orang biasa, mungkin keadaan ini tidak masalah. Akan tetapi, bagi yang sedang mengalami penyakit dimaksud, sebaiknya tidak melakukan gerakan mundur secara mendadak. Sebab resiko terjatuh semakin tinggi saat kita berjalan sambil mundur ke belakang.

    Hanya, jangan terlalu khawatir, sebab ini hanyalah sementara sebelum anda tahu cara mengatasinya. Bila anda memahami teknik mengantisipasinya, yaitu dengan cara berjalan mundur sambil menekuk kaki. Ini membuat badan tidak lagi mudah oleng sekalipun sedang bergerak sambil mundur ke sana dan ke mari.

  10. Berhati-hati saat makan.

    Konsumsilah makanan sepantasnya saja, badan yang terlalu besar tetapi kaki lemah membuat keseimbangan badan semakin terancam. Oleh karena itu, makanlah secara proporsional, bukan karena nafsu yang berantakan menggebu-gebu melainkan karena membutuhkannya menurut akal sehat.

    Diet memang baik saat aktivitas sedikit. Akan tetapi, lain halnya dengan mereka yang memiliki aktivitas padat, sebaiknya tetaplah makan sesuai jadwalnya. Makanan yang terlalu sedikit disertai aktivitas padat membuat tubuh kekurangan energi dengan cepat. Keadaan ini bisa saja membuat kepala mulai pusing dan keseimbangan badan tidak terkendali hingga pingsan akibat makan yang terlalu hemat.

    Salah satu cara mengganti kekurangan energi saat makan besar dibatasi adalah dengan mengonsumsi air garam manis. Tetapi ini hanya berlaku bagi mereka yang memiliki aktivitas yang sederhana. Mereka yang tidak bekerja di luar ruangan yang bisa lelah dan berkeringat di bawah terik matahari.

    Cara lainnya untuk mengganjal perut yang kosong adalah dengan lebih sering mengonsumsi air, dua-tiga teguk sekali minum. Salah satu gejala yang sering muncul saat diet ketat adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan yang membuat panas dan agak perih di bawah lidah. Gejala ini disebut GERD dan obat mujarab untuk mengurangi bahkan menghilangkan dampaknya adalah dengan lebih sering meminum air putih. Tidak masalah jika anda minum air putih lebih dari dua liter per hari, hanya saja minumlah dua-tiga teguk sekali telan. Buat jarak minumnya semakin rapat, per lima menit.

  11. Dan lain sebagainya silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Gangguan keseimbangan tubuh adalah salah satu dari sekian banyak gejala penyakit vertigo. Jadi pembahasan yang kami lakukan di sini fokus hanya soal badan yang suka oleng ke kanan atau ke depan atau ke kiri atau ke belakang saat mengalami penyakit vertigo.

Gangguan keseimbangan badan atau bisa juga disebut vertigo bisa terjadi pada siapa saja, dapat bersifat sementara maupun berkepanjangan (sepanjang waktu). Berhati-hati saat diet, jangan terlalu memaksa tubuh untuk menghemat makanan padahal aktivitas padat. Terkecuali anda memiliki air garam manis. Atau rutin meminum air sedikit-sedikit namun lebih sering dan mengurangi intensitas aktivitas. Dalam keadaan lain, kita hanya bisa membiarkan gangguan keseimbangan itu sebab besoknya pasti bisa reda setelah racun-racun dalam tubuh didorong keluar. Sedang untuk keadaan khusus karena gangguang di sistem syaraf pusat, yang perlu dilakukan adalah rutin menggerakkan kepala ke atas, bawah, kiri dan kanan secara bergantian. Gerakan ini adalah salah satu cara untuk meluruskan segala kekusutan syaraf di daerah leher dan kepala sehingga fungsi keseimbangan tubuh bisa kembali secara berangsur-angsur.

Salam, Badan seimbang atau tidak
tergantung koneksi otak
ke seluruh tubuh.
Goyangkan kepala mu sobat
niscaya keseimbangan kembali
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.